bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Dong Yi, Gadis Biasa Jadi Selir Istana

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 Mei 2021

Drama bergenre Sageuk yang tayang pada 2010 lalu ini masih menarik untuk disaksikan. Para tokoh serta keterlibatannya dalam konflik khas kerajaan menjadi tawaran yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Dong Yi adalah salah satu drama Korea dengan raihan rating cukup tinggi.

Untuk Anda yang fanatik dengan drama-drama Sageuk, Dong Yi harus masuk dalam daftar tontonan! Para pemain serta sutradara yang terlibat dalam pembuatan drama ini adalah jaminan mutu. Belum lagi kostum yang memang selalu memukau jika bicara tentang drama Sageuk.

Sebelum sungguh-sungguh akan menonton Anda bisa menyimak sinopsis serta review-nya lebih dulu. Tujuannya tentu agar Anda semakin penasaran dengan jalan ceritanya. Sudah siap? Lanjutkan membaca ulasannya di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis Dong Yi
  • Tanggal Penayangan: 22 Maret – 12 Oktober 2010
  • Genre: Saeguk, Romance
  • Jumlah Episode: 60 Episode
  • Pemain: Han Hyo Joo, Ji Jin Hee, Lee So Yeon, Bae Soo Bin, Jung Jin Young, Park Ha Sun
  • Sutradara: Lee Byung Hoon, Kim Sang Hyub
  • Penulis: Kim Yi Young
  • Produksi: Lydus Contents Company
  • Jaringan Penayangan: MBC
  • Negara: Korea Selatan

Choi Suk Bin/Choi Dong Yi (Han Hyo Joo) memiliki ayah dan saudara laki-laki yang tergabung dalam Sword Fraternity. Keduanya dituding membunuh para bangsawan. Dong Yi atau Suk Bin menyusup ke dalam istana dengan menyembunyikan identitasnya.

Di sana dia menjadi pelayan Biro Musik sekaligus bertujuan untuk mengungkapkan fakta bahwa ayah dan saudara laki-lakinya tidak bersalah. Dong Yi kemudian naik pangkat menjadi inspektur pengadilan. Pasalnya dia memiliki kemampuan dalam menginvestigasi kasus dan sangat menjunjung tinggi keadilan.

Pengadilan di dalam kerajaan dibagi menjadi dua, yaitu pengadilan cendekiawan Barat dan cendekiawan Selatan. Masing-masing pengadilan didukung oleh pihak berbeda. Ratu Inhyeon (Park Ha Sun) mendukung pihak Barat sementara Jang Hee Bin (Lee So Yeon) selaku selir kesayangan raja mendukung pihak Selatan.

Semula Dong Yi amat mengagumi kecerdasan serta ambisius yang dimiliki Hee Bin. Namun semua berubah saat Dong Yi mengetahui bahwa Hee Bin dan saudara laki-lakinya, Jang Hee Jae (Kim Yu Seok) berani meracuni ratu karena menolak mengakuinya sebagai selir. Hee Bin bahkan menjebak Ratu Inhyeon dengan bukti palsu dan mengatakan bawa dia lah yang telah meracuni ratu.

Sebagai korban kelicikan Hee Bin, Ratu Inhyeon diasingkan ke pedesaaan. Gelarnya pun dilucuti. Posisi ratu digantikan oleh Hee Bin dan putranya bernama Oh Yun (Choi Cheol Ho) diangkat menjadi putera mahkota. Dong Yi kemudian bertekad membuktikan bahwa Ratu Inhyeon tidak bersalah dan akan membawanya kembali ke istana.

Dong Yi

Saat mengumpulkan bukti-bukti, Dong Yi diserang oleh seseorang. Dia lantas bersembunyi di tempat yang jauh sembari memulihkan kesehatannya. Ketika sedang beristirahat dan menyelamatkan diri, Dong Yi menemukan fakta bahwa Hee Jae bersekongkol dengan utusan dari China.

Dong Yi lolos dari pengejaran Hee Jae dan berhasil kembali ke kerajaan serta menyerahkan bukti kejahatan Hee Jae. Melihat Dong Yi kembali, Raja Suk Jong (Ji Jin Hee) dengan senang menyambutnya. Sang raja kemudian menyadari bahwa dia mencintai wanita tersebut.

Dong Yi lantas diangkat menjadi selir raja. Menggunakan posisinya yang baru, wanita tersebut mengungkap kejahatan yang dilakukan Hee Bin, Hee Jae dan cendekiawan Selatan. Setelah itu keadaan berbalik. Hee Jae dan para cendekiawan Selatan diasingkan dan dilucuti gelarnya, Hee Bin diturunkan pangkatnya kembali menjadi selir dan Ratu Inhyeon menjadi ratu.

Dong Yi kemudian melahirkan seorang putra bernama Yeong Jo. Kelak, putranya akan menjadi calon Raja Joseon. Namun, identitas asli Dong Yi mulai tercium oleh seorang kepala polisi Selatan bernama Jang Mu Yeol (Choi Jong Hwan). Lalu bagaimana akhir dari perjalanan Dong Yi? Apakah dia bisa mengembalikan nama baik ayah dan saudara laki-lakinya?

Keterikatan dengan Drama Lain

Keterikatan dengan Drama Lain
*

Hal menarik dari drama ini adalah karakter Dong Yi dan beberapa karakter lain muncul dalam serial Jang Ok-jung, Living by Love (2013) dan Haechi (2019). Pada drama Dong Yi, Hee Bin atau Jang Ok-jung digambarkan sebagai seseorang yang ambisuis dan kejam.

Latar belakang mengapa Hee Bin sampai seperti itu dibahas lebih jauh dalam drama Jang Ok-jung, Living by Love. Drama tersebut menceritakan bahwa Hee Bin mengalami masa kecil yang sangat keras. Dia terbiasa berjuang untuk diri sendiri dari berbagai macam rintangan.

Sementara serial Haechi yang tayang pada 2019 lalu mengangkat cerita tentang putra Dong Yi dan Raja Suk Jong. Dalam drama yang dimainkan Jung Il Woo tersebut diceritakan bahwa putra Dong Yi tidak diakui sebagai keturunan raja. Dia bersama tiga temannya bersatu ingin mengubah sistem kerajaan yang tidak berpihak pada rakyat.

Keterikatan cerita dalam drama Korea seperti ini tentu jadi sesuatu yang menarik. Anda seolah diajak menonton masa lalu dan masa depan dari masing-masing karakter. Keterikatan yang entah disengaja atau tidak semacam ini sepertinya cukup jarang, jadi drama ini memang menarik dan bikin penasaran untuk disaksikan.

Digarap Sutradara Hebat

Digarap Sutradara Hebat
*

Dong Yi memang termasuk drama Korea lawas sebab ia sudah tayang 10 tahun silam. Namun jalan ceritanya masih tetap menarik dan tidak ketinggalan zaman. Trik dan kelicikan yang khas ditampilkan dalam drama Korea genre Sageuk masih seru untuk dinikmati.

Prestasi seperti ini tidak bisa diraih jika jalan cerita digarap secara asal-asalan. Beruntung drama Dong Yi berada di tangan dua sutradara hebat. Dia adalah Lee Byung Hoon dan Kim Sang Hyub. Keduanya beberapa kali menelurkan karya yang sukses di pasaran.

Lee Byung Hoon misalnya, sutradara senior ini adalah sosok di balik kesuksesan cerita Jewel in the Palace (2003) dan Horse Doctor (2012). Sementara itu, Kim Sang Hyub juga sukses menyutradarai Extraordinary You (2019), Mama (2014) dan Glamorous Temptation (2015).

Rating dan Penghargaan

Rating dan Penghargaan
*

Serial Dong Yi memang salah satu yang terbaik pada masanya. Jumlah episode yang cukup banyak, dibanding standar drama Korea lain, tidak menghalanginya memenangkan hati para pemirsa. Terbukti dari rating yang cenderung selalu tinggi di setiap episodenya. Dong Yi meraih rating tertinggi di angka 35,6% dan paling rendah di angka 11,4%.

Selain rating, bukti kesuksesan drama ini adalah beberapa penghargaan yang didapatnya. Para aktor dan aktris yang terlibat dalam drama ini mendapat apresiasi dari berbagai ajang penghargaan.

Kita mulai dari Han Hyo Jo yang menyabet Best Actress di tiga ajang bergengsi sekaligus, yaitu 3rd Korea Drama Awards (2010), 1st Hong Kong Cable TV Awards (2011), dan 47th Baeksang Arts Awards (2011). Aktris ini juga mendapat Grand Prize/Daesang dari MBC Drama Awards (2010).

Kemudian ada Ji Jin Hee yang meraih kategori Best Actor di dua penghargaan, yakni 1st Hong Kong Cable TV Awards (2011) dan 47th Baeksang Arts Awards (2011). Selain dua pemain tersebut, pemain lain juga mendapat penghargaan serupa, sehingga rasanya jelas bahwa drama ini memang berkualitas.

Drama-drama Sageuk atau berlatar Korea di masa kerajaan sampai kapan pun akan jadi tontonan yang menarik. Banyak faktor yang membuatnya demikian. Terutama karena konfliknya penuh intrik dan rumit serta berteka-teki. Jika Anda sedang dalam mood untuk nonton drama Korea lawas dan bertema kerajaan, Dong Yi adalah pilihan tepat. Sudah mulai tertarik?

Dong Yi
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram