bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Encounter, Kisah Cinta Beda Status dan Usia

Sinopsis & Review Encounter, Kisah Cinta Beda Status dan Usia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 Mei 2021

Drama Korea dengan jalan cerita yang menyenangkan selalu punya daya tarik yang besar. Dibuat dengan ide yang matang, episodenya yang rata-rata hanya mencapai belasan, tetap mampu meninggalkan kesan mendalam bagi penggemar-penggemarnya. Tak heran di kalangan pecinta k-drama ada istilah “gagal move on” setelah sebuah drama berakhir.

Salah satu k-drama yang sampai hari ini masih diminati berjudul Encounter. Drama romantis ini dimainkan oleh Park Bo Gum dan Song Hye Kyo. Terpaut usia yang jauh, tidak menghalangi keduanya menjalankan karakter masing-masing dengan sangat baik.

Perbedaan usia tersebut ternyata juga turut menjadi ide cerita dari Encounter lho. Bedanya, di drama ini, mereka terlibat kisah romansa. Bagaimana dramatisnya kisah cinta antara Park Bo Gum dan Song Hye Kyo? Sebelum menyaksikannya langsung, simak sinopsis serta review-nya di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis Encounter
*
  • Tanggal Tayang: 28 November 2018 – 24 Januari 2019
  • Genre: Serial, melodrama, romance
  • Jumlah Episode: 16 episode
  • Pemain: Park Bo Gum, Song Hye Kyo, Jang Seung Jo, Kim Hye Eun
  • Sutradara: Park Shin Woo
  • Distributor: tvN
  • Jaringan Penyiar: tvN
  • Produksi: Bon Factory Worldwide
  • Negara: Korea Selatan

Lahir sebagai anak politikus terkenal dan memiliki wajah yang cantik membuat hidup Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo)bagai selebritas. Hidupnya tertata tapi hal tersebut tidak membuatnya bahagia. Kenikmatan makan ramen di sebuah rest area bahkan tidak bisa dinikmati kapan pun dia mau.

Statusnya yang seperti itu, benar-benar menyulitkan Soo Hyun untuk bergerak bebas. Dia bahkan tidak bisa memilih ingin menikah dengan siapa, sebab pernikahannya sudah diatur. Dia dijodohkan dengan putra seorang pengusaha bernama Jung Woo Seok (Jang Seung Jo).

Pernikahan yang hanya didasari kepentingan kedua orangtuanya, membuat hidup Soo Hyun bertambah berat. Soo Hyun dan Seung Jo pun bercerai setelah dua tahun pernikahannya. Meski sudah berpisah, lingkungan keduanya membuat mereka kerap bersinggungan.

Soo Hyun adalah wanita yang sibuk. Setiap harinya, kegiatan yang mesti dia lakukan sudah terjadwal. Termasuk acara pembukaan hotel barunya di Kuba.

Di tempat yang berbeda, seorang pemuda berusia 20 tahunan awal sudah lebih dulu tiba di Kuba. Dia adalah Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum). Jin Hyuk adalah seorang pemuda yang bebas dan bekerja keras dalam hidupnya.

Jin Hyuk belum memiliki pekerjaan tetap. Meski begitu alih-alih membangun sebuah usaha, dengan uang tabungan yang dimiliki, dia memilih berkelana ke Kuba selama kurang lebih satu tahun. Berbekal kamera tua, Jin Hyuk menghabiskan waktunya mengabadikan apa pun yang dia temukan selama di sana.

Hingga suatu ketika, mobil yang ditumpangi Soo Hyun menabrak café yang terletak di pinggir jalan. Mobil tersebut menabrak meja yang sedang ditempati Jin Hyuk. Kamera tuanya pun terjatuh dan rusak.

Awal pertemuan antara Soo Hyun dan Jin Hyuk tidak meninggalkan bekas apa pun. Hingga setelah acara pembukaan hotel selesai, Soo Hyun yang bosan ingin berjalan-jalan melihat sunset di Pantai El Malecon. Tidak ada teman, Soo Hyun pun memutuskan jalan sendirian.

Encounter
*

Walau cukup cemas karena sebelumnya tidak pernah pergi sendiri ke mana pun, Soo Hyun tetap memberanikan diri. Seseorang mengatakan pada Soo Hyun bahwa dia harus lebih dulu pergi ke Morro Cabana, yaitu tempat yang sempurna untuk merasakan jatuh cinta.

Benar saja, belum apa-apa, taksi yang dia tumpangi mengalami masalah. Kesialan Soo Hyun tidak berhenti sampai situ. Saat sudah kelelahan dengan kakinya yang lecet, tas yang dia bawa diambil oleh dua orang tidak dikenal.

Tidak lagi memiliki kekuatan untuk mengejar pencuri tasnya, Soo Hyun hanya duduk di pinggir jalan. Wanita itu lunglai, pandangannya mengabur, hingga tiba-tiba saat akan terjatuh, seorang pria berhasil menahannya. Dia adalah Jin Hyuk.

Soo Hyun yang tidak bisa menahan kantuknya, tertidur di pundak Jin Hyuk selama kurang lebih satu jam. Saat matahari mulai terbenam, Soo Hyun terbangun dan terkejut melihat Jin Hyuk. Keduanya bingung.

Dalam keadaan serba canggung, kecantikan matahari terbenam mengalihkan keduanya. Jin Hyuk lantas memberi Soo Hyun sebuah earphone. Jin Hyuk mengatakan bahwa melihat sunset di Pantai El Malecon akan dua kali lebih indah apabila disaksikan sambil mendengarkan sebuah musik.

Perkataan Jin Hyuk benar, Soo Hyun menikmati sunsetnya, sekaligus musiknya dengan perasaan  bahagia. Wanita super sibuk tersebut, benar-benar terbawa suasana. Sementara Jin Hyuk merasa tak asing dan berpikir bahwa Soo Hyun adalah seorang selebritas.

Kisah Cinta Beda Status dan Usia

Kisah Cinta Beda Status dan Usia
*

Pengalaman menyenangkan melihat matahari terbenam ditemani pria asing ternyata meninggalkan bekas di hati Soo Hyun. Jin Hyuk yang datang dari kalangan biasa, sederhana dan hanya ingin menikmati hidup seolah menjadi angin segar bagi hidup Soo Hyun yang kering.

Selepas pertemuannya di Kuba, tidak ada satu pun di antara mereka yang menyangka akan kembali bertemu di Korea. Namun, takdir seperti memihak keduanya. Jin Hyuk yang sedang mencari pekerjaan, akhirnya diterima bekerja di hotel yang dikelola Soo Hyun.

Pertemuannya dengan Jin Hyuk menyadarkan Soo Hyun bahwa selama ini kehidupan yang dia jalani adalah kehidupan yang tidak dia kehendaki; bukan kehidupan yang dia inginkan. Dari pemuda biasa-biasa yang terpaut status dan usia cukup jauh tersebut, Soo Hyun justru belajar menikmati hidup. Dia menemukan cinta sejatinya.

Namun, perbedaan yang sebegitu lebar antara keduanya jadi permasalahan tersendiri. Lalu mampukah Soo Hyun dan Jin Hyuk akhirnya hidup bersama?

Shooting di Kuba Selama Satu Bulan

Shooting di Kuba Selama Satu Bulan
*

Drama Encounter patut disaksikan sebab menawarkan keindahan landscape Kuba yang belum pernah ada pada k-drama lain sebelumnya. Ya! Selain di Korea, drama ini juga melakukan pengambilan gambar di Kuba.

Selama kurang lebih satu bulan, Song Hye Kyo dan Park Bo Gum tinggal di Kuba untuk melakukan adegan demi adegan. Suasana khas Kuba yang identik dengan bangunan-bangunan cantik tertangkap sempurna. Tidak diragukan bahwa ia menambah syahdu pertemuan antara Soo Hyun dan Jin Hyuk.

Lokasi Shooting yang Cantik dan Bersejarah

Lokasi Shooting yang Cantik dan Bersejarah
*

Kekuatan drama Korea bukan hanya terletak pada jalan cerita yang melankolis, pilihan busana yang simple namun manis atau ketampanan dan kecantikan para pemainnya. Serial dari Korea Selatan rata-rata juga memiliki sinematografi yang luar biasa.

Pemilihan lokasi shooting yang cantik selama di Kuba ditambah kemampuan sinematografi yang baik adalah paket lengkap yang akan Anda dapatkan saat menonton episode-episode awal Encounter. Beberapa lokasi shooting yang terkenal antara lain Old Havana, Paseo del Prado, Pantai El Malecon dan Morro Cabana.

Selain cantik, lokasi-lokasi tersebut bernilai sejarah tinggi. Sebut saja salah satunya Old Havana. Old Havana merupakan wilayah yang didirikan oleh Spanyol pada 1519 M silam.

Kota tersebut kemudian berkembang menjadi lokasi pembangunan kapal di Karibia serta pusat pelabuhan. Sejak 1982 lalu bahkan, Old Havana sudah diresmikan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO.

Encounter tidak sekadar menyuguhkan tontonan mengenai kisah cinta rumit antara dua manusia berbeda status dan usia. Romansa keduanya dibalut dengan keindahan khas Kuba. Benar-benar drama Korea yang berbeda dan layak untuk disaksikan.

Sepanjang 16 episode Anda akan diajak merasakan cinta antara keduanya, sekaligus menikmati keindahan Kuba dan Korea. Apakah sudah mulai penasaran? Kalah begitu masukkan Encounter ke dalam list tontonan Anda segera ya! Selamat menyaksikan!

Encounter
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram