bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Dirty John: The Betty Broderick Story

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 23 September 2021

Dirty John merupakan serial televisi tentang kejadian kriminal yang diadaptasi dari kisah nyata. Serial berangkat dari podcast berjudul sama yang mencuri perhatian. Di season pertama, Dirty John mengangkat cerita tentang John Meehan, seorang penipu yang memanipulasi wanita. Dia tewas setelah bertengkar dan ditusuk oleh anak tirinya, Terra Newell.

Di season kedua, Dirty John kembali muncul dengan cerita yang berbeda secara keseluruhan. Persamaannya adalah cerita di season kedua pun berdasarkan kisah nyata. Kali ini cerita tentang Betty Broderick yang kasusnya pernah menggegerkan Amerika. Seperti apa review dan sinopsisnya? Kamu bisa menyimaknya di sini, teman-teman!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Crime, Drama
  • Produksi: Atlas Entertainment, Los Angeles Time Studios, Universal Content Productions
  • Jumlah episode: 8
  • Sutradara: Maggie Kiley, Meera Menon, Kat Candler, Shannon Kohli, Alexandra Cunningham
  • Pemain: Amanda Peet, Christian Slater, Rachel Keller

Betty lahir dari keluarga Katolik yang taat. Dia dididik oleh orang tuanya bahwa perannya di dunia adalah untuk menjadi istri dan ibu yang baik. Dia lulus dari kampus terbaik dengan nilai yang baik pula. Walau sudah menyelesaikan pendidikan, dia tetap memegang teguh prinsip dari orang tuanya tentang perannya kelak.

Pada tahun 1965, Betty bertemu dengan Dan Broderick, murid di salah satu kampus Katolik lain. Pertemuan mereka terjadi di sebuah pesta, ketika itu Dan memperkenalkan diri dengan sebutan calon dokter. Mereka pun mulai berkencan bahkan nggak butuh waktu yang lama, mereka memutuskan untuk bertunangan.

Di tahun 1969, Betty dan Dan memutuskan untuk menikah. Pernikahan itu diselenggarakan dengan mewah. Ibu Betty merupakan orang yang mengatur segala acara pernikahan. Sepulang dari bulan madu, Betty dinyatakan hamil. Kondisi Dan yang masih belum menyelesaikan kuliahnya, membuat Betty harus bekerja sampai dia melahirkan. 

Selepas melahirkan, Betty diliputi kegalauan. Dia merasa perlu bekerja tapi merasa bahwa dia selalu ingin menjadi ibu dan istri di rumah. Karena kondisi keuangan yang belum stabil, dia memutuskan untuk bekerja sambil mengurus anak. Sementara itu, Dan belum juga lulus dari sekolah kedokteran padahal mereka sudah punya dua anak laki-laki, Daniel dan Rhett.

Anak ketiga Betty dan Dan nggak mampu bertahan dan langsung meninggal setelah dilahirkan. Kondisi keuangan yang buruk membuat mereka harus tinggal berpindah-pindah. Dan dinyatakan lulus dari sekolah kedokteran ketika Betty melahirkan si bungsu, Kim. Bukannya bekerja, dia malah memutuskan untuk melanjutkan studi dan menjadi pengacara.

Pada tahun 1973, Dan berhasil menyelesaikan studinya dan bekerja di sebuah firma hukum. Walau sudah pindah ke lingkungan yang lebih layak, tapi mereka merasa bisa mendapatkan lebih. Betty memberi saran agar Dan membuka praktik sendiri. Benar saja, karir Dan sebagai pengacara langsung meroket.

Kehidupan Dan dan Betty berubah drastis menjadi mewah. Betty pun berhenti bekerja untuk sepenuhnya menjadi istri dan ibu untuk keluarganya. Masalah muncul ketika Betty merasa bahwa Dan nggak pernah ada untuk keluarga. Dia terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Kecurigaan Betty memuncak ketika Dan mempekerjakan Linda sebagai asistennya.

Dan memutuskan untuk pindah rumah dan diam-diam ingin mengajukan hak asuh ketiga anaknya. Dia pun mengakui bahwa selama tiga tahun terakhir sudah berselingkuh dengan Linda. Dia kemudian mendapat larangan untuk mendekati Betty. Tapi dia malah mengajukan gugatan cerai. Berbagai masalah bermunculan sampai puncaknya terjadi peristiwa Betty Broderick yang terkenal.

Penggunaan Alur Maju dan Mundur

Penggunaan Alur Maju dan Mundur

Serial Dirty John: The Betty Broderick Story nggak mengungkapkan cerita dengan cara yang linear. Yang dilakukan adalah menggabungkan alur maju dan mundur dalam setiap episodenya. Di awal episode, kita akan disuguhi oleh konflik yang dihadapi Betty kemudian flashback pada masalah apa yang pernah dia hadapi bersama Dan.

Penggunaan alur maju dan mundur kalau nggak dieksekusi dengan tepat bisa membingungkan penonton. Hebatnya, serial ini justru nggak membingungkan sama sekali. Malah membuat cerita seperti terbangun dan lebih terstruktur. Bahkan bisa menjadi alat untuk melihat bagaimana kontrasnya kehidupan pernikahan Betty dan Dan serta seberapa parah masalahnya.

Unsur Emosional yang Ditata Rapi

Unsur Emosional yang Ditata Rapi

Menyimak cerita Betty Broderick bisa membuat kita merasa campur aduk. Ada nuansa drama yang kental. Lewat Dirty John: The Betty Broderick Story, elemen drama tersebut dijadikan dalam bentuk sinema. Hasilnya adalah sebuah cerita yang emosional dan membuat kita berempati. Walau di sisi lain mengutuk cara Betty dalam menyelesaikan masalah.

Lewat serial ini, kita akan memahami apa saja yang dilalui Betty. Dimulai dari awal pernikahan, dia harus bekerja walau punya anak bayi bahkan sampai anak keempat lahir. Hal itu semata-mata untuk memenuhi visinya yang ingin menjadi istri yang baik. Dia ingin mendukung Dan yang bukan hanya menjadi dokter tapi sekaligus menjadi pengacara.

Ketika Dan sukses sebagai pengacara, Betty merasa dirinya menjadi orang tua tunggal. Kesibukan sang suami yang doyan berkumpul dengan pengacara lain membuat dia membiarkan Betty sendirian sibuk di rumah. Masalah semakin rumit ketika Dan pindah rumah dan mengaku selingkuh. Betty hancur karena itu.

Walau sudah digugat cerai, Betty selalu merasa bahwa dia dan suaminya akan berdamai. Tapi Dan nggak kalah pintar, dia memanfaatkan sisi emosional Betty. Dia mencoba menjauhkan Betty dari anak-anaknya, mengatakan bahwa kondisi mental Betty nggak baik sampai menyabotase agar nggak mendapatkan pengacara yang bagus. 

Penampilan Amanda Peet sebagai Betty Broderick

Penampilan Amanda Peet sebagai Betty Broderick

Karakter Betty dan Dan menjadi sosok sentral di serial Dirty John: The Betty Broderick Story. Dan diperankan oleh Christian Slater. Dia bisa masuk ke dalam sosok yang terlihat dingin, pintar, baik-baik, dan juga manipulatif. Penampilannya sangat luar biasa bahkan caranya bekerja sebagai pengacara, terlihat natural dan mengintimidasi. Karakter yang biasanya dimiliki pengacara kondang.

Disandingkan dengan Dan, ada juga Amanda Peet yang berperan sebagai Betty Broderick. Penampilan Amanda bisa dibilang sedikit lebih meyakinkan. Dia harus berakting sebagai Betty yang pintar, pekerja keras, penurut, terlihat tangguh padahal menyimpan kerapuhan. Menuju akhir, kita bisa mengetahui apakah benar Betty menyesali perbuatannya hanya dengan performa Amanda. 

Mencoba Netral

Mencoba Netral

Tindakan Betty Broderick yang membunuh Dan dan Linda di rumah mereka sendiri menemui babak baru ketika publik tahu perbuatan Dan. Simpati dan pesan dukungan langsung datang dari orang-orang yang merasakan kalau berada di posisi Betty. Walau begitu, publik punya reaksi berbeda ketika Betty menjawab pertanyaan apakah menyesal melakukan tindakan kejinya?

Mungkin sebagian orang punya anggapan bahwa serial Dirty John: The Betty Broderick hanya akan menjelaskan dari sisi Betty. Terlebih akan ada anggapan romantisme sosok Betty. Tapi justru serial ini lebih mencoba untuk bersikap netral. Segala kejadian yang difilmkan berdasarkan dari catatan di persidangan dan kesaksian. 

Cerita Betty Broderick cukup terkenal sehingga sebagian orang pasti tahu serial ini akan berakhir seperti apa. Tapi, serial ini berhasil menjadi tontonan yang memenuhi ekspektasi dengan pembangunan karakter dan plotnya yang rapi dan solid. Butuh drama yang menguras pikiran dan emosi? Inilah jawabannya! Nonton dulu, lalu bagikan kesanmu di kolom komentar teman-teman!

Dirty John: The Betty Broderick Story
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram