bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Anime Ni no Kuni (2019)

ニノ国 (Ni no Kuni) merupakan film adaptasi dari video game series dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Yoshiyuki Momose yang merupakan animator Studio Ghibli. Untuk versi filmnya ini, dari segi ceritanya berbeda dengan versi game.

Film Ni no Kuni (2019) di rilis di Jepang pada 23 Agustus 2019. Sedangkan pada 16 Januari 2020 ditayangkan perdana di seluruh dunia di situs resmi Netflix. Film ini diproduksi oleh OLM, Inc dan didistribusikan oleh Warner Bros. Japan.

Film Ni no Kuni (2019) menceritakan kisah seorang siswa SMA bernama Yu dan temannya Haru yang secara tidak sengaja terlibat ke dalam suatu insiden, sehingga mereka terpaksa harus bolak-balik ke dunia lain yang disebut dengan Ni no Kuni. 

Sinopsis 

sinopsis_

Yu, Haru dan Kotona dalam perjalanan pulang dari sekolah. Kotona mengajak Haru dan Yu pergi ke suatu kafe, tapi Yu memutuskan untuk pulang karena jalan menuju kafe tersebut harus menaiki tangga, sedangkan ia berjalan menggunakan kursi roda.

Kotona menghubungi Yu karena ketakutan setelah ia mengetahui kalau ia sedang diikuti oleh seseorang yang mencurigakan. Yu datang terlambat dan melihat Kotona ditusuk oleh orang mencurigakan itu. Haru yang datang terlambat juga kemudian berusaha membawa Kotona ke rumah sakit.

Tapi, tiba-tiba Haru dan Yu sampai ke dunia baru yang tidak mereka kenal. Mereka mengenakan pakaian yang berbeda dari dunia asli. Percaya kalau Kotona juga ada di dunia yang baru ini, mereka berusaha mencari Kotona. Tiba-tiba di dunia baru ini Yu bisa berjalan normal.

Pertama mereka mencari Kotona di bar. Di sana mereka bertemu dengan Dogfolk bernama Bauer Linden. Kemudian seorang wanita penjaga bar menimpali kalau wanita yang mereka cari seusia dengan Putri Asha.

Yu dan Haru terkejut karena melihat sosok putri tersebut mirip dengan Kotona, kemudian mereka nekat pergi ke istana untuk bertemu dengan putri. Di dalam istana, Kapten Ksatria Bertha mengunjungi kamar Putri Asha. Sementara di dalam kamar putri sudah ada Raja Flander, Penyihir Yoki, ketua tentara Barton dan peri penjaga putri.

Barton kemudian memberitahu kondisi Putri Asha, bahkan seorang penyihir istana pun tidak bisa melepaskan kutukan Putri Asha. Ketika ruangan sedang kosong, Yu dan Haru menghampiri Putri Asha. Tiba-tiba sebuah belati transparan muncul, kemudian Yu memegang belati tersebut dan melepaskannya dari tubuh Putri Asha.

Saat Yu sedang menolong Putri Asha, Bertha kembali masuk ke ruangan Putri dan melihat kalau Putri Asha sembuh. Beberapa hari kemudian, Haru dan Yu diajak untuk menunjukkan kemampuan pedang mereka.

Namun, mereka malah dituduh sebagai pasukan pembunuh dari Istana Hitam. Yu dan Haru memutuskan untuk lompat agar bisa kembali ke dunia asalnya.

Yu menyimpulkan kalau kejadian yang mereka alami adalah hal yang sama seperti perkataan seorang kakek yang pernah bertemu ketika Yu kecil di Rumah Sakit.

Beberapa hari kemudian, Kotona mengabarkan kalau ia mengidap penyakit tumor. Yu mengajak Haru kembali ke dunia yang disebut dengan Ni no Kuni untuk menyelamatkan Kotona, karena dunia asal mereka dengan Ni no Kuni menurutnya terhubung.

Namun ketika kembali ke Ni no Kuni, Haru terpisah dari Yu. Bertemu dengan Gabalas, Haru menjadi pasukan Istana Hitam dan bermaksud untuk membunuh Putri Asha demi menyelamatkan Kotona. Di sisi lain, Yu pun diutus menjadi penjaga Putri Asha dari serangan pasukan Istana Hitam.

Peperangan antara Istana Estavania dengan pasukan Istana hitam pun tak terhentikan. Hingga akhirnya para pasukan mencapai ke wilayah penjagaan terakhir Istana Estavania. Haru dan Yu pun saling menyerang pada pertempuran tersebut. Namun, ketika akan saling membunuh mereka kembali lagi ke dunia asalnya.

Di dunia itu, mereka mendapati Kak Saki yang merupakan kakak angkat Yu akan diserang oleh seorang misterius yang pernah menyerang Kotona.

Yu, Haru dan Kak Saki melarikan diri dari orang misterius yang berubah menjadi laba-laba. Meski pun mereka lolos dari kejaran, tapi mobil yang mereka naiki masuk ke dalam sungai dan sekali lagi Yu, Haru kembali ke Ni no Kuni.

Yu yang sudah kembali ke Kerajaan Estavania, menyimpulkan kalau selama ini ada mata-mata di dalam istana. Dan orang tersebut adalah Gabalas yang menyamar menjadi ahli sihir istana, Yoki. Gabalas pun akhirnya menunjukan wujud aslinya dan mulai menyerang Yu, Putri Asha dan juga Haru yang sudah ada di sana.

Ketika Yu akan menyelamatkan Putri Asha, ia terluka karena tertusuk tombak. Saat Haru menyerang Gabalas, Yu didatangi oleh kakek yang pernah ia temui ketika ia masih kecil. Kakek tersebut memberikannya tongkat yang ternyata adalah sebuah pedang suci milik Istana Estavania yang hilang.

Dengan pedang tersebut, Yu dan Haru menyerang Gabalas dan mengalahkannya. Kemudian muncul portal yang terhubung ke dunia asal mereka. Putri Asha berpamitan dengan Yu, walaupun sebenarnya ia ingin bisa terus bersama dengan Yu.

Ketika Yu dan Haru memasuki portal tersebut, tiba-tiba Yu berpamitan dengan Haru dan memutuskan kembali ke Ni no Kuni. Ingatan orang-orang tentang Yu mulai terhapuskan, Kotona pun dengan ajaib berhasil sembuh. Sementara Haru menyadari, kalau Yu adalah belahan jiwanya dari dunia lain.

Hubungan Antara Ni no Kuni dan Dunia Lain

hubungan dengan dunia lain_

Dalam durasi 106 menit, film anime ini meceritakan tentang dua sahabat Yu dan Haru yang sama-sama menyukai gadis bernama Kotona.

Secara tiba-tiba, mereka berpindah tempat dan berada di negara yang disebut dengan Ni no Kuni. Di sana, mereka bertemu dengan seorang putri yang bernama Asha, yang dari wajah, sifat bahkan kesukaannya mirip dengan Kotona.

Setelah beberapa kali mengalami perpindahan tempat, Yu menyadari kalau dua dunia yang berbeda tersebut mengantarkan mereka pada hubungan Kotona dan Putri Asha yang saling terikat.

Cerita Klise dan Sinematografi yang Biasa

cerita klise_

Dari segi cerita, film ini memiliki memuat kisah yang cukup klise. Terhubungnya dua dunia yang berbeda, menyelamatkan orang yang paling disayang, melawan penjahat dan menang. Meski pun memiliki plot twist di akhir cerita, tapi sebenarnya menurut saya ceritanya cukup mudah ditebak. 

Dari segi sinematografinya, meski pun disutradarai oleh seorang animator dari Studio Ghibli, tapi lebih baik tidak usah terlalu berekspektasi tinggi untuk film ini. Karena dari segi gambarnya berbeda sekali dengan kualitas film animasi dari Studio Ghibli.

Karakter para pemainnya pun biasa saja, tidak ada yang terlalu istimewa. Meski pun para tokoh memperlihatkan emosinya dari setiap scene, tapi semua terasa biasa saja. Oh iya, diakhir cerita setelah credit, diperlihatkan kalau Yu dan Putri Asha menikah.

Film Anime yang Kurang Berkesan

kurang berkesan_

Secara pribadi, untuk keseluruhan dari cerita, musik dan gambar, menurut saya film ini kurang berkesan dan cenderung membosankan. Meski pun diproduksi oleh studio yang membuat film Pokemon, jangan terlalu berekspektasi tinggi, ya!

Apalagi bagi yang pernah memainkan video game Ni no Kuni, mungkin akan kecewa dengan kualitas cerita, gambar dan musiknya. Walaupun memang sudah dijelaskan juga sebelumnya kalau versi filmnya akan berbeda dengan versi game.

Sekian sinopsis dan review film anime Ni no Kuni (2019). Tertarik untuk menonton film ini? Bisa langsung saja ke situs resmi Netflix, ya. Mau tahu film yang lebih seru lagi? Jangan lupa untuk melihat ulasan dan review film lain yang menarik dari film ini, hanya di Bacaterus!

Ni no Kuni
Rating: 
1.9/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram