bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Engage Kiss, Kontrak Antara Iblis dan Manusia

Seri anime Engange Kiss (2022) merupakan adaptasi dari seri manga komedi romantis dengan judul sama karya Itachi. Salah satu anime musim panas ini telah ditayangkan perdana pada 3 Juli 2022, yang merupakan sebuah proyek kolaborasi Aniplex. Sementara serial animenya diproduksi oleh A-1 Pictures

Awalnya anime ini diberi judul ‘Project Engage’ dengan mencantumkan Fumiaki Maruto dan Tsunao sebagai penulis skenario dan ilustratornya. Kemudian pada acara Anime Japan 2022 di booth Aniplex, seri anime ini judulnya diubah menjadi ‘Engage Kiss’. 

Sinopsis

Di sebuah kota bernama Bayron, ada seorang pemuda bernama Shuu yang menjalankan sebuah bisnis kecil dan hidup sembrono. Merasa khawatir dengan Shuu, seorang gadis bernama Kisara, selalu mengunjungi rumah Shuu.

Begitu juga dengan mantan pacar Shuu, Ayano, yang merupakan seniornya Kisara di tempat kerja pun selalu mengkhawatirkan Shuu. Maka, dimulailah kisah komedi romantis dari tiga orang tersebut di sebuah kota buatan yang ada di Samudra Pasifik.

Episode 1-3

engage kiss_Episode 1-3_

Shuu selalu saja bermasalah dengan uang, tapi dia masih bisa bertahan berkat Ayano, mantan pacarnya dan Kisara, iblis yang setia padanya. Kali ini pun, Shuu kembali ditolong oleh Ayano dan akhirnya bisa makan.

Sementara itu, Kisara pergi ke rumah Shuu untuk membuatkan makanan. Tapi ternyata listrik di tempat tinggal Shuu telah diberhentikan karena Shuu belum membayar tagihan. Ketika Shuu kembali, Kisara senang tapi sekaligus sebal, karena dia mencium aroma wanita lain di tubuh Shuu.

Meskipun kesal, tapi Kisara masih membuatkan makanan untuk Shuu dan bahkan membayarkan tagihan listriknya. Kisara merasa senang karena dia bisa membantu Shuu, bahkan tidak peduli jika Shuu selalu meminjam uang darinya.

Tak lama, Shuu memenangkan sebuah lelang untuk proyek pembasmian monster. Meski bayaran dari proyek itu kecil, Shuu tidak masalah asalkan dia bisa bertahan hidup.

Shuu bekerja sama dengan perusahaan tempat Ayano bekerja untuk memusnahkan monster tersebut. Tapi, monster yang dia hadapi kali ini cukup kuat. 

Saat Shuu hampir kewalahan, Kisara datang untuk membantu. Kisara meminta Shuu untuk menciumnya agar bisa menggunakan seluruh kekuatannya. Meskipun terpaksa, Shuu akhirnya melakukan permintaan itu.

Sontak Kisara pun langsung beraksi dengan kekuatan penuh untuk mengalahkan monster tersebut, meski saat bertarung dia selalu kesal melihat Ayano di sana.

Pada hari yang berbeda, Kisara merasa senang karena sekarang memiliki kunci cadangan tempat tinggal Shuu. Sementara itu Shuu sedang gelisah karena salah memperkirakan situasi keuangannya. Oleh sebab itu, Shuu meminta Ayano agar dia bisa kerja part time.

Shuu dan Kisara pun diberi tugas untuk menjaga pesta peringatan 25 tahun kota Baylon dan melindungi wali kota dari serangan teroris.

Keesokan harinya, terjadi pemadaman listrik berskala besar dan berada di pusat kota Baylon. Ternyata kondisi ini merupakan bencana yang diakibatkan oleh monster yang mirip dengan serangga besar.

Shuu kemudian memutuskan untuk mendapatkan pekerjaan dari peristiwa munculnya monster tersebut. Tapi, hal tidak terduga terjadi yang tidak sesuai dengan rencana Shuu.

Episode 4

engage kiss_Episode 4_

Meskipun iblis yang menyebabkan listrik padam telah musnah, tapi listrik di daerah tempat tinggal Shuu masih belum juga pulih.

Sementara itu, Kisara menyaksikan pertemuan rahasia antara Ayano dengan seorang pria misterius. Kisara lalu mengunggahnya di media sosial untuk mengkonfirmasi perasaan Shuu pada Ayano.

Laki-laki misterius yang bersama Ayano ternyata seorang detektif. Dia sedang menyelidiki kasus pembunuhan beberapa hari yang lalu.


Detektif itu berusaha menggali informasi dari Ayano yang kebetulan pernah melihatnya. Pun begitu dengan Shuu, karena sama-sama sedang ditempat yang sama dengan Ayano, jadi dia mengetahui hal tersebut.

Pada malam harinya, Shuu mendatangi Ayano, berharap bisa bekerja sama menyelesaikan kasus yang sedang terjadi. Tapi, Ayano marah pada Shuu karena selalu minta maaf tapi seolah tidak tulus.

Ayano pun marah pada Shuu karena sifatnya tidak pernah berubah. Dia pun pergi meninggalkan Shuu dan bertemu dengan Kisara. Dari Kisara, Ayano akhirnya mengetahui penyebab Shuu selalu bersikap seperti itu.

Episode 5

engage kiss_Episode 5_

Ayano menjadi target iblis wanita yang bisa keluar melalui cermin. Beruntungnya, saat keadaan genting Kisara berhasil menghadang iblis tersebut, sehingga Ayano berhasil selamat. Namun akibat kejadian tersebut, Ayano harus dikarantina karena menjadi incaran iblis wanita itu.

Dalam karantina, Ayano mendengarkan cerita masa lalu Shuu dari ibunya. Disaat yang bersamaan, Shuuu ditawari kerjasama oleh Mikami yang merupakan seorang detektif kepolisian. Mikami mengetahui dengan jelas masa lalu Shuu dan dia ingin membantu Shuu untuk menyelesaikan masalah di masa lalunya.

Berkat informasi dari Shuu, Mikami dan rekannya berhasil mengidentifikasi identitas seorang pria yang dicurigai menjadi dalang beberapa insiden kemunculan iblis yang merasuki manusia.

Ketika mereka sampai di tempat tujuan, pria yang kemudian diketahui bernama Hanamura Junya itu telah dibunuh. Di atas mayat tersebut juga terdapat sebuah pesan yang menyebutkan ‘satu orang lagi’.

Kisah Shuu, Iblis dan Mantan Kekasih

engage kiss_Episode 1-3_Kisah Shuu, Iblis dan Mantan Kekasih_

Anime Engange Kiss (2022) ini memiliki cerita yang berpusat pada tiga karakter utama yaitu, Shuu, Kisara dan Ayano.

Shuu, merupakan seorang pemuda yang sembrono dan selalu bermasalah dengan keuangan. Kisara, gadis iblis yang sangat setia pada Shuu dan selalu membantunya ketika kesulitan. Sementara Ayano, mantan kekasih Shuu yang masih selalu memberikan bantuan pada Shuu.

Sejauh tiga episode ini, alur ceritanya masih ringan dan menghibur. Anime komedi romantis ini tidak hanya menceritakan kisah di antara tiga karakter utamanya, tapi ada juga kisah aksinya.

Tiga karakter utama itu selalu bertemu ketika melakukan pekerjaan untuk memusnahkan monster yang menyerang. Nah, di saat-saat tersebut, biasanya Shuu agak kewalahan karena tak jarang Kisara dan Ayano malah bertengkar.

Meskipun Ayano sudah menjadi mantan kekasih Shuu, tapi tampaknya dia masih menyukai Shuu. Dia masih selalu membantu Shuu ketika kesulitan dan beberapa kali terlihat kalau dia masih berharap pada Shuu.

Sementara Kisara adalah iblis yang menjalankan sebuah kontrak dengan Shuu untuk membasmi monster. Tapi, Kisara ini jelas sangat menyukai Shuu dan merasa cemburu pada Ayano.

Dalam penyamaran Kisara sebagai murid SMA, dia memang mengaku pada teman-temannya kalau Shuu adalah pacarnya. Tapi, status mereka masih belum jelas, karena Shuu terlihat hanya melakukan kontrak dengan Kisara untuk urusan pekerjaannya membasmi monster.

Kontrak antara Shuu dan Kisara akan aktif ketika mereka berciuman. Dan setelahnya, kekuatan Kisara akan aktif. Tapi, setiap kali Shuu dan Kisara berciuman untuk kontrak tersebut, ada harga yang harus dibayar oleh Shuu. Hal tersebut adalah ingatan Shuu yang akan berubah menjadi kekuatan Kisara.

Kenyataan Dibalik Kontrak Shuu dan Kisara

engage kiss_Episode 4_Kenyataan Dibalik Kontrak Shuu dan Kisara_

Pada episode empat, fokus cerita berpusat pada penyebab sifat Shuu yang selalu terlihat aneh. Seolah-olah dia tidak mengingat kejadian yang pernah dialaminya. Kemudian diketahui juga penyebab Shuu bisa mengalami hal itu adalah karena kontrak yang dibuatnya dengan Kisara.

Jadi, setiap kali Kisara mendapatkan kekuatan untuk membasmi iblis yang lain, maka, satu persatu ingatan Shuu akan hilang. Ini adalah harga mahal yang harus dibayar oleh Shuu. Di episode kali ini juga terungkap alasan kenapa Shuu mau menjalin kontrak dengan Kisara.

Luka Masa Lalu Shuu

engage kiss_Episode 5_Luka Masa Lalu Shuu_

Pada episode lima ini, terungkap masa lalu Shuu yang kelam dan menimpa keluarganya. Sampai saat ini, Shuu masih mencari kebenaran tentang insiden yang menimpa keluarganya itu. Meskipun Shuu terluka, tapi dia tetap semangat dan menjadikan luka masa lalunya itu sebagai sebuah kekuatan. 

Mikami merupakan salah satu polisi yang cukup peduli pada Shuu. Dia berjanji akan membantu Shuu mengungkapkan insiden masa lalunya. Namun, semua itu bisa berjalan asalkan Shuu mau bekerja sama dengannya.

Sementara itu, Kisara pada episode ini sangat lucu sekaligus keren. Ketika Shuu diajak berbicara dengan Mikami, dia malah membuat sebuah komik yang merangkum pembicaraan tersebut.

Tingkahnya ketika cemburu pada Ayano juga sangat menggemaskan. Tapi, ketika dia bertarung melawan iblis, Kisara berubah menjadi sosok yang cool dan tidak segan membunuh iblis yang muncul.

Episode selanjutnya akan lebih seru! Sedikit bocoran, di episode selanjutnya tampaknya Ayano tidak akan menyerah tentang perasaannya pada Shuu. Akan seperti apakah hubungan Shuu, Kisara dan Ayano selanjutnya? Ikuti terus update cerita anime ini hanya di Bacaterus!

Engage Kiss
Rating: 
2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram