Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis SKY Castle, Realita Pendidikan di Korea

Review & Sinopsis SKY Castle, Realita Pendidikan di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kalian penggemar K-Drama ataupun KPop, pasti kalian pernah mendengar drama bertajuk SKY Castle ini. Pasalnya drama ini sangat populer pada saat itu, hingga beberapa K-Pop idol ternama seperti Key SHInee, Taeyeon SNSD, sampai RM BTS bahkan menonton drama ini.

Di awal penayangan, drama ini hanya mampu meraih rating sebesar 1.7%. Namun, mereka berhasil menarik perhatian publik dengan mengantongi rating lebih dari 20% dan angka tersebut tergolong sangat besar untuk ukuran drama TV kabel.

SKY Castle awalnya hanya berjumlah 16 episode, namun karena kepopularitasannya mereka menambah hingga 4 episode baru. Lantas apa yang membuat drama ini menarik hingga menjadi hot topic pada saat itu? Yuk kita simak ulasan dibawah ini!

Sinopsis

Sinopsis Sky Castle

* sumber: asianwiki.com

  • Rilis: 2018-2019
  • Genre: Satire, Drama, Dark Comedy
  • Produksi: HB Entertainment, Drama House
  • Sutradara: Jo Hyun-Tak
  • Pemeran: Yum Jung-Ah, Kim Seo-Hyung, Lee Tae-Ran, Yoon Se-Ah, Oh Na-Ra
  • Jumlah Episode: 20

Kisah dari SKY Castle berpusat pada 4 ibu rumah tangga dan keluarganya yang tinggal di kawasan pemukiman mewah di Seoul bernama Sky Castle. Ibu-ibu ini sangat peduli dengan pendidikan anaknya, hingga mereka rela melakukan apapun demi terjaminnya pendidikan sang anak.

Suatu ketika Han Seo-Jin, seorang ibu penghuni SKY Castle yang mengadakan pesta untuk merayakan keberhasilan anak dari keluarga Park yaitu Young-Jae yang berhasil masuk jurusan kedokteran di Seoul Nation University.

Sky Castle

* sumber: tv.jtbc.joins.com

Namun, sebenarnya istri dari dokter bedah ortopedi ini mempunyai maksud terselubung. Ia rela menggelar pesta mewah demi mengetahui metode rahasia dari masuknya Young Jae di kedokteran Seoul Nation University, supaya anak kesayangan Ye Suh bisa mengikuti jejak Young Jae dan impiannya untuk membangun keluarga dokter hingga generasi ketiga terwujud.

Dan ternyata rahasia dibalik keberhasilan Young-Jae adalah tutor pribadi mahal dengan tingkat keberhasilan nyaris sempurna. Ibu-ibu lain pun berlomba-lomba untuk dapat merekrut tutor tersebut sebagai tutor pribadi anaknya,

Dan Han Seo-Jin berhasil mendapatkan tutor privat tersebut untuk anaknya Ye-Suh. Namun, keberhasilannya dalam merekrut tutor mahal itu justru mengundang tragedi yang sangat berbahaya.

Isu Pendidikan di Korea Selatan

Isu Pendidikan di Korea Selatan

* sumber: tv.jtbc.joins.com

Jika kalian penggemar drama Korea, pasti kalian tidak asing dengan adegan dimana pada murid-murid sekolah disana mengambil kelas tambahan hingga malam hari. Menghabiskan waktu hingga 16 jam  memang bukannya sesuatu yang asing bagi mereka terutama untuk murid SMA yang akan menghadapi ujian masuk universitas.

Dan pelajar di Korea dilaporkan menghabiskan waktu untuk belajar lebih lama dibandingkan negara-negara OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) lainnya dan para orangtua juga rela mengeluarkan banyak orang uang untuk merekrut tutor privat.

Dan SKY Castle berhasil mengemas isu pendidikan tersebut dalam dramanya dengan sangat baik. Maka dari itu, SKY Castle mendapatkan banyak penilaian positif dari publik. Dan banyak dari mereka yang dapat relate dengan beberapa kisah yang mereka gambarkan melalui drama ini baik dari sisi orang tua maupun anak.

Baca juga: Review & Sinopsis Cheese in The Trap, Relatable Campus Life

Kesehatan Mental Anak dan Tekanan Pendidikan

Kesehatan Mental Anak dan Tekanan Pendidikan

* sumber: tv.jtbc.joins.com

Korea Selatan merupakan salah satu negara terpelajar di dunia. Mereka sangat peduli dengan pendidikan hingga kompetisi yang sangat ketat antar para murid dan orangtua menjadi sangatlah wajar. Namun, hal ini juga berimbas pada kesehatan mental para murid.

Berdasarkan data yang dikutip dari Korea Herald, 28.2 persen siswa sekolah menengah dan atas mengalami depresi. Dan penyebab utamanya meliputi kekhawatiran akan masa depan serta performa akademik. Selain itu, bunuh diri juga masih menjadi penyebab utama dari meninggalnya para remaja di Korea Selatan.

Dan Sky Caste menunjukan bagaimana tertekannya dan stress yang dialami oleh anak-anak yang terus menerus harus belajar guna memenuhi standar pendidikan tersebut dan tuntutan dari orang tua.

Obsesi Orangtua dan “Kesuksesan Anak”

Obsesi Orangtua dan Kesuksesan Anak

* sumber: tv.jtbc.joins.com

Seperti yang sudah disinggung di awal, drama ini menggambarkan bagaimana terobsesinya orangtua agar anaknya dapat masuk ke universitas terbaik. Dan sedikit informasi, SKY dalam SKY Castle sebenarnya merupakan akronim dari 3 universitas prestisius di Korea Selatan yaitu, Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Dalam drama ini kalian akan sering mendengar orang tua berkata “Ini demi anakku”. Mereka menganggap bahwa menekan anaknya supaya mendapatkan nilai yang tinggi adalah cara agar anak mereka dapat mengecap kesuksesan dimasa depan.

Orang tua berpikir suatu hari anaknya akan berterima kasih karena sudah mendorongnya mereka untuk terus belajar agar dapat masuk ke universitas ternama. Orang tua disini menyampingkan kesehatan mental dan kebahagiaan anak-anaknya. Serta mengabaikan pendapat anak-anaknya mengenai masa depan yang mereka inginkan.

Hal yang wajar bagi orangtua menginginkan yang terbaik bagi anaknya apalagi jika sudah menyangkut masa depan. Namun, mengesampingkan pendapat serta kebahagiaan anak hingga mengganggu kesehatan fisik dan mental tentu bukanlah hal yang wajar.

Final Thought

Final Thought

* sumber: tv.jtbc.joins.com

Drama satir tentang isu-isu sensitif seperti SKY Castle ini bukanlah tipikal drama Korea yang sering kalian temukan. Sehingga, cukup banyak orang-orang yang sebelumnya memang tidak begitu menyukai drama Korea, justru menyukai drama ini. Lalu meskipun SKY Castle mengusung tema yang serius, mereka menambah bumbu komedi-komedi sarkastis sehingga membuat drama ini enjoyable.

Banyak hal yang terjadi di setiap episodenya dan detail yang diperlihatkan dalam drama ini cukup banyak. Detail tersebut tak jarang menjadi hint untuk scene selanjutnya.  Sehingga, kita harus tetap fokus saat menontonnya drama ini agar tak ketinggalan hint yang mereka sajikan.

Saya menonton drama ini secara real-time. Jadi, setiap tayang saya akan menonton tanpa subtitle, lalu setelah subtitle keluar saya akan menontonnya lagi. Meskipun saya sudah nonton sebelumnya, saat kedua kali saya menonton saya akan menangkap detail yang tidak saya temukan saat nonton pertama kali.

Dalam drama Korea pada umumnya kita sering menemukan adegan dimana sang ibu dari keluarga kaya rela melakukan apapun seperti membayar perempuan agar mau putus dengan anaknya. Namun SKY Castle lebih realistis, di dunia nyata kita dapat dengan mudah menemukan orang tua yang rela melakukan apapun hingga menghalalkan taktik kotor agar demi pendidikan anaknya. Tak terkecuali di Indonesia.

Selain dari segi plot, casting dari drama ini juga terbilang sangat solid. Mereka mampu mengantarkan emosi dari karakternya masing-masing hingga membuat penonton larut dalam emosi. Meskipun drama ini fokus dengan keluarga Han Seo-Jin. Namun setiap karakter disini mendapatkan spotlight dengan banyaknya adegan yang menggambarkan kisah dari masing-masing karakternya.

Meskipun begitu, drama ini bukan lah drama tanpa cacat. Banyak penonton yang dibuat kecewa dengan eksekusi di episode terakhir hingga banyak yang mengira adanya pergantian penulis untuk episode akhir. Namun bukan berarti episode terakhir ini seburuk itu, hanya saja jika dibandingkan dengan episode sebelumnya performa dari episode terakhir ini dapat dikatakan lackluster.

Berdasarkan penilaian pengguna imDB dan AsianWiki, SKY Castle mendapatkan rating sebesar 8.7/10. Saya pribadi memberikan skor 9/10 untuk drama ini. Dan ya, satu skor saya hilangkan karena peforma dari episode terakhir.

Drama jenis seperti ini memang bukan everyone’s cup of tea. Cukup banyak orang yang tidak bisa related dengan storyline yang disajikan dan menganggap drama ini terlalu mendramatisir. Ditambah lagi, casting, tema dan genre yang diusung oleh drama ini bukanlah tipikal drama Korea, maka wajar jika ada yang tidak begitu menyukai drama ini.

Namun, jika kalian penggemar drama satir dan bisa relate dengan premis cerita dari drama ini, maka SKY Castle layak masuk ke watchlist kalian. Saya yakin kalian akan paham mengapa banyak orang yang menyebutkan bahwa drama ini wellexecuted.

Jadi apakah kalian tertarik untuk menonton drama ini? Bagi yang sudah pernah menonton, apa pendapat kalian tentang drama SKY Castle ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *