bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Serial Dawson’s Creek Season 5 (2001)

Review & Sinopsis Serial Dawson’s Creek Season 5 (2001)

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 1 Juni 2021

Season keempat Dawson’s Creek diakhiri dengan diterimanya Dawson di USC yang berlokasi di Los Angeles. Pada malam terakhirnya di Capeside, dia ingin menghabiskan waktu dengan ketiga sahabatnya, Joey, Jack dan Jen. Joey mengucapkan selamat tinggal pada Dawson walau secara nggak langsung memintanya untuk tetap tinggal. Mereka pun berciuman.

Di season kelima, Dawson dan sahabat-sahabatnya memasuki babak baru. Sebagian besar masuk kuliah dan ada juga yang bekerja. Uniknya semuanya meninggalkan Capeside untuk membuka lembaran baru. Tapi ada yang membuat mereka tetap terpaku pada kampung halamannya. Simak jawabannya di review & sinopsis Dawson’s Creek Season 5 berikut ini.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Drama
  • Produksi: Columbia TriStar Television, Outerbanks Entertainment
  • Jumlah episode: 23
  • Sutradara: Greg Prange, David Petrarca, Michael Lange, Robert McNeill, Pery Lang
  • Pemain: James Van Der Beek, Katie Holmes, Michelle Williams, Joshua Jackson

Dawson menjadi mahasiswa perfilman di Los Angeles sementara Joey kuliah di Boston. Mereka berdua masih terpikir tentang ciuman terakhir sebelum berpisah. Jen dan Jack pun kuliah di Boston sementara Pacey tinggal di sebuah perahu di kota yang sama. Tapi hanya Jen yang mengetahui lokasinya.

Pacey mendapat pekerjaan di sebuah restoran dan jatuh cinta pada rekan kerjanya, Karen. Padahal dia tahu Karen sudah punya pacar. Dawson mengunjungi Joey di Boston tapi malah menghabiskan waktu bersama Audrey, teman sekamar Joey yang menggodanya. Jen membantu Charlie dan mendapat pekerjaan di radio.

Joey terkejut ketika tahu Pacey tinggal di kota yang sama tapi nggak menghubungi. Dawson pulang ke Capeside untuk memberi tahu dia akan pindah ke Boston. Gail menyetujui keinginan anaknya tapi Mitch nggak. Dawson dan Mitch pun terlibat argumen. Ketika pergi ke sebuah toko, Mitch mengalami kecelakaan dan meninggal.

Joey, Pacey, Jen dan Jack kembali ke Capside untuk menghadiri pemakaman Mitch. Mereka juga memberi dukungan moral pada Dawson yang sedang mengalami masa-masa sulit. Pacey bahkan mengatakan bahwa kematian Mitch bukanlah salah dari Dawson. Dawson dan Gail merasa sedih karena Lily, adik Dawson, nggak akan melihat sosok ayah lagi.

Dawson mengalami kecemasan yang tinggi setelah ditinggal ayahnya. Dia bahkan menyalahkan Joey yang menurutnya mengajaknya pindah ke Boston. Jen membantu Dawson untuk mendapatkan bantuan konsultasi. Sementara Pacey yang mengetahui hubungan Karen dan pacarnya mendapat kabar baik sekaligus buruk.

Ternyata Danny, pacar Karen sudah menikah dan istrinya datang melabrak Karen. Pacey menjadi tuan rumah untuk bertemu dengan sahabat-sahabatnya. Jen dan Dawson berciuman dan semua orang yang hadir di acara melihat tindakan mereka. Joey mulai terpancing emosinya dan membuat situasi nggak nyaman.

Dia nggak menerima kalau Dawson malah berhubungan dengan Jen terlebih mereka berdua punya masa lalu. Audrey dan Joey berpesta untuk merayakan nilai bagus yang didapat Joey. Charlie berhasil mencium Joey setelah ditolak karena Joey tahu kelakuannya pada Jen. Sementara itu, Dawson dan Jen mengunjungi Capeside.

Dawson memutuskan pindah ke Boston untuk tinggal bersama Jen dan Grams, sesuatu yang menurut Jen seharusnya dibicarakan terlebih dahulu. Hidup bersama ternyata nggak mudah untuk dijalani Dawson dan Jen. Dawson menjalani hari pertamanya di kampus baru dan bertemu Oliver. Oliver menawarinya posisi sebagai sutradara untuk film yang dia tulis.

Jen mendukung Dawson untuk mengambil kesempatan itu. Tapi ketika syuting ada banyak masalah, termasuk Audrey yang mempertanyakan kemampuan Oliver dalam berciuman. Charlie meminta Joey untuk menyanyi bersama bandnya. Walau sempat merasa grogi, Joey berhasil tampil baik setelah berduet dengan Charlie.

Dawson, Jen, Jack dan Grams pergi ke Capeside untuk merayakan ulang tahun Lily. Di sana, Dawson mengetahui bahwa ibunya mulai berhubungan dengan pria lain. Hubungan Dawson dan Jen kandas. Dawson mulai jatuh hati lagi pada Joey setelah membantunya merasa percaya diri untuk merilis film buatannya. Sayangnya, Joey sedang berpacaran dengan Charlie.

Sementara Pacey mulai berpacaran dengan Audrey tapi kedatangan Alex, manajer baru restoran, justru membuat hubungan mereka renggang. Apakah langkah yang akan diambil Dawson dan Pacey? Setiap season dari drama seri legendaris ini selalu menjanjikan keseruan yang sama. Itulah sebabnya mengapa Dawson's Creek terus berlanjut.

Dua Episode yang Terkesan Dipaksakan

Dua Episode yang Terkesan Dipaksakan

Dawson’s Creek sudah melangkah jauh sampai season kelima. Bukan pekerjaan mudah untuk membuat cerita yang tetap menarik sepanjang lima season. Ada 23 episode di season kelima ini tapi ada dua episode yang terasa dipaksakan untuk disertakan. Dua episode itu adalah episode sembilan yang berjudul Four Scary Stories dan episode 15 yang berjudul Downtown Crossing.

Four Scary Stories menceritakan tentang Joey, Pacey dan Jack yang membicarakan hal-hal mistis dan urban legend sehabis nonton film horror. Masing-masing mendapat kesempatan untuk menceritakan kejadian seram yang pernah mereka alami. Sayangnya cerita-cerita itu nggak ada pengaruh signifikan pada cerita secara keseluruhan di serial.

Downtown Crossing menceritakan tentang Joey yang dirampok ketika pergi ke bank. Setelah terjadi adu tembakan, perampok itu tertabrak oleh mobil. Joey menolongnya bahkan ikut ke rumah sakit. Di sana dia bertemu dengan istri dan anak dari si perampok. Karena nggak tega dia menyatakan bahwa sang perampok tewas karena kecelakaan.

Joey nggak memberi tahu perampok itu melakukan tindakan kriminal. Joey merasa cerita perampok itu mirip dengan ceritanya dengan ayahnya. Episode Downtown Crossing sebenarnya bisa berguna kalau di episode selanjutnya menceritakan hubungan Joey dan ayahnya. Sayangnya, cerita hubungan Joey dan ayahnya nggak terlalu banyak diungkap.

Karakter Baru yang Diberi Porsi Besar

Karakter Baru yang Diberi Porsi Besar

Season kelima Dawson’s Creek menunjukkan perkembangan dari season sebelumnya. Kali ini Dawson dan sahabat-sahabatnya sudah bukan murid SMA lagi. Dawson, Joey, Jen dan Jack meneruskan pendidikannya dengan masuk kuliah. Sedangkan Pacey mulai bekerja di sebuah restoran untuk melanjutkan hidupnya.

Berkembangnya cerita tentu harus dibarengi dengan adanya karakter baru. Serial ini melakukan hal tepat dengan memunculkan empat karakter baru yaitu Audrey, Charlie, Oliver, Karen dan Danny. Karen dan Danny menjadi karakter baru dengan porsi paling sedikit sebagaimana mereka menciptakan konflik dengan cerita cinta Pacey.

Charlie pernah berpacaran dengan Jen kemudian berpacaran dengan Joey. Sedangkan Oliver menjadi orang yang banyak berinteraksi dengan Dawson karena mereka berdua membuat film bersama. Karakter baru yang paling diberi porsi besar adalah Audrey, teman sekamar dari Joey. Dia diajak untuk menjadi pemeran utama di film arahan Dawson dan mengkritik penampilan Oliver.

Di pertengahan season, dia berpacaran dengan Pacey dan bekerja di restoran yang sama. Di akhir, dia ikut ke Capeside dan berhubungan dengan orang lain. Walau porsi Audrey nggak sebesar karakter utama lain, dia berhasil masuk ke dalam cerita dan memberi beberapa subplot menarik yang membuat alur cerita nggak tertebak.

Dawson’s Creek Serial 5 menyuguhkan drama Dawson dan sahabat-sahabatnya tentang tujuan hidup dan percintaan. Dengan status mereka yang bukan lagi pelajar, permasalahan dibuat lebih rumit tapi mereka nggak ditampilkan dewasa melebihi usianya. Mereka tetap berpikir dan bertindak sebagaimana remaja yang terkadang terlalu sembrono dan kurang perhitungan.

Tertarik untuk mengikuti konflik mereka di dunia kuliah? Pastinya akan lebih seru karena setiap karakter utamanya sudah mulai berkembang menuju dewasa. Mereka sudah mulai berpikir tentang masa depan dan pilihan hidup, sesuatu yang pasti dialami semua orang. Segera luangkan waktu buat nonton lalu bagikan ulasanmu di kolom komentar, teman-teman!

Dawson’s Creek Season 5
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram