bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Bride of Chucky, Chucky Punya Pasangan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 November 2021

Bride of Chucky (1998) cukup berbeda dengan film pendahulunya karena tidak melibatkan Andy Barclay dalam ceritanya. Sosok Andy digantikan oleh Tiffany Valentine, pasangan Charles Lee Ray yang tewas di tangan Chucky sendiri. Arwah Tiffany diceritakan berpindah ke sebuah boneka pengantin wanita.

Perjalanan mendapatkan jantung damballa sebagai jimat yang bisa membuat arwah mereka berpindah ke tubuh manusia menjadi inti film ini. Turut dimainkan oleh Katherine Heigl, akankah ceritanya jadi lebih seru? Sinopsis dan ulasan Bride of Chucky (1998) berikut ini akan menjawabnya!

Sinopsis

Sinopsis & Review Bride of Chucky, Chucky Punya Pasangan 1
  • Tahun Rilis: Oktober 1998
  • Genre: Supernatural Horror, Slasher Film, Comedy  
  • Produksi: David Kirschner Productions
  • Sutradara: Ronny Yu
  • Pemeran: Jennifer Tilly, Brad Dourif (Voice of Chucky), Katherine Heigl, Nick Stabile

Demi sejumlah uang seorang petugas polisi khusus tempat penyimpanan barang bukti menyerahkan boneka Chucky yang sudah hancur pada seorang wanita. Sayang, uang tak didapat, nyawa melayang.

Wanita yang diketahui bernama Tiffany Valentine (Jennifer Tilly) itu merupakan mantan kekasih sekaligus kaki tangan Charles Lee Ray. Dia percaya bahwa jiwa Charles masih berada di boneka tersebut hingga mau bersusah-payah memperbaikinya.

Di tempat lain pemuda bernama David Collins (Gordon Michael Woolvett) menjemput Jade Kincaid (Katherine Heigl). David ditemui pertama kali oleh pamannya; seorang kepala polisi bernama Warren Kincaid (John Ritter). Dua muda-mudi itu lalu pamit meninggalkan rumah dan akan kembali tengah malam nanti.

Waren curiga lalu meminta anak buahnya membuntuti mereka. Benar saja, ternyata bukan David yang akan berkencan dengan Jade, tapi Jesse Miller (Nick Stabile) yang sudah menunggu di bangku belakang. Tak lama Warren datang menjemput keponakannya yang belum genap berusia 18 tahun itu.

Di tempat lain, Tiffany melakukan ritual pada boneka Chucky yang berantakan untuk menghidupkannya kembali. Setelah 10 tahun berpisah sepasang kekasih itu akhirnya bisa bersama lagi. Namun, Tiff yang masih baper dibuat kecewa karena ternyata Charles tak pernah serius dengan hubungan mereka.

Wanita itu menolak permintaan Chucky untuk mencarikan seseorang agar dia bisa keluar dan pindah dari boneka tersebut, tapi Tiff menolak. Tiff malah mengurungnya di sebuah kotak. Esok paginya dia berencana membuang mayat seorang temannya bernama Demian (Alexis Arquette) yang semalam tewas oleh Chucky.

Mayat Demian sudah dia simpan ke dalam kotak yang cukup besar. Untuk memasukkannya dalam bagasi mobil, Tiff meminta bantuan Jesse. Di saat bersamaan Chucky terdengar mengumpat pada Tiff dari dalam mobil van. Jesse menebak di dalam ada seseorang tapi wanita itu mengelak.

Sejurus kemudian Tiff datang membawakan boneka perempuan sebagai pengantin Chucky. Tiff yang masih kesal dan kecewa terus mengejeknya sementara Chucky juga marah karena diperlakukan begitu. Boneka iblis itu mengancam akan membunuh Tiff.

Tiff yang sedang berendam di bathtub dan asyik nonton siaran televisi tak menyadari Chucky berhasil keluar dari kurungan. Sejurus kemudian boneka iblis tersebut berhasil membunuhnya. Chucky lalu melakukan ritual pemindahan ruh Tiff kepada boneka perempuan tadi dan berhasil. Kini ruh Tiff sudah ada di dalam boneka.

Chucky dan Tiff mencari cara untuk keluar dari boneka dan berpindah ke tubuh manusia. Mereka membutuhkan jantung Damballa tapi benda itu terkubur bersama jasad Charles di Hackensack, New Jersey. Merasa tak mungkin bisa melakukannya sendiri, Tiff membayar Jesse untuk mengantarkan mereka ke sana.

Sebelum memulai perjalanan, Jesse menemui Jade dan mengajak gadis itu kawin lari. Namun, saat Jade berkemas, Warren datang dan mendapati mobil Chucky terparkir di depan rumah. Dia tentu tak bisa membiarkan keponakannya dibawa kabur oleh Jesse. Warren membuka mobil Jesse secara paksa dan berhasil masuk.

Nahas sejurus kemudian dia tewas oleh Chucky dan Tiff. Jesse dan Jade pun berangkat tapi sebuah mobil polisi yang dikendarai Norton (Michael Louis) mengikuti mereka dari belakang. Norton lalu memeriksa isi mobil dan melihat dua boneka itu di sana. Merasa perjalanan mereka terganggu Chucky membakar mobil polisi yang dikendarai Norton hingga meledak.

Di tengah kekacauan, Jesse dan Jade melarikan diri. Mereka ternyata saling mencurigai satu sama lain mengenai kejadian tadi. Pihak kepolisian juga mencurigai bahwa mereka adalah pelakunya. Jade juga dapat kabar bahwa pamannya hilang. David menyarankan mereka untuk menyerahkan diri tapi tentu saja Jesse menolaknya.

Cerita berlanjut ketika Jesse dan Jade nekat melangsungkan pernikahan di tengah perjalanan. Mereka mampir ke sebuah gereja dan menikah di sana. Tanpa diduga ternyata Warren masih hidup. Sayang, saat akan melarikan diri Chucky menusuknya berkali-kali.

Selesai melakukan pemberkatan, Jesse dan Jade bermalam di sebuah hotel. Saat itulah pasangan pengantin baru itu melihat berita yang mengabarkan bahwa mereka menjadi buronan polisi. Tiba-tiba ada pasangan lain yang masuk ke kamar mereka. Ternyata pasangan itu adalah pencuri dan hanya Tiff yang menyadarinya.

Tiff yang tak suka dengan pasangan pencuri itu berhasil membunuh mereka. Melihat hal mengerikan itu Chucky terkesan dan melamar Tiff. Dua boneka itu bercinta. Di kamar terpisah Jade menelepon David dan mengatakan kalau dirinya ketakutan karena menaruh curiga pada Jesse. Di saat bersamaan Jesse juga menelepon David mengatakan kecurigaannya pada Jade.

Cerita berlanjut ketika tenaga pembersih kamar menemukan mayat pasangan pencuri tadi sudah dalam keadaan tewas mengenaskan. Jesse dan Jade yang mengetahuinya segera pergi dari tempat tersebut. Lalu akankah Chucky dan Tiff sampai ke tujuan mereka? Apakah Jesse dan Jade akan selamat pada akhirnya?

Boneka Chucky Kawin!

Sinopsis & Review Bride of Chucky, Chucky Punya Pasangan 3

Selang tujuh tahun dari Child’s Play 3 yang rilis tahun 1991, cerita si boneka Chucky ini tambah absurd. Setelah cukup apik merangkai alur pada film sebelumnya, berada di tangan sutradara Ronny Yu alur film ini kembali ajaib. Sesuai judulnya Bride of Chucky bercerita tentang kehidupan Chucky setelah menikah.

Jika pada film-film terdahulunya Chucky melajang, kali ini dia sudah jadi milik orang. Pasangannya adalah sesosok boneka yang dihuni ruh kekasihnya, Tiffany Valentine. Semua bermula dari keinginan aneh Tiffany menghidupkan kembali kekasihnya yang terjebak dalam tubuh boneka. Setelah berhasil, Tiff justru kecewa karena Charles tidak berubah alias tetap brengsek.

Berawal dari kekecewaan itu Tiff akhirnya tewas di tangan Chucky. Arwahnya lalu masuk ke boneka pengantin wanita. Dari sana jadilah mereka sepasang pengantin baru yang berduet membunuh orang-orang. Konflik utama yang sangat ajaib ini membuat konflik lain bagai pelengkap saja.

Baca juga: Film dengan Karakter Boneka Terbaik Sepanjang Masa

Kenalan dengan Pengantin Chucky yang Melankolis

Sinopsis & Review Bride of Chucky, Chucky Punya Pasangan 5

Bride of Chucky (1998) bukan hanya menyuguhkan cerita cinta antara Chucky dan Tiff. Kamu juga akan bertemu dengan pasangan muda dan nekat, yaitu Jesse dan Jade. Namun, keberadaan karakter mereka kalah menarik dibanding karakter pengantin Chucky yang melankolis.

Pengembangan karakter Tiffany sebenarnya biasa saja kalau dia manusia, tapi karena dia boneka, rasanya jadi berbeda. Saat menjadi manusia Tiffany yang terkesan nakal ternyata sangat setia pada Chucky. Dia memegang teguh prinsipnya tentang cinta dan rumah tangga.

Kejutan terjadi di bagian akhir ketika rasa cinta Tiff yang besar pada Chucky justru berubah jadi kekecewaan yang luar biasa. Dia pulalah yang pertama kali berhasil melumpuhkan Chucky. Tiff sangat mendambakan dicintai oleh Charles yang biadab. Singkatnya, selama nonton film berdurasi 1 jam 28 menit ini kamu akan melihat konflik pribadi antara boneka.

Film Parodi, Bukan Horor Slasher

Sinopsis & Review Bride of Chucky, Chucky Punya Pasangan 7

Beberapa kritikus film menilai Bride of Chucky sebagai parodi yang melelahkan. Melibatkan dua boneka sekaligus dalam film slasher sangat berisiko membuat siapa pun penontonnya merasa geli. Belum lagi alur dan konflik yang tak masuk akal, seperti Chucky dan Tiff yang berhubungan badan sampai boneka Tiff yang bisa hamil dan melahirkan.

Rangkaian keajaiban itu benar-benar mengaburkan kesan seram dan tegang. Adegan-adegan pembunuhan yang sedari awal sudah tidak masuk akal bertambah gak jelas dan semakin kehilangan panggung.

Namun, di antara segala keanehan film ini, naskah Bride of Chucky (1998) terdengar lebih menarik dari film-film sebelumnya, terutama script antara Chucky dan Tiff. Selain itu pada beberapa bagian sinematografi juga lebih asyik dilihat.   

Secara keseluruhan nonton Bride of Chucky (1998) jangan terlalu diseriusin. Apalagi berharap pada plot yang rapi dan masuk akal. Ronny Yu membuat film ini mungkin punya agenda tersendiri; dia hanya ingin bersenang-senang dengan imajinasinya. Tertarik dan ingin kenalan dengan istrinya Chucky? Segera nonton filmnya!

Bride of Chucky
Rating: 
2.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram