Bacaterus / Review Film Asia / Sinopsis & Review Drama Korea Crash Landing on You (2019)

Sinopsis & Review Drama Korea Crash Landing on You (2019)

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Satu lagi drama Korea yang bisa bikin kamu nangis campur ketawa campur marah-marah sendiri campur nangis lagi dan ketawa lagi. Dibintangi oleh aktor dan aktris Korea kece seperti Hyun Bin dan Son Ye Jin, bahkan cameo mereka saja pakai Kim Soo Hyun!

Adalah Crash Landing on You. Drama ini di distribusikan oleh tvN dan menjadi rating tertinggi di ketiga se-Korea Selatan setelah The World of The Marriage dan SKY Castle.

Selain cerita yang dibalut dengan drama ala-ala Korea yang super manis, drama ini memasukan unsur politik dari dua negara; Korea Selatan dan Korea Utara, jadi ada aksi-aksinya juga. Engga melulu cinta-cintaan yang bikin penonton diabetes. Plot yang disajikan pun ciamik dan tidak membuat penonton menjadi bosan untuk mengikuti seluruh 16 episodenya.

Sinopsis

Crash Landing on You_Poster (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Romance
  • Pemain: Hyun Bin, Son Ye Jin, Kim Jung Hyun
  • Sutradara: Lee Jung Hyo
  • Produksi: Studio Dragon

Se-Ri (Son Ye Jin) merupakan anak dari keluarga super konglomerat Korea Selatan yang dalam bahasa Korea sering disebut chaebol. Meskipun lahir dari keluarga yang kaya luar biasa, Se-Ri adalah perempuan mandiri.

Ia bahkan membangun perusahaannya sendiri di sektor fashion & kosmetik, membuat keluarga Se-Ri menjadi semakin kaya raya. Perusahaan yang dibangunnya itu terus menjadi fokus Se-Ri karena banyaknya kompetitor yang mulai bermunculan.

Di sela-sela waktu istirahatnya menjadi CEO, Se-Ri menghabiskan waktunya dengan melakukan olahraga ekstrem yang jarang sekali ditekuni oleh perempuan seusianya, paragliding. Se-Ri bermain paragliding sudah cukup lama dan lumayan pro sampai suatu ketika Se-Ri harus terlempar jauh ketika bermain paragliding akibat topan yang menerjang Korea secara tiba-tiba.

Saat sadar, Se-Ri sudah mendarat di atas pohon besar. Seorang tentara bernama Ri Jeong Hyuk yang menyadari Se-Ri ‘nyangkut’ diatas pohon meminta Se-Ri segera melepaskan tali pengikat dan segera turun kebawah.

Se-Ri dengan segera membuka tali temali yang mengikat dirinya dan meluncur kebawah tepat di pelukan tentara tadi. Se-Ri kemudian melepaskan diri dan mulai menyadari sesuatu, pakaian tentara ini beda dengan pakaian tentara KorSel. Betapa terkejutnya Se-Ri saat Ri Jeong mengatakan bahwa ia mendarat di perbatasan Korea Utara.

Se-Ri lantas menjelaskan semua perkaranya, Ri Jeong awalnya mencurigai Se-Ri sebagai mata-mata dari Korea Selatan, namun setelah dijelaskan, alih-alih menyerahkan Se-Ri kepada pihak berwajib, Se-Ri malah dibawa pulang ke kampungnya menunggu saat tepat untuk memulangkan Se-Ri tanpa dicurigai.

Se-Ri tidak menolak dan bahkan menjadi primadona di kampung Ri Jeong. Semua orang disana ternyata menyambut dengan antusias Se-Ri. Se-Ri yang terkenal modis juga membantu para perempuan di sana juga para lelakinya untuk tampil oke; tidak terus menerus pakai pakaian gelap seperti yang biasa ia lihat di televisi tentang kehidupan masyarakat di Korea Utara.

Selama Se-Ri di Korea Utara, status Se-Ri dinyatakan hilang. Ini membuat Ayah dan Ibu Tirinya segera mencari keberadaan Se-Ri, namun kakak-kakaknya malah saling berebut posisi untuk menggantikan tempat Se-Ri di perusahaan. Berhubung keluarga Se-Ri merupakan keluarga berpengaruh di Korea Selatan, banyak pihak yang akhirnya terjun langsung membantu pencarian Se-Ri.

Saat waktunya sudah tepat, akhirnya Se-Ri, Ri Jeong beserta 4 bawahannya yang lain berhasil membawa Se-Ri keluar dari Korea Utara meski penuh drama. Se-Ri yang senang bisa berhasil pulang meminta Ri Jeong dan 4 bawahannya itu untuk tinggal bersama Se-Ri menjadi pengawalnya.

Ri Jeong dan 4 bawahannya itu tidak menolak untuk menemani Se-Ri karena mereka juga sedang ikut pekan olahraga bersama di Korea Selatan, membuat mereka ada alasan untuk tetap di Korea Selatan.

Awalnya semua berjalan tanpa ada masalah sampai akhirnya banyak yang mencurigai Ri Jeong beserta 4 bawahannya yang secara tiba-tiba membawa pulang Se-Ri dan dijadikan ‘pengawal’ Se-Ri. Gerak-gerik Ri Jeong cs akhirnya diawasi oleh banyak pihak, mulai dari media, pihak berwajib bahkan Badan Intelejensi Nasional turut mengawasi sampai semua terkuak.

Ri Jeong dan anak buahnya ditangkap karena dianggap sebagai mata-mata Korea Utara. Se-Ri yang merasa bersalah terus membela mereka semua. Apalagi Se-Ri dan Ri Jeong sudah sama-sama saling suka dan cinta meski sebenarnya Ri Jeong sudah menjadi tuangan gadis lain bernama Seo Dan (Seo Ji Hye) yang merupakan puteri pewaris pusat perbelanjaan terbesar di Korea Utara.

Akhir cerita drama ini berakhir manis meski Se-Ri harus merasakan sakit hati, kesepian dan air mata. Ri Jeong yang kembali ke Korea Utara sama sekali tidak bisa menemui Se-Ri lagi di Korea Selatan begitupun sebaliknya. Meski demikian, Se-Ri tetap menunggu Ri Jeong tidak peduli berapa lamanya. Ia berjanji untuk terus setia pada Ri Jeong sampai nanti mereka bertemu kembali.

Melihat Sisi Lain Korea Utara

Crash Landing on You_North_Korea (Copy)

Dalam drama Crash Landing on You ini kita akan dibawa untuk menyaksikan bagaimana tanggapan Korea Utara terhadap negara Korea Selatan. 4 anak buah Ri Jeong yaitu Park Kwang Beom (Lee Shin Young), Kim Ji Muk (Yoo Su Bin), Pyo Chi Su (Yang Kyung Won) dan Geum Eun Dong (Tang Joon Sang)  secara sukses membuat kita tahu bagaimana kehidupan mereka selama ini di Korea Utara.

Saya sendiri senyum-senyum melihat tingkah mereka yang polos dan lucu meski sebenarnya mereka adalah anggota tentara terlatih di Korea Utara yang bisa membunuh siapapun kalau mereka mau.

Adegan yang paling saya suka adalah ketika Se-Ri kebingungan memberi hadiah untuk Ri Jeong dan anak buahnya; putus asa, akhirnya Se-Ri memberikan black card miliknya untuk berbelanja apapun keperluan Ri Jeong cs.

Bukannya dibelikan barang-barang mahal, mereka malah beli baju di pasar, main ke warung internet untuk nonton drama, membeli jajanan pasar, membeli makanan dan minuman.

Mereka sama sekali tidak ada pikiran untuk membeli barang-barang branded mengingat Korea Utara tidak menyediakan dan sama sekali tidak memperbolehkan warganya untuk membeli atau memakai barang-barang tersebut.

Hal ini juga yang membuat kepala Badan Intelejensi Nasional Korea kebingungan. Mereka berpikir Ri Jeong cs adalah orang-orang yang bisa membahayakan Korea Selatan mengingat mereka adalah tentara Korea Utara.

Betapa terkejutnya seluruh anggota BIN dan pihak berwajib ketika mengetahui kegiatan mereka dari CCTV. Mereka membantu satu sama lain warga Korea Selatan dan tidak menunjukan bahwa mereka berbahaya.

Hubungan Penuh Tantangan

Crash Landing on You_Relationship (Copy)

Bukan drama Korea namanya kalau hubungan dari si pemeran utama bisa berjalan mulus tanpa polemik yang kadang bikin kita jadi ikut hipertensi. Entah karena orangtua salah satu pihak tidak setuju lah, atau karena si pria/wanita berasal dari keluarga kasta Shudra atau karena hal lainnya.

Untuk drama Crash Landing on You ini, hubungan Se-Ri dan Kapten Ri Jeong terkendala akibat mereka beda warga negara. Beruntung, hubungan Se-Ri dan Ri Jeong malah mendapat support dari orang tua Se-Ri. Khususnya Ibu Se-Ri, meski Ibu sambung, dirinya sangat perhatian dengan Se-Ri.

Ia bahkan memberanikan diri untuk berbicara dengan Kapten Ri untuk terus tetap berada di samping Se-Ri karena menurutnya Se-Ri bisa terus tersenyum kalau Kapten Ri berada di sisi Se-Ri.

Berbeda dengan Kakak Pertama Se-Ri yang dari dulu sudah menyimpan kesal dengan Se-Ri. Ia menganggap Se-Ri selalu mendapatkan apa yang ia mau dan dukungan penuh dari banyak orang.

Kakak Pertama Se-Ri dan istrinya lah yang membongkar identitas seluruh anggota Ri Jeong cs, kalau mereka merupakan tentara Korea Utara sehingga mereka harus dikembalikan ke negara asal dan berpisah dengan Se-Ri.

Sebuah Imajinasi

Crash Landing on You_SeRi_RiJeong (Copy)

Apabila mengikuti cerita ini, kalian akan dibawa ke dalam kehidupan Se-Ri yang serba wah, lancar, mulus, bergelimang harta, bahkan disaat ia melanggar batas zona demiliterisasi Korea Utara, ia bisa bertemu dengan kapten Ri yang super tampan dan gagah. Bukannya ditahan, kapten Ri malah meminta para anggotanya untuk melindungi Se-Ri dan membawa Se-Ri kembali ke Korea Selatan dengan selamat.

Padahal sejatinya kalau ada ‘penyusup’ dari Korea Selatan yang masuk ke Korea Utara akan segera langsung dibawa ke pihak berwenang untuk diinterogasi. Parahnya, apabila dirasa memang melanggar peraturan, mereka tidak segan untuk menghukum orang tersebut dengan metode hukuman Korea Utara. Nah, sekarang tahu kan kenapa saya bilang drama ini full imaji saja?

Drama CLOY Dinilai Menghina Korea Utara

Crash Landing on You_Propaganda (Copy)

Dilansir dari straitstimes, drama CLOY disebut sebagai sebuah provokasi yang ditujukan kepada Korea Utara. Pyongyang ‘pun sampai membuka suara bahwa drama itu adalah drama yang tidak masuk akal dan membuat negara Korea Utara sebagai olok-olok di mata para penonton drama CLOY. Penggambaran Korea Utara dalam drama CLOY juga dianggap rekayasa yang sangat mengerikan.

Bukan Drama CLOY saja, drama-drama Korea Selatan lainnya yang mengusung cerita mengenai Korea Utara juga sudah banyak membuat rakyat Korea Utara murka. Korea Utara selalu digambarkan sebagai negara tertinggal, kaku, penuh kemiskinan dan kejam. Lambat laun, drama semacam ini bisa memancing masalah baru antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Disamping masalah mengenai kecaman dan lainnya yang terjadi akibat drama ini, CLOY tetap menjadi salah satu drama terbaik di Korea mengalahkan puluhan drama pendahulunya. Plot cerita yang menarik untuk diikuti, setting tempat yang wah sekali dan polemik-polemik yang ada membuat CLOY jadi tontonan wajib untuk pecinta drama Korea. Dijamin yahud!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *