Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Drama Korea Cinderella and Four Knights

Review & Sinopsis Drama Korea Cinderella and Four Knights

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

“Cinderella and Four Knights (신데렐라와 네 명의 기사)” adalah drama yang ditayangkan channel televisi tvN di Korea Selatan. Kalau kita, sih, sering menyebutnya drakor alias drama Korea. Sebenarnya drama ini berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Lee Min Young (Baek Myo) yang diterbitkan pada tahun 2011.

Kurang lebih sama seperti novelnya, drama ini berkisah tentang percintaan anak muda di mana wanitanya ‘si miskin’ dan prianya ‘si kaya’ seperti kisah klasik Cinderella yang kita semua ketahui.

Orang-orang juga berpendapat kalau drama ini mirip dengan serial TV tahun 2009 yang ngehits banget, yaitu “Boys Over Flowers”, karena inti cerita drakor memang rata-rata begitu, kan? FTV Indonesia juga semuanya begitu.

Apa kamu pernah menonton drakor yang berjudul “Cinderella and Four Knights” ini, atau berencana ingin menonton tapi ragu dan ingin tahu sinopsis-nya dulu? Bacaterus akan membeberkannya buat kamu sekarang tanpa memberikan spoiler supaya nontonnya jadi lebih seru!

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Komedi romantis
  • Produksi: Studio Dragon
  • Sutradara: Kwon Hyuk Chan, Lee Min Woo
  • Pemeran: Park So Dam, Jung Il Woo, Ahn Jae Hyun, Lee Jung Shin, Choi Min, Son Na Eun

Seperti kisah klasik Cinderella pada umumnya, drama ini menceritakan kisah gadis baik hati & kurang beruntung dalam ekonomi. Eun Ha Won tinggal bersama ibu dan kakak perempuan tirinya karena ayahnya yang bekerja sebagai supir truk jarang pulang ke rumah.

Ia diperlakukan sebagai pembantu, disuruh masak, cuci piring, cuci baju, semua pekerjaan rumah, tanpa diberi uang saku sama sekali. Makanya ia bekerja sambilan dari pagi sampai malam untuk menabung uang deposito masuk kuliah.

Ketika sedang bekerja sebagai pengantar pizza ke suatu klub, ia dilecehkan dan dihina oleh pembeli pizzanya. Kejadian itu ditonton oleh semua orang di klub termasuk salah satu pria yang akan menjaid Knight-nya, Kang Hyun Min. Ha Won yang tak terima diperlakukan seperti itu pun melawan (ia jago karate).

Sebelumnya, Hyun Min sudah berjanji di hadapan teman-temannya untuk mengajak siapa saja gadis yang pertama kali membuka pintu klub sebagai teman kencannya ke pernikahan ke-5 kakeknya. Dan, ternyata itu Ha Won.

Asalnya Hyun Min malas, karena selama ini teman kencannya cantik-cantik dan classy semua (iya, ia playboy). Tapi, setelah melihat gadis itu melempar si pelanggan pizza yang tak sopan, Hyun Min pun tertarik dan jadi menyewa sang gadis sebagai tunangan pura-puranya. Sang gadis tidak tahu kalau Hyun Min adalah cucu konglomerat yang sangat terkenal seantero Korea, bahkan memiliki fanbase-nya sendiri.

Jadi, ketika ia menjadi teman kencan pertama yang ditunjukkan secara resmi oleh Hyun Min, wajah dan namanya pun menjajaki kolom pencarian pertama di internet.

Di pesta pernikahan, Ha Won dan Hyun Min bertemu dengan salah satu Knight lagi yang bernama Ji Woon. Ia adalah sepupu-nya Hyun Min. Ia tidak percaya dengan ‘pertunangan’ mereka dan menebak kalau Ha Won dibayar oleh Hyun Min untuk berpura-pura.

Hal itu diperburuk dengan hinaan yang dikeluarkan Ji Woon (mana sebelumnya mereka pernah bertemu dan tidak meninggalkan kesan yang baik pula). Kejadian ini ternyata dilihat oleh kakeknya Hyun Min dan Ji Woon.

Sang kakek berpikir untuk mempekerjakan Ha Won sebagai ‘penjinak’cucu-cucunya yang rebel, karena sejauh ini hanya Ha Won yang berhasil melakukannya, walaupun baru bertemu beberapa kali.

Ha Won yang kebetulan diusir dari rumah oleh ayahnya sendiri pun akhirnya mengiyakan ketika diajak tinggal di Sky House (mansion tempat ketiga cucu milyarder tinggal). Sekarang, yuk kita kenalan dengan para pemainnya!

Para Pemeran Drama

Hal yang menarik dari drama ini adalah para pemainnya yang oke banget. Baik pemeran utama maupun pemeran pendukung semuanya melebur secara apik. Ingin tahu siapa saja siapa pemerannya? Inilah deretan pemeran dramanya.

1. Eun Ha Won a.k.a Cinderella

*Sumber: https://twitter.com/netflix_ph/status/1226807912229527554

Apakah kamu familiar dengan wajahnya? Ya, gadis ini yang memerankan karakter Kim Ki Jung di film non-English sekaligus film Asia yang memenangkan piala Oscar untuk pertama kalinya dalam sejarah, yaitu “Parasite”. Ternyata, wanita cantik bernama asli Park So Dam ini sudah memulai karirnya sejak lama. Diawali dari film indenpenden, So Dam melebarkan sayapnya ke industri perfilman dan layar kaca.

Di sini, So Dam mendapatkan peran utama sebagai sang Cinderella yang bernama Eun Ha Won. Ia adalah gadis kelas tiga SMA yang sedang menunggu kelulusan. Ia sangat pintar, kuat, dan gigih. Ia tinggal bersama ibu dan kakak tirinya yang memperlakukan dirinya sebagai pembantu.

2. The Four Knights

The Four Knights adalah Kang bersaudara. Walaupun sepupuan, ketiga pria ini memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada cucu ‘kandung’ yang sejak kecil sudah tinggal dengan kakeknya, yaitu Kang Hyun Min. Dia playboy yang setiap minggu suka berganti teman kencan. Lalu, ada cucu yang ‘dipungut’ (menurut Hyun Min), yaitu Kang Seo Woo, padahal dia juga cucu kandung.

Seo Woo adalah cowok baik-baik yang bercita-cita ingin menjadi penyanyi terkenal, yang tentu saja tidak disetujui kakeknya karena ingin semua cucunya terjun ke dunia bisnis seperti dirinya. Terakhir, ada Kang Ji Woon.

Menurut Hyun Min, Ji Woon adalah ‘cucu yang tiba-tiba muncul’, padahal ada misteri di balik itu, hihihi. Terus, selain ketiga sepupu Kang, ada satu knight lagi di sekitar Cinderella, yaitu Lee Yoon Sung.

  • Kang Hyun Min

Kang Hyun Min adalah Kang bersaudara yang paling terkenal. Ia adalah casanova sejati, playboy, women lover, apapun kalian menyebutnya. “Hanya ada dua tipe wanita di dunia, yaitu yang sudah aku kencani dan yang belum.“, itulah penggalan skenario yang diucapkan Kang Hyun Min.

Selain sering bergonta-ganti teman perempuan, Hyun Min juga sangat hedon. Ia bisa dengan mudah memberikan mobil untuk mantan teman kencannya.

Karakter ini diperankan dengan sangat apik oleh Ahn Jae Hyun. Ia seharusnya menjadi kandidat pertama pewaris perusahaan, tapi merasa kehadiran dua sepupunya mengancam posisinya. Kakeknya sangat kesal dengan kelakuan ketiga cucunya, terutama Hyun Min yang sering menghabiskan uang secara tidak jelas.

  • Kang Ji Woon

Karakter Kang Ji Woon diperankan oleh Jung Il Woo. Ia adalah sepupu yang baru terungkap diantara kedua Kang lainnya. Selama hidupnya, Ji Woon tinggal di panti asuhan, tanpa mengetahui siapa ayahnya, yang ia ketahui ibunya sudah meninggal.

Ia memiliki sifat yang bebas dan ‘liar’, tapi sebenarnya ia sangat baik hati dan seseorang yang kesepian. Karenanya, ia menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain dari kejahatan.

Sang kakek juga tidak suka dengan kelakuan cucunya yang satu ini, karena ia paling sering berontak dan tidak pernah mendengarkan permintaannya. Selain Kang Hyun Min, Kang Ji Woon juga terlibat secara romantis dengan sang Cinderella.

Pada mulanya, Ji Woon sangat menyukai Park Hye Ji (nanti dibahas di bawah), tapi Hye Ji suka Hyun Min sejak dulu (mereka teman semasa kecil). Lalu, ketika Hyun Min tiba-tiba mengumumkan ‘pertunangan’nya dengan Ha Won, Ji Woon pun diminta oleh Hye Ji untuk mendekati Ha Won, agar Hyun Min berpaling padanya. Tapi, seiring waktu, Ji Woon malah jatuh hati pada Ha Won.

  • Kang Seo Woo

Kang bersaudara yang ke-3 adalah Seo Woo. Yang memerankan karakter ini adalah Lee Jung Shin personil CNBLUE! Ternyata selain menjadi musisi, Jung Shin juga aktif sebagai aktor. Ia adalah maknae alias yang paling muda diantara kedua sepupunya. Sama seperti dunia nyatanya, Jung Shin di sini berperan sebagai penyanyi dan penulis lagu yang akan debut secara formal.

Sang kakek menganggap pekerjaannya tidak berguna karena ingin semua cucunya meneruskan bisnis keluarga. Seo Woo juga sebenarnya terlibat percintaan dengan sang Cinderella, tapi lebih kepada sepihak saja.

  • Lee Yoon Sung

Knight ke-4 adalah Lee Yoon Sung yang diperankan oleh Choi Min. Yoon Sung adalah sekertaris kakek-nya tiga sepupu Kang, yaitu Chairman Kang Jong Du. Ia sekaligus bekerja sebagai bodyguard dari ketiga sepupu tersebut dan Ha Won juga. Makanya, ia bagian dari The Knights.

Ia menjaga dan memperlakukan Ha Won dengan sangat baik, memasakkan makanan enak untuknya, menemaninya mengobrol, pokoknya membuat Ha Won kerasan tinggal di mansion Sky House. Ia sangat setia pada Grup Haneul (milik Chairman Kang) dan akan melakukan apapun untuk menyelamatkan perusaan (juga bosnya).

Pemeran Lainnya

Setelah mengenal para pemeran utama, sekarang kita kenalan dengan para pemeran pendukung. Nggak kalah cantik dan ganteng, beginilah kerennya para pemeran pendukung!

  • Park Hye Ji

Son Na Eun dari girlband papan atas Korea, yaitu Apink, juga turut meramaikan drama ini. Ia bermain sebagai Park Hye Ji, seorang mahasiswi fashion design. Ia kebetulan teman masa kecilnya Hyun Min, dan sudah menyukai pria itu sejak kecil.

Tapi, semenjak kakaknya Hye Ji meninggal, Hyun Min menjauhi dirinya. Hye Ji sebenarnya berhati baik, tapi ia sangat ingin bersama Hyun Min sehingga memanfaatkan rasa suka Ji Woon padanya untuk bisa dekat dengan Hyun Min.

  • Chairman Kang Jong Du

Kim Yong Gun berperan sebagai Chairman Kang Jong Du yang baik tapi juga jahat. Ia memiliki karakter yang berubah-ubah di drama ini. Ketua Kang Group sekaligus kakek ketiga sepupu Kang ini memang memberikan sandang, pangan, papan, dan nama, tapi ternyata ia juga punya masa-masa gelap.

Seperti ternyata dibalik alasan ji Woon tidak pernah bertemu ayahnya adalah, karena sang kakek memaksa ayahnya untuk mengakhiri hubungan dengan ibunya, karena ‘status sosial’ yang berbeda.

  • Ji Hwa Ja

Kim Hye Ri, aktris yang masih nampak segar dan awet muda ini berperan sebagai nenek barunya The Knights, yaitu sebagai Ji Hwa Ja, istri ke-5 Chairman Kang. Ia nampak baik dan selalu mendukung keluarga suaminya. Tapi, dibalik itu, ia punya niat lain. Ya, ia ingin menggulingkan suaminya dan mengambil alih Grup Haneul.

Daya Tarik Drama

Selain pemerannya yang menarik dan keren, drama satu ini juga memiliki daya tarik yang seru dan khas sehingga membuat penonton betah untuk terus menontonnya. Berikut beberapa daya tarik yang ada di dalam drama.

1. Siapa yang Tak Suka Cerita Cliché?

Stranger to lovers, enemy to lovers, harem romance (satu tokoh utama diperebutkan/dikelilingi lawan jenis). Trope cerita seperti ini dikonsumsi oleh semua orang setiap harinya. Jadi, tipe cerita komedi romantis ala Cinderella modern ini pasti banyak yang suka. Kalaupun tidak suka cerita cinta-cintaan, ini adalah tontonan ringan yang bisa dijadikan selingan diantara tontonan berat kamu.

2. Dikelilingi 4 Pria

Jika melihat betapa menderitanya kehidupan Ha Won selama ini, rasanya pantas jika ia tiba-tiba mendapatkan rejeki nomplok. Ditawari pekerjaan yang bergaji besar, waktunya fleksibel, diberi tempat tinggal dan makan yang enak pula, pluuusss dikelilingi pria-pria tampan!

Eun Ha Won really wins at life, ya. Keempat pria ini juga memiliki rasa pada Ha Won, tap yang paling intens bisa dibilang hanya Ji Woon dan Hyun Min saja (yang lebih terang-terangan dan ngotot, gitu).

3. Cinta Segiempat

Cinta segiempat pun lahir antara Ha Won, Hyun Min, Ji Woon, dan Hye Ji. Di mana awalnya Ha Won tidak memiliki rasa apapun terhadap siapapun, tapi kalau di petrus alias di pepet terus siapapun pasti bakal baper, kan? Terus, Hyun Min yang awalnya cuma main-main doang jadi mulai ada rasa ke Ha Won. Tapi, di sisi lain ia juga punya history dengan Hye Ji di masa lalu.

Terus, kamu sudah tahu, kan, kalau Hye Ji sudah suka pada Hyun Mind ari kecil hingga sekarang. Walaupun Ji Woon terang-terangan menyukainya, ia tidak pernah menggubris Ji Woon, ia justru memanfaatkannya untuk mendekatkan diri pada Hyun Min.

Ji Woon pun berniat untuk merebut Ha Won agar Hyun Min bisa bersama Hye Ji. Tapi, lama-lama ia juga tumbuh rasa untuk Ha Won. Hayoloh, bingung nggak, tuh?

4. Nggak Cuma Cinta, Menceritakan Tentang Persaudaraan

Tokoh utama drama ini selain Cinderella tentu para Knights, tapi lebih centric ke Kang bersaudara. Nah, diceritakan mereka itu nggak akrab sama sekali, karena memang mereka tidak pernah bertemu sebelumnya. Hanya Hyun Min yang dilahirkan dan tinggal di mansion selama ini.

Namun, tiba-tiba sang kakek mengumpulkan kedua sepupu lainnya dan akhirnya mereka bertiga pun terpaksa tinggal bersama. Seiring berjalannya waktu, dengan hadirnya Ha Won diantara mereka, tak hanya menambah bumbu cinta tapi juga memperbaiki hubungan persaudaraan yang retak.

5. Konflik Keluarga Ha Won

Nggak sesimpel itu, keluarga inti Ha Won juga dilanda masalah, loh. Kita semua sudah tahu kalau ayah Ha Won menikah lagi dan ibu serta kakak tirinya itu jahat. Tapi, jika di cerita Cinderella klasik sang ayah kandung sayang banget pada anaknya, kalau ayah kandung Ha Won itu tidak peduli padanya. Bahkan sampai mengusirnya dari rumah.

Suatu hari, ibu tirinya Ha Won menemukan selebaran orang yang dicari oleh suaminya. Sang ibu tiri beranggapan kalau orang tersebut adalah ayah kandung Ha Won, karena suaminya tidak mengakui Ha Won sebagai darah dagingnya. Ibu tiri Ha Won pun menghampiri pria tersebut yang ternyata bernama Kang Young Jin. Lalu, apakah benar Kang Young Jin ayah kandung Ha Won?

6. End Pair yang Mengejutkan

Walaupun dikelilingi empat pria, tidak semuanya terlibat situasi romantis dengan sang Cinderella. Hanya ada dua pria saja yaitu Kang Hyun Min dan Kang Ji Woon. Di awal cerita, Ha Won dan Hyun Min sangat dekat walaupun sering bertengkar sambil bercanda.

Namun, di tengah cerita Ha Won juga jadi dekat dengan si dingin Ji Woon. Kira-kira end pair-nya bakal siapa, ya? Official end pair-nya menimbulkan banyak komentar karena ada yang menyayangkan dan ada yang bersyukur dengan end pair tersebut.

7. OST. yang Memorable

Biasanya orang menyukai soundtrack lagu karena menonton dramanya, betul? Kalau OST. drakor ini entah kenapa jago sekali menyedot atensi orang-orang yang bahkan belum pernah menonton dramanya. Memang, lagu-lagu yang dipakai drakor ini dinyanyikan oleh musisi terkenal, tapi lagunya memang enak-enak. Jadi wajar kalau OST. drama ini begitu terkenal di luar drama-nya juga.

Beberapa lagu tersebut di antaranya “For You” yang dibawakan oleh 비투비 (BTOB). Lagu ini bakal membuat siapa saja yang mendengarnya me-le-leh! Melodinya menenangkan, liriknya juga easy listening walaupun kamu tidak mengerti bahasa Korea.

Terus, ada lagu galau berikutnya yang dibawakan Zia (지아) berjudul “Only One”. Lirik menyayat hati? Check. Melodi yang sedih? Check. Kamu dijamin bakal baper luar biasa mendengar lagu ini.

Nah, kalau lagu yang satu ini up beat dan fun. Cocok buat didengarkan saat aerobik atau lari pagi! Yaitu lagu “My Romeo” yang dibawakan Jessi. Ketika mendengarnya kamu akan terbayang kisah cinta yang berkelat-kelit antara pemeran di drama.

Nggak cuma sebagai pemain, Lee Jung Shin CNBLUE juga menyumbangkan suara merdunya dalam lagu “Confession”. Lagu ini memiliki nada yang ceria tapi liriknya romantis abis!

8. Di Drama Rival, Di Dunia Nyata Sahabat

*Sumber: https://www.instagram.com/sodam_park_0908/

Sebenarnya Park So Dam sebagai pemeran Cinderella dan Son Naeun Apink yang memerankan Park Hye Ji tidak rival-rival banget. Yang ada, Hye Ji menganggap Ha Won sebagai saingan, tapi Ha Won sendiri tidak merasa begitu, haha. Namun, di luar set, ternyata mereka jadi dekat.

Dibuktikan dengan So Dam yang menghadiri konser Apink yang bertajuk “Welcome to PINK WORLD” pada 1-2 Februari 2020 lalu. So Dam meng-upload selca mereka berdua dengan caption “Setelah sekian lama, akhirnya Hye Ji dan Ha Won bertemu lagi”. Gemas, ya?

Drama ini memang menggambarkan seorang ‘pembantu’ layaknya Cinderella. Namun, di sini ada 4 Knights yang selalu berada di samping sang Cinderella. Selain ceritanya yang unik dan menarik, drama ini juga menyuguhkan para pemeran yang berbakat. Pokoknya, untuk yang suka drama Korea komedi-romantis, jangan lewatkan drama ini ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *