bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Anime Ousama Ranking (2021)

Written by Mutiara Dwi C.K. - Updated on 19 Januari 2022

Dikenal dalam bahasa Jepang dengan judul Ousama Rankingu (王様ランキング) atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan Ranking of Kings.

Anime ini merupakan adaptasi dari sebuah serial manga fantasi karya Touka Sousuke. Ousama Ranking Kemudian di produksi oleh WIT STUDIO yang juga memproduksi anime Attack on Titan Season 1-3.

Anime yang tayang di musim gugur 2021 ini digadang-gadang sebagai anime terbaik musim gugur 2021. Menceritakan tentang kisah seorang pangeran bernama Bojji yang terlahir bisu dan tuli, tetapi ia memiliki cita-cita menjadi seorang raja.

Lalu, bagaimanakah kisah Bojji yang berjuang demi bisa menjadi seorang raja dan bagaimana caranya ia menanggapi orang-orang yang sering mengejek dirinya? Berikut ini sinopsis dan review anime Ousama Ranking (2021).

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Adventure, Fantasy
  • Produksi: Wit Studio, Inc.
  • Sutradara: Hatta Yosuke
  • Pengisi Suara: Hinata Minami, Murase Ayumu,Kaji Yuki
  • Jumlah Episode: 23 Episode

Sinopsis

Dirilis tahun 2021, anime Ousama Ranking ini memiliki 23 episode. Untuk yang penasaran dengan sinopsisnya setiap episodenya, bisa disimak ulasannya berikut ini.

Episode 1-8

sinopsis_

Bojji (Hinata Minami) adalah seorang pangeran muda yang terlahir bisu, tuli dan juga lemah. Karena kekurangannya itu, Bojji sering diejek oleh rakyatnya karena merasa tak pantas menjadi penerus raja. Tidak hanya oleh rakyatnya, ia bahkan di-bully juga oleh orang-orang kerajaan.

Suatu ketika saat Bojji sedang berada diluar kerajaan, ia bertemu dengan Kage (Murase Ayumu) sebuah bayangan dari Klan Bayangan.

Melihat Bojji yang tiba-tiba lari setelah melihat dirinya, Kage mengejar dan memeras Bojji. Karena Bojji tidak membawa uang, akhirnya Kage meminta Bojji memberikan bajunya. Kage tahu dari Bojji kalau dia bisu dan tuli, tapi Bojji bisa memahami yang diucapkan Kage dengan melihat gerakan bibirnya.

Sampai tiga hari berlalu, Bojji kembali bertemu dengan Kage untuk memberikan baju yang ia pakai. Kemudian dari sana, Kage mengetahui kalau Bojji tinggal di istana dan bercita-cita menjadi seorang raja.

Karena hal tersebut, Kage tertawa terbahak-bahak mengingat kekurangan yang dimiliki oleh Bojji. Meski pun begitu, Bojji tetap senang bisa berbicara dengan Kage.

Kembali ke istana, di sepanjang perjalanan Bojji ditertawakan oleh orang-orang yang melihatnya. Bahkan anak kecil pun mengejek dirinya karena tidak bisa berbicara. Secara diam-diam, Kage mengikutinya dari belakang dan merasa kesal dengan tanggapan orang-orang terhadap Bojji.

Kage pun melihat ibu tiri Bojji yang memarahi dirinya karena berkeliaran tanpa mengenakan baju. Kemudian ketika Bojji akan menemui ayahnya, Kage melihat Bojji menangis dan mengetahui kalau selama ini Bojji selalu berjuang untuk bertahan dari ejekan yang ia dengar.

Terjadi keributan di taman istana, ternyata Bojji dan adik tirinya Daida (Kaji Yuuki) sedang bertanding adu kekuatan. Namun, siapa sangka Bojji yang dikenal lemah bisa menghindar dari serangan Daida.

Hal tersebut membuat Daida kesal, namun Domas (Eguchi Takuya) berkata kalau menghindar bukanlah cara seorang raja. Perkataan Domas membuat Bojji menjadi tidak bisa melawan Daida dan akhirnya Bojji kalah dengan banyak luka di tubuhnya.

Tiba-tiba, ayah Bojji meninggal dan diumumkan kalau Bojji adalah penerus tahta kerajaan. Tapi ketika pengumuman resmi dikeluarkan secara terbuka, yang disebutkan sebagai penerus raja adalah Daida. Perubahan status penerus kerajaan dilakukan oleh beberapa orang petinggi kerajaan, termasuk ibu tirinya.

Bojji  kemudian pergi keluar dari istana untuk berlibur, dengan ditemani oleh Domas dan Hokuro (Yamashita Daiki) menuju ke kampung halaman ibu tirinya.

Selama di perjalanan, Bojji merasa bahagia karena melihat banyak hal baru, walau pun tasnya sempat dicuri, bertemu dengan orang aneh dan bahkan ia hampir mati karena daging beracun.

Kemudian, mereka tiba di suatu kota yang dikenal memiliki sebuah tempat berlubang bernama ‘Gerbang Neraka’. Dari dasar Gerbang Neraka beberapa menit sekali akan mengeluarkan api, karena hal itulah tempat tersebut dikenal dengan nama Gerbang Neraka.

Namun, tiba-tiba Domas mendorong Bojji sehingga ia terjatuh ke dalam lubang Gerbang Neraka tersebut. Bojji diselamatkan oleh Kage yang ternyata selama ini ada didalam tas yang dibawa oleh Bojji.

Kemudian Kage mengatakan, ia akan mengantarkan Bojji pada seseorang yang bisa membuat Bojji menjadi kuat. Bojji dan Kage bertemu dengan Despa (Takahiro Sakurai), meski pun awalnya ditolak tapi akhirnya setelah diberi bayaran Despa mulai melatih Bojji.

Sementara itu, Daida ingin menjadi seorang raja terkuat. Kemudian Cermin Ajaib yang selama ini selalu menghasut Daida memberi tahu cara agar ia bisa menjadi seorang raja terkuat.

Namun, ternyata cara tersebut merupakan sebuah tipuan, karena Cermin Ajaib itu belakangan diketahui adalah Milanjo (Sakamoto Maaya). Milanjo kemudian melakukan sebuah ritual untuk membangkitkan kembali raja Bosse (Miyake Kenta), ayahnya Bojji dan Daida.

Kembali ke istana, Hokuro memberitahukan Ratu Hiling (Satou Rina) setelah mengetahui hal yang dilakukan oleh Domas. Walaupun begitu, Domas terpaksa melakukan hal tersebut, karena yang ia lakukan merupakan perintah dari raja Daida. Ketika Hokuro akan dihukum mati, Domas kembali ke istana untuk menyelamatkan Hokuro.

Namun, Raja Bosse yang memasuki tubuh Daida menghentikan upaya yang Domas lakukan. Domas dan Hokuro dibebastugaskan, namun mereka diperintah untuk pergi ke suatu tempat dimana Bojji berada.

Raja Bosse kemudian memberi tahu kalau Bojji belum meninggal dan berkata pada Hiling kalau ia bukanlah Daida, melainkan Bosse. Milanjo penasaran dengan apa yang diucapkan oleh Bosse kepada Domas maupun Hiling, karena ia berbicara dengan berbisik kepada mereka.

Sementara itu, Bojji kini telah menyelesaikan latihannya. Apakah Bojji akan menjadi kuat setelah melakukan latihan beberapa hari bersama Despa?

Episode 9

Ousama Ranking Ep 9

Diawali dengan sebuah flashback pada masa lalu setelah raja Bosse mengakui kalau ditubuh pangeran Daida adalah dirinya. Raja Bosse memerintahkan Derusi untuk melindungi ratu Hilling. Namun Hiling menyuruh Derusi untuk tidak terlalu dekat dengan dirinya. Kemudian Hiling mengatakan kalau ia ingin dekat dengan Bojji, namun sulit.

Berbagai cara Hiling berjuang bisa dekat dengan Bojji. Mulai mendekati secara langsung sampai belajar bahasa isyarat agar Bojji mengerti apa yang ia katakan. Namun setelah mencoba belajar bahasa isyarat, Bojji masih melarikan diri dari Hiling.

Derusi yang melihat secara langsung kejadian tersebut, meliat kalau ratu Hiling memiliki sifat yang canggung. Dan pada akhirnya dengan senang hati Derusi menjadi pengawal Hiling, meskipun awalnya ia merasa kalau ia sudah tidak dipercaya lagi oleh Raja.

Kemudian Derusi melihat kalau ratu Hiling sudah bisa dekat dengan Bojji, namun Bojji masih belum bisa dekat dengan dirinya pada saat itu. Kembali ke masa depan, Derusi mencoba melindungi Hiling dari serangan monster yang diperintahkan oleh Melinjo. Monster itu kalah, namun Derusi terluka cukup parah sehingga menyebabkan ia pingsan.

Sementara itu, Melinjo merasakan kalau monster yang ia perintahkan telah mati, kemudian melaporkannya pada Bosse. Kemudian Bosse tiba-tiba mengajak Milanjo yang berada di cermin ajaib untuk berdansa. Milanjo memasuki semacam tubuh kosong, namun tenaga Milanjo rapuh sehingga ia kembali ke cermin. Sesaat Milanjo merasa terharu bahagia karena pujian dari Bosse dan pergi menuju Hades.

Di lain tempat, Derusi terasadar dari pingsannya setelah diselamatkan oleh ratu Hiling. Kemudian Hiling mendatangi Raja Bossie menanyakan dimana Daida, tapi raja Bossie tidak tahu Daida berada dimana. Tiba-tiba ratu Hiling mendengar suara Daida ia curiga kalau Daida masih ada di dalam tubuh raja.

Daida yang tidak tahu ada dimana, namun ia bisa mendengar suara ratu Hiling. Ia terus berteriak berharap ratu Hiling bisa menemukan dirinya. Namun, tidak terdengar suara kembali, disaat itu ia membayangkan kakaknya Bojjie yang mungkin selama ini merasakan hal yang sama, terasingkan dari orang-orang.

Lalu, ketika ratu akan menusuk raja Bossie, ia dihentikan oleh Derusi. Kemudian Raja Bossie menyuruh Derusi pergi membawa ratu Hiling ke tempat yang jauh supaya tidak dibunuh. Karena sekarang adalah kesempatan untuk kabur ketika Milanjo sedang tidak ada ditempat.

Episode 10

Ousama Ranking Ep 10

Bojji telah selesai melakukan pelatihan, kini ia bisa menggunakan pedang meskipun pedang itu kecil sekali. Untuk merayakan keberhasilan pelatihan, Bojji, Kage dan Despa pergi merayakannya dengan makan-makan.

Ketika mereka sedang makan, tiba-tiba mereka diganggu oleh berandalan. Melihat Despa yang kalah ketika melawan mereka, Bojji pun mulai melakukan perlawanan dan berhasil menyerang titik lemah musuh meskipun serangan Bojji terlihat lemah.

Berandalan yang tidak terima, mulai menggunakan senjata untuk melawan Bojji. Kemudian Bojji pun melawan mereka dengan pedang jarumnya dan membuat lawan pingsan tanpa melukainya.

Meskipun Kage masih ragu dengan kekuatan Bojji, Despa menjelaskan kalau Bojji memiliki kemampuan untuk melihat kelemahan musuh. Dengan itu, Bojji bisa mengalahkan musuh tanpa melukainya.

Ketika sedang dalam perjalanan pulang, Despa pergi sendirian ke suatu tempat. Di sana ia bertemu dengan tiga berandalan yang tadi menyerang mereka.

Dan ternyata, orang-orang itu adalah pesuruh Despa untuk menyerang Bojji. Despa berkata, berkat mereka ia bisa melihat pertarungan Bojji dan para pesuruh Despa pun mengakui kalau Bojji memiliki potensi menjadi orang yang kuat.

Lalu Kage menanyakan tentang dari mana Bojji belajar jurus cepat. Bojji pun memberitahukan kalau jurus cepat itu ia pelajari dari Mizmada ular raksasa. Sementara itu di tempat lain, Bebin yang masih menyembuhkan lukanya bersama Mizmada menanyakan tentang keadaan di luar baik kerajaan dan keadaan Bojji.

Bebin mengingat dulu Mizmada pernah melatihnya dan Bebin kurang menyukai hal itu. Mizmada pada saat itu berkata kalau Bojji di masa depan bisa menjadi penolong pangeran Daida dan bisa menjadi orang yang menyelamatkan rakyat.

Kemudian Kage mengatakan kalau dulu Bebin pernah mengatakan, di dalam kerajaan ada sebuah konspirasi dan menyuruhnya untuk melindungi Bojji. Tapi ketika Kage bertanya apakah ia ingin pulang ke kerajaan, Bojji merasa ketakutan dengan Ratu Hiling dan mencurigainya.

Kage lalu mengingatkan Bojji tentang keberanian diri Bojji, karena Kage dulu pernah melihat Ratu Hiling pernah menyelamatkan Bojji. Lalu, Bojji pun tiba-tiba menangis mengingat masa-masa yang pernah ia lewati bersama Ratu Hiling. Bojji pun memukuli dirinya sendiri dan setelah itu ia tersenyum. Kemudian sudah siap untuk pulang kembali ke kerajaan.

Episode 11

Ousama Ranking Ep 11

Pangeran Daida mengingat kembali masa kecilnya, ia ingat kata-kata ibunya mengenai Bojji. Pangeran Daida diminta untuk menjadi orang kuat agar bisa melindungi kakaknya, Bojji. Namun perlahan Pangeran Daida menganggap Bojji merupakan orang yang tidak berguna dan mulai mengabaikannya.

Di dalam ruangan yang gelap, ia melihat seorang gadis kecil yang mengenakan topeng yang bernama Milanjo. Pangeran Daida melindungi dan membela Milanjo dari orang-orang yang merundung dirinya. Sementara, di luar sana di istana Desha, seorang tahanan berbahaya kabur dan kemungkinan besar tahanan itu pergi ke istana Bosse.

Kemudian, setelah pelatihan dari Despa selesai, Bojji sedang bersiap-siap untuk kembali ke istana dan mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan oleh Despa. Tiba-tiba, pasukan dari istana Desha datang menjemput Bojji, karena keadaan sedang darurat.

Episode 12

episode 12_

Kage mengenang kembali pertemuan pertamanya dengan Bojji. Awalnya ia meremehkan Bojji, namun berakhir dengan menjadi pendukung Bojji dan selalu menemani di mana pun Bojji berada. Termasuk ketika Bojji berlatih kepada Despa agar bisa menjadi orang yang lebih kuat.

Setelah latihan dari Despa selesai, Bojji dan Kage pergi menuju ke kerajaan bersama para ksatria dari Kerajaan Hades. Berdasarkan pemaparan ksatria, ada seorang penyusup yang menghasut kerajaan Bojji. Tapi, motifnya belum diketahui antara mau merebut kerajaan atau menghancurkan kerajaan Bojji.

Milanjo secara diam-diam membebaskan para penjahat yang ditahan di Kerajaan Hades. Milanjo membebaskan mereka mau berbuat apa pun, sementara motif Milanjo yang sesungguhnya belum diketahui.  Bahkan Raja Bossie yang berada di tubuh Pangeran Daida disekap dan dipenjarakan oleh para tahanan yang dibebaskan oleh Milanjo.

Episode 13

episode 13_

Milanjo mengatakan niat yang sesungguhnya, karena telah lama ia memang berniat untuk memusnahkan kerajaan Bojji. Pasukan Ratu Hiling berusaha untuk melawan musuh dan melindungi Ratu Hiling seberapa banyak pun musuh yang menyerang mereka.

Namun, keadaan semakin sulit, dan musuh semakin banyak bermunculan. Derusi dan prajurit Ratu Hiling mulai kewalahan melawan para musuh yang terus menyerang mereka. Apis yang kini menjadi sekutu Milanjo, tidak tega melihat teman seperjuangannya menderita dan membantu Ratu Hiling untuk segera kabur.

Tapi Milanjo menghentikan Apis dan membuat monster yang menyerang mereka menjadi semakin ganas. Sementara itu, Bojji, Kage dan pasukannya baru saja sampai di dekat kerajaan.

Belum sampai di kerajaan, mereka telah melihat kekacauan kerajaan yang sampai ke tempat warga. Tidak hanya itu, mereka juga melihat Oken yang merupakan prajurit yang dikenal memiliki kekuatan yang luar biasa.

Perjalanan Bojji yang Bisu dan Tuli

perjalanan boji_

Anime yang berdurasi sekitar 23 menit pada setiap episodenya ini berpusat pada kisah seorang pangeran bernama Bojji yang terlahir tuli, bisu dan juga lemah. Karena kekurangannya tersebut ia sering kali di-bully oleh masyarakat bahkan keluarganya sendiri.

Bojji memiliki cita-cita untuk menjadi seorang raja terbaik di dunia. Tapi, untuk menjadi seorang raja dengan ranking tertinggi, ia harus memenuhi beberapa persyaratan, dimana harus memiliki kekayaan, prajurit yang kuat dan raja sendiri haruslah kuat. 

Setiap hari ia selalu tersenyum di depan orang lain, walau pun kalau sedang sendirian ia merasa sedih. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Kage, makhluk dari Klan Bayangan yang selalu ada disampingnya dan mendukung dirinya. Pertemuannya dengan Kage membuat suatu perubahan yang besar di hidup Bojji.

Don’t Judge a Book by It’s Cover

dont judge a book_

Don’t Judge a Book by It’s Cover mungkin sebuah peribahasa yang pas untuk menggambarkan sinematografi anime ini. Bagi yang baru pertama kali melihat poster anime ini, pasti akan berpikiran kalau anime ini ditujukan untuk penonton anak-anak.

Tapi ternyata anime ini memiliki rate umur untuk 13+. Ada beberapa bagian cerita yang kurang pantas jika ditonton oleh anak-anak, seperti ketika adegan pembunuhan dan lain sebagainya.

Meski pun gambarnya terlihat cukup sederhana dan terkesan seperti biasa saja, tapi gambar yang dihasilkan terbilang indah dan terlihat hidup. Penggambaran setiap emosi dari masing-masing karakter terlihat dengan jelas, seperti ketika gugup, marah, bahagia atau pun sedih. Bahkan, ketika pada scene momen tertentu terasa lebih berkesan.

Anime yang Menyenangkan dan Menyentuh Hati

anime yang menyenangkan_

Dari segi alur cerita, anime sebenarnya cukup sulit untuk ditebak. Jika dilihat sekilas dari penggambaran para karakternya, ketika berpikir kalau karakter tersebut adalah pemain antagonis tapi nyatanya bukan dan sebaliknya. Terkadang, menebak kemungkinan kejadian selanjutnya pun cukup sulit.

Ketika melihat perjuangan Bojji dengan segala kekurangan yang ia miliki, meski sering di ejek oleh rakyatnya bahkan keluarganya sendiri, tapi ia tetap semangat demi cita-citanya menjadi seorang raja.

Bojji yang selalu tersenyum pun membuat yang menonton bisa ikut tersenyum dan kadang dengan kepolosannya, seolah-olah bisa ikut merasakan yang Bojji alami. Oleh karena itu, kenapa anime ini bisa dibilang sebagai anime dengan kisah yang menyenangkan sekaligus menyentuh hati.

Sejauh ini anime Ousama Ranking (2021) sudah rilis sebanyak delapan episode dari 23 episode yang direncanakan. Kalau mau nonton anime Ousama Ranking (2021) bisa di situs resmi iQIYI yang tayang setiap hari Jumat.

Banyak yang menonton merasa gemas, kasihan sekaligus penasaran dengan kisah selanjutnya dari perjuangan Bojji. Bagaimanakah kira-kira hasil latihan dari Bojji? Jangan lupa untuk terus pantau sinopsis dan review terbarunya hanya di Bacaterus ya!

Kasih Sayang Seorang Ibu dan Perjuangan Seorang Pengawal Kepercayaan

Kasih Sayang Seorang Ibu dan Perjuangan Seorang Pengawal Kepercayaan

Diepisode kali ini diperlihatkan sosok ratu Hiling yang berbeda. Pada saat flashback, diperlihatkan kalau ratu hiling adalah sosok wanita yang penuh kasih sayang. Ia berjuang melakukan berbagai cara supaya bisa dekat dengan Bojji.

Kemudian ketika ia mendapatkan sebuah fakta bahwa, Daida telah hilang tidak tahu kemana. Sedangkan yang sekarang mengisi tubuh Daida adalah raja Bossie yang telah meninggal. Tidak terima dengan hal tersebut, ratu Hiling berusaha mencari Daida. Namun apa daya, ratu Hiling belum bisa menemukan anaknya. 

Sementara, Derusi yang semula keberatan untuk menjadi pengawal ratu Hiling, kini ia terus berusaha untuk menjaga kepercayaan itu. Ia juga terpaksa membuat pingsan ratu Hiling  supaya tidak menyakiti tubuh Daida yang sekarang merupakan raja Bossie.

Ia berusaha melindungi ratu Hiling dari ancaman pembunuhan yang akan dilakukan oleh Melinjo. Meskipun sampai sekarang Derusi tidak tahu siapa yang benar-benar merencanakan pembunuhan kepada ratu Hiling.

Kekuatan Bojji yang Unik dan Menarik

Kekuatan Bojji yang Unik dan Menarik

Pada episode kali ini diperlihatkan tentang kekuatan Bojji yang telah menyelesaikan latihan bersama Despa. Meskipun agak lucu karena sekilas pedangnya mirip dengan pedang olahraga Anggar. Sampai-sampai Kage sempat menyepelekan pedang yang digunakan oleh Bojji.

Sampai akhirnya di perlihatkanlah pertarungan Bojji dengan tiga orang lawan yang membuat Kage juga Despa terkagum-kagum. Walaupun tiga orang itu merupakan orang yang disuruh oleh Despa untuk menyerang Bojji.

Pada pertarungan itu diperlihatkan kalau Bojji memiliki kekuatan yang unik dan menarik. Karena Bojji bisa melihat titik lemah lawannya. Dan dengan memanfaatkan itulah, Bojji mengalahkan para lawannya. Meskipun kalau dilihat rasanya lucu ketika Bojji bertarung, tapi ternyata kekuatan yang terlihat lemah itu bisa membuat lawannya pingsan.

Daida dan Gejolak Hatinya

Daida dan Gejolak Hatinya

Pada episode kali ini kita diperlihatkan tentang sebuah gejolak yang ada dihatinya Daida. Karena ketika kecil sebenarnya ia dekat dengan Bojji, tapi lama-kelamaan ia mulai meninggalkan Bojji karena ia merasa kalau Bojji adalah orang yang lemah.

Jika kita lihat lagi sebenarnya Daida ini seorang pangeran yang cukup baik, tapi setelah kenal dengan sebuah cermin ajaib, ia mulai meninggalkan Bojji bahkan meremehkan Bojji. Ia merasa kalau Bojji adalah orang yang lemah.

Dan semakin dilihat, Daida ini masih memiliki rasa simpati. Terbukti ketika ia melihat orang-orang yang menurutnya ‘lemah’ ia merasa kasihan kepada orang-orang tersebut. Bahkan ia merasa tidak adil karena adanya orang-orang ‘lemah’ tersebut.

Ketika ia melihat sosok gadis di ruangan gelap tempat ia sekarang berada pun, meskipun awalnya ia takut tapi ia mulai membela gadis itu. Apalagi ketika ia mengetahui kalau gadis itu diganggu oleh orang-orang dewasa. Sehingga Daida berusaha membela gadis tersebut dan menyebutkan kalau gadis itu akan aman kalau bersama dirinya.

Milanjo dengan Motif Jahatnya

review ep 12_

Melanjutkan cerita pada episode sebelumnya, Bojji sampai saat ini masih dalam perjalanan menuju ke kerajaannya. Sementara Ratu Hiling sudah sampai di depan istana, tapi ia melihat keanehan di sana ketika Apis muncul membawa sebuah cermin.

Derusi yang menjadi pengawal Ratu Hiling hampir menyerang kerajaan, tapi Milanjo berbicara dan mengatakan kalau ia akan menghancurkan kerajaan. Sampai dengan episode ini, maksud dari motif jahat Milanjo masih belum diketahui. Tapi yang pasti, dia memang sudah berencana untuk menghancurkan kerajaan Bojji.

Karakter Apis maupun Derusi seperti sudah mengenal lama Milanjo. Ketika Derusi mengetahui ada Milanjo di dekat Apis, ia terlihat seperti terkejut karen sepengetahuan Derusi, Milanjo telah meninggal. Ratu Hiling juga seperti pernah melihat benda cermin ajaib yang menjadi perwujudan Milanjo saat ini. 

Sejauh 12 episode ini, anime-nya terasa berjalan lambat sekali. Bahkan mulai cenderung agak membosankan karena permasalahan intinya masih belum juga diperlihatkan hingga sekarang.

Kerajaan yang Kacau dan Musuh yang Kuat

review ep 13_

Pada episode ini, akhirnya diperlihatkan tujuan Milanjo yang sesungguhnya. Ketika flashback diperlihatkan kalau Milanjo ini sebenarnya sudah lama menyusun rencana jahatnya.

Ia hanya peduli dengan Raja Bossie dan ingin menghancurkan kerajaan miliknya. Milanjo adalah dalang dibalik meninggalnya ibu Bojji, tapi kemudian ia menikahkan Raja Bossie dengan Ratu Hiling supaya bisa mendapatkan keturunan kembali. 

Setelah beberapa episode berlalu, akhirnya Bojji dan pasukannya sampai ke dekat kerajaan. Tapi mereka langsung disambut dengan pemandangan yang cukup mengerikan. Banyak warga yang menjadi korban karena Oken yang dibebaskan dari penjara oleh Milanjo, membuat kekacauan di tempat warga. 

Dan seperti di episode-episode sebelumnya, alur ceritanya masih sulit ditebak. Setiap karakter yang muncul juga memiliki kisah yang cukup misterius dan membingungkan, apakah ada di pihak lawan atau bukan.

Tapi pada episode ini, cerita mulai seru kembali terutama karena Bojji akhirnya sudah sampai di dekat kerajaan. Ya, walaupun Bojji belum memperlihatkan hasil kerja kerasnya selama ini. Jadi kita tunggu saja cerita selanjutnya hanya di bacaterus.

Ousama Ranking
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram