bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Battleship, Perang Militer AS vs Alien

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 1 Juni 2021

Pernah nggak sih, kamu membayangkan ada serbuan alien dengan UFO-nya ke bumi ini? Yah, memang hal tersebut tampaknya belum pernah terjadi di dunia nyata. Tapi, setidaknya kita bisa melihat bagaimana nasib bumi ketika pasukan alien dan pesawatnya datang.

Ada banyak sekali film-film yang membahas tentang kehidupan extraterrestrial. Sebut saja seperti serial film Alien, dengan film pertamanya, Alien yang dirilis tahun 1979 silam. Kemudian, ada film The 5th Wave (2016) yang dibintangi aktris cantik Chloe Grace Moretz, dan masih banyak lagi film-film lainnya dengan tema serupa.

Nah, kali ini, kami akan mengulas salah satu film fiksi ilmiah yang melibatkan karakter alien di dalamnya, yakni film besutan sutradara Peter Berg yang berjudul Battleship. Simak langsung saja sinopsis dan review film Battleship di bawah ini.

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: Universal Pictures, Hasbro, Bluegrass Films
  • Sutradara: Peter Berg
  • Pemeran: Taylor Kitsch, Alexander Skarsgard, Rihanna, Tadanobu Asano

Dikisahkan, sebuah planet dengan sebutan 'Planet G' telah ditemukan oleh NASA. Planet tersebut dikabarkan memiliki kemiripan dengan bumi dan kemungkinan dapat dijadikan tempat tinggal oleh manusia. Setahun berselang, NASA membangun alat komunikasi yang bisa mengirim sinyal ke ruang angkasa. Lokasi alat tersebut ada di Oahu, Hawaii.

Di saat yang sama, seorang pria bernama Alex Hopper (Taylor Kitsch) yang sehari-hari lebih banyak menganggur dan membuat kakaknya, Stone Hopper (Alexander Skarsgard) meradang. Stone akhirnya mengajak Alex untuk bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Sebelum bergabung dengan Angkatan Laut AS, Alex bertemu dengan Samantha Shane (Brooklyn Decker), yang merupakan puteri dari Terrence Shane, Komandan Angkatan Laut AS yang bertugas di Samudera Pasifik. Alex jatuh cinta padanya, dan rela melakukan hal bodoh demi Samantha. Kakaknya tentu makin kesal dengannya.

Setelah bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat, Alex memperoleh gelar Letnan Komandan. Hubungannya dengan Samantha semakin dekat, namun ayah Samantha tak setuju kalau putri cantiknya menikah dengan pria slengean dan tukang buat onar seperti Alex.

Alex yang saat itu sedang mengikuti pelatihan militer dalam sebuah event peperangan maritim berskala internasional, merasa kecewa dengan jawaban ayah Samantha. Karena perilakunya, ia juga terancam dikeluarkan dari Angkatan Laut AS.

Saat itu, Alex sedang berada dalam sebuah kapal perang bernama USS John Paul Jones. Sementara sang kakak, Stone, memimpin kapal lainnya, yakni USS Sampson. Beberapa kapal lain dari berbagai negara juga ikut berlayar dalam rangka pelatihan militer kala itu.

Namun, tiba-tiba ada beberapa pesawat asing yang turun dari langit. Satu di antara lima pesawat yang ada, mendarat di Hong Kong. Unit pesawat lainnya jatuh di lautan, tempat di mana Alex dan kakaknya berada.

Alex yang saat itu sedang menaiki perahu kecil bersama dua rekannya, mencoba mendekati salah satu pesawat asing tersebut. Dan ternyata, pesawat itu adalah kendaraan dari para alien yang menerima transmisi sinyal dari alat yang dibuat NASA.

Tak pelak, peperangan antara alien dan militer terjadi di tengah samudera. Bukan cuma Alex dan kakaknya yang kerepotan dengan serbuan alien, kekasih Alex, Samantha yang sedang mendaki gunung yang jadi tempat alat komunikasi itu berada, tak luput dari bahaya yang mengancam nyawanya. Akankah mereka berhasil selamat? Saksikan kelanjutan kisahnya di film Battleship, ya.

Diadaptasi dari Sebuah Game

Siapa sangka, ternyata film Battleship ini terinspirasi dari sebuah board game dengan nama yang sama. Board game ini adalah permainan kertas yang sudah ada sejak Perang Dunia I. Game Battleship melibatkan dua orang pemain yang memiliki kapal kertas masing-masing di atas papan permainan. Masing-masing pemain harus menghancurkan kapal milik pemain lainnya.

Di tahun 2012, sebuah video game berjudul Battleship juga dirilis oleh Activision. Game-nya terinspirasi dari film yang disutradarai Peter Berg ini. Game Battleship dirilis untuk beberapa platform seperti PlayStation 3, Xbox 360, Nintendo 3DS dan Wii.

Peperangan Antara Militer AS dan Alien

Sepanjang film ini, kita akan disuguhkan dengan adegan peperangan antara militer AS versus alien. Sementara militer lainnya yang ikut berpartisipasi dalam acara pelatihan tersebut, tak punya peran yang cukup vital. Kecuali, salah satu anggota militer Jepang, yakni Nagata (Tadanobu Asano).

Pria yang awalnya merupakan 'musuh bebuyutan' dari Alex ini punya peran yang tergolong penting dalam cerita film. Menurut kami, filmnya memang ingin menjadikan anggota militer Amerika Serikat, khususnya Alex, sebagai pahlawan yang menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Peran NASA pun tak begitu vital di film ini. Padahal, menurut kami akan lebih seru lagi jika NASA bekerjasama dengan para tentara Angkatan Laut AS untuk memusnahkan para alien.

Cukup Menghibur

Film ini mendapatkan rating yang tergolong rendah dari beberapa situs. Di IMDb, misalnya, Battleship hanya meraih rating 5,8 saja. Sementara di situs lain seperti Rotten Tomatoes, film ini memperoleh skor tomato meter sebanyak 34%, dan skor dari audiens sebanyak 54%

Meski begitu, menurut kami, film Battleship ini masuk dalam daftar film Sci-Fi yang cukup menghibur. Di sepanjang film, kami disuguhi dengan guyonan-guyonan dan adegan konyol yang lumayan bikin ngakak saat menonton.

Tak cuma dibuat tertawa, kami juga ikut merasakan ketegangan saat adegan peperangan yang melibatkan alien dan militer Amerika Serikat berlangsung. Kehadiran special effects yang bagus juga bikin adegan di film ini terasa lebih real, lho.

Performa Luar Biasa dari Rihanna

Rasanya tak ada yang tak mengenal Rihanna, bukan? Penyanyi cantik kelahiran Barbados ini tak hanya punya bakat menyanyi saja, tetapi juga berbakat di bidang seni peran.

Hal tersebut terbukti dengan akting memukau Rihanna di film Battleship. Di film ini, Rihanna berperan sebagai salah satu tentara Amerika Serikat, Cora Raikes, yang ikut membantu memerangi alien bersama Alex dan Nagata.

Berkat perannya sebagai Cora Raikes, Rihanna memenangkan penghargaan dari Teen Choice Awards untuk kategori Choice Movie Breakout, lho. Sebelum berperan di film Battleship, Rihanna sempat membintangi sebuah film berjudul Bring It On: All or Nothing (2006) bersama adik dari penyanyi Beyonce, Solange Knowles.

Setelah berperan di film Battleship, Rihanna membintangi banyak judul film lainnya. Salah satunya adalah film Ocean's 8 (2018) yang disutradarai Gary Ross. Di film ini, ia beradu akting dengan aktris-aktris lain seperti Sandra Bullock dan Cate Blanchett.

Sampai di sini pembahasan kami tentang sinopsis dan review film Battleship. Gimana, kamu tertarik untuk menonton film ini? Oh iya, kalau kamu sudah nonton filmnya, jangan lupa sampaikan pendapat kamu melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Dan buat kamu yang membutuhkan rekomendasi film seru lainnya untuk ditonton di akhir pekan atau saat senggang, silakan simak review film terbaru dari Bacaterus di sini.

Battleship
6.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram