bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Korea Ghost Doctor (2022)

Ghost Doctor (2022) drama medis bercampur fantasi dan komedi mulai bisa kamu saksikan tanggal 4 Januari 2022 lalu. Memasang Rain dan Kim Bum sebagai dua dokter berbeda kemampuan dan karakter, drama ini punya daya tarik tersendiri. Dibumbui adegan bernuansa thriller dan drama, dua episode perdananya cukup menjanjikan.

Belum lagi beberapa adegan lucu dan konyol ketika Rain yang diceritakan koma, rohnya berkeliaran di rumah sakit dalam keadaan bingung dan selalu marah-marah.

Selain itu drama ini juga menyuguhkan hubungan yang emosional antara Rain dan Uee. Seperti apa kompleksnya? Ikuti update drama Ghost Doctor (2022) melalui artikel ini yuk!

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Korea The Doctors (2016)

Sinopsis

Profesor Cha Young Min seorang ahli bedah toraks yang hebat dari Rumah Sakit Eunsang. Dia harus menerima dokter magang yang hanya pintar teori tapi lemah saat harus menindak pasien.

Sayangnya dia pun tidak bisa menolak karena dokter magang bernama Go Seung Tak itu adalah penerus rumah sakit. Rasa kesalnya pada Go Seung Tak tampaknya harus ditahan karena hanya dokter magang itu yang bisa bantu menyelamatkan hidupnya.

Episode 1-2

Episode 1-2

Profesor Cha Young Min adalah dokter ahli spesialis bedah toraks Rumah Sakit Eunsang yang terkenal memiliki tangan ‘hantu’. Pasien yang dia tangani selalu berhasil diselamatkan tapi dia juga tidak sembarangan menangani pasien.

Selain jenius, Cha Young Min cenderung ketus, dingin dan cukup sulit didekati. Di sisi lain Cha Young Min dokter yang mementingkan keuntungan pribadi.

Hari itu dia bertemu Go Seung Tak, seorang dokter magang yang ditugaskan di departemennya. Go Seung Tak bukan dokter magang sembarangan karena dia merupakan pewaris Rumah Sakit Eunsang. Kakeknya merupakan Ketua Departemen Keuangan sedangkan sang ibu adalah direktur.

Go Seung Tak punya kemampuan teori yang sangat baik. Dia bisa menjelaskan apa pun yang ditanyakan Cha Young Min terkait kondisi pasien, tetapi sangat lemah ketika harus menindak pasien. Dengan sikapnya yang cenderung santai Go Seung Tak membuat Cha Young Min semakin tidak menyukainya.

Cha Young Min disodorkan pasien dengan kasus yang cukup sulit. Pasien ini adalah Ketua Jang, Ketua Grup Tianming Zhang Guangde. Sejak awal Cha Young Min sudah menolak melakukan operasi karena berisiko tinggi.

Pendapatnya sejalan dengan pendapat Jang Se Jin, mantan kekasih yang meninggalkannya 12 tahun silam, yang ternyata putri kandung Ketua Jang dan kini menjadi dokter di Amerika.

Namun, putra Ketua Jang sekaligus wakil Direktur Grup Tianming, Jang Min Ho, bersikeras ingin melakukan sesuatu untuk sang ayah. Dengan iming-iming masa depan cerah untuknya, Young Min bersedia.

Operasi berjalan lancar dan Ketua Jang dalam kondisi baik tapi Profesor Cha Young Min mengalami kecelakaan setelah mendapat pesan dari Se Jin yang ingin bertemu sebelum ke kembali Amerika.

Ruh Cha Young Min keluar dari tubuhnya sementara tubuh Cha Young Min sendiri segera dibawa ke rumah sakit. Sayang, semua dokter di rumah sakit kebingungan karena tidak ada dokter yang bisa menangani. Go Seung Tak pun mengajukan diri.

Ruh Cha Young Min tiba-tiba dapat masuk ke tubuhnya dan berhasil mengoperasinya. Namun, kondisinya tiba-tiba memburuk tapi Go Seung Tak tidak bisa memperbaiki karena ruh Cha Young Min sudah keluar dari tubuhnya.

Di sisi lain kondisi Ketua Jang semakin memburuk dan membuat dokter-dokter heran. Dalam keadaan menjadi ruh, Cha Young Min mengetahui segala sesuatu lebih jelas tapi sekaligus membuat dia bingung.

Pesan dari Se Jin yang diterimanya adalah palsu; seseorang mungkin sudah menyabotase kecelakaannya sekaligus membuat Ketua Jang collapse.

Episode 3-4

Episode 3-4

Departemen Hukum Rumah Sakit Eunsang dan tim dokter yang menangani Ketua Jang melakukan pertemuan. Go Seung Tak membuat kejutan dengan mengatakan kebenaran bahwa dia tidak menyuntikkan Heparin melebihi dosis yang dianjurkan Profesor Cha Young Min kepada Ketua Jang. Han Seung Won dan Dokter Ahn Tae Hyeon terlihat gelisah.

Selama ini Young Min menduga bahwa Go Seung Tak yang merusak namanya, tapi dugaannya tidak terbukti. Young Min semakin bingung dengan keadaan yang sedang dihadapi. Hari itu Go Seung Tak tidak masuk kerja. Di rumah sakit Han Seung Won berencana memindahkan Profesor Cha Young Min ke rumah sakit lain.

Dokter Ahn Tae Hyeon, asisten dokter kepercayaan Cha Young Min merasa ketakutan karena pelaku penyuntikan Heparin pada tubuh Ketua Jang ternyata dirinya. Go Seung Tak yang dikabari perawat Jung bergegas ke rumah sakit mengamankan Profesor Cha Young Min. Ketika Ha Seung Won memergokinya, Dokter Jang Se Jin datang mencegah.

Kini, Se Jin adalah dokter sekaligus wali sah Profesor Cha Young Min yang disetujui oleh rumah sakit. Go Seung Tak yang masih pakai piyama buru-buru pergi dari rumah sakit setelah memastikan Profesor Cha berada di tangan yang tepat.

Siapa sangka ruh Cha Young Min ikut pergi bersamanya. Tanpa dia ketahui jika ruhnya keluar dari Go Seung Tak saat berada jauh dari tubuhnya, Cha Young Min bisa benar-benar mati.

Benar saja, ruh Cha Young Min hampir menghilang saat tak sengaja keluar dari tubuh Go Seung Tak gara-gara bertabrakan dengan seorang wanita, beruntung dia berhasil masuk kembali setelah Seung Tak mengulurkan tangan ke arahnya.

Ruh Cha Young Min pun menjadi lebih sering mengendalikan tubuh Go Seung Tak, terutama untuk menangani pasien. Ketua Jang diberitakan telah sadar dari koma padahal keadaan sebenarnya masih belum.

Jang Min Ho ada di balik akal-akalan ini untuk menaikkan kembali saham perusahaan sang ayah. Kemunculan kembali Jang Min Ho di rumah sakit sekaligus membuka mata Cha Young Min terhadap Dokter Ahn Tae Hyeon.

Dia mengetahui kalau dokter kepercayaannya itu juga terlibat dalam kasus yang membuat Ketua Jang koma pasca operasi. Ruh Cha Young Min yang masuk ke tubuh Go Seung Tak meluapkan emosi dengan mengancamnya. Mereka kini saling mengawasi.

Go Seung Tak sendiri terus melakukan hal mengejutkan. Tanpa ruh Cha Young Min di dalam tubuhnya dia memutuskan mengoperasi pasien dengan kasus berat. Saat di ruang operasi itulah ruh Cha Young Min dibuat terkejut karena rupanya Go Seung Tak sudah lama bisa melihat dan merasakan kehadirannya.

Episode 5-6

Episode 5-6

Go Seung Tak kembali melakukan operasi yang sulit dan berhasil. Tentu saja semua karena ruh Cha Young Min masuk ke tubuhnya. Meski berhasil bekerjasama mengoperasi pasien, hubungan dua dokter beda generasi dan jabatan itu masih tidak terlalu akur.

Keberhasilan Seung Tak mengoperasi pasien sengaja diberitakan besar-besaran oleh Han Seung Won. Dia memang berencana menciptakan situasi yang sulit untuk adik sepupunya itu dan berusaha agar Seung Tak tidak pernah mendapatkan lisensi.

Jang Se Jin mencurigai sesuatu yang ganjil atas kecelakaan Cha Young Min, dia lalu berusaha mendapatkan tab milik profesor tersebut secara diam-diam. Di sisi lain Seung Jo, pasien anak-anak yang berada di bawah pengawasan Cha Young Min akan dipulangkan karena operasinya tidak memungkinkan dilakukan.

Sementara itu ruh Cha Young Min secara tidak sengaja bertemu ruh pengendara motor yang terlibat kecelakaan dengannya. Pengendara motor itu kolaps dan hampir tidak bisa diselamatkan. Beruntung Ye Jin mampu menangani situasi sulit tersebut.

Ruh pengendara motor itu lantas mengaku kalau dirinya menerima perintah dari Kepala Departemen Hukum Rumah Sakit Eunsang untuk mengulur kedatangan Cha Young Min ke rumah sakit beberapa waktu lalu. Namun, karena kondisinya yang tidak fit saat melakukan perintah tersebut, dia malah menyebabkan kecelakaan serius.

Situasi pun semakin mencurigakan sehingga Seung Tak dan Young Min sepakat bekerjasama. Keduanya ingin mencari tahu kejadian yang sebenarnya, termasuk peristiwa kecelakaan Cha Young Min.

Ye Jin menemukan bahwa pesan yang diterima Young Min sehingga meninggalkan rumah sakit pasca operasi Ketua Jang adalah darinya. Ye Jin mencurigai penjebaknya adalah orang yang mengetahui hubungan antara dirinya dan Young Min.

Seung Tak mengambil tindakan mengejutkan dengan bersedia mengoperasi Seung Jo. Lebih mengejutkan karena dia meminta Dokter Ahn Tae Hyeon yang mengoperasinya. Sementara dia sendiri akan bertindak sebagai asisten.

Ruh pengendara motor memohon pada dua dokter itu untuk diselamatkan. Dia berjanji akan mengungkap semuanya saat sadar nanti. Operasi Seung Jo siap dimulai tapi ruh Cha Young Min tiba-tiba tidak bisa masuk ruang operasi.

Seung Tak kewalahan dan bingung. Rupanya, hal itu terjadi karena tubuh Cha Young Min sedang kembali diperiksa oleh Ye Jin. Setelah dibantu Tess, ruh Cha Young Min bisa membantu Seung Tak di ruang operasi.

Ye Jin yang selesai memeriksa Young Min terkejut mendengar analisis rekannya di Amerika karena rupanya kondisi Cha Young Min memburuk dan hanya punya sisa waktu paling lama satu bulan untuk hidup.

Episode 7-8

Episode 7-8

Seung Tak berhasil mengoperasi Seung Jo sehingga lagi-lagi kembali menjadi pembicaraan. Sayangnya, ruh Cha Young Min cukup gegabah karena memakai tubuh Seung Tak tanpa seizinnya untuk menulis laporan hasil operasi.

Akibatnya dokter Ahn Tae Hyeon yang melihat laporan tersebut mulai curiga bahwa di dalam tubuh Seung Tak ada ruh Cha Young Min.

Sementara itu Jang Min Ho, putra Ketua Jang seperti kebakaran jenggot mengetahui kalau sang ayah sudah mengubah isi surat wasiatnya. Di sisi lain Cha Young Min ‘kedatangan’ pasien lamanya; seorang idol yang bermasalah dengan katup aortanya.

Mau tidak mau Seung Tak kembali harus melakukan operasi karena Cha Young Min berjanji akan mengoperasinya 10 tahun lalu.

Hari itu ibu Seung Tak, Sung Mi Ran, melihat tingkah anaknya yang aneh karena berbicara seorang diri. Dia lalu teringat kejadian saat Seung Tak masih kecil, yang juga melakukan hal sama.

Han Seung Won mengetahui kegelisahan Sung Mi Ran dan tampak berencana menggunakan itu untuk mengancam posisi Seung Tak sebagai penerus pemilik rumah sakit.

Di sisi lain Se Jin berhasil mengoperasi pengendara motor yang terlibat kecelakaan dengan Cha Young Min. Sayangnya, begitu sadar pria itu hilang ingatan. Han Seung Won ada di balik semuanya agar kejahatannya tidak terungkap.

Namun, Seung Tak segera bertindak. Dia memindahkan pengendara motor tersebut ke rumah sakit lain. Ternyata lelaki itu tidak sepenuhnya hilang ingatan. Dia berjanji akan membantu Cha Young Min.

Berita Ketua Jang belum siuman menggemparkan rumah sakit dan masyarakat. Jang Min Ho, Han Seung Won dan dokter Ahn Tae Hyeon cemas. Se Jin rupanya tahu rencana busuk saudara lelakinya untuk menguasai harta sang ayah.

Pada hari yang sama Pengacara Im yang ditunjuk mengurus wasiat mengatakan bahwa Ketua Jang menolak berbagai tindakan perawatan.

Dengan berat hati Se Jin melepas kepergian ayahnya. Akibat hal ini dokter Ahn Tae Hyeon ‘dibuang’ dari rumah sakit oleh Han Seung Won.

 Ahn Tae Hyeon kemudian terlihat menunjukkan laporan hasil operasi Seong Jo pada Han Seung Won dan dengan yakin mengatakan bahwa itu dibuat oleh Cha Young Min.

Di tempat berbeda, kakek Seung Tak diam-diam datang ke rumah sakit. Dia tampaknya merasa kalau tindakan Seung Tak yang berhasil mengoperasi beberapa pasien, ada kaitannya dengan Tess; sosok hantu yang ternyata memiliki hubungan dengannya.

Episode 9-10

Episode 9-10

Satu rahasia Tess terbuka, ternyata dia adalah mendiang kakek Soo Jung. Sementara itu otak Cha Young Min menunjukkan tanda positif karena ada hormon bahagia yang bekerja.

Cha Young Min memang sedang bahagia karena diam-diam meminjam tubuh Seung Tak untuk menemani dokter Se Jin pada malam sebelumnya. Se Jin bahkan memeluknya karena merasa bermimpi ditemani Cha Young Min.

Seung Tak ikut bahagia mendengar ada perubahan pada kondisi Profesor Cha. Keduanya sepakat melakukan hal yang bisa memancing kebahagiaan Cha Young Min, yaitu mulai mengoperasi pasien profesor itu satu per satu.

Saat itulah Han Seung Won mulai yakin dengan informasi dari Ahn Tae Hyeon bahwa tubuh Seung Tak dirasuki ruh Cha Young Min.

Tak bisa lagi menahan emosi atas intimidasi Han, ruh Profesor Cha yang masih ada di tubuh Seung Tak akhirnya mengakui semua pada lelaki licik itu.

Cha Young Min meminta maaf pada Seung Tak karena sudah membuka rahasia mereka. Seung Tak sendiri juga mendapat ancaman dari Han, terutama soal keselamatan Profesor Cha. Dokter magang itu lantas mengirim banyak orang untuk menjaga Cha Young Min.

Selain itu Seung Tak pun bersedia meminjamkan tubuhnya agar ruh Cha Young Min dapat pergi nonton konser bersama dokter Se Jin.

Dia melakukan apa pun agar hormon bahagia Cha kumpul kembali. Pulang dari konser dia mendapati Seung Jo tidak sadarkan diri.

Ruh pasien anak kecil itu keluar dari tubuhnya. Soo Jung mengagetkan Seung Tak karena selama ini dia tahu ada ruh Cha Young Min yang menolongnya dalam setiap tindakan atau operasi.

Seung Jo harus segera dioperasi. Namun, Han sudah lebih dulu mengancam para profesor untuk tidak membantu Seung Tak.

Walau dia yang lebih banyak bekerja, Seung Tak tetap membutuhkan profesor sebagai formalitas. Pasalnya jika operasi diketahui dilakukan oleh dokter magang, hal itu akan menimbulkan kontroversi.

Setelah lumayan lama Seung Tak berhasil menemukan cara untuk mengakali Han. Sayangnya di tengah-tengah operasi, ruh Cha Young Min di tubuh Seung Tak seperti hilang dan muncul.

Seung Tak beberapa kali menjatuhkan alat bedah. Dia dan semua orang yang ada di ruang operasi kebingungan, termasuk Han yang menontonnya dari ruang terpisah. 

Episode 11-12

Episode 11-12

Otak Cha Young Min kembali menunjukkan tanda-tanda kemajuan. Oleh karena itu ruh Cha Young Min seperti tidak stabil berada di tubuh Seung Tak.

Beruntung Seung Jo selamat dan dapat kembali siuman. Namun hal ini malah membuat emosi Cha Young Min akhirnya meledak.

Dia menjadi sensitif karena Seung Jo tidak mengenalinya. Dia kesal dengan kondisinya yang merepotkan banyak orang. Bo Mi, salah satu dari tiga hantu yang menemani Cha Young Min juga sadar setelah dioperasi dokter Se Jin.

Kebahagiaan Se Jin terganggu oleh kedatangan Jang Min Ho yang memaksanya untuk menyerahkan semua warisan yang didapat dari mendiang sang ayah. Seung Tak yang dirasuki Cha Young Min sampai menghajarnya.

Seung Tak lantas menjelaskan pada Se Jin kalau dirinya selama ini dirasuki ruh Cha Young Min. Se Jin marah, begitu pula Cha Young Min. Tindakan Seung Tak dinilai gegabah karena dapat membuat orang semakin bingung dan sedih.

Di sisi lain Seung Tak juga kesal ketika Han Seung Won menghentikan dana bantuan untuk pasien. Han Seung Won bahkan berencana memindahkan pasien-pasien koma ke rumah sakit lain.

Kelicikannya tidak berhenti sampai sana karena Han berencana membunuh Cha Young Min dengan memanfaatkan dokter Ahn Tae Hyun.

Beruntung walau Se Jin tidak menjaga Cha Young Min karena pingsan dan butuh istirahat, Seung Tak sudah menyiapkan orang untuk menjaganya. Ahn Tae Hyun tidak mendapat kesempatan untuk mendekat.

Selama Se Jin beristirahat, Cha Young Min meminjam tubuh Seung Tak untuk menemaninya. Se Jin mulai bisa menerima penjelasan tak masuk akal Seung Tak beberapa waktu lalu, terutama karena dia juga merasakan kehadiran sosok Cha Young Min di diri Seung Tak.

Dokter magang itu senang menambah hormon-hormon bahagia untuk Young Min. Kebahagiaan Seung Tak semakin lengkap ketika dia berhasil menemukan masalah pada tubuh Cha Young Min yang menyebabkannya tak kunjung sadar. Dia meminta Kepala Bagian Ban Tae Shik memimpin operasi.

Cha Young Min ragu operasinya akan lancar karena operasi yang terakhir pun sudah tidak stabil. Kekhawatiran Cha Young Min terbukti ketika Seung Tak harus mengoperasi satu pasien dengan kondisi kritis. Ruh Cha Young Min yang masuk ke tubuhnya tiba-tiba keluar di tengah operasi penting.

Seung Tak bahkan tidak bisa menyentuh ruh Cha Young Min, begitu pun sebaliknya. Dokter magang itu gugup sampai akhirnya terlambat dan kehilangan nyawa pasien tersebut.

Episode 13-14

Episode 13-14

Setelah tak berhasil menyelamatkan nyawa pasien di meja operasi, Seung Tak sulit dihubungi. Dia berniat mengundurkan diri. Operasi Cha Young Min pun terpaksa diundur karena menunggu Seung Tak kembali ke rumah sakit. Se Jin sampai berencana memindahkannya ke rumah sakit lain.

Ketiadaan Seung Tak di rumah membuat Seung Won berencana membunuh Cha Young Min di meja operasi dengan memanfaatkan dokter Ahn Tae Hyun.

Beruntung, walau harus membahayakan nyawa sendiri, Young Min bisa memancing Seung Tak datang ke rumah sakit. Putusan Seung Tak untuk resign berubah ketika dia akhirnya tahu kalau Tess adalah arwah yang menyelamatkan nyawanya saat dia hampir tewas tenggelam 20 tahun lalu.

Tess atau kakek Soo Jung memberi dorongan untuk Seung Tak agar kembali semangat menyelamatkan nyawa orang-orang yang membutuhkan.

Semasa hidup, Tess adalah seorang profesor ahli yang pekerja keras dan selalu mengutamakan pasien. Nama aslinya Oh Joo Myung.

Dia bekerja sebagai dokter selama 40 tahun. Sayang, Oh Joo Myung meninggal karena serangan jantung sebab terlalu kelelahan.

Bukan hanya kembali ke rumah sakit, Seung Tak juga bertekad untuk belajar pada Cha Young Min. Dia membawa semua peralatan medis milik Profesor Cha ke rumah sakit agar bisa belajar di sana. Seung Tak belajar menjahit luka dan berbagai tindakan medis lain.

Perjuangan pemuda ini tidak sia-sia karena dia berhasil menyelamatkan satu pasien gawat darurat dari kematian. Soo Jung bangga karena kali ini Seung Tak tidak dibantu Cha Young Min. Di sisi lain Se Jin mulai yakin kalau ruh Young Min benar-benar merasuki tubuh Seung Tak.

Untuk semakin membuktikannya dia mengajak Seung Tak makan di luar dan sengaja memesan makanan yang tidak disukai atau berbahaya bagi kesehatan Seung Tak.

Keyakinannya semakin kuat karena Seung Tak makan ayam dengan lahap, padahal menurut Soo Jung, temannya itu tidak bisa makan ayam.

Selesai makan Se Jin kaget melihat Jang Min Ho ternyata mengikutinya. Min Ho lalu menyuruh orang mencelakai Seung Tak.

Sejurus kemudian dua orang pria bermotor memukul Seung Tak sangat keras sampai pemuda itu pingsan. Ruh Cha Young Min pun keluar dari tubuhnya dan memperlihatkan tanda-tanda mulai menghilang.

Episode 15-16

Episode 15-16

Tess menyelamatkan ruh Cha Young Min yang tergeletak di jalan. Dia membopong tubuh Seung Tak dan menyimpannya tepat di atas ruh Profesor Cha.

Di rumah sakit, hasil tes menunjukkan kesehatan Cha Young Min memburuk. Jika operasi dtunda, Cha bisa tidak selamat tapi jika operasi dilakukan, Cha tidak akan kembali hidup normal dan kehilangan kemampuannya.

Se Jin tidak masalah dengan pilihan kedua karena yang penting baginya Cha Young Min dapat sadar. Namun, Seung Tak tidak menginginkan itu.

Cha Young Min akhirnya meminta bantuan dokter Ahn Tae Hyun untuk mengoperasinya. Beberapa waktu lalu Cha melihat Ahn Tae Hyun diam-diam menyesali perbuatannya dan tak ingin meneruskan membantu rencana jahat Han Seung Won.

Sementara itu kedua orangtua Choi Hoon Gil datang ke rumah sakit hanya untuk membuat pencitraan. Mereka tidak benar-benar peduli pada kesehatan putranya.

Meski begitu jadwal operasi Hoon Gil sudah ditetapkan, begitu pula jadwal operasi Cha Young Min. Keduanya dioperasi di hari yang sama. Se Jin akan menangani Hoon Gil sedangkan Ahn Tae Hyun dibantu Seung Tak akan menangani Cha Young Min.

Operasi Hoon Gil selesai lebih dulu. Ruhnya yang selama ini berkeliaran di rumah sakit sudah kembali masuk ke tubuhnya.

Sementara itu Ahn Tae Hyun dan Seung Tak bertukar posisi sesaat sebelum operasi dimulai. Ruh Cha Young Min yang ada di dalam tubuh Seung Tak mengambil alih operasi. Dokter Ahn Tae Hyun bertindak sebagai asisten.

Operasi berjalan lancar sampai ruh Cha Young Min mulai tidak stabil hingga akhirnya keluar dari tubuh Seung Tak. Cha Young Min meminta Seung Tak menyelesaikan operasinya.

Dengan bantuan Cha Young Min, Seung Tak yang takut dan ragu-ragu akhirnya dapat menuntaskan operasi hari itu. Han Seung Won jadi orang paling kecewa atas keberhasilan operasi Cha Young Min.

Seung Tak merasa bahagia karena dia tidak melihat ruh Cha Young Min di sampingnya. Beberapa hari kemudian Profesor Cha akhirnya siuman.

Namun, sikapnya tetap dingin termasuk pada Se Jin. Se Jin bahkan diusir kembali ke Amerika. Seung Tak sempat sedih melihat Cha Young Min juga bersikap dingin padanya. Beruntung ternyata itu hanya sandiwara Profesor Cha. Cha tetap ingat kehidupannya saat berkeliaran di rumah sakit sebagai ruh.

Jang Min Ho dan Han Seung Won tak bisa lari dari kejahatannya, terutama setelah dokter Ahn Tae Hyun bersaksi di kepolisian.

Se Jin kembali dari Amerika dan langsung menemui Cha Young Min di apartemennya. Sementara itu Tess pergi untuk selamanya, meninggalkan Seung Tak yang harus mulai bekerja sebagai asisten Profesor Cha Young Min.

Drama Medis Campur Fantasy dan Komedi

Drama Medis Campur Fantasy dan Komedi

Dari dua episode perdananya, Ghost Doctor (2022) menyuguhkan cerita yang segar karena menggabungkan beberapa genre sekaligus.

Untuk kamu penyuka drama medis, ada adegan-adegan berupa tindakan operasi atau analisis dan rekam medis yang cukup detail ditampilkan.

Tindakan operasi yang dilakukan Profesor Cha Young Min mungkin kurang nyaman karena memperlihatkan bagian-bagian dalam tubuh.

Di samping kerincian mengenai tindakan operasi yang diambil, pada episode 1 dan 2, Ghost Doctor (2022) juga akan membuatmu tertawa karena terdapat beberapa kekonyolan antara Cha Young Min dan dokter magang pewaris rumah sakit, Go Seung Tak. Dua karakter mereka yang berseberangan sangat potensial membuat drama ini berjalan tanpa membosankan.

Selain itu, bagian utama yang di-highlight drama ini, yaitu ketika ruh Cha Young Min merasuki tubuh Go Seung Tak, dibuat dengan visual efek yang baik. Ketika perlahan Cha Young Min berubah jadi semacam abu bercahaya orange, lalu masuk ke tubuh Go Seung Tak, terlihat cukup halus.

Kolaborasi Lucu Rain dan Kim Bum

Kolaborasi Lucu Rain dan Kim Bum

Dengan wajahnya yang seolah tidak menua, penampilan Kim Bum sebagai dokter magang yang jago di teori tapi lemah di praktik, menggemaskan. Tingkahnya yang ‘payah’ membuat Rain selaku profesor geram, apalagi ketika mengetahui kalau dokter payah itu adalah pewaris rumah sakit.

Interaksi mereka dengan karakter yang bersebrangan menampilkan beberapa adegan lucu. Rain yang selalu emosi dan marah-marah ketika Kim Bum bertindak gegabah atau konyol, jadi hiburan tersendiri.

Kemunculan keduanya, apalagi perkembangan hubungan antara mereka patut ditunggu di episode-epsiode Ghost Doctor (2022) mendatang. Mengingat, pada dua episode ini hanya Kim Bum atau Go Seung Tak lah yang bisa dirasuki oleh roh Rain.

Adegan lucu lain yang bisa kamu lihat di dua episode ini adalah interaksi antara ruh Cha Young Min dengan Tess, sosok hantu yang diperankan Sung Dong Il.

Bukan hanya lucu, drama Ghost Doctor (2022) juga punya konflik serius karena ada beberapa rahasia yang belum terungkap, termasuk penyebab kecelakaan Cha Young Min yang ganjil dan tampak direncanakan.

Lantas, apakah mereka bisa saling bantu mengungkap keganjilan tersebut? Apakah penilaian Cha Young Min akan berubah terhadap dokter magang itu?

Banyak Kejutan untuk Cha Young Min

Banyak Kejutan untuk Cha Young Min

Memasuki episode 3 dan 4, Ghost Doctor (2022) semakin seru karena ruh Cha Young Min mulai mengetahui beberapa rahasia, terutama terkait kondisi kritis yang dialami Ketua Jang pasca dioperasi olehnya.

Prasangkanya kepada Go Seung Tak juga tidak terbukti dan interaksi antara mereka tetap jadi suguhan yang kocak pada dua episode ini.

Hal menarik dari keduanya adalah kejutan di akhir episode 4, bahwa rupanya selama ini Go Seung Tak bisa melihat dan merasakan kehadiran ruh Cha Young Min di dekatnya.

Pada beberapa scene, Go Seung Tak terlihat bertingkah seperti menyadari kemunculan ruh Cha Young Min, seperti ketika dia mengulurkan tangan ke arah ruh Cha Young Min.

Rupanya itu adalah indikasi bahwa dia memang bisa melihat ruh sang profesor. Selain itu ada hal yang bikin penasaran di episode 4, yaitu kemunculan ruh beraura hitam yang diam-diam mengawasi ruh Cha Young Min di rumah sakit.

Kira-kira ruh siapa itu? Mengapa asap yang mengelilinginya berwarna hitam dan untuk apa diam-diam mengawasi Cha Young Min? Jawabannya akan terungkap di episode-episode mendatang!

Waktu Young Min Tinggal Sedikit

Waktu Young Min Tinggal Sedikit

Memasuki episode 5 dan 6, drama medical berbumbu komedi dan fantasi ini masih menyuguhkan hubungan benci-benci butuh antara Go Seung Tak dan Cha Young Min.

Mereka masih kerjasama mengoperasi pasien dan membuat banyak orang kagum sekaligus bingung. Menariknya, di episode ini beberapa fakta baru terungkap.

Fakta pertama yang mengejutkan adalah tentang perasaan Han Seung Won terhadap Ye Jin. Rupanya Ketua Departemen Keuangan itu menyukai Ye Jin sejak lama tapi harus patah hati karena Ye Jin punya hubungan dengan Young Min.

Bukan tidak mungkin dia juga yang menjebak Young Min menggunakan nama Ye Jin agar pergi meninggalkan Ketua Jang pasca operasi. Pasalnya hanya dia yang tahu hubungan mereka.

Fakta lain di dua episode ini, yang membuat ceritanya semakin menarik dan emosional adalah tentang masa hidup Young Min yang tidak lama lagi.

Scene saat Ye Jin kaget sekaligus bersedih mengetahui berita itu serta scene Young Min yang tengah tertawa bersama Seung Tak, jadi sebuah ironi karena ditampilkan secara bergantian. Lalu apakah Ye Jin bisa menyelamatkan Young Min? Bisakah kejahatan yang menjebak mereka terungkap?

Ketua Jang Meninggal, Identitas Tess Bikin Penasaran

Ketua Jang Meninggal, Identitas Tess Bikin Penasaran_

Ghost Doctor (2022) episode 7 dan 8 adalah episode terakhir bagi ruh Ketua Jang untuk terlibat obrolan dengan ruh Cha Young Min.

Scene ketika Ketua Jang meninggal dan ruhnya perlahan menghilang terasa emosional, apalagi dia meninggalkan dunia dalam keadaan bahagia; tertawa bersama Tess yang mengajaknya bermain Baduk untuk terakhir kali.

Di dua episode Ghost Doctor (2022) minggu ini Seung Tak juga masih mengejutkan dokter-dokter di rumah sakit karena berhasil mengoperasi beberapa pasien. Tidak ada yang terlalu berbeda kecuali di bagian akhir ketika Cha Young Min bercerita tentang pengalamannya saat magang dulu.

Ketika itu Cha Young Min juga berhasil mengoperasi pasien. Dia seperti kerasukan tetapi tidak tahu persis siapa sosok hantu yang merasukinya.

Bagian itu mengantarkan cerita pada part lain yang justru bikin penasaran. Terutama ketika kakek Seung Tak mencoba melakukan komunikasi dengan sosok tidak terlihat di rumah sakit. Sosok tersebut ternyata adalah Tess.

Mereka terlihat punya hubungan baik di masa lalu. Lantas, adakah Tess berkaitan dengan tindakan Cha Young Min saat magang dulu? Siapa Tess sebenarnya? Apa hubungannya dengan kakek Seung Tak?

Cha Young Min Tunjukan Kemajuan

Cha Young Min Tunjukan Kemajuan

Chemistry Kim Bum dan Rain di Ghost Doctor (2022) episode 9 dan 10 masih jadi atraksi menarik untuk ditonton. Walau sedikit lebih tenang dan tanpa adu ngoceh berlebihan, Cha Young Min dan Seung Tak masih kompak dan semakin dekat secara emosi.

Tampak pada scene ketika Seung Tak berlari dengan wajah gembira ketika mendengar kondisi Cha Young Min menunjukkan kemajuan.

Setelah sekian episode diceritakan koma, di episode 9 untuk pertama kalinya ada kabar baik tentang kondisi Cha Young Min.

Akan tetapi, di akhir episode 10, kita kembali diajak overthinking karena secara mengejutkan dan tiba-tiba ruh Cha Young Min seperti terpisah dari tubuh Seung Tak.

Apakah itu karena Cha Young Min sebentar lagi akan bangun dari koma? Apakah Seung Tak siap berpisah dengan ruh profesor itu?

Seung Tak dan Cha Young Min dalam Bahaya

Seung Tak dan Cha Young Min dalam Bahaya

Memasuki episode 11 dan 12, konflik Ghost Doctor (2021) semakin serius dan menegangkan karena ruh Cha Young Min tidak sekuat di beberapa episode lalu untuk berada di tubuh Seung Tak.

Scene di ruang operasi di akhir episode 10 minggu lalu dan di akhir episode 12 minggu ini membuat tensi terasa naik.

Jika pada beberapa episode lalu jalan ceritanya cukup tenang dan meyakinkan karena Seung Tak dibantu Cha Young Min dengan lancar, di dua episode minggu ini berubah jadi mengkhawatirkan.

Hal yang ditakutkan di episode 10 akhirnya terjadi di episode 12, sebab ruh Cha Young Min benar-benar keluar dari tubuh Seung Tak di tengah operasi.

Emosi Cha Young Min pun mulai terasa lebih sensitif. Untuk pertama kalinya Profesor Cha yang selalu terdengar bawel dan penuh energi dari episode pertama hingga sepuluh, menangis karena lelah dan putus asa.

Selain itu nyawa Cha juga tengah terancam karena Han Seung Won berencana membunuhnya. Kedua sosok ini sedang dalam keadaan yang buruk dan berbahaya.

Bagian paling membahagiakan di dua episode ini, yaitu ketika Seung Tak akhirnya mengetahui ‘masalah’ di tubuh Cha Young Min pun seolah tersamarkan oleh kegelisahan menghadapi masalah-masalah yang akan datang. Bagaimana kelanjutan nasib keduanya? Bisakah mereka keluar dari masalah?

Seung Tak Selamatkan Pasien Tanpa Bantuan Cha Young Min

Seung Tak Selamatkan Pasien Tanpa Bantuan Cha Young Min

Sepanjang yang diceritakan sejak episode pertama, Seung Tak digambarkan hanya pintar berteori tapi gugup ketika harus memegang alat-alat medis atau menangani pasien secara langsung.

Cerita mulai semakin seru ketika ruh Cha Young Min di episode-episode lalu diceritakan merasuki tubuhnya dan membantu Seung Tak melakukan beberapa tindakan operasi.

Pada dua episode Ghost Doctor (2022) minggu ini, Seung Tak kembali membuat kejutan. Kejutan yang dia berikan sekaligus membanggakan karena untuk pertama kalinya Seung Tak berhasil menyelamatkan pasien tanpa bantuan Cha Young Min.

Seung Tak terus-menerus mengalami perkembangan karakter di sepanjang drama ini. Bermula sebagai dokter magang yang gak niat jadi dokter, di dua episode menjelang akhir, dia malah berkeinginan kuat menyelamatkan nyawa seseorang menggunakan kedua tangannya.

Episode 13 dan 14 rasanya semakin emosional karena identitas Tess yang sebenarnya juga diungkapkan. Siapa mengira kalau Tess adalah sosok hantu dokter yang menyelamatkan nyawanya 20 tahun lalu. Tersisa dua episode tapi pekerjaan rumah Seung Tak dan Cha Young Min rasanya masih banyak.

Apalagi di akhir episode 14, ruh Cha Young Min terlihat pelan-pelan menghilang. Lantas bisakah dua sahabat itu menyelesaikan masalah yang membelenggu mereka?

Profesor Cha Young Min Akhirnya Siuman

Profesor Cha Young Min Akhirnya Siuman_

Dua episode terakhir Ghost Doctor (2022) menuntaskan rasa penasaran penonton setianya terhadap nasib Profesor Cha Young Min yang sudah koma selama berbulan-bulan.

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, Cha Young Min akhirnya sadar setelah melalui operasi yang dramatis. Ruh Cha Young Min sempat keluar dari tubuh Seung Tak tapi akhirnya di tangan Seung Tak sendiri Cha Young Min dapat selamat.

Hal tidak terduga sekaligus menghangatkan datang dari karakter dokter Ahn Tae Hyun yang ternyata sudah menyesali perbuatannya sejak beberapa waktu lalu.

Permintaan Han Seung Won untuk membunuh Cha di meja operasi tampak menamparnya cukup keras; Ahn Tae Hyun tidak ingin terlalu jauh melakukan kejahatan.

Episode terakhir drama Ghost Doctor (2022) semakin menarik ketika hal yang ditakutkan Seung Tak dan banyak penonton setia Ghost Doctor (2022) tidak terjadi.

Cha Young Min memberi kejutan karena ternyata dia tidak kehilangan ingatannya. Dengan plot yang seperti itu, drama ini menutup ceritanya dengan bahagia. Apalagi Han Seung Won dan Jang Min Ho juga mendapat ganjarannya.

Ghost Doctor
Rating: 
3.4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram