bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Korea Inspector Koo (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 20 Desember 2021

Inspector Koo (2021) adalah drama terbaru yang dibintangi aktris kawakan Lee Young Ae bersama Kim Hae Sook dan Kim Hye Jun. Disutradarai oleh Lee Jung Heum yang piawai meramu genre thriller, drama ini dicampur dengan unsur komedi dan laga.

Sepanjang 12 episode kita diajak mengikuti sepak terjang Koo Kyung Yi, mantan anggota kepolisian yang menggilai game, dalam menyelidiki kasus-kasus. Kasus yang kembali dia tangani membawanya pada sebuah misteri pembunuhan berantai. Pelakunya ternyata adalah ‘pemain lama’ yang sudah dia kenal sebelumnya.

Namun, bagaimana Kyung Ki menghadapinya? Bagaimana dia mengumpulkan bukti-bukti untuk menghukum orang itu? Kamu hanya bisa mendapatkan jawabannya dengan mengikuti drama Inspector Koo (2021). Sudah siap?

Baca juga: Sinopsis & Review Voice Season 3, Akhir Do Kang Woo yang Tragis

Sinopsis

Koo Kyung Yi yang sedang asyik bermain game sampai lupa mandi dan beberes rumah ditawari pekerjaan oleh sahabatnya, Na Je Hui, yang bekerja di perusahaan asuransi. Pekerjaan yang ditawarkan adalah menyelidiki klien dengan klaim asuransi sangat besar yang tiba-tiba menghilang.

Kyung Yi berhasil menyelesaikan tugasnya tapi di saat bersamaan misteri pembunuhan berantai ada di depan mata. Bagaimana kelanjutan ceritanya?

Episode 1-2

Episode 1-2

Koo Kyung Yi (Lee Young Ae) merupakan mantan anggota kepolisian berusia 43 tahun yang mengisi harinya dengan terus bermain game sampai tak peduli pada kebersihan rumah dan badannya. Suatu hari Na Je Hui (Kwak Sun Young) dari NT Life Insurance menghubunginya untuk menyelidiki sebuah kasus.

Kliennya bernama Kim Min Gyu tiba-tiba menghilang dan dinyatakan meninggal. Na Je Hui mencurigai kasus tersebut dan meminta Kyung Yi menyelidikinya. Walau awalnya menolak Kyung Yi akhirnya bersedia karena Na Je Hui mengiming-iminginya dengan seperangkat komputer baru.

Kyung Yi tidak sendiri. Dia dibantu Santa (Baek Sung Chul), sesama pemain game yang dia kenal secara online. Santa adalah seorang pemuda yang tak bisa bicara, meski begitu dia cakap dan sigap membantu Kyung Yi menjalankan rencana-rencananya. Menggunakan kemampuannya sebagai mantan anggota polisi, Kyung Yi sampai pada simpulan bahwa Kim Min Gyu masih hidup.

Sebuah alur mundur memperlihatkan seorang siswi SMA bernama Yi Kyung sedang menyelidiki kasus kematian kucing-kucing di sekolah. Siswi lainnya bernama Yeong Ju bicara sembarangan pada Yi Kyung bahwa dia ingin pembunuh kucing itu meninggal. Yi Kyung pun mencoba membunuh pelaku yang diketahui merupakan petugas kebersihan sekolah.

Dalam proses penyelidikan, para siswi dimintai keterangan, tidak terkecuali Yi Kyung. Petugas polisi yang bertugas menyelidiki kasus itu adalah Kyung Yi, istri dari guru drama mereka yang bernama Jang Seong Yu (Choi Young Joon). Insting Kyung Yi bahwa Min Gyu masih hidup terbukti benar. Namun, dalam proses pengejaran, Min Gyu bersembunyi dan tewas oleh gas beracun.

Kyung Yi secara samar melihat seorang wanita di tempat kejadian. Dia adalah Yi Kyung. Kasus kematian Min Gyu membawa Kyung Yi pada kasus pembunuhan lainnya yang terjadi di perusahaan tempat Min Gyu bekerja. Semua bermula dari kematian seorang pekerja bernama Lee Jun Hyeon.

Di sisi lain istri Min Gyu, Yoon Jae Young, dicurigai membunuh suaminya. Kyung Yi mendesak dan akhirnya mengetahui bahwa Yoon Jae Young terlibat dalam pembunuhan suaminya karena merasa kecewa.

Dia dikendalikan oleh Yi Kyung yang juga bekerjasama dengan Gun Wook (Lee Hong Nae); seseorang yang punya hubungan spesial dengan Lee Jun Hyeon. Yi Kyung mengetahui kalau Kyung Yi jadi saksi mata perbuatannya.

Yi Kyung bertemu Yeong Ju dan mendengar kabar kalau guru mereka, Jang Seong Yu, bunuh diri setelah kematian salah satu siswa bernama Han Gyeol. Han Gyeol yang tewas di waduk diketahui terakhir bersama Jang Seong Yu tapi polisi menyatakan kematian siswi itu sebagai kecelakaan.

Sebelum mengundurkan diri dari kepolisian Kyung Yi berusaha keras membuktikan suaminya itu memang tidak bersalah tapi tak berhasil. Kyung Yi kembali sibuk dengan game-nya. Setelah menyelamatkan salah satu pemain dari upaya bunuh diri, dia dijemput untuk menemui Yong Sook (Kim Hae Sook), Ketua Yayasan Anak-anak Pureun.

Yong Sook mengajak Kyung Yi kerjasama untuk mengungkap identitas pembunuh Kim Min Gyu. Kyung Yi bersedia menerima ajakan wanita yang tidak dikenalnya itu asal Na Je Hui dilibatkan sebagai tim. Yong Sook setuju lalu memeringatkan Kyung Yi agar berhati-hati, jika tidak ‘K’ bisa membunuh mereka.

Kyung Yi bersama Santa, yang diam-diam ternyata bisa bicara, pergi ke kantor asuransi tempat Na Je Hui bekerja. Menggunakan tak-tiknya, Kyung Yi membantu agar tim Na Je Hui tidak dibubarkan akibat kasus Kim Min Gyu, termasuk menangani pemalsuan dokumen oleh salah satu klien mereka bernama Jeong Yeon, yang tak lain adalah bibi Yi Kyung.

Episode 3-4

Episode 3-4

Je Hui dan Gyeong Su dipindahkan ke ruangan basement. Di sanalah bersama Kyung Yi dan Santa mereka menjalankan aksinya untuk menangkap K. Yi Kyung kembali membunuh seseorang.

Kali ini adalah seorang pria bernama Park Gyu Il, mahasiswa kedokteran pelaku penyebaran video mesum bersama sang mantan. Kyung Yi mulai bisa membaca pola bagaimana K menargetkan seseorang untuk dibunuh.

Korbannya adalah pelaku kejahatan baik kejahatan berat atau kecil, yang kematiannya diinginkan seseorang. Sehingga ketika dia membunuh, tindakannya dapat tersamarkan. Seperti pada kasus Park Gyu Il.

Dibantu orang-orang yang merasa berhutang budi padanya, Yi Kyung merencanakan pembunuhan dengan sangat matang. Park Gyu Il akhirnya tewas di tangan Yi Kyung.

Di waktu bersamaan, mantan yang jadi korban Park Gyu Il datang dan menusuknya berulang kali sehingga detik itu dia ditangkap dan dijadikan tersangka.

Tak lama Yi Kyung diam-diam membuat kehebohan dengan memasang sebuah pengumuman bahwa bukan si wanita itu pelakunya. Gun Wook keberatan dengan hal itu karena dapat membahayakan mereka, akan tetapi Yi Kyung sengaja melakukannya agar membuat si mantan berhutang budi.

Malam itu Yi Kyung berhasil masuk ke ruangan Je Hui dan Kyung Yi menggunakan kartu pekerja milik tantenya. Santa yang kembali ke ruangan memergoki dan mengejarnya tapi gadis tersebut berhasil lolos.

Dalam pengejaran K sempat lompat dari ketinggian hingga membuat kakinya terluka. Analisis Gyeong Su mengarahkan kecurigaan Kyung Yi pada Yi Kyung.

Namun, Yi Kyung yang pandai bersandiwara berhasil menutupi rasa sakit di kakinya sehingga membuat Kyung Yi meragukan diri sendiri.

Saat sedang menyelidiki kasus tewasnya Park Gyu Il, Kyung Yi mendapat telepon dari Yoon Jae Young. Istri mendiang Min Gyu tersebut mengaku diminta datang ke suatu tempat oleh K. Kyung Yi menyusun rencana setelah sebelumnya terlibat pertengkaran dengan Je Hui.

Je Hui dan Gyeong Su memonitor di mobil sedangkan Santa dan Kyung Yi mengikuti Yoon Jae Young di lapangan. Setelah mengikuti Jae Young tanpa hasil Kyung Yi tahu dirinya telah dijebak.

Sayang di saat bersamaan dia terlambat karena Je Hui dan Gyeong Su sudah pingsan akibat menghirup helium di dalam mobil. Begitu tersadar, Je Hui dan Gyeong Su sudah ada di dalam sebuah container di tengah perairan yang sedang surut.

Yi Kyung sendiri tampak memonitor mereka dengan puas hati. Tak lama seorang pria tua meracau dan memberinya sebuah undangan. Tanpa curiga Yi Kyung menerimanya.

Sejurus kemudian dua polisi datang dan menangkapnya karena di dalam undangan tersebut terdapat narkoba. Yi Kyung berontak saat ditangkap, sementara itu Gun Wook terlihat puas karena rencananya berhasil.

Kyung Yi yang panik terus mencari Je Hui bersama Santa hingga malam. Dia harus bergegas karena air perlahan mulai naik sedangkan Je Hui dan Gyeong Su tak juga menemukan celah untuk keluar dari container tersebut.

Episode 5-6

Episode 5-6

Je Hui dan Gyeong Su akhirnya bisa diselamatkan. Mereka dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Yi Kyung kembali diinterogasi, kali ini terkait data pribadi dan wali yang bisa bertanggungjawab.

Ingatan Yi Kyung kembali ke masa lalu saat dia menyaksikan ayahnya membunuh sang ibu. Sejak itu dia melihat bayangan kelam dan Yi Kyung kecil dinyatakan hilang satu minggu di hutan.

Sejak itu pula Yi Kyung kecil mulai dibawa ke psikiater oleh bibinya, Jung Jeong Yeon karena pernah membakar seseorang. Keluar dari penjara Yi Kyung langsung menemui Gun Wook dan tahu kalau dia yang menjebaknya.

Yi Kyung hampir membunuh Gun Wook tapi gagal lalu mengancamnya agar tidak berkhianat. Di sisi lain Kyung Yi mendapatkan informasi tentang Yi Kyung dan berusaha masuk sampai ke apartemen.  

Dengan bantuan Santa Kyung Yi berhasil masuk ke apartemen Yi Kyung tapi tak menemukan apa-apa. Sejurus kemudian Jeong Yeon datang. Kyung Yi mengarang cerita agar tidak mencurigakan.

Tak lama Jeong Yeon mendapat telepon internasional yang mengabarkan kalau ibunya siuman. Esoknya dia mengajak Yi Kyung menemui sang nenek di luar negeri.

Rencana tersebut diketahui Kyung Yi. Wanita itu langsung mengabari Je Hui. Segala persiapan penangkapan pun dilakukan. Yong Sook turut hadir karena dia ingin dilibatkan dalam proses penangkapan K. Sampai tiba jadwal penerbangan Yi Kyung tidak menampakkan diri. Namun, Kyung Yi mencurigai sesuatu.

Yi Kyung menelepon bibinya tak bisa ikut menemui sang nenek. Dia berhasil mengecoh orang-orang yang siap menangkapnya, termasuk Yong Sook.

Gun Wook memonitor keadaan di bandara dan mengabarkan kalau Yi Kyung diintai oleh banyak orang, tapi gadis itu malah senang. Kesenangannya tak lama karena dia kaget dan heran melihat Kyung Yi datang ke tempat persembunyiannya.

Sebelumnya Kyung Yi ternyata mendapat clue dari informasi yang disampaikan Gyeong Su bahwa gadis itu menyewa sebuah container. Dia pun mengikuti firasatnya dan pergi ke sana. Yi Kyung melakukan perlawanan hingga keduanya berkelahi. Yi Kyung berhasil kabur dan lolos.

Sementara itu Kyung Yi harus berhadapan dengan dua orang polisi yang menerima surat kaleng berisi pengakuan bahwa pembunuh Jang Seong U adalah dirinya.

Kyung Yi teringat semua kejadian di masa lalu dan terpikir kalau semua ulah Yi Kyung. Dia juga mencurigai bahwa Yi Kyung membunuh korban-korbannya dengan cara seperti yang terdapat dalam buku atau naskah drama. Bersama tim dia pun mencari tahu target Yi Kyung selanjutnya.

Hasil penyelidikan mengarah pada Ko Dam, seorang pengusaha sekaligus saingain paling kuat bagi Heo Seong Tea, putra Yong Sook, untuk maju ke Blue House.

Dia terkenal baik di kalangan karyawannya tapi ada satu pekerja yang diperlakukan buruk dan menaruh dendam. Menurut biksu yang didatangi Yong Sook, Ko Dam menyembunyikan sifat aslinya di balik kebaikan-kebaikannya.

Je Hui menemui Yong Sook secara terpisah dan tampak merencanakan sesuatu dengan meninggalkan teman-teman setimnya termasuk Kyung Yi. Je Hui membocorkan kalau target K selanjutnya adalah Ko Dam. Je Hui mengincar posisi di Blue House, terutama jika Seong Tae melaju ke sana.

Di sisi lain, Gun Wook yang berhutang budi pada Yi Kyung di masa lalu karena telah membunuh ayahnya, sepakat tinggal bersama dengan pacar prianya, Dae Ho.

Dia juga terus mengintai dari CCTV dan malam itu menemukan Yi Kyung yang tampak lusuh. Gun Wook memperingatkan Yi Kyung bahwa Kyung Yi sudah mengetahui rencananya untuk membunuh Ko Dam.

Kyung Yi dan tim sempat ragu apakah akan membiarkan Ko Dam tewas atau menyelamatkannya karena Ko Dam adalah orang jahat yang pura-pura baik. Malam itu Kyung Yi membaca naskah Jeanne D’Arc milik Yi Kyung guna mempelajari metode pembunuhan yang akan dipakai psikopat tersebut.

Santa yang juga ada di ruangan yang sama tampak menerima fax berupa kertas tapi kemudian dia remas dan sembunyikan dari Kyung Yi. Saat Kyung Yi melihat ke arahnya dan mengatakan akan membunuh seseorang, Santa kaget lalu menjatuhkan gelas bertuliskan Reuni Alumni 33 SMA Khusus Putri Bongbaek di bagian bawahnya.

Episode 7-8

Episode 7-8

Kyung Yi menggunakan bibi Yi Kyung, Jung Jeong Yeon, sebagai umpan pada acara peluncuran robot terbaru milik perusahaan Ko Dam. Pasalnya dia tahu Yi Kyung tidak mungkin menyakiti bibinya. Jeong Yeon juga ingin membuktikan dengan mata kepalanya sendiri bahwa sang keponakan bukan pembunuh berantai.

Kekacauan terjadi pada acara peluncuran robot dan Ko Dam berhasil dilumpuhkan Je Hui tanpa sepengatahuan Kyung Yi karena wanita itu diam-diam menjalankan tugas dari Yong Sook.

Jeong Yeon masih bertahan pada keyakinannya bahwa sang keponakan tidak mungkin melakukan pembunuhan berantai termasuk membunuh Ko Dam.

Selain itu dia juga melihat Je Hui melumpuhkan Ko Dam dan berencana mengambinghitamkan Yi Kyung. Kesalahan yang tak diduga oleh Kyung Yi terjadi; Jeong Yeon tewas oleh jebakan yang dibuat Yi Kyung untuk membunuh Ko Dam.

Ko Dam akhirnya juga dihabisi oleh anak buah Yong Sook. Kematiannya dimanipulasi sebagai kecelakaan. Kematian Jeong Yeon mengubah Yi Kyung jadi semakin brutal membunuh sembarang orang.

Kyung Yi mulai mencurigai Santa dan lalu memecatnya. Sementara itu Je Hui resmi menjadi penasihat kampanye putra Yong Sook, sedangkan Gyeong Su harus bergabung dengan tim lain di perusahaan. Kyung Yi dan Gyeong Su mencurigai Je Hui terlibat dalam kematian Ko Dam.

Berada dalam posisi terpojok, Je Hui pun mengakui kerjasamanya dengan Yong Sook, walau dia tak pernah mengira Ko Dam akan dihabisi, apalagi sampai mengorbankan nyawa lain yang tidak bersalah. Malam itu Yi Kyung datang ke kediaman Je Hui dan mencekiknya.

Di tempat lain Kyung Yi menemui Yong Sook untuk memperingatkannya agar berhati-hati pada Yi Kyung karena gadis itu sekarang pasti mengincarnya. Belum kering bibirnya Kyung Yi, Yi Kyung muncul di tengah-tengah mereka dan memakai syal milik Je Hui.

Episode 9-10

Inspector Koo Ep 9-10

Yi Kyung kini bekerjasama dengan Yong Suk. Gadis itu dimanfaatkan sebagai mesin pembunuh untuk menghabisi siapa pun orang-orang yang menghalangi jalannya. Yi Kyung menyesali kerjasama itu karena kini dia seperti dipenjara. Tugas pertamanya adalah membunuh mucikari yang memeras Hyeon Tae, putra kedua Yong Suk.

Kyung Yi sendiri berhasil bertahan hidup dari pembunuhan yang dilakukan anak buah Yong Suk. Setelah bersusah payah, Je Hui, Santa dan Gyeong Su menemukannya. Sebelum itu Santa berusaha keras mencari Kyung Yi. Dia terlihat tidak mau kehilangan detektif tersebut.

Setelah kembali berkumpul, Gyeong Su menemukan tempat persembunyian Geon Uk, kaki tangan Yi Kyung setelah melihat kemiripan tato di tubuh lelaki itu dengan tato yang dimiliki Lee Jun Hyeon. Lee Jun Hyeon adalah korban di pesta kapal Hyochang Bio. Geon Uk yang sedang patah hati karena hubungannya dengan Dae Ho berantakan baru tahu kalau Yi Kyung punya sekutu baru.

Malam itu Gyeong Su, Geon Uk, Santa dan Kyung Yi terkejut melihat seorang pria berada dalam kardus besar yang disimpan di depan apartemen Geon Uk. Pria itu ternyata seorang penulis jurnal Real Truth yang tahu banyak tentang keluarga Heo/keluarga Yong Suk.

Jurnalis tersebut dipercaya Ko Dam menyimpan rahasia sekaligus aib Yong Suk. Rahasia itu ternyata berupa rekaman video yang diambil Hyeon Tae pada saat Lee Jun Hyeon tewas tercebur ke laut. Yi Kyung yang diperintah membunuhnya, justru membiarkan jurnalis itu lolos dan malah ‘memberikannya’ pada Geon Uk.

Akibat hal itu dia nyaris tewas dibunuh Yong Suk sebelum akhirnya bisa melarikan diri. Geun Uk juga terancam karena mengetahui video milik Ko Dam tersebut. Di sisi lain dia juga kaget karena ternyata ada satu orang yang terlibat dalam kematian Jun Hyeon luput dari pembunuhan yang dilakukan dirinya dan Yi Kyung.

Tak punya tujuan lain dia pun pergi ke tempat Dae Ho. Ketika mulai merasa aman, Geon Uk justru sangat kecewa karena kekasihnya itu memanggil polisi diam-diam. Yi Kyung sendiri akhirnya kembali bertemu Kyung Yi. Dia mendapatkan rekaman video rahasia Yong Sok dari Kyung Yi. Sejurus kemudian Yi Kyung terlihat mendekati Seong Tae.

Episode 11-12

Episode 11-12

Setelah video skandal Hyeon Tae diam-diam disebar Kyung Yi sehingga memengaruhi elektabilitas Seong Tae, Yong Suk menyerah dan meminta bantuannya. Kyung Yi menyarankan Hyeon Tae melakukan pers conference. Di sisi berbeda Yi Kyung berhasil mendapatkan video lain yang dimilili Ko Dam dari Gyeong Su.

Video tersebut sebagian besar memperlihatkan aib orang-orang terkenal atau pesohor. Yi Kyung memeras setidaknya 20 orang dan meminta mereka datang ke sebuah tempat. Di sana rupanya sudah ada Seong Tae, tetapi dalam keadaan terikat dan babak belur.

Yi Kyung menculik Yong Suk yang sebelumnya mengalami insiden penyiraman air keras hingga mukanya rusak. Namun sikap Yong Suk membuat Yi Kyung curiga. Benar saja sosok di balik perban yang melilit wajah itu ternyata adalah Kyung Yi. Rupanya insiden penyiraman air keras itu adalah rencananya.

Di tempat lain Je Hui dan Gyeong Su berhasil menyelamatkan 20 orang plus Seong Tae dari ledakan yang dipasang Yi Kyung. Kyung Yi hampir menangkap Yi Kyung sebelum Yong Suk menyergap mereka. Berondongan senjata melukai Geon Uk, tapi Kyung Yi, Yi Kyung dan Santa berhasil kabur setelah melemparkan bom ke arah wanita paruh baya tersebut.

Yi Kyung melarikan Santa hingga ke sebuah kereta tapi Kyung Yi dapat menemukan mereka berkat bantuan Geon Uk. Di depan Kyung Yi Yi Kyung membuka kedok Santa dengan mengatakan bahwa dia adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian suami Kyung Yi.

Kyung Yi sempat emosional tapi tidak membiarkan Santa ditembak. Dia menarik Yi Kyung meloncat dari kereta yang sedang berjalan. Polisi akhirnya datang dan meringkus Yi Kyung. Yong Suk juga ditahan atas tuduhan berlapis.

Seong Tae mengundurkan diri dari dunia politik sementara Hyeon Tae juga ditahan setelah menjalani perawatan berbulan-bulan. Geon Uk sendiri masih menjalani perawatan.

Tim Kyung Yi semakin solid. Gyeong Su membuka kantor detektif swasta di tempat Kyung Yi dan Santa menjadi kepala timnya. Kyung Yi tidak memedulikan masa lalu pemuda itu. Dia menerima Santa bergabung kembali.

Drama Tema Berat Dikemas Ringan

Drama Tema Berat Dikemas Ringan

Inspector Koo (2021) jadi drama Korea terbaru yang siap mengisi hari Sabtu dan Minggumu. Dari judulnya bisa ditebak ia bukan drama yang menawarkan kisah cinta seperti Hometown Cha-Cha-Cha (2021), melainkan tontonan yang mengangkat tema berat, dalam hal ini investigasi, dengan pengemasan yang ringan.

Dari dua episode awal kita dikenalkan pada sang karakter utama, Koo Kyung Yi, mantan anggota kepolisian yang kini menenggelamkan diri pada keasyikan bermain game setelah kematian suaminya. Kyung Yi harus menyelidiki seorang klien dari perusahaan asuransi, yang kemudian malah membawanya pada kasus pembunuhan berantai.

Premis, tema serta alurnya terhitung berat, tapi drama ini dieksekusi secara ringan. Masalah seserius membunuh seseorang, dikemas dengan narasi yang santai layaknya sedang membicarakan hal receh. Scene-scene kematian seseorang juga dibungkus dengan visualisasi dan sinematografi yang jauh dari menegangkan.

Dari dua episode pertama, tidak tampak pula tone yang gelap, scoring yang mendebarkan atau unsur yang membuat drama ini bikin deg-degan. Di sisi lain, ide seperti ini terasa segar karena kita diberi suguhan yang cukup berbeda, tapi di sisi lain akan cukup mengganggu karena masalah seserius kematian disuguhkan seperti bercandaan. 

Campuran Thriller dan Comedy

Campuran Thriller dan Comedy

Disutradarai oleh Lee Jung Heum, yang sebelumnya mengarahkan Nobody Knows (2020), Inspector Koo (2021) bukan drama thriller ‘murni’. Plot-nya dicampur dengan unsur komedi. Ketegangan yang ditawarkan drama ini pada akhirnya berbeda dari drama thriller arus utama.

Karakter psikopat dimunculkan di awal dengan karakter ceria seperti tak pernah melakukan hal mengerikan. Kyung Yi sebagai tokoh utama juga digambarkan berantakan dan konyol. Campuran dua genre yang bertolak belakang ini memberi kita sensasi lain, yaitu rasa mengerikan sekaligus gregetan, gemas dan gak habis pikir.

Drama Lee Young Ae Setelah 2017

Drama Lee Young Ae Setelah 2017

Hal istimewa lain dari Inspector Koo (2021) sehingga kamu harus menontonnya adalah ia menjadi drama pertama bagi Lee Young Ae sebagai main lead setelah 2017 lalu karena sebelumnya Lee Young Ae hanya terlibat sebagai cameo dalam Gangnam Beauty (2018) dan Taxi Driver (2021).

Di dramanya yang terakhir sebagai karakter utama, Saimdang: Memoir of Colors (2017), Lee Young Ae mendapat satu penghargaan dan satu nominasi dalam dua ajang berbeda.

Kualitasnya sebagai pelakon yang sudah dua kali memenangkan Best Actress dalam Baeksang Arts Award, gak perlu diragukan lagi.

Di dramanya ini Lee Young Ae menjiwai sekali berperan sebagai mantan anggota kepolisian yang sangat berantakan tapi masih punya insting tajam dalam menyelidiki sesuatu. Tertarik mengikuti perjalanan Koo Kyung Yi? Kita ikuti sama-sama episode-episode mendatang ya!

Yi Kyung Bukan Pembunuh Berantai Biasa

Yi Kyung Bukan Pembunuh Berantai Biasa

Yi Kyung kembali membunuh seseorang di episode ini setelah sebelumnya membunuh Min Gyu dengan rapi tanpa jejak. Penggambaran karakter Yi Kyung sebagai pembunuh berantai semakin menarik di episode 3.

Kita bisa melihat bahwa dia bukan pembunuh berantai biasa sebab sangat pandai meramu zat-zat kimia yang tidak berbahaya menjadi berbahaya dan tidak terdeteksi oleh proses otopsi.

Yi Kyung juga punya banyak kaki tangan yang membantunya tanpa banyak bertanya. Dia menggunakan pendekatan yang unik, sebab membuat seseorang merasa berhutang budi padanya. Hal yang paling menarik dari karakternya adalah dia meniru semua teknik yang dimiliki Kyung Yi. Dia dan Kyung Yi punya kemiripan.

Kejutan di Minggu Ini

Kejutan di Minggu Ini

Ada beberapa hal terjadi di episode 3 dan 4, termasuk plot twist yang bikin penasaran mengenai ayah Gun Wook, bahwa ternyata ayah Gun Wook adalah pria penjaga sekolah yang tewas dibunuh.

Mungkinkah Yi Kyung yang membunuhnya? Selain itu karakter Gun Wook juga bikin kaget di episode ini karena dia yang tampak sangat setia pada Yi Kyung, rupanya diam-diam menikam gadis itu dari belakang.

Lalu bagaimana dengan rahasia yang disimpan Santa? Di dua episode minggu ini Santa tampil menggemaskan. Dia menunjukkan loyalitasnya pada Kyung Yi dengan bersedia melakukan banyak hal, sekalipun tidak diperintah.

Seperti mengejar K sampai badannya bau busuk. Namun, mengingat dia ternyata bisa bicara tapi memilih pura-pura bisu, karakternya tak kalah penuh misteri. Santa bisa jadi tidak se-polos itu.

Kyung Yi Tahu Identitas Si Pembunuh Berantai

Kyung Yi Tahu Identitas Si Pembunuh Berantai

Inspector Koo (2021) semakin seru di dua episode minggu ini karena Kyung Yi akhirnya berhasil mendeteksi pelaku pembunuhan berantai yang selama ini membuat dia penasaran. Menggunakan kemampuan analisisnya yang tajam, Kyung Yi satu-satunya anggota tim yang dapat mendeteksi keberadaan Yi Kyung.

Untuk pertama kalinya Kyung Yi terlibat perkelahian secara langsung dengan Yi Kyung. Adegan yang bikin badan ikutan ngilu tersebut tetap dibumbui lawakan seperti ketika Santa tiba-tiba melemparkan jala pada mereka berdua atau ketika Kyung Yi menyemprotkan sesuatu ke wajah Yi Kyung hingga membuat wajahnya hijau.

Sebagai drama thriller comedy, unsur-unsur yang bikin ketawa sekaligus deg-degan nggak ketinggalan disuguhkan Inspector Koo (2021), setidaknya sampai episode 6. Bagaimana kelanjutan di episode selanjutnya? Akankah tetap konyol dan seru?

Siapa Santa Sebenarnya?

Siapa Santa Sebenarnya?

Di beberapa episode lalu, karakter Santa yang bisu sedikit diperlihatkan bahwa dia sebenarnya bisa bicara. Rasa penasaran terhadap sosoknya kembali berlanjut di episode 7.

Di sini dia bahkan bernyanyi sambil mengumpulkan foto-foto Kyung Yi. Di dekatnya tergeletak boneka K yang khas. Gelagat Santa yang hanya beberapa menit di awal episode 7, menyisakan pertanyaan.

Kecurigaan terhadap karakter Santa ternyata juga mulai dirasakan oleh Kyung Yi. Sikap Kyung Yi yang berhati-hati saat menghadapi Santa jadi hiburan yang konyol.

Ada salah satu scene yang memorable antara dirinya dan Santa, yaitu ketika Kyung Yi dengan wajahnya yang datar dan tanpa belas kasihan menyuguhkan rendaman mie mentah untuk Santa yang sedang sakit. Hanya Inspectoor Koo yang bisa tega sekaligus konyol di saat bersamaan.

Dendam Baru Yi Kyung

Dendam Baru Yi Kyung

Penutup episode 7 terasa emosional, khususnya bagi Yi Kyung. Keluarga satu-satunya yang sangat dia sayangi harus tewas karena perangkap yang dia pasang sendiri. Kematian bibinya, menjadi babak baru, tepatnya dendam baru bagi psikopat pintar ini. Alur jadi lebih creepy karena Yi Kyung mulai membunuh orang-orang karena masalah sepele.

Saking mudahnya Yi Kyung membunuh orang, perbuatannya itu dianalogikan seperti bersin. Terlihat pada salah satu scene di episode 8 ketika dia menjatuhkan seseorang dari atas gedung hanya dengan bersin.

Yi Kyung berubah jadi lebih menyeramkan karena perbuatannya dilakukan secara random. Namun, dia tetap digambarkan sebagai sosok yang pintar karena bisa tahu dengan cepat siapa penyebab di balik kematian bibinya.

Rahasia Besar Yong Suk

Rahasia Besar Yong Suk

Kemunculan karakter Yong Suk sebenarnya sudah mencurigakan sejak pertama. Motifnya mendekati Kyung Yi lalu Je Hui tidak begitu jelas tetapi perlu diwaspadai. Benar saja, perempuan yang punya citra baik di depan publik itu punya rahasia atau aib yang coba ditutupi dan dilindungi. Setelah sekian episode akhirnya hal itu terungkap di dua episode Inspector Koo (2021) minggu ini.

Jika kamu ingat, di episode-episode awal Yi Kyung dan Geon Uk mulai membunuh orang-orang yang terlibat dalam pesta di sebuah kapal pesiar setelah kematian Lee Jun Hyeon; salah satu nasabah asuransi Je Hui yang tetiba menghilang. Alasannya adalah karena Geon Uk punya kedekatan dengan Lee Jun Hyeon. Ternyata, terungkap bahwa ada satu orang yang lolos dari pembunuhan itu. Dia adalah putra Yong Suk.

Dua episode Inspector Koo (2021) ini terfokus pada Yong Suk, terutama setelah dia berhasil ‘merekrut’ Yi Kyung sebagai tenaga pembunuh. Motifnya mendekati Kyung Yi yang selama ini samar, juga terungkap di sini. Yong Suk adalah seorang ibu yang berusaha melindungi anaknya dari kesadisan Yi Kyung.

DIa sangat ingin K ditangkap karena rupanya khawatir dengan keselamatan sang putra. Lalu, bisakah Yong Suk menyelamatkan anaknya? Satu lagi pertanyaan yang bikin penasaran: siapa Santa sebenarnya? Temukan jawabannya di dua episode terakhir Inspector Koo (2021) minggu depan!

Kejeniusan Kyung Yi Sampai Akhir

Kejeniusan Kyung Yi Sampai Akhir

Dua episode terakhir Inspector Koo (2021) menyajikan banyak plot yang mengecoh. Semuanya memperlihatkan kejeniusan dan kejelian Koo Kyung Yi sebagai seorang detektif. Dia memakai instingnya dalam menghadapi Yi Kyung yang juga cerdas dan detail. Mereka beradu kepintaran sampai episode akhir dengan Kyung Yi sebagai pemenangnya.

Untuk menangkap dua orang sekaligus Kyung Yi memang harus putar otak ekstra keras. Di dua episode ini siap-siap saja dibuat terpukau oleh kemampuannya menyusun rencana yang tidak terduga, bahkan oleh Yong Suk dan Yi Kyung yang terkenal licin. Drama ini menutup episode terakhirnya dengan alur yang rapi dan konsisten.

Karakter Psikopat Bikin Iba

Karakter Psikopat Bikin Iba

Dari segi karakter, Inspector Koo (2021) sejak awal menjanjikan sesuatu yang segar. Semua karakter kuat dipegang oleh wanita, selain itu dua karakter utama di drama ini seperti melawan arus utama. Sosok detektif biasanya ditampilkan sebagai seseorang yang detail dan terukur, tapi Koo Kyung Yi, jauh dari dua hal itu.

Menariknya, karakter psikopat di drama ini juga sangat segar. Dia tidak seperti psikopat lain yang dominan meninggalkan kesan mengerikan dan mengancam, tetapi justru membuat penonton iba, kasihan serta penasaran dengan rencana selanjutnya yang dia buat. Karakter K atau Yi Kyung, terutama di dua episode terakhir, terasa lebih menyedihkan.

Rasa iba lebih dominan daripada perasaan lain yang umumnya dialamatkan pada karakter psikopat. Di salah satu scene ketika Yi Kyung memeluk Kyung Yi karena merasa dimengerti sampai menitikkan air mata, memunculkan perasaan kasihan. Lebih-lebih pada scene ketika Yi Kyung melihat Kyung Yi punya banyak teman yang mengkhawatirkannya, sedang dia sendirian di dalam mobil polisi.

Kalau kamu bosan dengan drama psikopat thriller yang bikin engap karena deg-degan sepanjang episode, Inspector Koo (2021) bisa jadi pilihan lain karena ceritanya ringan, hangat dan menghibur. Serial ini juga tidak melupakan ciri khas sebuah drama investigasi yang penuh trik jenius.

Inspector Koo
Rating: 
3.4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram