bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Serial Arrow Season 8, Musim Terakhir

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 September 2021

Siapa superhero dari DC Comics favorit Anda? Sebagian besar pasti menjawab Superman atau Batman. Lalu berapa yang menjawab Green Arrow? Sebagai superhero, nama Green Arrow boleh jadi masih kalah populer dibanding karakter DC Comics lain seperti The Flash, Wonder Woman atau Aquaman. Namun, sosoknya setia menemani para pecinta superhero hingga 8 musim.

Dalam serial Arrow S8, kita akan melihat akhir perjalanan seorang Green Arrow. Bagaimana pun, pahlawan yang mengandalkan kemampuan memanahnya untuk mengalahkan musuh ini merupakan sebuah hiburan tersendiri. Ia sekaligus gambaran bahwa tidak selamanya superhero punya kekuatan super.

Penasaran dengan jalan ceritanya? Baca sinopsis serta ulasannya terlebih dahulu saja yuk! Setelah ini Anda bisa memutuskan untuk lanjut menontonnya atau tidak. Mari simak bersama!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Penayangan: 15 Oktober 2019 – 28 Januari 2020
  • Genre:  Fiksi, Animasi, Superhero
  • Jumlah Episode: 10
  • Pemain: Stephen Amell, David Ramsey, Rick Gonzalez, Juliana Harkavy 
  • Sutradara:  James Bamford, Antonio Negret, Katie Cassidy, Kristin Windell, Laura Belsey, David Ramsey, Glen Winter, Tara Miele
  • Produksi: The CW 

Sebuah laporan mengatakan bahwa Oliver Queen (Stephen Amell) hilang di laut bersama sang ayah, Robert Queen. Namun setelah 12 tahun dianggap tewas, Oliver kembali ke Earth 2. Dia dikirim oleh Mar Novu/Monitor (LaMonica Garrett) untuk mengambil Dwarf Star particles, tapi terlanjur dicuri oleh Tommy Merlin (Colin Donnell) sang Earth Prime.

Tommy mencari partikel tersebut untuk mengembangkan Glades menggunakan Undertaking versinya sendiri. Oliver lantas bergabung bersama Earth-1, John Diggle (David Ramsey) dan Laurel Lance (Katie Cassady) dan Earth-2, Adrian Chase (Josh Segarra) untuk menghentikan Tommy dan mengambil kembali partikel yang dicurinya.

Ketika Oliver dan Diggle bersiap pergi, gelombang anti-matter tiba-tiba menghabiskan seluruh Earth-2. Mereka dan Laurel hampir tidak punya waktu untuk melarikan diri ke Earth-1. Sementara itu pada 2040, Connor Hwake (Joseph David Jones), Mia Smoak (Katherine McNamara), William Clayton (Ben Lewis) dan Zoe Ramirez (Rick Gonzalez) menghadapi Deathstroke Gang.

Deathstroke Gang dipimpin oleh saudara angkat Connor, John Diggle “J.J.” junior yang sudah tumbuh lebih kuat sejak penghancuran tembok antara Star City dan Glades. Monitor kemudian membawa Oliver dan kawan-kawan pergi ke Hong Kong guna menemui ahli biofisik bernama Robert Wong yang dipaksa membuat ulang Alpha/Omega Virus.

Ketika Oliver dan Diggle mempelajari tentang Wong lebih lanjut, anggota Triad menyerang mereka. Tatsu Yamashiro (Rila Fukushima) kemudian datang membantu dan mengungkapkan bahwa dia mengetahui sesuatu tentang Monitor, sementara itu Oliver berhasil menemukan Wong.

Setelah berhasil mendapatkan sample Alfa/Omega Virus, Oliver mengatur perdagangan dengan China sekaligus menyelamatkan Wong. Sehabis berbicara dengan Tatsu, Oliver berencana mendapatkan lebih banyak jawaban tentang Monitor di Nanda Parbat.

Di tempat lain, Lyla Michaels (Audrey Marie Anderson) diketahui bekerja dengan Monitor saat dia mengantarkan Wong padanya.  William lantas memperbaiki perangkat yang diperoleh dari Deathstroke Gang. Sementara itu, Mia, Connor dan Zoe menuju pasar gelap tempat J.J berencana menjualnya. Begitu Deathstroke Gang tiba, Connor dan J.J berunding. 

Oliver sendiri menuju ke Nanda Parbat untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai Monitor dari Talia al Ghul (Lexa Doig); sebuah tempat ketika dia bertemu kembali dengan adiknya, Thea (Willa Holland) dan bercerita tentang kematiannya yang akan datang. Oliver bersama Thea dan Talia kemudian berencana untuk mengambil sebuah buku teks kuno.

Sayang, rencana tersebut gagal sebab mereka disergap oleh Athena (Kyra Zagorsky) dan League of Assassins. Beruntung ketiganya berhasil melarikan diri dan menemukan buku kuno yang dicari sekaligus mengetahui bahwa Monitor mungkin sebenarnya akan menjadi penyebab krisis yang akan datang bukan menjadi pencegahnya.

Benarkah demikian? Musim terakhir dari serial Arrow ini sudah bisa Anda saksikan di Netflix  mulai 15 Oktober 2020 lalu.

Musim Terakhir dari Serial Arrow

review film arrow season 8_Musim Terakhir dari Serial ArrowSumber: ew.com

Arrow S8 merupakan musim terakhir dari serial televisi Amerika Arrow yang sudah tayang sejak 2012. Serial ini ditayangkan secara perdana di Amerika Serikat melalui The CW pada 10 Oktober 2012 lalu. Selama berjalan 8 musim, Arrow bisa disaksikan dalam 170 episode. 

Ketika pertama tayang pada 10 Oktober 2012, terhitung sebanyak 4,14 juta penonton di Amerika Serikat menyaksikannya. Angka tersebut terus turun di episode-episode dan musim selanjutnya. Memulai musim ke 8 ini, serial Arrow ditonton oleh 0,84 juta atau sekitar 840.000 penonton, sementara untuk episode terakhir berhasil ditonton oleh kurang lebih 730.000 penonton.

Arrow yang tayang di The CW diciptakan oleh Greg Berlanti, Marc Guggenheim dan Andrew Kreisberg berdasarkan karakter DC Comic bernama Green Arrow. Serial ini mengambil gambar di beberapa tempat di Vancouver dan Columbia. Sejak musim pertama, karakter Arrow sudah diperankan oleh Stephen Amell. 

Karakter dari Superhero DC Comic: Green Arrow

Arrow S8, bagian dari serial Arrow merupakan adaptasi dari tokoh superhero fiksi yang muncul dalam DC Comics bernama Green Arrow. Ia diciptakan oleh Mort Weisinger dan didesain oleh George Papp. Dalam komiknya, karakter Arrow bernama asli Oliver Jonas Queen; seorang pengusaha kaya raya sekaligus pemilik Queen Industries sekaligus selebritas dari Star City.

Di balik identitasnya yang fancy, Oliver adalah seorang superhero bersenjatakan anak panah. Dia bersama anggota Justice League lain menggunakan kekuatannya untuk memerangi kejahatan di Star City dan Seattle. Sementara itu, karakter Arrow dalam versi live action tidak terlalu memiliki perbedaan mencolok. Dia digambarkan sebagai sosok playboy yang kaya raya.

Superhero Tanpa Superpower

Hal menarik dari karakter Arrow dalam Arrow S8 adalah dia merupakan superhero tanpa superpower. Oliver diceritakan terdampar di sebuah pulau dan di sana dia mendapatkan banyak ilmu serta kemampuan. Di sana pula lah dia belajar memanah, bela diri dan sebagainya. Sebelum terdampar, Oliver tidak memiliki kemampuan bertarung sama sekali. 

Walaupun tidak sekaya Batman atau Bruce Wayne, Oliver punya keinginan kuat untuk menyelamatkan dan membereskan Star City dari orang-orang jahat berkerah putih, sesuai yang tertulis pada catatan milik ayahnya. Sejak itu dia memutuskan menjadi pahlawan jalanan dengan nama samaran Arrow guna menutupi identitas aslinya.

Meski tanpa superpower yang biasa dimiliki para pahlawan dari komik, Arrow adalah seorang penembak yang jitu. Ciri khasnya ini terbawa hingga Arrow S8. Sayang, karakter pahlawan yang realistis ini harus selesai di musim ke 8 sebab rating yang terus turun.

Banyak Kejutan di Musim Terakhir

review film arrow season 8_Banyak Kejutan di Musim TerakhirSumber: butwhythopodcast.com

Sebagai musim terakhir dari serial yang sudah berjalan kurang lebih 8 tahun, Arrow Season 8 punya beberapa kejutan untuk Anda. Kejutan pertama ketika Oliver mengetahui bahwa sosok The Hood di Earth-2 yang selama ini dia pikir ayahnya ternyata orang lain. Kejutan lainnya adalah ketika Oliver mendapati bahwa sang istri, Felicity Smoakmerupakan orang penting.

Ada hal mengejutkan lain yang terungkap di musim terakhir ini. Setelah fakta tentang sang ayah dan istrinya, Oliver juga dihadapkan pada kenyataan tentang sosok Tommy Merlyn. Kira-kira kejutan apa yang Oliver temukan?

Bagi penggemar serial superhero, Arrow S8 tidak boleh Anda lewatkan. Ini adalah musim terakhir bagi Oliver dapat beraksi sebagai pahlawan bersenjatakan panah. Jika Anda penasaran dengan cerita ini dari awal, semua bisa disaksikan di Netflix ya! Tertarik? Agendakan segera untuk menontonnya sebab jumlah episode dari musim pertama hingga musim delapan cukup banyak! Selamat menonton! 

Arrow Season 8
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram