bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Family Guy Season 2, Tak Kalah Seru?

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 30 Agustus 2021

Serial animasi Family Guy masih terus berlanjut. Kabarnya, animasi karya Seth MacFarlane ini akan mengudara hingga tahun 2022. Setelah kemarin membahas review Family Guy Season 1(1999) beserta sinopsisnya, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sinopsis dan review Family Guy Season 2.

Musim kedua dari serial animasi ini masih dibintangi oleh sang kreator, Seth MacFarlane yang berperan sebagai Peter Griffin. Kemudian, ada pula Alex Borstein yang mengisi suara Lois, istri dari Peter. Apakah musim keduanya ini seseru tayangan musim pertama? Yuk, baca sinopsis dan reviewnya!

Sinopsis

review family guy season 2 4
  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Animation, Comedy
  • Produksi: 20th Fox Television, Fuzzy Door Production
  • Sutradara: Neil Affleck, Bob Jacques, Michael Dante DiMartino
  • Pemeran: Seth MacFarlane, Alex Borstein, Seth Green, Mila Kunis

Episode pertama serial animasi ini dibuka dengan kisah keluarga Peter (Seth MacFarlane) dan Lois (Alex Borstein) yang mewarisi sebuah manor house atau rumah besar yang mewah dengan taman dan halaman luas dan indah. Mereka mendapat warisan tersebut dari bibi Lois yang tiba-tiba meninggal mendadak saat berkunjung ke rumah keluarga Griffin di Quahog, Rhode Island.

Lois awalnya hanya ingin ia dan keluarganya tinggal di sana selama akhir pekan saja. Namun Peter yang sudah terlampau senang karena mendapat warisan tersebut, malah ingin tinggal di sana selamanya. Peter bahkan menjual rumah sederhana mereka di Quahog tanpa sepengetahuan Lois.

Lois tentu saja marah. Namun ia tak punya pilihan. Keluarga Griffin yang terdiri dari Lois, Peter, Meg (Mila Kunis), Chris (Seth Green), Brian si anjing pintar dan juga Stewie si bayi jenius, akhirnya tinggal di manor house tersebut. Di sana, mereka diperlakukan seperti raja dan ratu oleh para pelayan-pelayannya.

Suatu hari, Peter dan Lois mengikuti sebuah pesta di kapal pesiar mewah. Sayangnya, sikap Peter yang tidak seperti 'orang kaya' kebanyakan malah membuat Ia dan keluarganya diusir dari kapal tersebut. Peter akhirnya meminta bantuan Brian, anjingnya, untuk belajar menjadi seorang gentleman. Dan Brian menyetujuinya. Peter akhirnya berhasil mengubah sikap dan perilakunya. Ia kini punya banyak teman dari kalangan orang kaya raya.

Namun sayang, bagi Lois kini Peter terasa seperti orang lain. Ia rindu rumahnya di Quahog yang telah Peter jual demi membayar pelayan-pelayan mereka. Lois makin kesal kepada suaminya ketika Peter mengikuti lelang sebuah barang mewah. Peter menawar barang tersebut sebanyak $100 juta. Padahal, dirinya tak memiliki uang sebanyak itu.

Karena kesal dan Marah, Lois mengajak anak-anaknya untuk kembali pulang ke Quahog. Di saat yang sama, Peter dikejar-kejar oleh pihak pelelang. Ia dituntut untuk segera membayar barang mewah yang sudah ia tawar. Tentu, Peter amat sangat kebingungan. Ia pun menawarkan manor house tersebut pada pihak pelelang dengan alasan rumahnya ini adalah tempat bersejarah. Namun sayang, tawarannya ditolak.

Pada saat Lois akan pulang ke Quahog, ia dan Peter berseteru. Peter tak sengaja menjatuhkan batu bata di perapian. Ia kemudian menemukan sebuah kotak berisi foto-foto tak senonoh beberapa tokoh terkenal di Amerika, salah satunya Abraham Lincoln dengan para wanita tunasusila di manor house itu. Ternyata, manor house tersebut dulunya adalah sebuah rumah bordil.

Peter akhirnya menjual foto-foto tersebut ke majalah dan ia bisa meyakinkan pihak pelelang untuk mengambil manor house-nya. Ia juga berhasil membawa keluarganya kembali ke rumah mereka di Quahog.

Premisnya Selalu Sama

review family guy season 2 2

Sejak season pertamanya, kami merasa selalu disuguhi premis yang sama. Peter, si kepala keluarga selalu membuat kekacauan atau masalah. Ia juga terkadang ceroboh. Kemudian, masalah yang dibuatnya tak jarang merugikan orang lain juga. Namun, di akhir cerita, kami menyaksikan bahwa Peter selalu bisa membalikkan keadaan dan menyelesaikan masalahnya.

Contohnya, ada pada episode pertama yang sudah kami bahas di atas. Peter membuat masalah dengan mengikuti pelelangan barang mewah, padahal ia tak memiliki uang. Namun akhirnya, ia dapat menuntaskan masalahnya.

Selain di episode pertama, salah satu episode lainnya dari Family Guy Season 2 juga menampilkan Peter yang melawan istrinya sendiri, Lois, untuk menjadi Ketua Dewan Sekolah. Peter mengalahkan Lois dengan cara yang licik, yakni menyebarkan foto vulgar Lois ke media agar wanita yang dicintainya itu kalah dan ia terpilih menjadi Ketua Dewan Sekolah.

Sayangnya, Peter yang akhirnya menang harus turun tahta karena anaknya Chris, kedapatan membawa majalah porno ke sekolah. Peter akhirnya meminta maaf pada semua orang, termasuk Lois dan keluarganya. At the end of the day, ia selalu menjadi pahlawan bagi keluarganya. Premis seperti ini kami saksikan hampir di seluruh episode Family Guy. Namun, cerita yang disuguhkan tak lantas jadi membosankan.

Tokoh Pendukung Lebih Sering Muncul

review family guy season 2 3

Di Family Guy Season 2 ini, tokoh-tokoh pendukung muncul dengan frekuensi yang cukup sering. Tetangga-tetangga Peter dan Lois yakni Cleveland (Mike Henry), Glen Quagmire (Seth MacFarlane) dan Joe Swanson (Patrick Warburton) ikut terlibat dalam beberapa episodenya.

Sementara di season sebelumnya, tetangga-tetangga keluarga Griffin ini terbilang jarang tampil di layar. Menurut kami, kehadiran para tokoh pendukungnya ini menjadi nilai plus sekaligus menambah keseruan pada jalan cerita setiap episode di Family Guy Season 2.

Ada Parodi Film-Film Terkenal

review family guy season 2 5

Family Guy Season 2 menampilkan parodi adegan dari beberapa film terkenal, lho. Contohnya, di episode pertama ada beberapa adegan parodi dari film The Shining (1980) garapan sutradara kondang Stanley Kubrick. Salah satunya adalah scene di mana gadis kembar dengan pakaian yang serupa, muncul di lorong manor house dan mengajak Stewie bermain. Seperti yang kita tahu, scene tersebut merupakan salah satu adegan populer dari film The Shining.

Selain ada adegan parodi film The Shining, kami pun menyaksikan adegan parodi populer dari film Ghost (1990). Ya, di salah satu episode Family Guy Season 2 ada parodi adegan romantis saat dua tokoh utama film Ghost sedang membuat kerajinan dari tanah liat.

Tak hanya parodi film, beberapa tokoh terkenal pun muncul di episode-episode Family Guy. Tiga di antaranya adalah aktris cantik Kate Moss dan Susan Sarandon, serta mendiang Luke Perry. Luke Perry bahkan ikut mengisi suara untuk tokohnya sendiri di salah satu episode Family Guy Season 2.

Menampilkan Sisi Lain Stewie

Sinopsis & Review Family Guy Season 2, Tak Kalah Seru? 5

Seperti yang kita tahu, Stewie si bayi jenius ini sangat membenci ibunya, bahkan ia berkali-kali mengatakan kalau dirinya ingin sekali membunuh sang ibu. Bahkan, di salah satu episode, ada scene di mana Stewie memperalat Chris dengan alat pengontrol pikiran buatannya untuk melakukan percobaan pembunuhan pada Lois. Namun tentu, percobaan pembunuhan tersebut tak membuahkan hasil.

Ternyata, sebenci-bencinya Stewie pada Lois, di season keduanya ini kita bisa menyaksikan bagaimana Stewie mencintai sang ibu. Di salah satu episode, Stewie menunjukkan sikap yang tak biasa. Ia juga berkata pada dirinya kalau ia merindukan wajah Lois. Meski sudah jelas, Stewie tetap menolak untuk mengakui kalau ia merindukan ibunya.

Kabarnya, musim kedua dari serial Family Guy ini tidak sesukses serial pertamanya. Bahkan tayangan serial animasi ini sempat akan dihentikan oleh Fox karena ratingnya rendah. Meski begitu, serial animasi Family Guy akhirnya tetap tayang. Bahkan, hingga saat ini.

Menurut kami, Family Guy season 2 ini tak kalah seru dan menarik dari serial musim pertamanya. Candaan-candaan yang disuguhkan masih terasa segar dan tentunya menghibur. Belum lagi banyak scene yang lucu dan membuat kami tertawa.

So, gimana, kamu tertarik untuk menyaksikan musim kedua dari serial animasi Family Guy? Kalau sudah nonton, jangan lupa ceritakan kesan-kesanmu di kolom komentar, ya. Sampai di sini pembahasan tentang sinopsis dan review Family Guy Season 2, sampai jumpa di artikel review selanjutnya!

Family Guy Season 2
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram