Sinopsis & Review Serial Dark Season 1 ‘Misteri Dan Waktu’

Ditulis oleh Glen Sahetapy
Dark Season 1
3.7
/5

Mari kita mulai dengan line yang klasik: ‘jika kamu suka film misteri, kamu mesti nonton Dark’. Serial milik Netflix yang tayang pertama kali pada 1 Desember 2017 ini dibintangi, dan merupakan hasil karya sinematik para sineas Jerman. Dan kita harus mengakui bahwa negeri asal Volkswagen ini ternyata memiliki selera misteri yang sangat baik.

Dark merupakan web television series bergenre misteri-fiksi ilmiah. Bukan, bukan horror. Namun, bisa dibilang memang memiliki aroma horror yang begitu kental di dalamnya. Meski begitu, tayangan yang dinahkodai sutrada Baran bo Odar ini, sepertinya ‘damai-damai’ saja untuk dinikmati mereka yang tidak bisa menikmati film horror.

Dan sekarang, mari kita kupas sama-sama, seperti apa serial yang hampir seluruh elemen produksinya ini menuai pujian para kritikus.

Sinopsis

netflix dark

Pada bulan Juni tahun 2019, seorang pria berusia 43 tahun bernama Michael Kahnwald (Sebastian Rudolph) memutuskan untuk melakukan aksi bunuh diri, seraya meninggalkan sebuah surat dengan pesan,’jangan dibuka hingga tanggal 4 November pukul 10:13 malam’.

Kepergian Michael ini sepertinya menimbulkan luka psikis pada putra semata wayangnya, Jonas (Louis Hoffman). Malahan, remaja pria tersebut terpaksa menjalani perawatan selama 2 bulan. Jonas sama sekali tidak menyadari bahwa ibunya, Hannah (Maja Shcöne), ternyata menjalin hubungan istimewa dengan Ulrich Nielsen (Oliver Masucci), seorang petugas kepolisian di Kota Winden, tempat tinggal mereka.

Sementara itu, Winden juga tengah dihebohkan dengan menghilangnya seorang pemuda bernama Erik Obendorf. Teman satu sekolah Jonas tersebut telah menghilang selama 2 minggu, hingga membuat kedua orang tuanya resah.

Jonas sendiri juga kemudian mengetahui bahwa Bartosz (Paul Lux), sahabatnya telah menjalin hubungan dengan Martha Nielsen (Lisa Vicari), gadis yang pernah menjalin hubungan romantis dengannya.

Bartosz kemudian mengusulkan pada teman-temannya untuk mengambil, kemudian menjual narkoba milik Erik yang merupakan penyalur ganja di sekolah mereka. Setelah memutuskan untuk bekerjasama dengan teman-temannya yang lain termasuk Magnus Nielsen (Moritz Jahn), Jonas dan Bartosz sepakat untuk pergi ke Gua Winden tempat dimana Erik menyimpan barang-barang terlarangnya tersebut.

Malam itu, tepat tanggal 4 November, Jonas, Bartosz, Martha, dan Magnus yang membawa serta adiknya, Mikkel (Daan Lennard Liebrenz) menjalankan rencana mereka tersebut. Di sana, mereka juga bertemu dengan Franzeska Doppler (Gina Alice Stiebitz), putri dari Charlotte Doppler (Karoline Eichhorn) kepala kepolisian Kota Winden.

Namun hal yang tak terduga terjadi. Sebuah suara misterius yang mengerikan terdengar dari dalam gua, sementara lampu senter yang dibawa oleh para remaja tersebut berkelap-kelip layaknya mengalami gangguan kelistrikan. Kontan, hal tersebut membuat para pemuda dan pemudi itu panik.

Jonas lantas berinisiatif untuk menggandeng Mikkel karena keduanya tertinggal, sedangkan teman-temannya kabur dari tempat tersebut. Tapi, Jonas yang tengah berlari terjatuh, hingga menyadari bahwa ia kehilangan Mikkel. Sementara, sosok Michael yang berlumur cairan hitam muncul, menyapa putranya tersebut.

Melihat sosok ayahnya itu, Jonas terus berlari hingga ia bertemu dengan teman-temannya. Menyadari Mikkel tidak lagi bersama dengan Jonas, Magnus dan kawan-kawan bermaksud untuk mencari adiknya tersebut. Sementara itu di tempat lain, Ines Kahnwald tengah membuka surat berisi pesan yang ditinggalkan oleh putranya.

Mikkel menghilang tanpa jejak. Magnus yang sangat terpukul akan kejadian tersebut menganggap bahwa putranya tersesat di dalam fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir Winden. Sementara sang bocah sebenarnya masih berkeliaran di Winden, namun berada di tahun 1986. Tahun dimana Magnus kehilangan adiknya yang bernama Mads.

Drama Kehidupan dan Wormhole

Drama Kehidupan dan Wormhole

Yang membuat Dark menjadi salah satu suguhan terbaik dari Netflix adalah, kita tidak akan melulu dibawa dalam misteri peristiwa bunuh diri Michael, hilangnya dua orang anak di Winden, dan peristiwa time travelling yang ada di dalamnya. Tapi, kita juga akan melihat kenyataan hidup warga kota kecil tersebut, yang membuat kita terkaget-kaget.

Kita akan melihat bagaimana kehidupan warga Winden tidak selugu kota kecil lainnya yang bersahaja. Ada hubungan perselingkuhan, juga hubungan para remaja yang dari luar terlihat bagai anak manis-manis, tapi terlibat dalam penyalahgunaan obat bius.

Sementara itu, beberapa orang juga sepertinya terpengaruh oleh kejadian misterius 33 tahun yang lalu, sehingga memengaruhi kehidupan mereka di masa kini.

Lantas, konsep perjalanan waktu dalam serial ini hadir sebagai unsur yang akan membuat Dark sebagai sebuah tontonan misteri fiksi ilmiah nan mengasyikan. Yang jelas, keberadaan wormhole dalam gua Winden inilah yang kemudian menguak drama kehidupan yang terjadi di kota kecil tersebut. Siap-siap, kamu akan dibawa dalam sebuah perjalanan waktu yang mengocok kepala.

Bisa dibilang, judul ‘Dark’ bukan hanya pantas untuk rangkaian kejanggalan yang terjadi di kota Winden akibat kemunculan sebuah wormhole tempat realitas waktu saling bergesekan. Karena, sebagian dari para penduduknya juga menyimpan ‘sisi kelam’ mereka sendiri. Dan, bo Odar sang sutradara, menyeret kita masuk dalam nuansa dark yang bikin kita ingin untuk terus menyaksikan serial ini.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram