bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis Film Captain America: Civil War (2016)

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 19 September 2021

Para superhero yang tergabung dalam tim Avengers dikenal sebagai para karakter karakter superhero terkuat yang bersatu untuk melawan kejahatan. Namun bagaimana jika para superhero di tim Avengers ini justru saling bertarung dan terpecah belah menjadi dua kubu?

Hal inilah yang terjadi dalam film Captain America: Civil War. Film ini menceritakan peristiwa saat tim Avengers terpecah menjadi dua kubu, tim Captain America dan tim Iron Man. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut review dan sinopsisnya.

Sinopsis

Sinopsis

Film Captain America: Civil War merupakan sekuel ketiga dan kelanjutan dari dua film Captain America sebelumnya. Pada urutan timeline Marvel Cinematic Universe, film ini berada pada urutan 14 dan terjadi setelah peristiwa dalam film The Avengers: Age of Ultron yang menjadi dampak awal mula pertikaian para Avengers di film ini.

Pada awal film ini, pengejaran terhadap Crossbones menewaskan banyak warga sipil di bumi. Hal tersebut membuat citra Avengers tercoreng karena mereka dianggap tidak bisa melindungi umat manusia, namun justru membuat banyak kerusakan di bumi. Hal tersebut memunculkan wacana bahwa pemerintah akan mengatur apa yang boleh dilakukan The Avengers.

Para Avengers harus mengungkap seluruh rahasia mereka pada pemerintah agar mereka bisa diawasi. Salah satu Avengers, Steve Rogers atau Captain America menolak usulan tersebut karena dianggap akan merenggut kebebasan para Avengers. Namun Avengers yang lain, Tony Stark atau Iron Man menyetujui wacana tersebut setelah ia menyadari banyaknya korban akibat peperangan mereka.

Semenjak wacana tersebut muncul, kelompok dalam The Avengers pun terbagi ke dalam dua kubu. Tim pertama yang kontra dengan pemerintah dipimpin oleh Captain America. Sementara tim kedua yang pro dengan pemerintah dipimpin oleh Iron Man. Kondisi pun semakin rumit saat terjadi peristiwa pengeboman saat sejumlah negara mengadakan perundingan.

Bom tersebut menewaskan Raja Wakanda dan juga ayah dari T’Challa atau Black Phanter tewas sehingga membuat T’Challa memburu pengebom tersebut. Pelaku pengeboman pun mengarah pada Winter Soldier atau Bucky Barnes yang menjadi anak buah Hydra. Namun Steve Rogers melihat banyak kejanggalan dan yakin bahwa Bucky Barnes bukanlah pelaku bom tersebut.

Bagi Tony Stark, apa yang dilakukan Steve Rogers tersebut hanyalah upaya untuk melindungi Bucky yang merupakan sahabatnya sendiri. Pertarungan antara keduanya pun terjadi. Captain America berusaha mencari dan melindungi Bucky. Tim Captain tersebut terdiri dari Wanda (Scarlett Witch), Clint Burton (Hawkeye), Sam Wilson (Falcon), dan Scott Lang (Ant-Man).

Mereka pun harus berhadapan dengan Tim Iron Man yang dipimpin oleh Tony Stark dan beranggotakan Natasha Romanoff (Black Widow), James Rhodes (War Machine), Vision, dan Peter Parker (Spider-Man). Di sisi lain, Black Panther juga terus memburu Winter Soldier untuk membalas dendam kematian ayahnya.

Masalah juga semakin rumit saat Tony Stark mengetahui bahwa Bucky Barnes adalah sosok yang turut serta membuat ayah dan ibunya tewas. Dibalik semua itu, Helmut Zemo menjadi sosok villain yang mencoba memecah belah Tim Avengers dari dalam. Zemo pun dipenjara, begitu juga beberapa anggota tim Avengers yang melawan pemerintah.

Alur Menegangkan dengan Humor Khas Marvel

Alur Menegangkan dengan Humor Khas Marvel

Film Captain America: Civil War yang memiliki total durasi sepanjang 148 menit ini dipenuhi dengan adegan aksi yang seru dan menegangkan selayaknya film-film superhero Marvel lainnya. Namun ditengah-tengah ketegangan aksi yang tersaji, kita juga akan disuguhkan dengan aksi-aksi humor khas film-film Marvel yang membuat alur cerita film ini terasa semakin seru.

Bumbu-bumbu komedi ini juga terlihat saat adegan pertarungan antara dua kubu tim Avengers yang sedang melakukan pertarungan serius. Namun komedi yang dihadirkan pun tak berlebihan dan tidak mengurangi sisi dramatik dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di film ini.

Dengan teknik sinematografi dan efek editing yang canggih, adegan pertarungan antar para anggota Avengers ini pun terasa begitu epik. Selain sinematografi dan efek editingnya, tata suara yang digunakan dalam film ini pun terasa begitu khas dengan film-film Marvel Cinematic Universe yang sudah begitu ikonik dengan adegan heroik para superhero Marvel.

Berbagai Karakter Superhero dalam Satu Film

Berbagai Karakter Superhero dalam Satu Film

Film Captain America: Civil War menjadi film yang menampilkan banyak karakter superhero dalam satu film. Kemunculan banyaknya karakter superhero Marvel yang berkumpul di film Captain America: Civil War ini juga menjadi salah satu daya tarik utama dari film ini. Terlebih lagi dengan cerita mengenai para superhero yang dikisahkan terbelah menjadi dua kubu.

Selain karakter Captain America dan Iron Man yang menjadi fokus utama, di film ini juga kita bisa melihat banyak superhero lain, mulai dari Black Widow, Scarlett Witch, Vision, War Machine, Ant-Man, hingga Falcon. Selain itu, film ini juga menampilkan banyak karakter superhero baru yang muncul pertama kali di film Marvel, seperti Black Panther dan Spider-Man.

Masing-masing karakter superhero dalam film ini juga memiliki porsi perannya masing-masing sehingga membuat film ini semakin seru. Bahkan pada adegan pertarungan antara tim Captain America dengan tim Iron Man, setiap superhero menampilkan adegan aksinya masing-masing dengan kekuatan yang mereka miliki.

Tren Tim Captain America dan Tim Iron Man

Tren Tim Captain America dan Tim Iron Man

Film ini mengangkat tema besar mengenai pertarungan tim Captain America dan tim Iron Man. Tidak hanya dalam cerita filmnya saja, dirilisnya film Captain America: Civil War juga memunculkan sebuah  tren baru saat para fans Marvel atau fans The Avengers terpecah menjadi dua kubu. Beberapa fans memihak pada tim Captain America, dan beberapa lainnya memihak pada tim Iron Man.

Masing-masing fans dari setiap tim ini pun banyak mengunggah dukungannya untuk superhero yang mereka dukung di sosial media. Tagar #istandwithteamcap atau #istandwithteamironman pun sempat menjadi trending kala itu. Kemunculan tren ini semakin menambah popularitas film Captain America: Civil War saat momen perilisannya. 

Tren tersebut sudah dimulai bahkan sebelum film ini dirilis. Setelah perilisannya, tren tersebut pun berimbas pada kesuksesan film Captain America: Civil War ini. Terbukti setelah dirilis, film Captain America: Civil War pun sukses menjadi film box office yang meraup keuntungan besar serta meraih cukup banyak penghargaan di ajang internasional.

Itulah review dan sinopsis film Captain America: Civil War yang membuat fans Avengers terpecah menjadi dua tim. Bagaimana denganmu? Apakah kamu termasuk tim Captain America atau tim iron Man? Ceritakan di kolom komentar ya!

Captain America: Civil War
Rating: 
4.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram