bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Final Destination 2, Ready to Die?

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 16 Juni 2021

Ayo kita mencurangi kematian lagi! Setelah habis dihajar di film Final Destination yang pertama, kini sekuel filmnya membawa kita ke kecelakaan lainnya yang tidak kalah mengerikan dari apa yang terjadi di film sebelumnya. Dari pesawat, mari kita beralih ke mobil yang melaju kencang di jalan tol.

David R. Ellis, sutradara Final Destination 2 ini membuat semua cerita kecelakaan dan cara kematian para penyintas to the next level! Lebih ngeri dan lebih menyakitkan. Hal tersebut bahkan membuat adegan kecelakaan yang terjadi dalam film ini masuk nominasi di MTV Awards untuk Best Scene Sequence.

Sinopsis

Final Destnation2_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: David R. Ellis
  • Pemain: A.J. Cook, Ali Larter, Michael Landes

Kimberly (A.J. Cook) sudah menunggu-nunggu hari ini, ia akan berlibur dalam rangka spring break bersama teman-temannya ke pantai Daytona, Florida. Saat dalam perjalanan, seperti biasa, Kimberly merasa ada sesuatu yang janggal; namun dirinya terus bertindak normal sebisa mungkin khawatir membuat teman-temannya menganggap Kim aneh.

Saat tiba di rute 23, mobil Kim dan 6 kendaraan lainnya masuk bersamaan ke arah jalan tol. Belum ada 5 menit mengendara di jalur cepat tersebut, sebuah truk logging yang membawa batang kayu besar tiba-tiba ambrol menumpahkan semua isinya ke jalanan. Akibatnya, kecelakaan besar terjadi. 

Mobil Kim dan 6 kendaraan lainnya terhantam batang kayu yang berguling-guling di tengah jalan tol. Serpihan mobil beterbangan kemana-mana, mayat bergelimpangan, ledakan di sana-sini.

Bayangan kecelakaan beruntun paling mengerikan yang bisa kalian lihat. Sampai terakhir, kematian menjemput Kim; sebuah truk lainnya yang terbakar melindas dirinya bersama teman-temannya yang terjebak di dalam mobil.

Sebelum dirinya habis dilumat oleh truk, Kim lantas bangun dan mendapati keadaan disekitarnya sama persis sebelum kecelakaan terjadi. Ia dan 6 kendaraan lainnya masih menunggu lampu merah di pintu masuk rute 23. Kim yang ingin menghentikan kecelakaan tersebut langsung memblokade pintu masuk tol dengan mobilnya. Ia menghalangi kendaraan-kendaraan lain.

Salah satu kendaraan yang Kim halangi merupakan milik seorang polisi bernama Thomas Burke (Michael Landes) yang segera bertindak. Kim lantas memberitahukan kejadiannya, ia mengatakan bahwa mereka semua akan meninggal dalam kecelakaan besar.

Thomas yang kebingungan berulang kali membuat Kim tenang, namun tidak bisa. Kim histeris meminta sebuah truk logging kayu yang akan lewat rute 23 diberhentikan.

Tidak lama setelah truk itu lewat di hadapan Thomas dan Kim; kecelakaan besar pun benar-benar terjadi. Teman-teman Kim yang masih di mobil lantas ketakutan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi.

Belum sempat menjelaskan, sebuah truk lainnya datang tiba-tiba dan menabrak mobil Kim dan menewaskan semua teman-temannya yang berada di mobil tersebut, Kim teriak sejadi-jadinya mengetahui kalau teman-temannya meninggal.

Menghindari kematian, membuat malaikat maut murka. Sasaran berikutnya adalah Evan (David Petkau); seorang pengendara mobil Mustang yang berada tepat di belakang mobil Kim di rute 23. Ia hampir terbakar hidup-hidup karena masak nugget namun akhirnya tetap meninggal tertimpa tangga besi saat menyelamatkan diri dari kamarnya.

Mendengar kematian Evan, membuat Kim menyelidiki kasus yang sama yang pernah terjadi tepat 1 tahun silam saat kejadian rute 23 terjadi. Kim menemukan berita mengenai penerbangan 180 dan kutukannya terhadap semua penyintas yang berhasil selamat dari kecelakaan itu. Kim akhirnya menemukan seseorang yang selamat, ia adalah Clear (Ali Larter). 

Kim berusaha untuk meminta bantuan Clear, karena Clear sudah lebih dulu paham mengenai hal seperti ini. Meski awalnya menolak, Clear pun mau membantu Kim dan yang lainnya. Clear mengatakan, kematian akan kembali datang berurut dengan siapa yang meninggal duluan dalam penglihatan Kim.

Ternyata saat ditelusuri, urutannya berbalik. Seharusnya Kim dan teman-temannya lah yang meninggal duluan, namun karena Kim sempat menghindar, hanya teman-temannya yang tewas dan urutan terus mundur ke Evan dan kini mengarah ke Tim dan Norah; sepasang ibu dan anak.

Baru saja Kim mendapatkan penglihatan dan mencoba untuk memperingati mereka berdua, Tim sudah tertimpa kaca besar yang sedang dibawa forklift. Hal itu membuat Kim terpaksa harus mengumpulkan sisa penyintas lainnya untuk terus saling mengawasi.

Mereka semua berkumpul di apartemen milik Thomas. Ternyata meski sudah diawasi Nora tetap meninggal terjepit lift disusul dengan kematian-kematian lainnya yang menyakitkan.

Sebelum akhirnya kematian menghampiri Kim kembali, mampukah dirinya mematahkan kutukan itu dan melewatinya tanpa harus mengorbankan nyawa orang lain, karena menurut William, si ‘malaikat maut’, hanya kehidupan baru saja yang bisa melompati kematian dan mengacaukan rantainya. Saksikan perjuangan Kim untuk terus hidup dan melawan kematian di film Final Destination 2.

Kematian Paling Menyakitkan

Final Destination 2_Nora's Death (Copy)

Jika kamu penggila Final Destination Franchise, kamu pasti tahu kalau di setiap film FD pasti ada saja 1 tokoh dimana adegan kematiannya paling sakit dan mengerikan. Jika di Film Destination pertama, tokoh guru bernama Ms. Valerie yang meninggal dengan cara super seram; kini predikatnya pindah ke Nora (Lynda Boyd).

Padahal kematian Nora disebabkan hal yang sepele. Para penyintas yang saat itu kumpul di apartemen Thomas akhirnya pulang setelah mendengar penjelasan bahwa mereka semua ada di dalam rancangan kematian.

Nora yang masih berduka tidak peduli dan pulang, saat masuk lift, Kim melihat sebuah bayangan manusia dengan kait; dan kalian tahu sisa ceritanya bagaimana.

Di dalam lift ada seorang tua membawa bagian lengan manekin dengan kait, tak sengaja, rambut Nora tersangkut di kait tersebut.

Karena panik mendengar Kim yang mengatakan dirinya akan terbunuh oleh pria berkait, Nora segera keluar dari lift namun akibat rambutnya nyangkut, bagian kepala Nora tertinggal di dalam lift. Lift segera menutup dan menjepit kepala Nora hingga putus. Ouch! 

Alex is Dead

Final Destination 2_Alex (Copy)

Masih ingat Alex (Devon Sawa), tokoh utama yang mendapatkan penglihatan di film Final Destination pertama? Dalam film tersebut kita hanya mengetahui bahwa Alex dan Clear selamat namun hanya Clear yang kembali ke dalam Final Destination 2.

Saat diusut, Alex sengaja ‘dimatikan’ tokohnya oleh New Line Cinema. Dalam film FD2 ini, diceritakan Alex meninggal tertimpa bata setelah Clear mencoba menyelamatkan dirinya.

Bukan karena tanpa alasan Alex dimatikan karakternya, ini karena Devon Sawa bentrok dengan New Line Cinema soal pembayaran sehingga New Line tidak menggunakan Devon Sawa lagi untuk memainkan karakter Alex untuk tampil di film Final Destination 2.

Beruntung, David R. Ellis, membuat segalanya smooth, sehingga ceritanya tidak terlalu menggantung karena Alex tiba-tiba meninggal.

Sequel 

Final Destination 3 Sequel (Copy)

Film Final Destination 2 ini memiliki sequelnya yaitu Final Destination 3. Ceritanya tidak akan sama, namun keterkaitannya dengan film ini masih ada. Apalagi kutukan angka 180 yang terus jadi patokannya. Bila kecelakaan di film Final Destination pertama yaitu pesawat, Final Destination 2 di jalan tol, sedangkan Final Destination 3 di wahana roller coaster.

*SPOILER* dalam film Final Destination 3 nanti, dikabarkan semua penyintas di film Final Destination 2 tewas. Penyintas terakhir yaitu Thomas dan Kim mengalami kecelakaan mengerikan di sebuah depot perkakas berat bernama Built-In Depot. Mereka tewas karena terseret masuk ke penggilingan kayu; namun kabarnya tidak pernah ada di film Final Destination 3. 

Sudah siap melihat rangkaian kecelakaannya? Atau penasaran dengan cara kematian di film ini berikut sekuel film Final Destination lainnya? Tunggu apalagi, segera putar filmnya di layanan film berbayar dan legal kesukaan kalian? Jangan nonton film ini sambil makan berat ya! Khawatir kalian tidak bisa menelannya setelah menyaksikan adegan kematian dalam film ini!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram