bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Fabricated City, Balas Dendam Tertuduh Pembunuhan

Ditulis oleh Syuri K.N.
Fabricated CIty
3.9
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Inia dalah sebuah film action thriller yang dirilis pada 9 Februari 2017 ini didistribusikan oleh CJ Entertainment. Pihak produser memercayakan Park Kwang Hyun sebagai sutradara sekaligus penulis naskahnya.

Film Facbricated City sukses box office dengan pencapaian hingga US$18 juta, loh! Mengisahkan perjuangan seorang pengangguran yang menjadi tersangka kasus pemerkosaan dan pembunuhan, padahal dia enggak pernah melakukannya.

Menjadi korban wrongful convictions, dia mati-matian membuktikan kalau dia enggak bersalah. Tapi, dia tetap dipenjara dan disebarluaskan pada masyarakat sebagai pembunuh berdarah dingin.

Sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa warga biasa sepertinya dijadikan kambing hitam? Apakah ada skema besar lainnya yang berusaha seseorang tutupi? Untuk cerita selengkapnya, cek sinopsisnya dari Bacaterus berikut ini!

Sinopsis

Fabricated City

Kwon Yoo (Ji Chang Wook) sudah melalui usia dewasa yang seharusnya dia bekerja, menghasilkan uang demi dirinya dan keluarga. Tapi, sehari-hari dia cuma bermain game online di warnet. Padahal dia pernah menjadi juara Taekwondo Nasional sewaktu remaja dulu.

Dia merasa terhanyut di dalam dunia game. Sebab, di permainan online itu dia menjadi 'Kapten' yang luar biasa hebat dengan segala kecerdikannya, kemampuanya dalam menembak, bertarung, dan strateginya yang selalu berhasil membuat anggota timnya terkagum-kagum.

fc

Ketika selesai menyelesaikan misi dalam game dengan kekalahan, sebuah telepon genggam berbunyi. Setelah mencari-cari, ternyata ada ponsel di bawah meja PC-nya. Kwon Yoo mengangkat telepon itu, dan dia diminta mengembalikan HP tersebut ke pemiliknya.

Dia awalnya enggan, namun akhirnya menuruti karena ada iming-iming uang. Dia enggak pernah menyangka kalau keesokan harinya dia malah menjadi tersangka kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang remaja. Namanya diberitakan di mana-mana dan wajahnya diketahui semua orang.

fabricated city

Kwon Yoo dijebloskan ke penjara dengan hukuman seumur hidup tanpa bisa membela diri. Dengan kondisi masih bingung atas apa yang dialaminya, dia berusaha mencerna keadaan sambil menerima perlakuan buruk dari sesama narapidana.

Lee Yeon Ok (Kim Ho Jung), ibu Kwon Yoo, berusaha mencari pertolongan dengan menunjuk seorang pengacara untuk membebaskan anaknya. Dia yakin kalau anaknya enggak bersalah. Namun, anehnya, segera setelah itu, ibu Kwon Yoo dinyatakan mati karena bunuh diri.

ibu_

Kwon Yoo yang merasa bersalah atas kematian ibunya melarikan diri dari penjara. Dia juga ingin menemukan alasan sebenarnya atas kematian sang ibu, karena semuanya begitu janggal dan tiba-tiba. Dia berusaha mencari pertolongan karena dia enggak mungkin melakukan investigas sendirian.

fabricated city

Kwon Yoo akhirnya menerima bantuan dari 'tim'-nya di game online yang biasa dia mainkan dulu. Mereka terdiri dari Demolition (Ahn Jae Hong), ahli membuat efek dalam film dan juga menembak. Kemudian ada Yeo Wool atau Mr. Hairy (Shim Eun Kyung) yang seorang hacker.

Selain mereka, ada Yong Guru, teknisi yang jago membuat drone dan alat lainnya, Negative Space yang seorang profesor arsitek, kemudian CONC3AL dan COV3R yang bersama-sama membuat konten broadcast. Mereka semua bekerja sama untuk menolong Kwon Yoo.

Fabricated City car

Setelah melalui banyak aksi heroik, akhirnya Kwon Yoo CS menemukan sebuah organisasi besar yang mengatur TKP palsu hingga menyiapkan tersangka palsu. Mereka melakukan jasa seperti ini untuk menutupi kasus asli yang dialami oleh pejabat, artis, dan para pemuka lainnya.

Organisasi ini secara apik membuat seseorang menjadi tersangka utama dan menyembunyikan tersangka aslinya, seperti yang dialami Kwon Yoo. Dia dan bala bantuannya membutuhkan strategi luar biasa apik, canggih, dengan segala teknologi yang ada.

fabricated city villain

Mereka berhasil mengadaptasi strategi perang yang biasa mereka lakukan di dalam game, yang kemudian direalisasikan di dunia nyata. Mampukah Kwon Yoo dan tim berhasil membuktikan kalau 'Kapten' mereka memang dijebak?

Film Korea Daebak, Wajib Nonton!

Fabricated

Buat yang suka film bikin mikir karena penuh teka teki, Bacaterus rekomendasiin kamu untuk nonton film ini. Penonton diajak ikut berpikir keras untuk menduga next step hingga siapa pelakunya. Film ini akan sangat membuat hatimu berdebar, mengikuti emosi dan aksi seru yang dilakukan aktor-aktrisnya.

Tapi, kalaupun ditonton berulang, enggak ngebosenin, kok. Selain cerita yang mendebarkan, efek CGI film ini yang dikemas apik bakal membuat penikmat film aksi merasa puas. Jangan lupakan adegan baku hantam, menembak, dan hantaman bom yang dilakukan sepenuh hati sehingga enak ditonton.

Alur cerita Fabricated City jelas dan rinci, sehingga membuat kamu bisa mempelajari karakter tiap pemain dengan baik. Banyak plot twist yang membuat penonton mungkin akan bergumam "Kok bisa begitu, ya?", hingga menebak kalau "Pasti dalangnya' si A", padahal bukan.

Bikin Mikir

fabricated city

Setelah menonton Fabricated City, kamu akan dibuat berpikir ulang ketika memberikan data pribadi ke pihak tertentu. Karena, enggak menutup kemungkinan jika data pribadimu seperti KTP, foto, sidik jari, dan DNA, bisa disalahgunakan untuk membuat alibi kejahatan lain dan membuat seolah-olah kamulah penjahatnya.

Kalau di Indonesia kan marak penipuan dan penculikan juga. Jadi, pokoknya hati-hati dengan apa yang kamu share pada pihak manapun, apalagi di media sosial!

Enggak Semua Internet Friends Buruk

fabricated city friend

Persahabatan di dunia maya enggak melulu soal kejahatan, penipuan dan aksi kurang menyenangkan lainnya.

Dari film ini, kamu bisa melihat bahwa mereka yang suka berjam-jam bermain game bukan berarti mereka enggak punya keahlian di dunia nyata. Sebagian besar malah memiliki keahlian yang enggak disangka-sangka, bukan?

Tapi, bukan berarti kamu jadi lupa waktu, kebablasan. Kamu harus tahu kapan saat yang tepat bermain game, ya. Jika kamu addict seperti Kwon Yoo, kamu juga sebaiknya melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat baik bagi hidup kamu.

Menjaga pola makan, olahraga, dan tentunya bersosialisasi dengan orang-orang di dunia nyata juga perlu, loh.

Persahabatan yang Kwon Yoo CS jalin sebagai tim di dalam permainan ternyata menjadi ikatan kuat. Mereka enggak segan-segan beraksi membantu 'Kapten' Kwon Yoo saat dia mengalami kesulitan di dunia nyata.

Setiap keahlian terpendam masing-masing digunakan semaksimal mungkin demi membuktikan kebenaran dan mengungkap kejahatan. Ternyata 'persahabatan online' mereka menjadi persahabatan nyata yang solid.

Totalitas Akting Ji Chang Wook

ji chang wook fabricated city_

Setelah berturut-turut berperan sebagai agen bayaran di drama Healer (2014) dan agen yang menjadi bodyguard di drama K2 (2016), Ji Chang Wook dipercaya untuk kembali berperan layaknya seorang agen dalam film Fabricated City.

Aktor serba bisa ini bahkan sampai masuk ke sekolah khusus laga demi perannya di sini, loh. Dibocorkan oleh kru dari film Fabricated City, aktor Ji Chang Wook enggak pakai stunt man alias pemeran pengganti, loh!

Meski banyak adegan yang berbahaya, Ji Chang Wook tetap melakukannya sendiri. Wah, totalitas sekali oppa satu ini!

Dahulu, Ji Chan Wook memang sudah pernah beberapa kali berperan dalam film, tapi hanya peran kecil dan cameo. Dia juga pernah menjadi pengisi suara sebagai dubber bahasa Korea untuk film animasi Jepang, Your Name (2016).

Pesonanya saat berperan sebagai agen membuatnya semakin dicintai peminat drama dan film Korea. Sehingga dia dipercaya untuk berakting di film dan drama aksi. Dan, Fabricated City merupakan film pertama Ji Chang Wook sebagai pemeran utama.

Sekian review film Fabricated City dari Bacaterus. Buat yang belum nonton, yuk, buruan nonton supaya bisa melihat langsung peran Ji Chang Wook sebagai 'Kapten' yang handal. Nantikan review film lainnya dari kami.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram