bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Captain America: The Winter Soldier

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 19 September 2021

Pada sekuel film pertamanya, Steve Rogers atau Captain America dikisahkan memiliki seorang sahabat yang bernama James Barnes atau Bucky. Saat menjalankan misi melawan Hydra, Bucky diceritakan terjatuh dan hilang, sementara Steve Rogers terkubur dalam es selama puluhan tahun demi menyelamatkan dunia dari kekuatan kubus tesseract. 

70 tahun kemudian, Captain America pun kembali dan bergabung dengan S.H.I.E.L.D untuk menjadi anggota Avengers. Di sekuel film keduanya ini, Captain America harus melawan Winter Soldier yang tak lain adalah sahabatnya sendiri, Bucky Barnes yang hilang puluhan tahun lalu. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut review dan sinopsis dari film Captain America: The Winter Soldier. 

Sinopsis

review captain america 2_sinopsis
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Action, Adventure
  • Produksi: Marvel Studios / Walt Disney Studios / Motion Pictures
  • Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
  • Pemeran: Chris Evans, Sebastian Stan, Scarlett Johansson, Anthony Mackie

Captain America: The Winter Soldier merupakan sekuel kedua yang melanjutkan cerita dari Captain America: The First Avenger. Pada urutan waktu Marvel Cinematic Universe, film ini berada di urutan ke-9 dan terjadi setelah peristiwa dalam film The Avengers. Film ini mengisahkan kisah setelah dua tahun peristiwa The Avengers yang terkenal dengan sebutan Battle of New York.

Setelah peristiwa New York, Steve Rogers masih bekerja untuk S.H.I.E.L.D dan terus berusaha beradaptasi dengan kehidupan modern. Bersama Natasha Romanoff atau Black Widow dan para tim yang lain, Steve Rogers pun sukses menjalankan berbagai misi yang diberikan oleh Nick Fury. Namun dalam sebuah misi, Steve melihat Natasha Romanoff yang melakukan hal tanpa sepengetahuannya. 

Natasha pun mengaku jika hal tersebut adalah perintah dari Nick Fury. Nick Fury tengah menyelidiki bahwa militer Amerika tengah menyusun sebuah proyek yang akan mengancam keselamatan dunia. Mengetahui sesuatu yang buruk mungkin akan terjadi, Steve Rogers pun berdebat dengan Nick Fury hingga membuat Nick Fury pergi dari S.H.I.E.L.D. 

Namun Nick Fury justru dikejar oleh tentara Winter Soldier yang merupakan prajurit super dengan kekuatan setara dengan Captain America. Suatu malam, Nick Fury kemudian menyusup ke apartemen Steve Rogers dan mengatakan bahwa S.H.I.E.L.D telah disusupi oleh pihak Hydra. Ia pun berpesan pada Steve agar jangan mudah mempercayai orang-orang di dalam S.H.I.E.L.D. 

Setelah menemui Steve Rogers, Nick Fury pun dibunuh oleh orang tak dikenal dan dinyatakan meninggal. Bersama Natasha dan salah satu agen S.H.I.E.L.D yang memihak pada Nick Fury, Sharon Carter serta mantan prajurit USAF Sam Wilson, Steve Rogers pun mulai mencari dalang dari semua peristiwa tersebut. Steve Rogers pun bertemu sahabatnya, Bucky Barnes yang kini menjadi lawannya. 

Saat hilang 70 tahun yang lalu, Bucky rupanya ditahan oleh Hydra dan dijadikan sebuah eksperimen bernama proyek Winter Soldier. Bucky kini telah menjadi mesin pembunuh bernama Winter Soldier yang tidak ingat lagi masa lalunya. Sesuai dengan perintah Hydra, Bucky pun mencoba membunuh Steve Rogers dan tak ingat dengan sahabatnya itu. 

Steve Rogers juga harus kabur karena dijadikan buronan oleh S.H.I.E.L.D setelah kematian Nick Fury. Namun meski tidak sepenuhnya ingat masa lalunya, Bucky sempat menyelamatkan Steve Rogers saat keduanya bertarung hingga jatuh ke sebuah sungai. Steve bersama Maria Hill dan Natasha Romanoff kemudian bersembunyi sembari menyusun strategi untuk melawan musuh mereka. 

Steve Rogers pun akhirnya mengetahui bahwa Nick Fury hanya memalsukan kematiannya agar mereka bisa mengecoh para penyusup di S.H.I.E.L.D. Dengan kerja sama mereka, S.H.I.E.L.D pun kembali bersih dari para penyusup Hydra. 

Penuh dengan Adegan Aksi Mendebarkan

review captain america 2_Penuh dengan Adegan Aksi Mendebarkan

Selayaknya sebuah film superhero, dalam film Captain America: The Winter Soldier yang memiliki total durasi sepanjang 136 menit ini, kita akan disajikan beragam adegan aksi yang menegangkan. Adegan aksi yang seru ini bahkan telah muncul sejak awal cerita saat Steve Rogers menjalani misi di sebuah kapal laut yang dibajak. 

Adegan aksi yang paling seru tentu dapat dilihat dari pertarungan antara Captain America dengan Winter Soldier. Saat adegan pertarungan ini, Steve Rogers tampak mendapatkan lawan dengan kekuatan yang setara. Selain menegangkan, pertarungan Captain America dengan Winter Soldier juga terasa menjadi pertarungan yang dramatis. 

Pasalnya, pada pertarungan tersebut Steve Rogers harus melawan sahabatnya sendiri, Bucky Barnes. Adegan perkelahian keduanya pun berlangsung dilematis. Di satu sisi, Steve Rogers harus melawan Winter Soldier sebagai musuh. Namun di sisi lain, ia tak mau menyakiti Bucky Barnes yang merupakan sahabatnya. 

Sama seperti banyak film Marvel lainnya, sinematografi dan efek editing yang digunakan pada film Captain America: The Winter Soldier juga akan memanjakan mata dengan visualnya yang canggih. Berbagai adegan aksi yang ditampilkan pun menjadi semakin seru dengan teknik sinematografi dan editing dari film ini. 

Plot Twist yang Membuat Alur Cerita Tak Tertebak

review captain america 2_Plot Twist yang Membuat Alur Cerita Tak Tertebak

Selain penuh dengan adegan aksi, alur cerita film Captain America: The Winter Soldier juga dipenuhi dengan banyak plot twist yang membuat alur ceritanya menjadi tak tertebak. Di sepanjang film, kita seolah ikut menebak teka-teki mengenai siapa dalang penyusup di tubuh S.H.I.E.L.D dan memecahkannya bersama Steve Rogers. 

Jika dibandingkan dengan sekuel film Captain America sebelumnya, alur cerita pada film Captain America: The Winter Soldier terasa lebih seru karena memberikan banyak kejutan tak terduga dan juga cerita yang terasa lebih segar. Jadi, simak baik-baik setiap detail dari film ini, ya! 

Kemunculan Karakter-Karakter Penting di MCU

review captain america 2_Kemunculan Karakter-Karakter Penting di MCU

Film Captain America: The Winter Soldier menghadirkan banyak karakter-karakter baru yang menjadi karakter penting pada Marvel Cinematic Universe. Selain menampilkan karakter Steve Rogers atau Captain America yang sudah begitu ikonik, di film ini, karakter Black Widow atau Natasha Romanoff juga diberi porsi peran lebih besar. 

Film Captain America: The Winter Soldier juga menampilkan karakter Winter Soldier atau Bucky Barnes yang kelak akan bergabung dengan tim Avengers dengan kekuatan prajurit super yang dimilikinya. Selain Bucky Barnes, anggota Avengers lain yang juga diperkenalkan pertama kali di film ini adalah Sam Wilson, mantan prajurit USAF yang akan menjadi karakter Falcon. 

Selain tiga karakter penting di atas, karakter-karakter pendukung lain yang muncul di film Captain America: The Winter Soldier juga memegang peranan kunci masing-masing. Misalnya saja Sharon Carter dan Maria Hill yang juga akan kembali muncul di film-film MCU selanjutnya. 

Maka, pastikan kamu juga mengingat para karakter-karakter penting yang ada di film ini supaya tidak kebingungan saat menonton film Marvel Cinematics Universe selanjutnya!

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Captain America: The Winter Soldier, sekuel kedua dari kehidupan Captain America yang kini hidup di dunia modern. Apakah kamu juga ikut tegang saat melihat aksi Steve Roger melawan sahabatnya sendiri? Kalau iya, ceritakan di kolom komentar yuk! 

Captain America: The Winter Soldier
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram