bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Aquamarine, Putri Duyung yang Tersesat

Ditulis oleh Gerryaldo
Aquamarine
3
/5

Selama ini kita hanya tahu kalau putri duyung itu hanya sekedar mitos ya? Atau setidaknya kita tahu ceritanya dan gambarnya dari logo kopi Starbucks yang terkenal itu. Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk dua orang teman baik dalam film Aquamarine. Tanpa sengaja, mereka menemukan sesosok putri duyung di kolam renang mereka!

Tugas kedua teman baik ini untuk melindungi putri duyung dari sergapan banyak orang. Mampukan gadis-gadis imut tersebut membawa putri duyung yang tersesat itu kembali ke lautan lepas dan hidup tenang setelah puas menjadi manusia untuk beberapa hari? Yuk ikuti keseruannya dalam artikel berikut ini

Sinopsis

Aquamarine_Poster (Copy)

Hailey (Joanna Levesque) dan Claire (Emma Roberts) merupakan sepasang sahabat dari kecil. Mereka tinggal bersama dan jadi tetangga di sebuah kota pantai kecil di Baybridge, dekat Tampa, Florida. Persahabatan mereka yang sudah terjalin bertahun-tahun lamanya jadi bermasalah ketika keluarga Hailey harus pindah ke Australia akibat pekerjaan Ibu Hailey yang sebagai ahli biologi kelautan. 

Baca Juga: Daftar Film Romantis Terbaik Vesi Bacaterus

Hari itu merupakan hari dimana mereka bisa menghabiskan musim panas bersama sebelum Hailey benar-benar pergi. Hailey dan Claire sedih bukan main; di saat mereka memutuskan untuk menginap di pondok, Hailey memohon kepada dewa laut untuk membuat ibunya berubah pikiran tentang pindah. Hailey meminta keajaiban. Tak lama permohonan itu dilayangkan, badai laut terjadi sangat besar.

Malam berikutnya, gadis-gadis itu menyelinap ke pondok yang semalam mereka tempati. Di kolam renang, Claire melihat ada sesuatu yang bergerak dan berpendar, saat akan melihat lebih dekat, Claire terpeleset dan jatuh ke dalam kolam. Claire bergidik ngeri ketika ia melihat sesuatu yang ada di dalam kolam bersamanya. Putri duyung.

Awalnya Hailey yang mencoba menolong Claire dari kolam pun ketakutan bukan main, namun begitu di dekati dan mencoba untuk berinteraksi dengan si putri duyung; mereka berdua mulai berani untuk dekat-dekat dengan mahluk mitos tersebut. Putri duyung itu bernama Aquamarine (Sara Paxton) yang hanyut oleh badai dan masuk ke dalam kolam tanpa sengaja.

Aquamarine menjelaskan tentang badai yang terjadi malam sebelumnya; itu diakibatkan oleh Ayahnya yang marah akibat ia kabur dari rumah karena dipaksa menikah dengan pria sejenisnya yang tidak ia cintai.

Untuk mengakhiri pertunangan, Aquamarine harus membuktikan kepada ayahnya bahwa cinta sejati itu ada dan ia pun pergi dari rumah. Setelah menjelaskan akar perkara, Hailey dan Claire pun kembali pulang sedangkan Aquamarine masuk kembali ke kolam dan berjanji akan bertemu keesokan pagi.

Keesokan paginya, Hailey dan Claire bertemu dengan Aquamarine di sebuah bilik. Sirip putri duyung itu hilang dan berubah jadi kaki karena tidak berada di dalam air alias kering. Ini membuat Hailey dan Claire jadi semangat untuk berteman dengan Aquamarine. Saat berjalan untuk melihat indahnya kota, Aquamarine bertemu dengan seorang lelaki tampan bernama Raymond (Jake McDorman) yang adalah penjaga pantai.

Hailey dan Claire sudah naksir sekali dengan Raymond, kini Aquamarine pun punya perasaan yang sama dengan mereka berdua, menyukai Raymond. Hailey dan Claire jelas menolak untuk membuat Raymond suka pada Aquamarine karena mereka bertiga kini bersaing untuk mendapatkan hati pria itu.

Namun begitu Aquamarine mengatakan kalau mereka membantu putri duyung, maka permintaan mereka akan terkabul. Mendengar hal itu Hailey dan Claire langsung membantu Aquamarine supaya Ibu Hailey tidak jadi pindah.

Karena Aquamarine bukan manusia pada umumnya, dia tidak mengerti bagaimana cinta bisa muncul dan bekerja pada dirinya juga Raymond. Begitu Aquamarine mengungkapkan perasaanya, Raymond menolaknya dan membuat Aquamarine sedih. Hailey dan Claire yang tahu soal itu berjanji bahwa selama tiga hari ke depan, mereka akan menggunakan strategi yang ditemukan di majalah remaja untuk menjodohkan Aquamarine dengan Raymond.

Namun hal itu ternyata jadi sulit akibat sekelompok gadis populer yang dipimpin oleh Cecilia (Arielle Kebbel), anak manja dari seorang ahli meteorologi lokal, juga tertarik pada Raymond. Baik Cecilia ataupun temannya menghalangi jalan Hailey, Claire dan juga Aquamarine untuk mendapatkan Raymond, namun mereka bertiga tidak menyerah, mereka semakin gencar untuk mendekati Raymond sebelum Cecilia cs., melakukannya terlebih dulu.

Aquamarine berhasil berkencan dengan Raymond, namun disaat bahagia seperti itu; matahari tenggelam yang berarti meski kering, Aquamarine akan berubah wujud menjadi putri duyung kembali. Ini membuat Hailey dan Claire langsung membantu Aquamarine untuk pergi ke sebuah menara air untuk menaruh Aquamarine disana, celakanya, begitu Hailey dan Claire pulang; Cecilia mengikuti ke menara air tempat Aquamarine tinggal, dan menemukan rahasianya. 

Cecilia dengan licik mencabut kait tangga supaya Aquamarine tidak kabur, ia pun melapor pada Ayahnya supaya berita soal putri duyung itu disebar di TV lokal. Beruntung seorang tukang bersih-bersih di pondok tempat Hailey dan Claire bekerja lebih dulu membantu putri duyung itu untuk turun dan bersembunyi. Disaat siaran langsung dimulai, Aquamarine sudah tidak ada. Membuat Ayah Cecilia malu bukan main dan menghukum anaknya tersebut.

Keesokan paginya, Aquamarine bertanya kepada Raymond apakah dia mencintainya. Raymond mengakui bahwa dia menyukainya tetapi belum jatuh cinta padanya karena mereka hanya berkencan satu kali. Jawabn itu membuat Aquamarine patah hati. Aquamarine yang sedih bahkan didorong oleh Cecilia ke laut membuat Aquamarine berubah kembali menjadi putri duyung. Raymond terkejut tetapi tetap bergegas untuk menolong Aquamarine.

Ayah Aquamarine yang tahu anaknya sudah di laut membuat badai raksasa, menyeret Aquamarine kembali ke rumah, tetapi Hailey dan Claire melompat ke laut untuk membantunya. Aquamarine jelas bingung kenapa mereka membantunya, mereka lantas menjawab bahwa mereka mencintai Aquamarine. Mendengar ada cinta sejati meski bukan dari orang yang Aquamarine sayang sebagai pasangan, Ayah Aquamarine pun langsung meredakan badai.

Saat Aquamarine menanyakan apa permintaan yang bisa dikabulkan karena telah menolongnya, baik Hailey dan Claire tidak mengajukannya. Hailey merasa ia egois sekali kalau harus membuat ibunya yang sudah bekerja keras untuk ke Australia namun ia batalkan. Akhirnya mereka membuat janji untuk tetap saling berkomunikasi dan bertemu di lain kesempatan; baik dengan Hailey, Claire dan juga Raymond. Akhirnya mereka pun berpisah dengan bahagia.

True Love

Aquamarine_True Love (Copy)

Belajar dari film ini, ternyata cinta sejati tidak selamanya berasal dari pasangan saja yang selama ini kita percaya. Tapi ternyata cinta sejati juga bisa timbul dari seseorang yang benar-benar menyayangi kita dengan tulus tanpa syarat apapun; yakni sahabat, keluarga dan ya sudah jelas pasangan hidup. 

Kekuatan persahabatan yang dimiliki oleh Hailey dan Claire atas Aquamarine dalam film ini lah yang menyelamatkan Aquamarine dari amukan Ayahnya. Persahabatan itu yang membuat mereka memiliki cinta sejati untuk si putri duyung malang tersebut. Jadi sudah paham ya! Cinta sejati tidak selamanya berasal dari pasangan kalian saja!

Manis Dilihat 

Aquamarine_Sweetest Thing (Copy)

Film Aquamarine sukses membuat mata adem dengan melihat akting dari Sara Paxton, juga tubuh indahnya saat menjadi putri duyung. Mohon dicatat! Tidak ada unsur pornografi ya dalam film ini. Maksudnya tubuh indah adalah ketika tubuh Aquamarine jadi meliuk seperti ikan dengan kilap warna Torquise yang mengagumkan.

Tak kalah kece juga melihat Emma Roberts dan si penyanyi handal Jojo yang masih kinyis-kinyis tampil bersama dengan Sara Paxton yang cantik. Siapa sangka, Jojo yang terkenal sebagai penyanyi bisa juga beradu akting dengan para artis papan atas. Hebatnya, akting Jojo juga bisa dibilang oke sehingga tidak bosan melihatnya.

Rasa Penasaran

Aquamarine_Curious (Copy)

Biasanya film-film dengan cerita fantasi seperti ini sudah gampang sekali ditebak bagaimana akan berakhir; namun untuk film Aquamarine, kita baru bisa menebak disaat-saat terakhir. Kita baru tahu kalau ternyata Aquamarine dengan Hailey, Claire dan Raymond tetap bisa bersama. Kita juga diberitahu kenapa dan bagaimana Claire menjadi seorang anak yatim piatu.

Rasa penasaran para penonton berhasil ditahan oleh sang sutradara, meski demikian kita tidak kesal; malah suka untuk menunggu bagaimana ending dari film ini akan terjadi. Akankah semua jadi happy ending atau sad ending. Berkat itu semua, film Aquamarine yang berdurasi selama 104 menit ini sukses mendapatkan nilai 3/5 dari Bacaterus.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram