bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Bait, Bertemu Hiu di Supermarket

Ya! Kamu tidak salah baca! Ini benar-benar soal pertemuan hiu di dalam Supermarket. Bukan bahan hidangan dari daging ikan hiu ya, tapi literary hiu hidup yang lalu lalang di gang-gang rak dalam supermarket. Hal baru ini diangkat ke dalam sebuah film oleh sutradara asal Australia bernama Kimble Rendall.

Film berdurasi 93 menit ini menambah panjang daftar film-film soal hiu yang ada di pasar film. Meski ceritanya tidak mengambil setting di laut luas, Kimble dan tim sukses membawakan film hiu dalam supermarket ini jadi film thriller yang cukup oke untuk ditonton. Penasaran sama kisahnya? Yuk baca artikelnya!

Sinopsis

Bait_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Thriller, Action
  • Produksi: Screen Australia, Media Development Authority of Singapore, Darclight Films
  • Sutradara: Kimble Rendall
  • Pemain: Xavier Samuel, Sharni Vinson, Adrian Pang, Qi Yuwu, Alex Russell, Phoebe Tarkin

Josh (Xavier Samuel) merupakan seorang penjaga pantai, ia berteman baik dengan Rory (Richard Brancatisano) dan berkencan juga dengan adik Rory, yaitu Tina (Sharni Vinson). Suatu kali, Josh mabuk sehingga Rory yang harus tungun ke laut untuk memantau keadaan pengunjung yang berenang disana.

Dari kejauhan terlihat seorang pengunjung tewas disambar hiu. Hiu itu mulai berenang ke arah Rory. Josh yang melihat hal tersebut langsung menaiki jet ski untuk memperingatkan Rory dari dekat mengenai ancaman hiu tersebut. Terlambat, Rory sudah keburu disantap oleh hiu setelah sebelumnya diserang terlebih dulu.

Setahun kemudian, Josh berhenti bekerja sebagai penjaga pantai dan kini bekerja sebagai salah satu karyawan di sebuah supermarket yang tidak jauh dari pantai juga. Ia berteman dengan Naomi (Alice Parkinson), seorang gadis yang bekerja dengannya di divisi yang sama pula.

Saat mengisi rak supermarket bersama Naomi, Josh melihat mantan kekasihnya, Tina bersama dengan kekasih barunya bernama Steven (Qi Yuwu).

Selain Tina dan Steven, supermarket juga kedatangan tamu lainnya; yakni dua remaja bernama Kyle (Lincoln Lewis) dan Heather (Cariba Heine) yang doyan melakukan hubungan badan di parkiran supermarket, seorang gadis muda bernama Jaime (Phoebe Tonkin) yang tertangkap mengutil dan diamankan oleh kekasihnya Ryan (Alex Russell) yang juga bekerja di supermarket tersebut. 

Manajer toko, Jessup (Adrian Pang) yang mengetahui kalau Ryan berusaha untuk menutupi kejahatan kekasihnya itu akhirnya memecat Ryan dan memanggil polisi. Kocaknya, petugas yang dipanggil untuk menangkap Jamie adalah Todd (Martin Sacks) yang adalah Ayah dari Jaime. Begitu akan membawa Jaime, supermarket itu kedatangan beberapa perampok bernama Doyle (Julian McMahon). 

Tak selang berapa lama, rekan Doyle mulai berdatangan dan membuat onar. Salah satu dari anak buah Doyle menembak asisten manajer Supermarket.

Keadaan genting tersebut diperparah dengan adanya gempa bumi dan tsunami yang turun ke kota dan mulai membanjiri isi supermarket yang kebetulan berada di posisi rendah. Air langsung mengisi penuh supermarket tersebut dan membunuh anak buah Doyle.

Sisanya yang selamat mulai naik ke atas unit rak yang ada di seluruh ruangan supermarket. Saat para penyintas itu mencoba untuk mencari jalan keluar. Mereka menemukan sesuatu yang mengerikan berenang di antara rak-rak yang berjejer di sepanjang ruangan. Tampak jelas bahwa hiu putih besar setinggi 12 kaki telah hanyut ke dalam supermarket itu oleh tsunami. 

Baca Juga: Film Tentang Bencana Tsunami Paling Mematikan

Tak hanya hiu putih itu saja yang membahayakan nyawa para penyintas. Kabel besar yang putus dan kini menggantung bebas di langit-langit supermarket juga menjadi salah satu mesin pembunuh bagi mereka, apabila penahan kabel itu runtuh, maka semua orang yang ada di supermarket bisa tewas tersengat listrik mengingat rak yang mereka tempati sekarang merupakan bahan besi dan basah oleh air.

Steven akhirnya secara sukarela mau untuk menempatkan kabel-kabel itu kembali ke tempatnya supaya tidak menyetrum mereka semua. Tina dan yang lain melengkapi Steve dengan baju besi yang terbuat dari kereta belanja juga potongan rak untuk melindunginya dari serangan hiu.

Steven berhasil mematikan listrik namun tabung oksigennya lepas dan baju besi itu malah membuat dirinya terperangkap di dasar lantai supermarket hingga akhirnya ia tewas.

Mengetahui hal tersebut, melupakan konflik kriminal yang terjadi, Doyle dan yang lainnya mulai saling membantu. Mereka mulai membawa Jessup untuk masuk ke dalam lubang ventilasi supaya bisa keluar dari supermarket dan mencari pertolongan. Namun air masuk bersama dengan puluhan kepiting hidup membuat Jessup terkejut hingga jatuh kembali.

Meski Jessup berhasil meraih ujung ventilasi, hiu melompat keluar dari air dan memakan Jessup. Di garasi parkir, para penyintas pun berusaha untuk tetap hidup meski akhirnya beberapa dari mereka harus tewas.

Mereka juga harus keluar dari sana sebelum air semakin meninggi. Mereka berhasil mendapatkan perhatian para penyintas di atas supermarket, Josh pun akhirnya turun ke bawah untuk menyelamatkan para penyintas yang terjebak.

Saat turun ke bawah, para penyintas diatas juga berhasil membuat hiu terperangkap sehingga mereka bisa bergerak bebas untuk sementara. Setelah battle dengan hiu yang ada di garasi parkir, Josh, Ryan, Heather akhirnya bisa kembali naik. Namun meski demikian mereka tetap terjebak di dalam supermarket.

Akhirnya Doyle membuat sebuah truk yang menutup pintu supermarket meledak dengan mengaliri truk itu dengan listrik yang ada di supermarket. Sedangkan Josh berhasil membunuh hiu lainnya yang ia pancing untuk mendekati dia dan sesaat sebelum hiu itu melompat ke arah Josh, Josh naik ke palang dan menembakan pistol listrik hingga hiu itu tewas.

Begitu pintu supermarket berhasil dibuka, semua penyintas pun keluar dari supermarket tersebut dan mendapatkan bahwa seisi kota sudah luluh lantak dan militer sedang mengevakuasi kota. Dimana-mana terlihat banyak mayat bersamaan dengan burung gagak yang mulai memakan bangkai. Mereka kini harus kembali bersama-sama bekerja untuk keluar dari kota tersebut. 

Film tentang Hiu yang Out of The Box

Bait_Movie (Copy)

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya; apabila kebanyakan film hiu selalu mengambil setting di laut lepas karena biasanya lebih mengerikan dan sangat luas sehingga kita tidak bisa menerka dimana hiu itu berada ditambah entah ada berapa hiu yang berkeliaran di sekitar pemain, maka film Bait ini benar-benar diluar dugaan.

Baca Juga: Film Tentang Serangan Hiu Terbaik Sepanjang Masa

Bayangkan saja, kalau kalian lagi enak-enak belanja, eh ada gempa bumi disusul tsunami lantas masuk pula hiu super jumbo yang siap melahap kalian. Ide aneh ini ternyata masuk ke minat para penonton yang penasaran akan jalan ceritanya. Bisa dibilang film ini cukup oke loh meski ada beberapa adegan yang akan mentrigger kalian mengatakan, kok bisa sih? Tapi keseluruhan? Boleh lah untuk ditonton.

Akting Para Pemain

Bait_Actors (Copy)

Siapa yang tidak kenal Xavier Samuel atau Julian McMahon? Meski mereka tidak banyak tampil di beberapa film, mereka bisa dengan baik menampilkan akting yang cukup oke. Xavier Samuel sendiri mulai aktif berkarir di tahun 2003 dan film yang lumayan melambungkan namanya ketika ia bermain di film fenomenal The Twilight Saga. 

Sedangkan Julian McMahon yang semula adalah antagonis dan berubah menjadi protagonis akibat keadaan, mulai terkenal setelah membintangi film Fantastic Four, Premonitions bersama si cantik Sandra Bullock dan series FBI. Dalam film ini, baik Xavier juga McMahon benar-benar bagus sih aktingnya.

Real Shark?

Bait_Shark (Copy)

Untuk kisaran film tentang hiu di tahun 2012, seharusnya masih ada efek CGI yang terlihat bukan? Namun film ini berhasil loh untuk tidak terlalu kentara terlihat kalau hiu pembunuh yang menjadi bintang utama film ini adalah palsu dan gabungan dari beberapa efek CGI; sehingga hiu-hiu yang ada di film Bait terlihat real.

Film yang berhasil menutup keuntungan sebesar $ 32,5 juta ini juga berhasil masuk ke dalam daftar film hiu paling mengerikan yang pernah tayang di pasaran versi Popstar. Bait menduduki peringkat ke 10 sedangkan peringkat satu dimenangkan oleh film legendaris Jaws. Bacaterus memberi skor 2.8/5 untuk film ini.

Bait
Rating: 
2.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram