bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Drakor Descendants of the Sun (2016)

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 28 Oktober 2021

Drama ini sepertinya tak asing lagi di telinga, karena sering kali diperbincangkan oleh pecinta drama korea di berbagai belahan dunia. Drama berjudul Decendants of the Sun (DoTS)  ini memang menjadi salah satu drama populer yang bahkan ditayangkan oleh televisi nasional di beberapa Negara, tak terkecuali di Indonesia.

Kesuksesan drama ini tentu saja didukung oleh beberapa faktor dalam drama. Mulai dari tim produksi hingga para pemeran dan tak kalah penting latar drama yang benar-benar menarik. Daripada berlama-lama simak review dan sinopsis dari Bacaterus di bawah ini ya.

Sinopsis

Sinopsis Descendants of the Sun
*

Menceritakan kisah cinta antara seorang tentara pasukan khusus dan seorang dokter, keduanya dipertemukan dengan cara yang tak biasa. Adalah Yoo Si-jin, Tentara Angkatan Darat Kapten pasukan khusus Tim Alpha dengan empat anggotanya termasuk Sersan Mayor Seo Dae-young. Keduanya sedang mengambil masa libur saat terlibat kejar-kejaran dengan pencuri.

Insiden itu membawa Si-jin bertemu dengan seorang dokter cantik yang berhasil memikat hatinya, Kang Mo-yeon. Berawal dari mengobati luka Si-jin, keduanya menjadi dekat, cukup dekat hingga kencan bioskop yang mereka nantikan. Sebagai tentara aktif terlebih pasukan khusus, Si-jin dituntut selalu siap tugas kapan pun dimana pun.

Janji mereka terpaksa batal, Mo-yeon sadar dengan pekerjaan Si-jin yang misterius dan berbeda dengan dunianya. Dimana sebagai tentara Si-jin bisa saja membunuh manusia sedangkan dirinya sebagai dokter harus menyelamatkan manusia. Hubungan keduanya merenggang, saat itulah Si-jin ditugaskan sebagai tentara penjaga kedamaian di Urk.

Mo-yeon yang bekerja di Rumah Sakit Haesung memilih jalan menjadi dokter elit yang melayani orang kaya sebagai pasiennya. Namun tawaran tak terduga datang dari Direktur tempatnya bekerja yang memintanya berhubungan seks agar karirnya di Rumah Sakit lancar. Menolak, ia dikirim ke Urk sebagai dokter disana oleh pihak Rumah Sakit.

Sama sekali tak menyangka keduanya dipertemukan kembali di Urk, Kapten Yoo Si-jin dan Dokter Kang Mo-yeon. Belajar kembali menjadi dokter idealis yang membantu kemanusiaan, banyaknya konflik malah mengukuhkan cinta keduanya. Sayangnya mereka harus berpisah saat Mo-yeon kembali ke Korea dan Si-jin dan Tim Alpha ditugaskan ke Albania.

Itulah saat Mo-yeon sangat terpukul mengetahui Si-jin dilaporkan hilang dalam misi dan dianggap sudah tewas. Setahun kemudian Mo-yeon pergi ke Albania sebagai seorang relawan sekaligus ingin memperingati kematian Si-jin. Seperti keajaiban, Si-jin datang dengan banyak luka di tubuhnya dan menceritakan apa yang terjadi padanya selama satu tahun.

Termasuk teman jauhnya yang adalah tentara Koea Utara membantunya agar tetap hidup dan akhirnya menemukan jalan kembali. Si-jin dan Mo-yeon pun bersatu kembali menjalin kisah cinta mereka yang sempat terputus.

Setting Latar dalam Drama yang Memukau

Setting Latar dalam Drama yang Memukau
*

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui jika salah satu daya tarik drama Korea adalah latar yang mendukung cerita. Sempat melakukan proses syuting di beberapa lokasi di Yunani, banyak fans yang ingin melancong ke Zakynthos untuk melihat seperti apa lokasi sebenarnya dalam drama.

Kemudian untuk mendapat latar cerita yang indah dan eksotis sesuai keinginan, beberapa scene drama ini diberi efek CGI (Computer Generated Imagery) oleh tim produksi. Selain latar indah, latar kota Urk yang diceritakan rusak parah karena gempa berhasil dibuat sedetail mungkin demi mendukung jalan cerita.

Properti yang digunakan juga tak kalah memakan biaya, seperti alat-alat medis dan alat-alat tentara. Tak heran untuk skala drama, Descendants of the Sun menjadi salah satu drama Korea dengan biaya termahal hingga total 140 miliar rupiah.

Cerita Anti-Mainstream Penuh Konflik

Cerita Anti-Mainstream Penuh Konflik
*

Mulai dari bencana, konflik antar negara hingga peperangan dan wabah penyakit disuguhkan oleh drama ini. Namun, entah kenapa drama ini masih bisa menunjukkan sisi cerita yang manis dan romantis. Tak jarang penonton juga diajak memasuki alur cerita yang amat menyentuh.

Menegangkan, romantis sekaligus menyentuh, rupanya drama ini memang berhasil memikat banyak penonton. Ditambah lagi, DoTS dibintangi banyak artis ternama termasuk Onew SHINee yang memulai debut aktingnya dalam drama ini.

Sebab itulah sejak promosi sampai tayang perdana rating DoTS meraih peringkat tinggi mencapai 14%. Tak berhenti disitu di episode ketiganya, drama ini berhasil menaikkan ratingnya hingga 30%.

SongSong Couple VS GoWoon Couple

SongSong Couple VS GoWoon CouplE
*

Jalan cerita yang memukau tentunya dibarengi dengan pemeran yang handal membuat chemistry dalam drama terlihat harmonis. Memainkan peran sebagai pasangan kekasih, dua couple ini berhasil buat penonton baper alias bawa perasaan. Siapa lagi kalau bukan maincast couple Song Joong-ki dan Song Hye-kyo, juga leadcast couple Jin Goo dan Kim Ji-woon.

Akting yang apik membuat para penontonnya ikut menikmati perjalanan mereka dalam drama. Interaksi antar fans drama ini juga beragam,memilih mana couple termanis, terlucu, dan julukan lainnya yang mereka buat, menunjukkan dukungan mereka untuk drama ini. So, couple mana yang jadi favorit kamu?

Trivia DoTS

Trivia DoTS
*

Descendants of the Sun adalah drama pra-produksi dimana pembuatan dramanya diselesaikan sampai tuntas baru ditayangkan di televisi. Alsannya tak lain karena syuting drama dilakukan di Korea Selatan dan Yunani. Lokasi syuting di dua negara ini dirasa sulit untuk menyelesaikan syuting juga editing secara bersamaan, maka dibuatlah secara pra-produksi.

Sepertinya akan sulit membayangkan aktor lain untuk peran Kapten Yoo Si-jin selain Song Joong-ki, namun ternyata ia bukan pilihan utama sang sutradara lho. Ada keraguan dimana image Joong-ki yang jauh dari image tentara seperti yang penulis inginkan. Saat itu, Joong-ki yang sudah menyelesaikan wajib militer tertarik bergabung setelah membaca naskah dramanya.

Selain Song Joong-ki yang kembali berakting setelah wamil, drama ini juga menjadi debut akting bagi salah satu personil boy group SHINee. Berhasil mengambil hati para penonton dengan debut aktingnya, Onew SHINee nyatanya dapat memerankan karakter dokter yang dimainkannya.

Onew DOTS
*

Banyak penonton yang memuji bagaimana dia dan karakter yang dimainkannya sama-sama berkembang seiring berjalannya drama. Berhasil memecahkan rekor penjualan drama di China dan Jepang hingga rekor jumlah penonton terbanyak dalam sejarah drama Korea, nyatanya drama ini sempat mendapat penolakan dari pihak SBS.

Beruntung, pihak KBS menerima izin penyiaran dan drama ini pun melejit, membangkitkan kembali minat para penonton drama selama empat tahun terakhir.

Seakan tak cukup puas dengan pencapaiannya, drama DoTS berhasil mencapai rating hingga 38,8% di episode terakhirnya. Karena kepopulerannya inilah, drama ini menambahkan tiga episode spesial di KBS2 dimana masing-masing episodenya berdurasi 70 menit.

Selain mengisahkan epilog perjalanan kisah Si-jin dan Mo-yeon, episode spesial ini menayangkan adegan utama, highlights, juga behind the scenes dramanya. Sepertinya Descendants of the Sun memang cocok masuk kedalam daftar drama Korea yang harus kamu tonton deh.

Tak perlu khawatir akan bosan, drama berjumlah 16 episode plus 3 episode spesial ini pasti bisa buat kamu terhibur. Masih mencari drama lain yang ingin kamu tonton? Baca review dan sinopsis drama lainnya yang Bacaterus siapkan buat kamu ya. Kamu juga bisa tinggalkan jejak saran dan pertanyaan di kolom komentar.

Descendants of the Sun
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram