bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review The Guest, Misi Memburu Iblis Jahat

Sinopsis & Review The Guest, Misi Memburu Iblis Jahat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 6 April 2021

Siapa bilang drama Korea hanya berputar pada cerita cinta dan segala problematikanya? Sedihnya, anggapan semacam itu sudah terlanjur ada. Padahal drakor tidak hanya berkisah tentang masalah asmara. The Guest adalah salah satu drama yang keluar dari stereotype tersebut. Serial sepanjang 16 episode ini tidak menampilkan kisah cinta sebagai plot utamanya.

Tidak ada kisah cinta segitiga antara para karakternya. Mereka adalah anak-anak yang tumbuh dewasa dengan sebuah misi, sebab anggota keluarganya habis di tangan sesosok iblis. Bercerita tentang upaya mengalahkan kejahatan yang dilakukan oleh makhluk gaib, perjalanan mereka jadi tontonan yang menegangkan.

Apakah Anda sudah mulai penasaran? Kalau begitu membaca sinopsis dan review The Guest terlebih dulu sepertinya bukan ide buruk. Setuju? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Penayangan: 12 September – 1 November 2018
  • Genre: Supernatural, Horor, Thriller, Drama, Misteri
  • Jumlah Episode: 16
  • Pemain: Kim Dong Wook, Choi Seung Hun, Kim Jae Wook, Jung Eun Chae
  • Sutradara: Kang Shin Hyo, Jo Nam Hyung
  • Produksi: Studio Dragon

Sesosok iblis yang sangat kuat, yang dikenal sebagai Sohn merasuki raga seorang pria malang bernama Park Il Do. Dalam keadaan kerasukan, dia lalu melarikan diri ke sebuah desa kecil. Menyedihkan sebab di sana Il Do bunuh diri dengan cara yang tragis, yaitu menusuk matanya sendiri. Dia tinggal di kawasan tersebut selama beberapa hari sebelum akhirnya dianggap mati.

Beberapa waktu berlalu sejak peristiwa itu, Yoon Hwa Pyung (Kim Dong Wook) pun lahir. Dia bukan orang sembarangan karena darah yang mengalir di tubuhnya adalah darah paranormal. Terlahir di keluarga dukun, Hwa Pyung seolah dibiasakan dengan ancaman dari hal-hal gaib, termasuk Sohn. Hwa Pyung mendapat pemahaman dari keluarganya bahwa iblis itu sangat kuat.

Dia juga mengetahui bahwa Sohn punya kekuatan untuk mengendalikan iblis lain lalu memungkinkan mereka untuk merasuki manusia-manusia lemah. Siapa pun yang berhasil dirasuki oleh Sohn akan berubah jadi gila. Mereka tidak segan menusuk mata sendiri, lebih mengerikan, mereka juga tidak segan membunuh para anggota keluarganya.

Cerita mengenai Sohn mulai menghantui kehidupan Hwa Pyung dan keluarga sejak dia kecil. Terutama setelah salah satu kerabatnya dirasuki oleh Park Il Do (Sohn). Dia lalu mulai menyerang desa dan bunuh diri dengan cara yang tragis, yaitu menusuk matanya sendiri. Akibatnya, keselamatan para penduduk desa mulai terancam, tidak terkecuali keluarga Hwa Pyung.

Khawatir dengan serangan yang semakin brutal, keluarga tersebut memanggil bantuan dari dua pendeta pengusir setan. Bukannya berhasil, salah satu dari pendeta yang turun tangan justru kerasukan. Tragisnya dia pulang kemudian membantai orangtuanya.

Pendeta yang kerasukan itu diketahui membunuh seorang polisi yang tidak bersalah sebab sang polisi tersebut berusaha melindungi adik laki-lakinya. Belakangan diketahui bahwa polisi yang terbunuh itu adalah ibu dari Kang Kil Yeong (Jung Eun Chae).

Dua puluh tahun kemudian, Hwa Pyung sudah tumbuh jadi pria dewasa. Kini, dia bekerja sebagai seorang supir taksi. Meski terlihat sebagai warga biasa, lelaki ini punya kekuatan untuk membantu mencari orang-orang yang kerasukan

Guna menyelesaikan tugas-tugasnya, Hwa Pyung tidak sendiri. Dia dibantu oleh Choi Yoon (Kim Jae Wook) dan putri dari polisi yang terbunuh, Kang Kil Yeong. Ketiganya datang dari latar belakang yang berbeda, tapi ada satu hal yang membuat mereka merasa senasib, yaitu kesedihan sebab anggota keluarga mereka sama-sama dibunuh oleh Sohn.

Choi Yoon sendiri adalah seorang pendeta Katolik yang sinis dan berkepala dingin, tapi kemampuannya untuk mengusir setan atau roh jahat tidak perlu diragukan. Meski tidak terlalu suka berhubungan dengan orang lain, kemampuannya dibutuhkan dalam misi mengalahkan sang iblis jahat tersebut.

Menjadi satu-satunya wanita tidak membuat Kil Yeong merasa tersingkirkan. Detektif ini tidak percaya pada hantu, akan tetapi kedua rekannya berhasil membuat kepercayaan Kil Yeong berubah. Apalagi dia juga punya dendam yang belum selesai kepada Sohn.

Menggunakan kekuatan masing-masing, ketiga anak muda ini bekerjasama untuk mencoba mengalahkan iblis tersebut. Mampukah Hwa Pyung, Choi Yoon dan Kil Yeong menghadapi Sohn tanpa ada lagi korban jiwa? Dalam 16 episodenya, The Guest siap memberikan jawaban untuk Anda!

Karakter Dibangun dengan Kuat

Karakter Dibangun dengan Kuat

Tiga karakter utama dalam drama ini dibangun dengan sangat baik. Alur ceritanya yang runut dari mulai mereka masih anak-anak membuat Anda ikut memahami dan merasakan emosi dari tiap-tiap karakter. Hwa Pyung sebagai keturunan keluarga paranormal, tetap dengan bakatnya hingga dia dewasa. Begitu pun dengan dua karakter lain.

Sebagai keluarga dari pendeta yang dirasuki, Choi Yoon juga punya misi tersendiri. Berwatak sinis dan berhati dingin tidak lantas membuatnya tak acuh terhadap tujuan. Dia bersedia bekerja sama mengalahkan sang iblis jahat. Di sini, aktor Kim Jae Wook berperan sangat baik dengan mimik mukanya yang meyakinkan.

Hal yang sama berlaku pada karakter detektif wanita, Kil Yeong. Sebagai anak yang harus kehilangan ibunya akibat ulah iblis jahat, Kil Yeong tidak begitu saja percaya dengan keberadaan Sohn. Ini sejalan dengan karakternya sebagai seorang detektif yang terbiasa berpikir logis dan rasional.

Alur yang Penuh Teka-teki dan Menegangkan

Alur yang Penuh Teka-teki dan Menegangkan

The Guest memiliki premis yang tidak terlalu banyak diangkat oleh drama Korea, yaitu kesurupan. Cerita ini kemudian dikembangkan menjadi lebih emosional karena memasukkan cerita mengenai pembunuhan orang-orang tidak bersalah dan rasa kehilangan serta dendam bagi mereka yang ditinggalkan.

Sejak awal, alur dibangun dengan jelas. Para karakter berusaha mencari tahu dan mengalahkan sesosok iblis jahat. Namun, di dalamnya terdapat banyak teka-teki, sebagiannya berupa plot twist yang cukup mengecoh. Ketika Anda merasa bisa menebak kejadian yang akan terjadi selanjutnya, ketika itu juga jalan cerita berubah semakin menegangkan.

Drama ini akan sangat cocok bagi Anda yang memang suka dengan alur seperti itu, penuh teka-teki dan menegangkan. Rasa penasaran selama menonton The Guest, membuat siapa pun yang menyaksikannya dapat terhindar dari kebosanan.

Drama Tanpa Love Line

Drama Tanpa Love Line

Drama Korea yang memuat kisah cinta memang selalu berhasil dan mudah memikat hati. Apalagi jika chemistry antara karakter utamanya terjalin dengan manis. Terlebih jika second lead male-nya sekeren Han Ji Pyeong dalam drama Start Up (2020). Namun, The Guest memperlihatkan bahwa drama Korea tanpa Love Line juga bisa dinikmati dan seru untuk diikuti.

Tanpa kisah cinta yang terjalin antara para karakternya, kecocokan mereka sebagai tiga orang yang punya kepentingan membuat drama ini tidak kalah berkesan. Jika diibaratkan sebagai sebuah hidangan, keduanya merupakan menu berbeda, tapi sama-sama lezat untuk disantap. Dengan atau tanpa kisah cinta, sebuah drama bisa dinikmati selama memiliki jalan cerita yang solid.

Digarap Sutradara Spesialis Misteri dan Horor

Digarap Sutradara Spesialis Misteri dan Horor

Berada di bawah arahan sutradara Kim Hong Sun, The Guest dibuat dengan detail dan sangat baik. Hal ini tidak mengherankan mengingat Hong Sun memang dikenal sebagai sutradara spesialis cerita-cerita misteri dan horor.

Drama dan film yang disutradarinya bernuansa kelam dan misterius. Anda bisa membuktikannya sendiri melalui Voice Season 1 (2017) dan Black (2017) karena kedua drama tersebut merupakan garapan Kim Hong Sun. Pada Februari 2021, drama terbaru karyanya direncanakan akan mulai tayang. Lagi-lagi bergenre misteri yang menegangkan.

The Guest menambah panjang daftar drama yang bisa memanjakan para pencinta horor dan misteri. Ia akan memuasakan Anda dengan adegan-adegan kesurupan, pengusiran setan, darah, kekerasan, dan beberapa adegan kematian yang menakutkan. Apakah Anda bersedia ikut menangkap iblis jahat bersama tiga sekawan tersebut? Siapkan diri segera untuk menontonnya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram