bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Empress Ki, Drama Wanita Kuat dan Berani

Sinopsis & Review Empress Ki, Drama Wanita Kuat dan Berani

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Industri hiburan Korea Selatan, terutama drama Korea sejak dulu tidak main-main mempertontonkan cerita yang menarik. Sebuah drama dibuat dengan sangat detail mulai dari plot, sinematografi hingga kostum yang dikenakan para pemainnya. Tidak jarang para penonton dibuat terkesan, justru bukan karena ceritanya melainkan faktor-faktor lain tersebut.

Bicara mengenai hal itu, sebuah drama yang tayang akhir tahun 2013 berjudul Empress Ki memuat hampir semua unsur yang dapat mengategorikannya sebagai drama bagus. Mulai dari plot hingga pemilihan kostum. Anda akan terkesan dengan keseluruhan jalan cerita drama ini.

Tidak baik jika semakin jauh menjelaskan, karena Anda bisa semakin penasaran. Namun, jika masih meragukan kualitas drama Empress Ki ada baiknya membaca ulasan sinopsis serta review di bawah ini.

Sinopsis

Sinopsis Empress Ki
*
  • Tanggal Penayangan: 28 Oktober 2013 – 29 April 2014
  • Genre: Drama Sejarah, Romantis
  • Jumlah Episode: 51 Episode
  • Pemain: Ha Ji Won, Joo Jin Mo, Ji Chang Wook, Baek Jin Hee
  • Sutradara: Han Hee, Lee Sung Joon
  • Penulis: Jang Young Chul, Jung Kyung Soon
  • Produksi: Lee Kim Productions
  • Jaringan Penayangan: MBC
  • Negara: Korea Selatan

Seorang gadis biasa dari Goryeo bernama Ki Seung Nyang (Ha Ji Won) mengubah penampilannya menjadi seorang lelaki untuk menghindari dijadikan upeti ke Negeri Yuan. Dia kemudian hidup bersama para preman hingga akhirnya bertemu Wang Yoo (Joo Jin Mo).

Wang Yoo sebenarnya adalah putra mahkota Goryeo yang tengah menyamar jadi rakyat jelata. Wang Yoo pun membuat persetujuan bersama Seung Nyang untuk menjadi pengikutnya. Identitas putra mahkota tersebut akhirnya terbongkar.

Keputusan Wang Yoo mengangkat Seung Nyang menjadi bawahannya didasari oleh kemampuan wanita itu dalam bertarung dan memanah. Melihat kemampuan tersebut, Wang Yoo terkesan, walau dia belum mengetahui identitas Seung Nyang yang sesungguhnya.

Berkat keahliannya, Seung Nyang mendapat tugas untuk mendampingi kakak dari kaisar Yuan bernama Ta Hwan (Ji Chang Wook). Ta Hwan memiliki kepribadian yang penakut, ceroboh serta lemah. Hal ini cukup menyulitkan Wang Yoo dan Seung Nyang.

Belakangan diketahui bahwa keberadaan Ta Hwan di Goryeo adalah bagian dari motif jahat Perdana Menteri El Temur (Jeon Kuk Hwan). El Temur sengaja membuang Ta Hwan ke Goryeo untuk dibunuh. Nantinya peristiwa kematian Ta Hwan akan dijadikan alasan untuk menyerang kemudian menguasai Goryeo.

Mengetahui hal tersebut Wang Yoo tidak terima. Dia bersama Seung Nyang kemudian menyelamatkan Ta Hwan. Namun, kelicikan El Temur tidak bisa dikalahkan begitu saja. Perdana menteri tersebut berhasil mengirim Wang Yoo dan Seung Nyang untuk pergi ke Yuan.

Ketika di perjalanan, sebuah peristiwa berhasil membuka identitas Seung Nyang yang sesungguhnya. Mulai dari sini, kisah cinta antara Wang Yoo dan Seung Nyang bersemi. Sayang keduanya harus terpisah karena Wang Yoo ditugaskan untuk pergi ke perbatasan Mongolia dan Turki sementara Seung Nyang dipaksa menjadi pelayan istana.

Ketika adik kaisar Ta Hwan meninggal, lelaki itu kemudian naik tahta. Berbekal niat mengembalikan hak bagi perempuan dan anak-anak Goryeo, Seung Nyang menjadi selir dan merelakan hidupnya bersama Ta Hwan. Pengorbanan Seung Nyang tidak sia-sia, meski harus meninggalkan cintanya, dia berubah menjadi seorang permaisuri yang berkuasa.

Berkat kekuasaannya pula, Seung Nyang atau Empress Ki berhasil memusnahkan El Temur. Namun, dia juga harus kehilangan Wang Yoo yang dibunuh oleh Ta Hwan. Nasib Kaisar Ta Hwan juga berakhir tragis. Dia diracun oleh pengawal pribadinya dan meninggal dalam pangkuan Seung Nyang.

Setelah deretan peristiwa tragis dan kehilangan yang dialaminya, Empress Ki hidup menguasai Negeri Yuan bersama putra mahkota. Namun, dia akhirnya harus melarikan diri karena terjadi konflik dengan dinasti yang ada di dataran Turki.

Memperlihatkan Wanita dan Kekuatannya

Memperlihatkan Wanita dan Kekuatannya
*

Drama Empress Ki memuat dan memperlihatkan wanita berikut kekuatannya. Seorang Seung Nyang yang datang dari kalangan biasa, akhirnya menjadi ratu yang paling berkuasa di tanah Yuan. Bisa dibayangkan apa saja yang telah dilaluinya?

Seung Nyang memperlihatkan bahwa wanita bisa melakukan apa pun dengan tekad kuat di dadanya. Termasuk menyamar menjadi seorang laki-laki walau kelak dapat membahayakan nyawanya. Wanita juga bisa menjadi sangat kejam dan penuh kasih dalam waktu bersamaan. Belum lagi kekuatan hatinya.

Ketika Seung Nyang terpaksa harus meninggalkan Wang Yoo demi cita-cita, hal tersebut tentu membuat hatinya terluka. Namun, wanita itu tetap kuat dan justru semakin kuat hingga berhasil menjadi Empress Ki yang hebat.

Seseorang Terbentuk dari Masa Lalunya

Seseorang Terbentuk dari Masa Lalunya
*

Karakter Seung Nyang yang sebegitu kuatnya tidak terbentuk begitu saja. Cita-cita untuk melepaskan wanita sebagai upeti bagi Yuan terpupuk oleh waktu dan berbagai peristiwa tragis yang menimpa dirinya.

Dalam drama ini Anda akan menyaksikan Seung Nyang kehilangan ibundanya. Ketika itu sang ibu melarikan diri dalam perjalanan menuju Yuan, sebab beliau tidak ingin dijadikan upeti dan budak. Peristiwa inilah yang berubah jadi motivasi terbesar Seung Nyang untuk melepaskan wanita Goryeo dari penjajahan.

Kekuatannya sebagai permaisuri dia gunakan untuk melindungi hal yang ingin dilindunginya sejak dulu; kebebasan wanita dan anak-anak. Saat menonton Empress Ki, Anda akan dibuat kagum oleh kekuatan karakter yang satu ini.

Antara Cinta atau Cita-Cita?

Antara Cinta atau Cita-Cita
*

Pergulatan batin yang dialami Seung Nyang ketika harus memilih antara menjadi selir Ta Hwan atau tetap setia pada Wang Yoo boleh jadi dirasakan oleh siapa pun. Dalam arti, siapa saja bisa berada di posisi bimbang saat memilih antara cinta atau cita-cita.

Setiap orang bisa memiliki pilihan yang berbeda. Segala macam pertimbangan pasti akan secara matang dipikirkan. Pun dengan yang dilakukan oleh Seung Nyang. Dia harus merelakan cintanya untuk mewujudkan cita-cita. Seandainya Anda ada di posisinya, kira-kira akan pilih yang mana?

Pemilihan Kostum yang Mengesankan

Pemilihan Kostum yang Mengesankan

Drama Korea tentang sejarah, seperti Empress Ki, punya hal menarik lain yang akan membuat siapa pun betah menontonnya. Apalagi jika bukan soal kostum dan aksesori yang digunakan setiap karakter. Dalam Empress Ki, kostum yang digunakan kental dengan nilai-nilai kemegahan.

Warna emas dan merah mendominasi pakaian yang digunakan. Belum lagi hiasan di kepala dan lainnya yang menambah nilai elegan setiap karakter, terutama kaisar dan permaisuri. Cerita yang sudah apik ini, semakin sempurna dengan dukungan-dukungan semacam itu.

Dari pemilihan pakaian kita bisa sama-sama merasakan betapa kuatnya kekuasaan Yuan dalam drama ini. Bahkan pada salah satu scene, ketika Seung Nyang mengubah pakaian para pelayan yang semula bergaya Yuan menjadi bergaya Goryeo, kita seperti diajak untuk ikut menyimpulkan sesuatu.

Sekarang sudah semakin banyak drama Korea bergenre sejarah dengan cerita yang luar biasa. Meski begitu, Empress Ki yang sudah tayang beberapa tahun lalu ini masih seru untuk disaksikan. Anda akan diajak melihat bagaimana kemampuan Ji Chang Wook pada masa lalu yang beradu akting bersama Ha Ji Won.

Apakah semakin penasaran? Kalau begitu jangan tunda lagi, segera nonton Empress Ki!

Empress Ki
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram