bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Avengers: Endgame, Pertarungan Terakhir

Review & Sinopsis Avengers: Endgame, Pertarungan Terakhir

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 16 Juni 2021

Pertarungan dalam Avengers: Endgame menjadi pertarungan penghabisan para Avengers untuk melawan musuh terkuat mereka, Thanos. Di film ini, seluruh superhero mengerahkan kemampuan terbaik yang mereka miliki untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Ada kemenangan yang diraih, namun ada pula pengorbanan yang harus dibayarkan dalam film ini.

Berikut review dan sinopsis film Avengers: Endgame yang akan menyajikan pertarungan epik dan kolosal dan wajib menjadi rekomendasi tontonan film bagi kamu yang menyukai kisah superhero.

Sinopsis

Film Avengers: Endgame merupaka sekuel terakhir dari rangkaian film The Avengers yang berada dalam timeline Marvel Cinematic Universe atau MCU. Film ini menceritakan peristiwa yang terjadi dalam rentang waktu lima tahun berselang dari film sebelumnya, Avengers: Infinity War. Pada Avengers: Infinity War, dikisahkan bahwa setengah populasi dunia hilang karena ulah Thanos.

Dua puluh tiga hari setelah peristiwa itu, Captain Marvel menyelamatkan Tony Stark dan Nebula dari luar angkasa. Mereka pun bergabung dengan para Avengers yang tersisa. Para Avengers tersebut kemudian membuat misi untuk mengambil infinity stone dari Thanos, namun Thanos telah menghancurkannya. Thor yang marah kemudian membunuh Thanos.

Lima tahun setelah peristiwa yang disebut blip itu terjadi, orang-orang yang ditinggalkan masih merasakan kehilangan yang amat dalam, tak terkecuali para Avengers yang tersisa. Meski begitu, mereka pun mulai berusaha menjalani kehidupan masing-masing, Tony Stark hidup bahagia bersama Pepper Potts dan telah memiliki seorang putri.

Thor menghabiskan waktunya untuk mabuk dan menonton TV. Sementara Steve Rogers dan Natasha Romanoff tetap berada di markas mereka. Harapan baru muncul saat Scott Lang atau Ant Man keluar dari dunia quantum realm. Scott Lang yang kaget dengan keadaan dunia dan putrinya yang menghilang pun bertemu dengan para Avengers.

Scott Lang kemudian meyakinkan Avengers bahwa teori quantum realm memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan waktu dan mengambil infinity stone sebelum dicuri oleh Thanos. Tony Stark , Bruce Banner, dan Rocket kemudian membuat sebuah mesin waktu. Mereka kemudian membentuk tim untuk menyebar dan mengambil infinity stone di berbagai tempat tersebut.

Saat para Avengers hampir berhasil membuat infinity gauntlet seperti milik Thanos, Nebula dari masa lalu yang masih memihak Thanos menggunakan mesin waktu tersebut dan menghancurkan rencana para Avengers. Thanos dari masa lalu pun kemudian datang ke masa tersebut dan kembali berhadapan dengan para Avengers.

Pertarungan besar pun terjadi. Thanos mengerahkan semua pasukannya. Sementara Avengers yang hampir kalah kemudian mendapat bantuan dari semua pahlawan yang datang. Saat para Avengers kembali tersudut, Tony Stark akhirnya mengorbankan dirinya untuk mengambil infinity gauntlet Thanos dan menggunakannya untuk mengembalikan populasi dunia  yang menghilang.

Kekuatan yang terlalu besar dari infinity gauntlet pun membuat Tony Stark tewas. Pemakamannya dihadiri oleh seluruh Avengers yang kini telah kembali. Setelah itu, Thor, memberikan kekuasaan Asgard pada Valkyrie dan kemudian bergabung dengan tim Guardians of the Galaxy.

Sementara Steve Rogers bertugas mengembalikan Mjolnir milik Thor dan infinity stone ke tempatnya semula. Saat kembali ke masa sekarang, Steve Rogers telah berubah menjadi tua karena ia memilih untuk pensiun dan hidup menjadi orang biasa di masa lalu. Perisainya pun diberikan kepada Sam Wilson atau Falcon dan disaksikan oleh Bucky Barnes atau Winter Soldier.

Film Penutup yang Memuaskan

Avengers: Endgame menjadi film terakhir sekaligus penutup dari tiga film Avengers sebelumnya. Film ini juga menutup rangkaian film Avengers yang telah begitu dinanti sejak film pertamanya dirilis pada tahun 2012. Ekspektasi dari para fans Marvel akan akhir yang memuaskan dari film terakhir Avengers ini pun terjawab oleh film Avengers: Endgame.

Avengers: Endgame menjadi film blockbuster yang menyajikan kisah epik dari pertarungan terakhir para Avengers melawan musuh terkuat mereka. Film ini menyajikan unsur cerita yang lengkap, dari kisah heroik, komedi, hingga cerita yang emosional. Para fans yang mengikuti perjalanan Avengers dari film pertama tentu akan merasakan keterikatan yang mendalam dengan akhir kisah film ini.

Film Avengers: Endgame juga menyajikan banyak twist yang tak terduga di sepanjang film. Sebelum film ini dirilis, telah banyak teori-teori yang dibuat oleh para fans Marvel, namun kisah yang disajikan pada Avengers: Endgame benar-benar tak terduga dan penuh kejutan yang akan memuaskan para fans Marvel.

Kecanggihan Teknologi CGI dan Efek Audio Visual Lainnya

Setiap judul film yang diproduksi oleh Marvel memang tidak pernah gagal memperlihatkan kecanggihan teknologi di sepanjang filmnya, tak terkecuali pada film Avengers: Endgame. Tak perlu diragukan lagi, teknologi CGI yang diperlihatkan dalam film ini tampak luar biasa dan memanjakan mata.

Pada Avengers: Endgame, tempat-tempat yang tak pernah terbayangkan seperti apa rupanya pun mampu divisualisasikan dengan mengagumkan. Bukan hanya dari segi visualnya saja, scoring musik dan seluruh elemen yang digunakan juga membuat film ini semakin mengagumkan, terutama theme song dari Avengers yang sangat ikonik yang disisipkan di setiap adegan yang begitu epik.

Bertabur Bintang-Bintang Papan Atas Hollywood

Pada film Avengers: Endgame, seluruh karakter superhero dari semua judul film di Marvel Cinemartic Universe pun bergabung. Mulai dari Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Ant Man, Spider Man, Black Panther, Doctor Strange, hingga para karakter dari Guardian of the Galaxy. Film ini menghadirkan karakter ensemble yang dibintangi oleh para aktor dan aktris papan atas Hollywood.

Totalitas dari para aktor dan aktris ini pun tak perlu diragukan lagi. Seluruh pemeran memperlihatkan chemistry yang begitu kuat dan membuat film ini terasa begitu hidup. Bagi para fans yang mengikuti seluruh film dalam Marvel Cinematic Universe, pertemuan seluruh karakter Marvel dalam film Avengers: Endgame ini menjadi hal yang sangat dinantikan.

Bersiaplah untuk Fase Selanjutnya

Avengers: Endgame telah menutup film Avengers dan rangkaian Marvel Cinematic Unoverse fase 3 dengan begitu luar biasa. Namun para fans Marvel tentu tak ingin kisah para superhero ini selesai begitu saja di film ini. Namun jangan khawatir, karena Marvel telah menyiapkan kejutan yang semakin seru pada film-film selanjutnya.

Selain menjadi film penutup dengan kesan yang hebat, Avengers: Endgame juga menjadi penanda untuk dimulainya Marvel Cinematic Universe fase 4. Meski beberapa karakter superhero telah dikisahkan selesai di Avengers: Endgame, rangkaian film Marvel di fase empat tetap menjanjikan kisah seru dari para superhero Marvel.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Avengers: Endgame, sebuah film penutup Avengers yang menyajikan pertarungan epik dan luar biasa dari semua karakter superhero di semesta Marvel. Apakah kamu sudah menonton film ini? Apa bagian favoritmu dari film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

Avengers: Endgame
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram