bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Cellular, Adu Pintar dengan Penculik

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 16 September 2021

Cellular mungkin menjadi film aksi beken dengan budget produksi rendah yang pernah saya tonton selama ini. Hanya dengan $ 25 juta, Cellular berhasil menutup keuntungan 100 kali lipatnya menjadi $ 57,7 juta hasil dari penayangannya dari bioskop-bioskop di seluruh dunia. Pasalnya, setting dan lainnya terlihat ‘murah’ namun plot ceritanya super ‘mahal’.

Bercerita tentang seorang ibu rumah tangga yang diculik atas perbuatan suaminya terhadap kelompok tertentu. Ibu rumah tangga tersebut lantas dibawa kesebuah loteng tua dan mulai mencari bantuan melalui pesawat telepon yang sudah rusak dihancurkan oleh sang penculik. Penasaran dengan kelanjutannya? Yuk, intip sinopsis dan ulasannya dibawah ini

Sinopsis

Cellular_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Action, Drama
  • Sutradara: David R. Ellis
  • Pemain: Jason Statham, Kim Basinger, Chris Evan
  • Produksi: New Line Cinema

Jessica Martin (Kim Basinger) merupakan seorang ibu rumah tangga yang bekerja sebagai guru biologi sekolah menengah atas di Los Angeles, California. Suatu pagi, dirinya mengantar anaknya yang bernama Ricky Martin (Adam Taylor Gordon) untuk sekolah, sepulangnya mengantar sekolah, Jessica dikejutkan dengan kehadiran anak buah dari penjahat kelas berat bernama Ethan (Jason Statham) untuk menculiknya.

Mereka bahkan menembak mati asisten rumah tangga Jessica. Jessica dibawa dan disekap di sebuah loteng rumah. Tidak ada apapun yang bisa dijadikan senjata oleh Jessica untuk melawan, hanya sebuah pesawat telepon. Berpikir bisa menggunakannya, Jessica salah besar; Ethan datang dan menghancurkannya membuat pesawat telepon tersebut hancur berkeping-keping.

Jessica mulai putus asa dan luar biasa bingung; belum lagi kini Ethan and the gang mengincar anak Jessica, Ricky yang tengah bersekolah. Putar otak, akhirnya Jessica mencoba menyambungkan kabel-kabel dari serpihan pesawat telepon yang sudah hancur tadi; berharap benda tersebut bisa melakukan panggilan ke luar.

Beruntung, Jessica yang mencoba berkali-kali menyambungkan kabel pesawat telepon bisa melakukan sebuah panggilan yang diterima oleh si beach boy bernama Ryan (Chris Evan). Ryan yang saat itu sedang mengendarai mobil lantas menerima panggilan yang dibuat Jessica.

Begitu mendengar suara Ryan, Jessica bersyukur bukan main dan mencoba menceritakan semua. Namun sayang, Ryan malah menyangka itu sebuah prank karena berpikir mana ada korban penculikan bisa melakukan panggilan.

Setelah dijelaskan berulang-ulang akhirnya Ryan percaya saat terdengar suara Jessica berteriak minta tolong karena dicekik oleh Ethan yang memberitahu Jessica bahwa dia akan menculik anaknya juga. Jessica langsung lemas mendengarnya, dia tahu kalau anaknya dan suaminya berhasil ditangkap anak buah Ethan, mereka semua akan tewas dibunuh.

Begitu Ethan meninggalkan Jessica, dirinya lantas meneruskan pembicaraan dengan Ryan dari telepon dan meminta tolong untuk segera menjemput anaknya di sekolah sebelum diculik oleh komplotan Ethan. Ryan lantas segera menjemput Ricky, namun lagi-lagi keduluan oleh Ethan cs. Kini satu-satunya harapan hanya pada suami Jessica, yaitu Craig (Richard Burgi) supaya jangan sampai tertangkap.

Singkat cerita, ternyata Craig yang seorang agen property menangkap sebuah adegan pembunuhan sadis yang dilakukan Ethan cs., Craig tidak sengaja merekam kejadian tersebut saat mengambil gambar sebuah Gedung yang akan ia jual. Ini mengapa Ethan mengejar Craig sekeluarga untuk dibungkam, dan kini Ryan pun sudah terseret masuk masalah tersebut.

Mendapat bantuan dari seorang polisi bernama Bob Mooney (William H. Macy), Ryan mengejar komplotan Ethan untuk ditangkap dan segera menyelamatkan Jessica, bersama dengan Ricky anak semata wayangnya dan Craig suaminya. Mampukah Ryan dan Bob menyelesaikan masalah itu semua?

Cerita Bagus

Cellular_Plot (Copy)

Cellular punya plot cerita bagus banget untuk ukuran saya yang doyan nonton film aksi tanpa darah berceceran dimana-mana. Sebenarnya kalau diperhatikan, film Cellular ini ada kemiripan dengan film Phone Booth; ceritanya sama-sama tidak bisa meninggalkan gagang pesawat telepon demi keselamatan dirinya sendiri. Meski demikian, film Cellular masih unggul dibanding film tersebut

Sang sutradara, David R. Ellis menyelipkan komedi ringan di beberapa adegan dalam film membuat penontonnya jadi gak stress banget. Maklum saja, kita juga jadi ikut semaput waktu Jessica mencoba untuk melarikan diri atau ketika panggilan keluar yang ia lakukan ketahuan oleh salah satu penculiknya!

Seluruh isi cerita dalam film ini bahkan di puji oleh banyak pihak seperti Entertainment Weekly, USA Today, bahkan kritikus film Amerika terkenal, Roger Ebert mengatakan bahwa Cellular adalah film aksi terbaik di tahun 2004 dan memberi 3,5 bintang dari skala 5.

Akting Super

Cellular_Act (Copy)

Kim Basinger the best sih memerankan si nyonya Jessica Martin. Cara dia terlihat ketakutan, kebingungan dan depresi berat mengetahui satu keluarganya menjadi korban penculikan sangat mulus; membuat kita sebagai penontonnya juga seperti bisa merasakan apa yang si Jessica rasakan.

Begitu juga dengan si tampan Chris Evans yang memerankan tokoh Ryan, penyelamat hidup Jessica sekeluarga. Saya pribadi saat menonton film ini melihat akting Chris jadi ikutan semangat dan gemes ingin membantunya untuk membebaskan Jessica.

Apalagi saat aksi kejar-kejaran dengan anak buah Ethan. Dalam film ini juga, meski Chris dianggap sembrono, namun dia  ternyata cekatan dan pintar untuk membalikan situasi. Keren deh pokoknya!

Poor Jason Statham

Cellular_Jason Statham (Copy)

Peran Jason Statham di sini seharusnya bisa lebih banyak dan baik. Jason yang memerankan tokoh Ethan hanya terlihat di beberapa scene saja sehingga terlihat hanya seperti figuran. Belum lagi ditambah anak buah Ethan yang banyak membuat ceritanya tidak fokus kepada Jason Statham. Sayang sekali!

Dirinya hanya muncul di awal saat menculik Jessica, menculik Craig dan berujung di adegan terakhir saat Ethan baku tembak dengan Ryan dan Bob yang sudah mengetahui kebenarannya dari kasus penculikan Jessica. Saya padahal berharap kalau karakter Ethan bisa lebih banyak lagi ketimbang harus muncul sebentar-sebentar saja.

Ajang Promosi Nokia & Porsche

Cellular_Nokia (Copy)

Percaya atau tidak, film Cellular ini sepertinya menjadi ajang Nokia untuk mengenalkan produk ponsel barunya saat itu yaitu Nokia 6600. Di sepanjang film, ponsel inilah yang dipakai terus menerus. Belum lagi produk-produk Nokia pun bermunculan banyak.

Sebut saja saat adegan Ryan butuh charger karena baterai ponselnya habis yang bisa berakibat fatal untuk Jessica, ia mendatangi gerai ponsel Nokia. Tidak sampai disitu saja, ponsel canggih Nokia lainnya yang paling anyar juga muncul dalam film itu, yaitu Nokia 8810 Silver yang saat itu sedang happening sekali.

Selain Nokia, film Cellular ini juga agaknya bekerjasama dengan produsen mobil kelas kakap Porsche! Dua mobil Porsche selalu tampil dalam film ini; yang pertama Porsche Cayenne Turbo milik Jessica dan Porsche 911 Carrera Cabrio milik seorang pengacara yang Ryan 'rampok' agar sambungan teleponnya dengan Jessica tidak terputus. Kalau bingung apa hubungannya mobil dengan sambungan telepon, mampir sini untuk nonton filmnya.

Film Remake

Cellular_Remake (Copy)
*Source: Cinema Online

Berkat kesuksesan film Cellular ini, pada tahun 2008, rumah produksi Emperor Motion Pictures, Hong Kong bekerjasama dengan sutradara Benny Chan menggarap film Connected yang terinspirasi dari film Cellular. Hasilnya? Sukses! Film remake ini bahkan mendapatkan penghargaan dari 45th Golden Horse Film Awards untuk 2 kategori dan 28th Hong Kong Film Festival untuk 1 kategori.

Segi cerita, film Connected yang dibintangi Barbie Hsu dan Louis Koo, mirip sekali dengan film Cellular; namun dengan permasalahan yang berbeda juga. Apabila dalam film Cellular, Jessica harus berhadapan dengan gembong narkoba dan kriminal kelas kakap, dalam film Connected, Grace Wong (Barbie Hsu) harus berhadapan dengan anggota interpol yang super jahat dan korup. Meski demikian, inti ceritanya tetap asik dan seru untuk diikuti.

Rating film yang diambil dari berbagai pihak atas Cellular juga baik sekali. IMDB memberi skor 6.5/10, Metacritic 6/10 dan CinemaScore memberi nilai B+. Melihat banyaknya nilai bagus untuk film ini, membuat Cellular bisa menambah daftar film aksi non-gory kalian untuk akhir pekan! Jadi, jangan sampai terlewatkan ya filmnya!

Cellular
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram