bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Baby Season 1, Kisah Nyata Prostitusi Anak

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 19 September 2021

Murid berprestasi dan pintar di sekolah, tidak selamanya jauh dari masalah. Terutama jika dia punya beban yang selama ini hanya dia pendam. Seorang gadis pendiam dan lurus-lurus saja seperti Chiara bisa berubah karena beberapa faktor. Salah satunya tidak mendapat perhatian dari keluarga yang cukup.

Siswi baik-baik tersebut lantas tergoda masuk ke dunia gelap, yaitu dunia prostitusi anak. Jika sudah seperti demikian, siapa yang bisa disalahkan? Baby Season 1 mengambil premis yang cukup sensitif, selain angkat tema kenakalan remaja, serial ini juga terinspirasi dari kisah nyata. Seperti apa lengkapnya? Anda bisa baca sinopsis dan ulasannya di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis Baby Season 1
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 30 November 2018
  • Genre: Coming of Age, Drama Remaja
  • Jumlah Episode: 6
  • Pemain: Benedetta Porcaroli, Alice Pagani, Riccardo Mandolini, Chabeli Sastre
  • Sutradara: Andrea De Sica, Anna Negri
  • Produksi: Fabula Pictures

Memiliki anak remaja memang perlu perhatian khusus. Jika tidak dia bisa saja memilih jalan yang salah dan berakhir dengan masalah serta kesedihan. Hal seperti ini terjadi pada seorang siswi bernama Chiara Alteri (Benedetta Porcaroli). Tidak akan ada yang menyangka bahwa siswi baik-baik, pintar dan jadi atlet lari di sekolahnya yang elit tersebut bisa terjerumus dalam dunia gelap.

Chiara punya dua sahabat, mereka adalah Camilia (Chabeli Sastre) dan Fabio (Brando Pacitto). Keduanya juga anak baik-baik yang hanya fokus pada prestasi. Dari luar, Chiara terlihat baik-baik saja, tapi siapa sangka dia punya beban berat di pikirannya.

Chiara punya hubungan dengan Nicollo (Lorenzo Zurzolo), kakak laki-laki Camilia, yang sudah memiliki kekasih bernama Virgiania (Federica Lucaferri). Dua orang ini sebenarnya saling menyukai, tapi Nicollo terlalu pengecut untuk memutuskan Virginia. Dia juga sangat menuruti kekasihnya itu.

Gadis ini juga punya masalah dalam keluarganya. Kedua orangtua Chiara sebenarnya sudah pisah ranjang, tapi konon demi anaknya, mereka tidak mau bercerai. Masalah ini  diperparah ketika Chiara suatu hari memergoki ayahnya berselingkuh dengan perempuan lain.

Masalah demi masalah membuat Chiara kalut dan memutuskan untuk pergi ke Amerika. Dia nekat mengajukan beasiswa guna melanjutkan pendidikan di sana. Keputusannya ini tentu ditentang oleh kedua orangtua, tapi Chiara nekat hingga berani memalsukan tanda tangan mereka dengan bantuan Ludovica Storti (Alice Pagani).

Baby Season 1Sumber: filmdaily.co

Sebelumnya kedua gadis itu bertemu tanpa sengaja di toilet wanita. Sejak kejadian itu, Chiara ingin mengenal Ludo. Nama Ludo di sekolah sudah lekat dengan hal-hal jelek. Terutama semenjak video skandalnya dengan Dario, sang kekasih, tersebar di sekolah. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keinginan Chiara untuk berteman dengan Ludo. Keduanya pun menjadi semakin dekat. Chiara akhirnya tahu rahasia besar yang disimpan Ludo selama ini.

Setelah kedua orangtuanya bangkrut dan bercerai, Ludo kesulitan membiayai sekolahnya. Sejak itu dia mencari cara untuk tetap dapat melanjutkan sekolah. Cara yang dipilihnya adalah terjun ke dunia prostitusi anak. Ludo tidak tiba-tiba terjun ke dunia gelap tersebut. Semua terjadi setelah ayahnya yang kaya meninggalkan Ludo bersama sang ibu yang boros.

Mengetahui hal ini, sikap Chiara pada Ludo sama sekali tidak berubah. Gadis itu bahkan semakin tertarik dan justru ikut masuk dalam dunia gelap tersebut. Sementara itu, sekolah Chiara kedatangan siswa baru bernama Damiano Younes (Riccardo Mandolini).

Damiano rupanya juga seorang murid bermasalah; diam-diam di sekolah dia menjual ganja. Ketika Chiara bertengkar dengan Nicollo, gadis itu mulai dekat denganya. Meski bermasalah, Damiano punya hati yang lembut dan manis. Tidak heran jika hal ini membuat Camilia juga tertarik padanya. Mengetahui itu, Chiara memilih mundur. Bagaimana akhir cerita Chiara dan Ludo? Anda bisa menyaksikan serial ini di Netflix.

Diangkat dari Kisah Nyata

Serial original Netflix berjudul Baby, termasuk Baby Season 1 terinspirasi dari kisah nyata kasus prostitusi anak yang menggemparkan Italia pada 2014 lalu. Skandal tersebut dikenal dengan istilah Baby Squilo atau Baby Prostitute. Ketika itu diketahui dua gadis sekolah menengah yang tinggal di distrik kaya, Parioli, Roma, menjual tubuh mereka untuk membeli produk mewah seperti pakaian rancangan desainer ternama dan barang elektronik.

Lebih mengejutkan lagi karena ada belasan gadis yang terlibat dalam praktik tersebut, tapi ada dua remaja putri masing-masing berusia 14 dan 16 tahun yang menarik perhatian. Pasalnya menurut kepada Jaksa Penyelidik, Cristina Macchiusi, mereka terlibat dalam kasus ini setelah mencari informasi di Google mengenai cara mudah mendapatkan uang.

Dari sana mereka bertemu dengan seorang perwira militer Alpine Italia bernama Nunzio Pizzacalla dan Mirko Leni yang bertindak sebagai mucikari. Sedihnya gadis remaja yang paling muda di antara dua remaja itu mengaku didorong oleh ibunya sendiri untuk masuk ke dunia prostitusi.

Uang hasil perbuatannya digunakan untuk membantu membayar tagihan sang ibu setelah ditinggal suaminya. Sementara itu, gadis lainnya memang melakukan kegiatan tersebut karena terpikat oleh uang. Akibat perbuatannya, sang ibu dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun.

Prostitusi anak di bawah 18 tahun adalah sesuatu yang illegal di Italia. Pihak kepolisian Italia selanjutnya berhasil mengumpulkan setidaknya nama dari 50 klien pria yang terlibat. Dari daftar tersebut salah satu yang paling terkenal adalah petugas polisi Mauro Floriani. Dia merupakan suami dari senator Italia Alessandra Mussolini, cucu dari Benito Mussolini.

Dianggap Mewajarkan Prostitusi Anak

Dianggap Mewajarkan Prostitusi AnakSumber: popsugar.com

Terinspirasi dari kisah nyata yang menggemparkan Italia, penayangan Baby mengundang penolakan dan kontroversi. Salah satunya dari NCOSE. Mereka menganggap bahwa serial tersebut menormalkan pelecehan seksual pada anak dan perdagangan seks anak di bawah umur.

Kontroversi tersebut dibalas tanggapan oleh sang sutradara, Andrea De Sica. Andrea mengatakan bahwa pihak produksi mencoba  sesetia mungkin terhadap konflik dan pilihan mereka, sehingga apa yang ditonton bukanlah kronik peristiwa kehidupan nyata. Sang penulis skenario, Re Salvador, juga mengatakan bahwa serial ini pada akhirnya bukan tentang prostitusi, melainkan cerita tentang cinta.

Baca juga: Film yang Mirip Fifty Shades, Romantis nan Erotis

Chemistry antara Dua Pemeran Utama

Diceritakan sebagai dua orang sahabat, Benedetta Porcaroli dan Alice Pagani dapat memerankan karakter Chiara dan Ludo dengan sangat baik. Mereka benar-benar tampak sebagai dua gadis dengan permasalahan yang sangat berat, yang akhirnya saling mengisi dan menemani.

Keduanya terpaut usia dua tahun dengan Chiara yang lebih tua. Walau demikian, Ludo bisa tampil dengan sangat meyakinkan. Karakternya dibawakan dengan tidak berlebihan, tapi sangat berkesan. Penasaran dengan kecocokan mereka berakting? Saksikan serial ini segera!

Selipan Cerita Romantis

Selipan Cerita RomantisSumber: m.imdb.com

Serial Baby Season 1 bukan hanya mengangkat tema prostitusi anak. Serial ini bagaimana pun tetap mengacu pada kehidupan remaja yang erat dengan emosi yang masih bergejolak, termasuk dalam hubungan asmara.  Saat menonton serial ini, Anda bagian-bagian yang terasa romantis dan manis, seperti scene antara Chiara dan Damiano.

Damiano yang terkenal problematik, bisa memperlakukan Chiara dengan baik dan lembut. Di depan gadis tersebut, dia tidak tampak seperti pengedar ganja. Hal ini sejalan dengan pendapat penulis skenario, bahwa pada akhirnya plot serial ini tidak beda jauh dengan serial romantis lain.

Sebagai Italian teen drama, Baby Season 1 menampilkan latar Kota Roma yang sangat cantik. Pada beberapa scene Anda akan melihat bangunan-bangunan khas Roma terpampang menjadi latarnya. Penasaran dengan serial ini? Baby Season 1 sudah bisa disaksikan di Netflix ya! Selamat menonton!

Baby Season 1
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram