bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Musikal Korea Dream High 2

Sutradara Lee Eung Bok sepertinya masih ingin melanjutkan euforia keberhasilan Dream High musim pertamanya. Dalam serial lanjutannya, ia mengganti seluruh pemeran dalam serial pendahulunya dengan muka-muka baru yang mayoritas berasal dari JYP.

Jika dulu JYP mengirimkan dua anggota 2PM, dalam Dream High 2, giliran member GOT7 yang unjuk kebolehan, yakni JB dan Jin Young. 

Kang Sora, Park Seo Joon dan penyanyi solo Ailee ikutan didapuk menjadi pemeran utamanya, bersama dengan Ji Yeon, Hyorin dan Jin Woon.

Kisah dalam sekuelnya ini kurang lebih sama dengan serial pertamanya, yakni mengangkat kisah para siswa Kirin yang berjuang untuk debut dan persahabatan yang manis antar siswa di sana. Berikut ini sinopsis dan ulasan singkatnya!

Baca juga: 15 Drama Korea Bertema Sekolah yang Seru Buat Ditonton

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Musical, Romance
  • Produksi: KBS
  • Sutradara: Lee Eung Bok
  • Pemeran:  Kang Sora, Jung Jin Woon, Park Ji Yeon, Park Seo Joon, Im Jae Bum, Park Jin Young, Hyorin

Sekolah Seni Kirin tidak lagi jaya seperti dulu. Sekolah yang menelurkan banyak penyanyi top dan idol bertalenta ini sedang mengalami krisis keuangan sehingga kepengurusan diambil alih oleh OZ Entertainment.

Agensi hiburan Korea itu memasukkan artis-artis dan trainee-nya yang masih muda untuk menghindari aturan yang mengatur jam tampil artis di bawah umur.

Selain itu, trainee bisa sekaligus mengikuti pendidikan dan dibekali ilmu pengetahuan sesuai dengan bakat mereka. Sayangnya hal tersebut menimbulkan persaingan di Sekolah Kirin.

Mereka jadi terpecah, yaitu golongan artis dan golongan siswa biasa. Kondisi ini mirip seperti sebuah negara yang rakyatnya terbagi menjadi golongan bangsawan dan golongan rakyat jelata.

Di antara golongan rakyat jelata di Sekolah Kirin, ada Shin Hae Sung (Kang Sora) yang mendapat nilai tertinggi dalam ujian tertulis, tapi punya nilai paling rendah di ujian praktek.

Meskipun ia menyukai dunia tarik suara dan bermimpi menjadi penyanyi, namun bakatnya tidak mendukungnya.

Hae Sung adalah gadis yang naif dan polos tapi ceria. Ia sangat aktif dan mudah akrab dengan siapa saja. Di asrama Kirin, Hae Sung berteman dengan Yoo Jin (Jin Woon 2AM), Ui Bong (Jin Young GOT7), dan Park Soon Dong (Yoo So Young).

Kelompok ini dikenal sebagai murid-murid yang tidak begitu gemilang bakat dan karirnya. Namun, sejak kedatangan para artis dan trainee OZ Ent, kehidupan mereka mulai bergejolak.

Beberapa artis yang masuk ke sekolah Kirin di antaranya adalah duo grup Eden, JB (Im Jae Bum) dan Lee Si Woo (Park Seo Joon). JB adalah seorang idol yang sukses. Bersama Si Woo, ia berhasil debut dan karirnya melesat.

Namun, JB adalah seorang yang perfeksionis. Meskipun ia sukses dengan grupnya, JB masih tidak puas. Ia tidak suka ber-partner dengan Si Woo yang lebih santai dan selalu berbuat sesukanya tanpa memperhatikan orang lain. Maka dari itu, JB ingin berkarir Solo dan meninggalkan Si Woo.

Si Woo sendiri termasuk popular di kalangan penggemar wanita. Pesonanya ia gunakan untuk mendekati banyak wanita. Karena terlalu sibuk dengan penggemarnya, Si Woo jadi tidak fokus pada latihan grupnya.

Siswa lain dari OZ Ent lainnya yang masuk ke sekolah Kirin adalah idol grup wanita HershE yang terdiri dari Rian (Park Ji Yeon), Nana (Hyorin eks Sistar) dan Ailee. Mereka adalah siswa ‘bangsawan’ yang menjaga jarak dengan siswa asli Kirin.

Masuknya Eden dan HershE membuat heboh Sekolah Kirin, apalagi Hae Sung yang merupakan penggemar berat JB. Gadis itu rela melakukan apa saja demi idolnya. Awalnya JB berpura-pura menyukai Hae Sung. Namun, akhirnya perasaannya tersentuh oleh ketulusan dan kebaikan Hae Sung.

Hubungan JB dan Hae Sung menghadapi ujian. Yoo Jin sebagai sahabat Hae Sung tidak senang akan hal itu. Sebabnya adalah ia sendiri sudah lama menyukainya. Sementara itu, di pihak JB, Rian sangat murka dengan kabar bahwa mantan yang masih disukainya berkencan dengan wanita lain.

Rasa tidak suka Rian terhadap Hae Sung diwujudkan dengan sikapnya yang kasar. Ia kerap menghina Hae Sung dan teman-temannya. Puncaknya adalah ia mencuri karya Hae Sung dan mengakuinya sebagai karyanya sendiri.

Cobaan Hae Sung bertambah dengan munculnya rasa putus asa. Makin lama ia bersekolah di kirin, ambisinya semakin menipis.

Ia merasa dirinya tidak berbakat sama sekali dan sia-sia saja jika ia terus berada di sekolah itu. Oleh sebab itu, ia pun memutuskan keluar dan kembali ka kampung halamannya.

Cerita yang Kehilangan Gregetnya 

Cerita yang Kehilangan Gregetnya 

Episode awal serial ini dibuka dengan kisruhnya area tunggu KBS lantaran duo grup popular, Eden, tidak juga tampil di panggung. Para penggemar sudah menggila ingin menyaksikan idola mereka.

Namun, ketika lampu panggung menyala, yang tampil bukan Eden, melainkan HershE. Eden masih belum bisa tampilan sebab salah satu anggotanya, Si Woo, belum tiba di lokasi pertunjukan musik.

Ketika waktu sudah hampir menunjukan jam 10 malam, Eden dan penari latar yang masih remaja tetap naik panggung dan menuntaskan penampilan mereka. Hal itu membuat pihak penyelenggara acara ditegur oleh pemerintah yang mengakibatkan semua artis Oz Ent tidak akan tampil di KBS. 

Kejadian itu bertepatan dengan diresmikannya peraturan mengenai pembatasan jam tampil artis yang masih berusia di bawah umur. Mereka dilarang tampil setelah jam 10 malam. Jika melanggar, agensi dan pihak terkait lainnya akan dikenakan sanksi.

Para penggemar protes sebab mereka tidak bisa melihat penampilan idola kesayangan mereka. Gelombang protes terus bermunculan tapi pemerintah tidak bergeming. Itulah adegan pembuka dari serial dream high 2.

Kisah pembuka tersebut sebenarnya cukup seru dan membangkitkan rasa penasaran. Akan tetapi seiring kisahnya bergulir, tidak ada peningkatan kisah. Stagnan sampai akhir, dan ini sangat disayangkan.

Ibaratnya Dream High 2 dibuka dengan konflik yang seru dan tegang, namun perlahan ketegangan menurun dan berada di titik yang sama sepanjang episode.

Alur yang Tidak Fokus dan Tidak Terkoneksi

Alur yang Tidak Fokus dan Tidak Terkoneksi

Alur cerita dari Dream High 2 adalah aspek lain yang tidak begitu memuaskan para pencinta drama. Banyak ulasan yang bernada serupa dengan tulisan ini. Sangat disayangkan alur cerita dari serial ini tidak semenarik sebelumnya. 

Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa dielaborasikan, di antaranya adalah alur ceritanya yang tidak solid. Premis serial ini sebenarnya sudah bagus, mengangkat isu yang terjadi di Korea. Sayangnya premis ini tidak dipertahankan.

Kisah malah beralih pada konflik yang terjadi di Sekolah Kirin dimana para siswa Kirin yang asli protes lantaran sekolah mereka kedatangan siswa berbeda yang sikapnya tidak patut dicontoh.

Lalu, ada pula kisah JB - Hae Sung, Hae Sung - Yoo Jin serta JB - Rian yang tidak begitu jelas kaitan dan penyelesaiannya. Hal-hal tersebut mungkin dimaksudkan sebagai pengembangan cerita, hanya saja semuanya tidak terkoneksi dengan baik. Ketiga hal tersebut seolah berjalan sendiri-sendiri.

Karakter Antagonis yang Setengah Hati

Karakter Antagonis yang Setengah Hati

Ngomong-ngomong soal karakter antagonis, biasanya karakter jahat sering dibenci oleh penonton, apalagi bagi mereka yang pro pada pemeran utamanya. Nah, Dream High 2 memberikan pengalaman yang berbeda.

Sosok antagonis dalam sekuel ini diperankan oleh Ji Yeon T-ARA. Rian, tokoh villain di serial ini, adalah anggota HershE yang sudah sukses. Tapi gadis itu punya cita-cita yang belum tercapai, yaitu berakting sehingga ia sering mengesampingkan kegiatannya bersama grupnya. 

Rian adalah anak manja, angkuh dan suka menjadi pusat perhatian. Selain di panggung, tidak ada yang menyukainya, termasuk dua rekannya di HershE.

Ekspresi dan mimik Ji Yeon ketika membawakan peran Rian memang jempolan. Sayangnya, karakternya jahatnya kurang sempurna. Dibandingkan dengan Baek Hee (Eun Jung), Rian masih kurang nekad.

Rian dikisahkan sangat membenci Hae Sung karena ia merasa tersisihkan. Namun, kebenciannya terlihat setengah-setengah. Berbeda dengan Baek Hee yang menunjukan kebencian habis-habisan terhadap Hae Mi.

Kebenciannya diwujudkannya dengan melakukan tindakan ekstrem agar Hae Mi hancur. Sementara itu, Rian memilih cara pem-bully-an yang kekanak-kanakan terhadap Hae Sung.

Senjata Rian adalah kata-kata kasarnya, sedangkan Baek Hee melengkapi kata-katanya yang menusuk dengan tindakan yang mencelakakan dan manipulasi yang halus. 

Dibandingkan dengan Dream High 2, rupanya pencinta Dream High 1 jauh lebih banyak. Hal ini terbukti dengan rating yang dicapai kedua serial tersebut.

Di episode kedua saja, Dream high 2 sudah mengalami penurunan rating, sedangkan pendahulunya mengalami peningkatan di beberapa episodenya.

Namun, ada kekuatan dari Dream high 2 yang tidak dimiliki oleh Dream High 1. Meskipun tidak didukung dengan sinematografi yang istimewa, eksplorasi dunia idol pada Dream High 2 lebih luas.

Alur ceritanya disisipi wawasan mengenai dunia idol dan hubungan dengan penggemar, dan ini menarik. Penggemar idol pasti paham perasaan Hae Sung yang bucin terhadap Eden, terutama JB.

Dream high 2
Rating: 
2.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram