Sinopsis & Review Another (2012), Anime Horor Penuh Darah

Ditulis oleh Erika Erilia
Another
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Bagaimana bila satu kelas terkena kutukan yang mengancam nyawa? Premis inilah yang diangkat oleh anime horor berjudul  Another. Anime ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya  Yukito Ayatsuji yang dipublikasikan pertama kali di tahun 2009.

Berlatar belakang tahun 1998, anime ini bercerita tentang Koichi Sakakibara yang pindah ke kota kelahirannya di Yomiyama. Di sekolah barunya, ia menghadapi fakta bahwa kelas 9-3 tempatnya belajar telah dikutuk. Saat satu per satu temannya terbunuh, Koichi pun harus mencari cara untuk menyelamatkan diri sekaligus menghentikan kutukan tersebut.

Another sendiri termasuk anime horor yang cukup menonjol di genrenya. Another bukan tipe anime dengan penampakan hantu, monster, atau zombie, tapi Another tak ragu-ragu menyuguhkan pemandangan darah segar di mana-mana. Seperti apa, sih, bagusnya anime ini? Yuk, simak reviewnya.

Tapi sebelum itu, perlu saya ingatkan bahwa tulisan ini mengandung spoiler. Jadi bila tidak ingin mengetahui bocoran ceritanya, lebih baik skip bagian spoiler-nya, oke?!

Sinopsis

another-1_

Cerita bermula di tahun 1972, saat itu ada seorang murid kelas 9-3 di SMP Yomiyama Utara bernama Misaki yang nyaris sempurna dalam segala hal. Ia sangat dikagumi oleh banyak orang, baik guru maupun murid sekolah lainnya. Namun suatu hari ia mendadak meninggal karena sebuah kecelakaan dan membuat seluruh penghuni sekolah merasa sangat sedih.

Seolah tak rela dengan kepergian Misaki, ada seorang murid yang menunjuk bangku Misaki lalu mengatakan kalau Misaki masih hidup dan belajar bersama mereka. Sejak saat itu semuanya berpura-pura bahwa Misaki masih hidup. Bahkan saat kelulusan, kepala sekolah menyisihkan sebuah kursi khusus untuk Misaki.

Cerita pun lompat ke tahun 1998 tentang Koichi Sakakibara yang merupakan murid pindahan dari Tokyo. Ayahnya bekerja di India, sedangkan Sakakibara kini tinggal di Yomiyama bersama kakek, nenek, serta bibinya yang bernama Reiko Mikami.

Sebelum masuk ke SMP Yomiyama Utara, Sakakibara sempat dirawat di rumah sakit karena menderita pneumothorax. Di sinilah Koichi bertemu gadis misterius yang membawa boneka dan menggunakan eyepatch di mata kirinya. Gadis itu bernama Mei Misaki, dan ia adalah teman sekelasnya di SMP Yomi Utara.

Singkat cerita, Sakakibara akhirnya masuk sekolah dan belajar di kelas 9-3. Anehnya, saat ia menanyakan soal Misaki ke teman-teman sekelas lainnya, mereka mengaku tidak tahu, seolah-olah tidak ada murid bernama Mei Misaki di kelas 9-3. Padahal Misaki jelas-jelas ada di kelas saat pelajaran berlangsung.

Sampai akhirnya Sakakibara mengetahui bahwa kelas 9-3 adalah kelas terkutuk. Semua bermula sejak 26 tahun lalu saat murid sempurna bernama Misaki meninggal dan semua orang berpura-pura bahwa ia masih hidup. Sejak saat itu keanehan pun terjadi, kursi di kelas 9-3 selalu kurang karena adanya murid tambahan.

Murid tambahan ini sebenarnya adalah orang yang sudah mati, tapi ia tidak menyadari hal tersebut. Ia membaur dengan semua orang sehingga tidak ada yang menyadari identitasnya yang sebenarnya.

Di sisi lain, kutukan ini bekerja dengan mengacaukan ingatan semua orang sehingga mereka juga tidak sadar bahwa di antara mereka sebenarnya sudah ada yang pernah mati sebelumnya.

Untuk menghindari bencana kutukan, kelas 9-3 akhirnya memilih satu murid untuk diabaikan, dan di tahun ini Mei Misaki adalah korbannya. Namun sejak Sakakibara berkomunikasi dengan Misaki, kutukan di kelas 9-3 justru semakin terlihat. Satu per satu orang yang berhubungan dengan kelas 9-3 tewas dengan cara yang mengenaskan.

[NOTE: 3 paragfraf berikutnya mengandung spoiler]

Saat kematian sudah tak terkendali, kelas 9-3 akhirnya bekerja sama mencari cara untuk menghentikan kutukan. Sakakibara dan beberapa anak kelas 9-3 kemudian mendapat informasi dari seorang alumni bahwa satu-satunya cara menghentikan kutukan adalah dengan membunuh si murid tambahan.

Saat kelas 9-3 mengadakan trip ke sebuah vila, info tentang menghentikan kutukan ini bocor ke semua murid. Semuanya akhirnya saling tuduh dan berusaha membunuh satu sama lain. Hingga akhirnya Sakakibara mengetahui bahwa si orang tambahan tersebut adalah Reiko Mikami yang tak lain adalah bibinya sendiri.

Misaki kemudian mengungkap beberapa fakta sebagai bukti bahwa Reiko adalah orang tambahan yang mereka cari. Selama ini hanya kelas 9-3 yang memiliki asisten wali kelas, dan untuk pertama kalinya bangku di kelas 9-3 tidak kurang (karena si orang tambahannya adalah guru).

Reiko pun akhirnya dibunuh dan kutukan berakhir pun berakhir, setidaknya untuk tahun angkatan Sakakibara.

Unsur Horor yang Cukup Kental

another-2_

Another memiliki beberapa hal yang membuat kesan horornya cukup terasa. Mulai dari animasi yang terkesan gelap di beberapa bagian episode, karakter Misaki yang misterius, hingga adanya unsur supranatural atau hal gaib – meski bukan soal hantu, melainkan mata Mei Misaki yang bisa melihat hawa kematian.

Anime ini juga langsung dibuka dengan kisah kelam 26 tahun sebelumnya, lengkap dengan sinematografi yang terkesan suram. Menampakkan suasana menjelang malam, gedung sekolah yang kosong dan sepi, foto hitam putih, tumpahan darah, hingga lampu lift yang berkedip.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram