bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Awake, Seluruh Manusia Tak Bisa Tidur!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 13 September 2021

Original Netflix baru-baru ini merilis sebuah film bergenre Sci-Fi berjudul Awake. Menceritakan tentang peradaban manusia yang terancam musnah akibat satu kejadian mengerikan yang membuat manusia di seluruh dunia tidak bisa tidur. Bukan untuk satu hari atau dua hari tapi kejadian buruk ini terjadi selamanya!

Cerita seru di atas diperankan oleh tokoh bernama Gina Rodriguez yang namanya semakin dikenal setelah membintangi beberapa film seperti Deepwater Horizon dan drama seri Jane Virgin. Gina memerankan tokoh utama bernama Jill. Ia harus terus berburu dengan waktu sebelum dirinya benar-benar gila akibat tidak bisa istirahat.

Sinopsis

Awake_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Sci-Fi, Survival
  • Produksi: Entertainment One, Paul Schiff Productions
  • Sutradara: Mark Ruso
  • Pemeran: Gina Rodriguez, Jennifer Jason Leigh, Barry Pepper

Jill (Gina Rodriguez) merupakan seorang mantan anggota medik untuk prajurit Amerika Serikat. Ia kini bekerja sebagai seorang petugas keamanan di sebuah lab milik negara.

Jill juga merupakan seorang ibu tunggal atas kedua anaknya yang bernama Matilda (Ariana Greenblatt) dan Noah (Lucius Hoyos). Sebisa mungkin, Jill selalu memenuhi kebutuhan kedua anaknya yang dititipkan pada Ibu mertuanya Doris (Frances Fisher).

Suatu kali, setelah habis bekerja, Jill menjemput anak-anaknya untuk kembali ke rumah setelah beberapa hari bersama neneknya. Ketika dalam perjalanan, tiba-tiba mobil Jill mati mesin dan mulai kehilangan kendali, beruntung Jill bisa memberhentikan mobilnya sebelum akhirnya tertabrak mobil petugas polisi yang juga hilang kendali hingga tercebur ke danau.

Jill panik bukan main apalagi setelah mengetahui bahwa Matilda tidak bernafas akibat sempat tenggelam beberapa saat. Setelah melakukan CPR, Matilda kembali sadar membuat Jill lumayan tenang.

Semua orang kebingungan kenapa listrik dan mesin juga hal elektronik lainnya tidak bisa dipakai tiba-tiba. Banyak yang mengatakan hal itu adalah salah satu tindak teroris namun yang lainnya percaya bahwa hal tersebut tanda-tanda kiamat membuat Jill, Noah dan Matilda makin bingung.

Jill mencoba untuk mendatangi rumah sakit untuk memeriksakan keadaan anaknya yang sempat tenggelam, namun rumah sakit pun penuh sesak sehingga banyak yang tidak dapat perhatian dari dokter.

Saat akan kembali pulang ke rumah Doris, Seisi rumah sakit dihebohkan dengan kejadian dimana semua pasien komatose dan sekarat kembali sadar seperti tidak ada apa-apa.

Merasa semakin aneh, Jill dan kedua anaknya akhirnya kembali pulang. Mereka disambut Doris yang juga kebingungan. Setelah makan dan bersih-bersih, mereka semua istirahat, namun anehnya, Noah, Doris dan Jill tidak bisa tidur; hanya Matilda saja yang bisa tidur pulas.

Mereka awalnya berpikir bahwa mereka tidak bisa tidur karena memikirkan kejadian mengerikan yang sedang mereka alami saat ini. Keesokan subuh, Jill pergi untuk bekerja. Saat sampai di kantor, ia bingung karena tidak ada kegiatan apapun yang terjadi di sana padahal seharusnya ada petugas lain yang berjaga.

Saat sedang melihat-lihat ruangan lain, kepala Lab, Dr. Murphy (Jennifer Jason Leigh) muncul mengagetkan Jill. Spontan Jill langsung bertanya pada Dr. Murphy apa yang sebenarnya terjadi dan betapa terkejutnya Jill saat mengetahui bahwa saat ini manusia berada di fase tidak bisa tidur.

Saat sedang memproses maksud Dr. Murphy yang kini sudah pergi lagi setelah mengambil beberapa berkas, Jill keceplosan mengatakan bahwa anaknya, Matilda bisa tidur pulas kepada salah satu anak buah Dr. Murphy, Brian (Finn Jones).

Mengetahui ia salah bicara, Jill langsung kabur untuk membawa Matilda pergi. Ini diakibatkan karena Jill tahu bahwa Matilda akan diambil ke lab untuk diperiksa dan di uji coba.

Sampai di rumah Doris, Matilda sudah tidak ada. Noah mengatakan bahwa neneknya itu membawa Matilda ke gereja. Rasa takut benar-benar menyelimuti Jill.

Benar saja, saat sampai di gereja, semua orang yang mengetahui bahwa Matilda menjadi satu-satunya orang yang bisa tidur ingin membawanya pergi karena dianggap sebagai ‘mukjizat’, semua orang sudah hilang akal sehat. Matilda diperebutkan banyak pihak sampai-sampai banyak yang saling bunuh untuk mendapatkan Matilda.

Beruntung Jill, Noah dan Matilda sempat kabur. Jill putar otak bagaimana caranya untuk bisa pergi dari kota tersebut. Lantas Jill pergi ke sebuah bengkel untuk mendapatkan mobil yang tidak memiliki elektro chip di dalamnya.

Berhasil! Salah satu mobil tua bisa Jill pakai untuk kabur. Namun masalah kembali datang, mereka dicegat oleh gerombolan narapidana yang berhasil kabur dari penjara meski akhirnya bisa lolos akibat dibantu oleh salah satu napi bernama Dodge (Shamier Anderson).

Tidak tahu harus kemana lagi, akhirnya Jill pun mencoba untuk mengendap-endap ke pusat lab yang pernah disebutkan oleh Dr. Murphy sebagai lab untuk mencari tahu bagaimana memecahkan masalah masif tersebut.

Betapa terkejutnya Jill saat mengetahui di dalam Lab ada simpanse yang dibedah otaknya hingga seorang wanita tua renta yang dipaksa tidur dan bangun untuk mengetahui hasil penelitian. Jill berpikir kalau hal tersebut sudah kelewatan.

Saat akan kabur, Jill kepergok oleh Dr. Murphy. Noah, Matilda juga Dodge malah mendatangi lab tersebut untuk menyerahkan diri supaya bisa jadi bahan penelitian. Mereka berpikir kalau hanya diam pun mereka semua akan mati pelan-pelan karena fungsi organ yang rusak akibat tubuh dipaksa terus bekerja terus menerus.

Matilda pun mulai diperiksa. Ia takut bukan main namun setelah ditenangkan oleh Dr. Murphy dan rekannya Dr. Katz (Gil Bellows), Matilda bisa tenang menjalani proses penelitian.

Namun bukannya berjalan dengan lancar, Matilda yang bangun dari tidurnya mendapati isi lab sudah kacau balau. Akibat halusinasi yang diderita semua orang di lab karena tidak bisa tidur, mereka menembak sesama prajurit karena menganggap mereka adalah musuh.

Jill yang berusaha untuk mendapatkan Noah dan Matilda pun mulai berhalusinasi, bahkan Noah pun berusaha membelah kabel listrik karena menganggap itu ular bahan praktek di sekolah.

Alhasil, Noah tersengat listrik dan tidak sadarkan diri. Matilda yang ingat akan adanya defibrillator di tempat penelitian langsung mengambilnya dan mencoba menyadarkan kakaknya dengan alat pacu jantung itu. 

Naas, karena terburu-buru, Jill langsung menekan tombol pacu membuat mereka bertiga tersengat listrik dengan tegangan cukup besar. Namun saat bangun, Matilda sadar akan sesuatu. Kakaknya bisa tidur!

Ini membuat Matilda yakin, kalau manusia harus ‘mati suri’ terlebih dulu. Semacam di ‘restart’ maka manusia bisa pulih. Akhirnya mereka mencoba mempraktikkan itu kepada Jill. Noah dan Matilda menenggelamkan ibunya lalu memberinya CPR. Hasilnya? Berhasil. 

Fresh Not Too Fresh

Awake_Plot (Copy)

Cerita dengan premise bencana yang mengancam umat manusia memang sudah sangat banyak di dunia perfilman. Ya salah satunya dengan hadirnya si film Awake ini.

Menurut saya pribadi, film Awake ini menawarkan bencana yang tidak mainstream seperti adanya monster, meteor, air bah atau gempa bumi. Melainkan rusaknya sistem internal manusia yang membuat manusia tidak bisa tidur.

Kalau ditelusuri, cerita dengan tema seperti itu rasanya baru film Awake ini saja ya yang muncul. Namun demikian cerita yang ditawarkan ya pasti itu-itu saja; percobaan untuk menyelamatkan diri dengan berbagai macam cara. Hal ini membuat kita para penontonnya ya sudah bisa menebak keseluruhan isi cerita. 

Si Cantik Gina Rodriguez

Awake_Gina Rodriguez (Copy)

Apabila kalian mengikuti drama seri Jane Virgin, maka kalian akan sedikit susah untuk melihat akting Gina yang super serius, pasalnya dalam drama seri yang juga mengangkat namanya, Gina selalu berperan sebagai wanita yang super kocak. Belum lagi, Gina memang kerap kali mengisi suara banyak film kartun atau animasi, sebut saja salah satunya adalah Scoob!

Meski aktingnya kebanyakan dalam seri dan film yang ber-genre drama keluarga, atau teen; kali ini akting Gina patut diacungi jempol. Ia mampu memerankan tokoh Jill yang awalnya super kuat, bahkan berani menghadapi banyak masalah hingga akhirnya aktingnya berubah menjadi Jill yang lemah, tidak bisa apa-apa, hanya menunggu kematian. Good job Gina!

Matilda si Gadis Pintar

Awake_Matilda (Copy)

Siapa sangka karena kecelakaan yang tak sengaja ia timbulkan, ia menemukan jawaban bagaimana mengatasi bencana yang mengancam kehidupan seluruh umat manusia di dunia. Awalnya saya agak kesal dengan si Matilda ini. Di beberapa scene, dia kadang jadi menghambat proses pelarian keluarganya untuk menuju tempat aman.

Tapi ya berkat si gadis kecil ini, dokter canggih manapun kalah dengan kemampuan berpikir anak gadis berumur 10 tahun.

Kalau saya berada di posisi Matilda saat itu, jangankan berpikir bahwa mati suri bisa menyembuhkan manusia yang tidak bisa tidur, Saya kemungkinan sudah nangis-nangis melihat Ibu dan Kakak sendiri terkapar lemas di antara para mayat yang bergelimpangan di kanan kiri.

Dari keseluruhan cerita, Awake bisa dibilang cukup oke untuk dijadikan bahan referensi bagi sebagian orang dimana beberapa yang lainnya mungkin akan menonton sebentar lalu pergi melakukan hal lain akibat tidak adanya cerita yang mampu membuat para penonton tetap diam untuk mengikuti jalan ceritanya yang seru. Bacaterus memberi rating 2.7/5 untuk film ini.

Awake
Rating: 
2.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram