bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis dan Review Drama Korea Sweet Home Season 1

Sinopsis dan Review Drama Korea Sweet Home Season 1

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Terjebak di sebuah apartemen bersama para monster yang siap memangsa, sama sekali bukan hal yang diinginkan siapapun. Sayangnya, beberapa orang harus melaluinya. Mau tidak mau, secara terpaksa, mereka menggunakan kemampuan yang seadanya untuk melawan dan bertahan hidup. Modal utama mereka hanya berani dan keinginan untuk saling melindungi. 

Pengalaman menegangkan seperti itu bisa Anda saksikan dalam serial Netflix berjudul Sweet Home. Dibintangi oleh Song Kang, Lee Jin Wook, Lee Si Young dan Lee Do Hyun, drama tentang ‘perang’ melawan monster ini menawarkan sensasi deg-degan yang lain dari biasanya. Pasalnya, Anda akan sekaligus dimanjakan oleh special effect yang canggih. Ingin tahu seperti apa lengkapnya? Simak lebih dulu sinopsis dan ulasannya berikut yuk!

Sinopsis

review drama sweet home_Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 18 Desember 2020
  • Genre: Horor, Drama, Apocalyptic 
  • Jumlah Episode: 10
  • Pemain: Song Kang, Lee Jin Wook, Lee Si Young, Lee Do Hyun
  • Sutradara: Lee Eung Bok, Jang Young Woo, Park So Hyun
  • Produksi: Studio Dragon, Studio N

Nasib buruk masih betah membersamai Cha Hyun Soo (Song Kang). Setelah rentetan perisakan yang diterima di sekolah hanya karena dia bersikap baik dan ingin menolong orang lain, Hyun Soo harus kehilangan seluruh anggota keluarganya akibat peristiwa kecelakaan. Jadilah pria ini menjadi semakin terpukul oleh keadaan hidupnya dan ingin mengakhiri hidup.

Dalam keadaan terpuruk, Hyun Soo pindah ke sebuah tempat tinggal berupa apartemen yang bangunannya sungguh tidak terawat. Meski begitu, tempat tinggal yang terkesan kumuh tersebut masih dihuni oleh banyak orang. Mereka terdiri atas bermacam-macam karakter dan profesi.

Interaksi antara penghuni juga terhitung baik-baik saja, tidak ada yang menonjol, kecuali seorang wanita yang tampak depresi akibat kehilangan anaknya serta seorang pria misterius yang memiliki luka bakar di wajah. Selain mereka, para penghuni hidup selayaknya biasa. Hingga suatu hari, kamar Hyun Soo terganggu oleh ribut-ribut yang terjadi di kamar sebelahnya.

Ketika hendak mengambil pesanan sekardus mie instan yang sudah dipesan, Hyun Soo kaget ketika mendapati kardus mie instan-nya sudah berantakan. Sesaat kemudian dia menengok keributan di kamar tetangganya. Alangkah terkejut Hyun Soo saat mendapati kepala kucing terlepas dari badannya dan berlumuran darah.

Merasa ada yang tidak beres, dia masuk ke dalam kamar kembali. Benar saja, tidak lama setelah itu, pintu kamarnya digedor secara keras. Semula Hyun Soo melihat dari interkom di dalam kamarnya, seorang perempuan meminta tolong. Ragu untuk membukakan pintu, Hyun Soo tidak lekas membukanya, dan lama-lama perempuan tersebut mulai berubah jadi monster. 

Seketika keadaan apartemen menjadi kacau, namun belum banyak penghuni yang menyadarinya. Di lantai dasar, orang-orang berkumpul untuk beraktivitas. Mereka yang tidak menyadari keadaan malah membuka pintu gerbang. Hingga seseorang mulai menyadari bahwa di luar ada ancaman yang sangat mengerikan.

Seorang monster yang bisa menjulurkan lidahnya berhasil memangsa salah satu penghuni apartemen. Lee Eun Hyuk (Lee Do Hyun) yang hendak pergi beraktivitas, bersama penghuni yang lain, kaget melihat hal tersebut. Pintu gerbang pun lekas kembali ditutup. Kehadiran para monster yang lapar dan ingin memakan daging manusia, seketika meneror mereka. 

Para penghuni mulai menyatukan kekuatan untuk saling melindungi. Pyeon Sang Wook (Lee Jin Wook), pria dengan luka bakar yang semula terkesan misterius, rupanya hanya pendiam. Dia salah satu yang sangat berani menghadapi monster. Kemudian ada Seo Yi Kyeong (Lee Si Young), seorang pemadam kebakaran wanita yang tidak kalah gesit, pintar dan berani

Kekuatan bertambah dengan hadirnya Jung Jae Heon (Kim Nam Hee), seorang guru bahasa Korea yang sangat religius. Dia dan katana yang selalu dibawanya, menjadi senjata andalan untuk mengalahkan monster. Bersama Yoon Ji Soo (Park Gyu Young), Jae Heon bersiap mengalahkan monster yang dia temui.

Sementara itu, dua pria paruh baya, Han Du Sik (Kim Sang Ho) dan Ahn Gil Seob (Kim Kap Soo) juga tidak kalah jenius dan berkontribusi sekalipun terlihat tidak berdaya. Sedangkan Lee Eun Hyuk sendiri adalah perencana bagi upaya-upaya mereka menyelamatkan diri dari monster.

Berbekal keberanian luar biasa, peralatan dan kemampuan yang seadanya tidak menjadi halangan bagi para penghuni untuk melawan monster. Meskipun satu-satu di antaranya mulai terinfeksi, mereka percaya bisa selamat dari teror tersebut. Lalu, apakah para penghuni Green Home benar-benar bisa selamat?

Budget Mahal

review drama sweet home_Budget Mahal

Fakta mengenai drama-drama ber-budget mahal selalu berhasil mengundang decak kagum. Setelah selama ini Arthdal Chronicles memuncaki drama dengan biaya produksi tertinggi, Sweet Home menyalipnya. Drama ini dibuat dengan menghabiskan dana sekitar 30 miliar won atau setara dengan 385 miliar rupiah.

Biaya besar tersebut tentunya masuk akal dan bisa diperinci. Tim produksi harus menyiapkan set berupa sebuah apartemen yang berdiri di tanah seluas 11.500 meter. Penggunaan teknologi CGI yang dipegang oleh para ahli juga bukan main-main dalam menghabiskan biaya. Belum lagi efek visual yang dibuat sedemikian rupa hingga tampilannya sangat memuaskan. 

Datangkan Tim Spesial Efek Terbaik Hollywood

review drama sweet home_Datangkan Tim Spesial Efek Terbaik Hollywood

Menciptakan sebuah karya yang bisa dinikmati secara keseluruhan, mengagumkan dan meninggalkan kesan luar biasa bagi para penonton memang bukan perkara mudah. Perlu keseriusan dari banyak pihak termasuk perencanaan.

Sweet Home bukan drama Korea biasa. Plot ceritanya melibatkan para monster yang hanya bisa divisualisasikan dengan bantuan efek-efek khusus. Efek khusus yang dimaksud hanya bisa ditangani oleh mereka yang ahli. Untuk di Korea, tim produksi memercayakan pengerjaan efek khusus dalam drama ini pada studio Westworld. 

Studio tersebut merupakan salah satu yang terkenal di Korea Selatan. Tidak heran jika tampilan para monster dalam drama ini sungguh di luar dugaan. Selain Westworld, tim produksi juga mendatangkan para ahli spesial efek dari Hollywood. Mereka adalah Spectral Motion dan Legacy Effect. Keduanya terkenal mampu menghasilkan efek yang senyata mungkin.

Adaptasi dari Webtoon

review drama sweet home_Adaptasi dari Webtoon

Perjuangan para penghuni Green Home melawan monster adalah adaptasi dari sebuah komik internet atau webtoon karya Kim Carnby sebagai penulis dan Hwang Young Chan sebagai ilustrator. Webtoon yang dimaksud berjudul sama; Sweet Home dan pertama kali terbit pada 2017 lalu.

Berkat ceritanya yang tidak biasa, di luar sesuatu yang kerap dibaca atau ditonton, webtoon ini telah dibaca oleh sekitar 1,2 miliar net views. Angka yang fantastis tersebut terang saja langsung menarik minat para pekerja kreatif lainnya untuk mewujudkan ceritanya ke dalam versi live action.

Webtoon Sweet Home terangkum dalam 140 bagian dan satu prolog. Bagian terakhirnya terbit pada 2 Juli 2020 silam. Tidak sampai satu tahun setelah selesai, cerita menarik ini langsung diadaptasi oleh tim produksi drama. Sutradaranya pun sudah terkenal sebagai penghasil drama-drama sukses. Dia adalah Lee Eung Bok yang berhasil melalui Goblin, Mr. Sunshine dan Descendants of the Sun.

Dibuat dengan Totalitas Para Aktor dan Aktris

review drama sweet home

Elemen lain yang menunjang Sweet Home dapat tampil sebagai drama yang luar biasa adalah dedikasi para aktor dan aktris yang terlibat. Sebut saja Song Kang yang harus berlatih adegan-adegan laga untuk menjiwai perannya sebagai Hyun Soo langsung melalui sekolah akting

Selama kurang lebih 2 bulan, aktor ini berlatih keras. Bukan hanya itu, sekitar 10-20 menit sebelum proses pengambilan gambar dimulai, dia kerap menyempatkan diri untuk mendalami karakter yang dimainkannya. Lain Song Kang, lain pula Lee Si Young yang berperan sebagai Seo Yi Kyung.

Aktris ini bahkan bersedia mengikuti kelas action selama kurang lebih 6 bulan. Semua dilakukannya untuk membentuk otot dan tubuh yang bagus. Sebab di drama ini dia digambarkan sebagai seorang pemadam kebakaran wanita dan anggota pelatihan khusus yang kuat dan berani.

Sederet nama aktor dan aktris yang terlibat dalam pembuatan Sweet Home juga tidak meragukan. Mereka adalah Lee Jin Wook yang memikat melalui serial Voice, aktor muda yang sedang naik daun, Lee Do Hyun (18 Again), Go Min Si dan aktor senior Kim Kap Soo serta Kim Sang Ho.

Premis yang menegangkan dan dieksekusi dengan baik akan menghasilkan sebuah tontonan penuh pujian. Tidak heran jika Sweet Home menduduki peringkat ke-8 sebagai serial yang paling banyak ditonton di Netflix. Penasaran dengan drama Korea yang tak biasa ini? Anda bisa menyaksikannya segera! Sepuluh episode dijamin tidak terasa! 

Sweet Home Season 1
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram