bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Series And Just Like That Season 1

Sex and The City atau yang lebih dikenal dengan SATC pertama kali tayang di tahun 1998 berbentuk drama series dengan genre drama-romance, comedy. Dibintangi oleh banyak bintang terkenal seperti Sarah Jessica Parker sampai Chris Noth, drama series ini menjadi drama paling sukses yang pernah ditayangkan oleh channel HBO.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Sex and The City (2008)

Berkat kesuksesannya itu, Michael Patrick King, sang sutradara mengangkat Sex and The City ke layar lebar di tahun 2008 dan 2010. Hasilnya, film tersebut tak kalah bombastisnya dengan series yang ditayangkan. Setelah 12 tahun berlalu, kini Michael Patrick King bekerja sama dengan salah satu aktrisnya yakni Cynthia Nixon, membuat seriesnya kembali berjudul And Just Like That.

Sinopsis 

And Just Like That_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Romance, Comedy
  • Produksi: Michael Patrick King Productions, Pretty Matches Productions, Rialto Films
  • Sutradara: Michael Patrick King
  • Pemain: Sarah Jessica Parker, Kristin Davis, Cynthia Nixon, Mario Cantone, David Elgenberg
  • Jumlah Episode: 10 Episode

Episode 1 - Hello It’s Me

And Just Like That_Episode 1 (Copy)

Carrie (Sarah Jessica Parker), Charlotte (Kristin Davis) dan Miranda (Cynthia Nixon) masih berteman baik meski mereka sudah berada di usia pertengahan 50. Sejak Samantha pergi dari New York ke London karena kecewa dengan Carrie yang memberhentikannya sebagai publicist buku milik Carrie, mereka kini hanya menghabiskan waktu bertiga saja.  

Kehidupan Carrie super bahagia dengan John (Chris Noth), ia juga kini berpartisipasi dalam podcast yang berorientasi pada seks yang ramah dengan kaum LGBTQ yang diselenggarakan oleh Che Diaz (Sara Ramirez) seorang komika stand-up non-biner.

Sementara itu, Miranda yang sudah tidak bekerja sebagai lawyer, mulai mengambil sekolah lagi untuk gelar Master Hak Asasi Manusia yang diajar oleh  Profesor muda bernama Nya Wallace (Karen Pittman).

Charlotte pun super bahagia dengan keluarga kecilnya. Ia sangat menyayangi kedua putrinya, Lily (Cathy Ang) dan Rosé (Alexa Swinton). Satu kali, Lily ada resital piano perdananya dan Charlotte ingin sekali semua temannya hadir. John mengijinkan Carrie untuk pergi, namun saat resital selesai dan Carrie pulang ke rumah, ia mendapati John kena serangan jantung dan akhirnya meninggal dalam pelukannya.

Episode 2 - Little Black Dress

And Just Like That_Episode 2 (Copy)

Carrie dalam keadaan yang hancur, pasangan hidupnya kini sudah tidak ada. Meski demikian ia harus melanjutkan hidup. Ia ditemani Charlotte dan Miranda mengadakan kebaktian pemakaman. Samantha mengirimkan bunga untuk Carrie sebagai tanda berkabung, Carrie senang karena Samantha kini membuka pintu komunikasinya kembali. 

Di saat yang sama, Miranda ngamuk bukan main ketika mengetahui anaknya, Brady (Niall Cunningham) bertukar mariyuana dengan Che di aula kebaktian. Miranda tidak menyadari kalau Che adalah bos dari podcast yang selama ini Carrie hadiri. Hal ini membuat Miranda canggung saat Carrie memperkenalkan mereka berdua. 

Disisi lain, Charlotte merasa bersalah dan merasa bertanggung jawab atas kematian John, setelah membuat Carrie untuk datang menghadiri resital Lily ketika Carrie seharusnya bersama John.

Carrie meyakinkan kalau Charlotte dia tidak bersalah atas hal tersebut. Ia berusaha keras supaya teman baiknya itu tidak merasa drop. Carrie juga berusaha keras untuk menerima abu kremasi John yang dikirim ke apartemen mereka. Carrie benar-benar sedih. 

Episode 3 - When in Rome…

And Just Like That_Episode 3 (Copy)

Masih dalam masa duka setelah kematian John, Carrie mulai kembali bangkit dan bergabung kembali dengan podcast. Ia juga bersama Miranda dan sekretaris John, Gloria (Brenda Vaccaro), pergi untuk membaca surat wasiat milik John.

Carrie kaget bukan main ketika mengetahui ada nama mantan istri John, Natasha (Bridget Moynahan) dalam ahli waris. Carrie lantas curiga bahwa John selingkuh dengan Natasha namun hal itu dipatahkan oleh Natasha yang mengatakan mereka tidak pernah bertemu setelah perceraian.

Carrie senang mendengar hal itu, namun rasa senang itu tidak dirasakan oleh Stanfrod yang merasa bahwa Charlotte tidak pernah bisa menerima dirinya sebagai sahabat dekat Carrie. Tak hanya itu, Charlotte juga dibuat pusing oleh putrinya, Rosé, yang mengatakan bahwa dirinya bukanlah seorang gadis namun anak lelaki. Charlotte meminta saran dari Anthony mengenai hal tersebut.

Masih tenggelam dalam pikirannya, Charlotte berusaha bersenang-senang dengan Carrie dan Miranda dengan pergi menghadiri aksi komedi Che. Miranda yang sangat suka dengan pembawaan Che tidak sadar kalau dirinya mulai ‘jatuh hati’ pada Che yang non-biner tersebut.

Di saat Miranda bersama Che dan Charlotte pulang, Carrie kembali ke kediamannya yang lama. Ia tidak mau untuk tidur di kediamannya di  Fifth Avenue, karena selalu teringat John.

Episode 4 - Some of My Best Friends

And Just Like That_Episode 4 (Copy)

Carrie memutuskan untuk menjual kediaman Fifth Avenue. Dia menyimpan abu John di lemari sembari mencari tahu kira-kira di mana abu John akan ditabur. Untuk menarik pembeli, Carrie mempekerjakan seorang agen properti bernama Seema Patel (Sarita Choudhury) untuk menata seluruh apartemennya. 

Sementara itu Charlotte berusaha membuat lingkaran sosialnya dengan suaminya Harry (Evan Handler) lebih beragam. Mereka berteman baik dengan Lisa (Nicole Ari Parker) dan Herbert Wexley (Chris Jackson), pasangan Afrika-Amerika yang terkenal secara sosial. Putra mereka merupakan teman baik dari Rose dan Lily. 

Kebahagiaan Charlotte bertolak belakang dengan apa yang dirasakan Anthony saat itu, Stanford meminta untuk bercerai, Stanford pergi ke Jepang setelahnya bersama dengan klien tunggalnya, Ashley yang adalah seorang penyanyi TikTok yang terkenal. Kesedihan pun dirasakan oleh Miranda yang mulai merenungkan tentang sulitnya bertahan dalam pernikahan dan menjadi Ibu. 

Episode 5 - Tragically Hip

And Just Like That_Episode 5 (Copy)

Charlotte mencoba untuk membuat jadwal saling jaga terhadap Carrie yang baru selesai operasi pinggangnya yang bermasalah. Saat sedang dalam proses pembagian jadwal, Charlotte dikagetkan dengan tingkah Rosé yang mengatakan bahwa dirinya adalah seorang non-biner dan bernama Rock kepada seluruh teman-teman, guru bahkan orang tua teman-temannya. 

Setelah jadwal jaga selesai dibuat, Miranda menjadi orang pertama yang menjaga Carrie di apartemennya. Meski selesai operasi, Carrie tetap menjalankan podcastnya dari apartemen.

Selama podcast berlangsung, ia tidak sengaja menyebut nama Samantha, lantas ia langsung memberanikan diri untuk memberitahu hal tersebut pada Sam, beruntung hal itu tidak jadi masalah; yang jadi masalah malah Miranda.

Miranda bertemu dengan Che di apartemen Carrie. Mereka mabuk bersama dengan minum tequila di dapur dan tanpa diduga Miranda dan Che berhubungan seks. Carrie terbangun dan melihat bayangan mereka di cermin besar. Setelah Che pergi, Carrie melampiaskan kemarahannya pada Miranda. Miranda akhirnya mengakui bahwa ia tidak bahagia dengan pernikahannya.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Sex and The City 2 (2010)

Episode 6 - Diwali

And Just Like That_Episode 6 (Copy)

3 bulan pasca operasi, akhirnya Carrie sembuh. Untuk memulai hidup barunya, Carrie membeli apartemen ultra-modern di pusat kota. Di saat yang sama pula, Lili dan Rosé meminta Charlotte untuk memperbaharui kamar tidur bersama mereka untuk mencerminkan selera dan usia masing-masing. Meski keberatan, Charlotte pun menyanggupi nya. 

Urusan dekorasi itu pun sejalan dengan keinginan Profesor Nya merenovasi gedung apartemen tua menjadi tempat penampungan wanita pengungsi. Profesor Nya mengajak Miranda yang akhirnya mengajak semua teman-teman Miranda yang lain sampai teman Charlotte, Lisa & Herbert sekeluarga. 

Hari setelahnya, Seema mengajak Carrie ke perayaan Diwali keluarganya dan memperkenalkan keluarga Seema yang kadang terlalu menekan Seema yang sudah berumur untuk segera menikah.

Ini membuat Seema mengatakan bahwa dirinya sudah berhubungan dengan seorang dokter bernama Dennis yang merupakan tokoh fiksi yang Seema buat-buat supaya keluarganya tidak lagi menekan dirinya untuk segera berpacaran. Setelah dari acara itu Carrie pulang dan kembali menjual apartemen barunya dan kembali ke apartemen lamanya.

Episode 7 - Sex and The Widow

And Just Like That_Episode 7 (Copy)

Editor Carrie menyarankan padanya untuk menambahkan cerita akhir pada buku barunya dengan plot yang penuh harapan supaya bukunya tidak terlalu sedih.

Carrie merasa ada benarnya, mungkin ia harus menyelesaikan bukunya itu menjadi tak sesedih kehilangannya. Ini membuat Carrie mulai merencanakan untuk berkencan melalui aplikasi online. Ia bertemu dengan seorang duda keren bernama Peter (Jon Tenney) namun berakhir memalukan.

Di lain tempat, Miranda dan Steve mencoba untuk melakukan hubungan seks namun Miranda sudah hilang feeling terhadapnya. Ia lantas mencoba menghubungi Che via DM namun tak ada balasan. Miranda kecewa. Rasa kecewa pun dirasakan oleh Harry Charlotte menolak untuk meminta maaf padanya karena sudah membuatnya malu selama pertandingan tenis ganda kompetitif dengan Lisa dan Herbert. 

Setelah pertandingan itu, keluarga Lisa mengadakan lelang amal. Kacaunya, Charlotte malah ‘melelang’ Carrie dengan tawaran makan siang bersama. Tidak ada satupun tamu yang mengambil tawaran itu, sampai Peter, teman kencan onlinenya, memenangkan lelang tersebut dan Carrie berterima kasih padanya karena telah melepaskannya dari rasa malu.

Selama pelelangan, Miranda bertemu dengan Che, yang meminta maaf karena melewatkan DM Miranda. Miranda memberi tahu Che bahwa dia mencintainya.

Episode 8 - Bewitched, Bothered, and Bewildered

And Just Like That_Episode 8 (Copy)

Mendengar Che mengungkapkan perasaanya, Che bahagia namun itu hanya sesaat ketika ia mengetahui bahwa Miranda sudah menikah dan pernikahannya bukan bersifat open marriage. Itu berarti Che berselingkuh dengan Miranda dan Che segera mengakhiri semuanya. Miranda sedih bukan main dan merasa sakit hati. 

Di apartemen Carrie, suara bising terdengar. Gadis muda yang tinggal di lantai bawah selalu mengadakan pesta dan bertemu teman-temannya yang selalu membuat suara gaduh. Hal ini membuat Carrie tidak bisa istirahat di malam hari. Gadis muda yang bernama Lisette merupakan seorang desainer perhiasan yang sukses, ia kemudian meminta maaf pada Carrie.

Setelah berusaha untuk mencoba meminta maaf pada Che dan berhasil. Miranda langsung menyatakan cintanya kepada Che dan berjanji akan meninggalkan Steve. Che membalas perasaan Miranda tetapi memperingatkan Miranda bahwa hubungan yang akan mereka jalani meruapakan hubungan non-tradisional. MIranda setuju dan langsung terbang ke Cleveland tempat Che tampil.

Episode 9 - No String Attached

And Just Like That_Episode 9 (Copy)

Hari dekorasi di apartemen untuk dijadikan penampungan khusus wanita dimulai. Miranda, Carrie, Charlotte, Lisa dan keluarganya bahkan Steve dan Brady datang meramaikan acara tersebut. Di saat bersamaan, Carrie memposting foto Instagram dirinya mengenakan perhiasannya untuk membantu meningkatkan penjualan perhiasan Lisette. Ia juga berbincang dengan Steve mengenai masalah Miranda. 

Saat acara dekorasi selesai, keluarga Charlotte mempersiapkan diri untuk acara Bat Mitzvah untuk Rosé, namun ia menolaknya membuat Charlotte dan Harry bingung. Lily juga ikutan bingung, namun bukan karena adiknya itu menolak untuk ikut acara Bat Mitzvah; melainkan karena ia tidak tahu cara menggunakan pembalut mengingat dia harus mengikuti pesta billiard pada masa siklus pertamanya.

Carrie masih teringat akan kejadian saat di tempat penampungan, ketika ia sedang mencuci sepatunya yang terkena cat dekor, cincin John jatuh ke saluran pembuangan, beruntung Steve bisa mengambilnya kembali.

Carrie kemudian meletakan cincin pernikahan mereka ke dalam kotak dan ia lantas berpikir sudah waktunya ia bertemu seseorang yang nanti ia cintai lagi. Ia akhirnya mengirim pesan ke Peter untuk melakukan kencan ketiga mereka.

Episode 10 - Seeing The Light

And Just Like That_Episode 10 (Copy)

Kencan Carrie dan Peter berakhir secara platonis sementara Seema menghabiskan tiga hari penuh gairah dengan kekasih barunya Zed. Kencan yang dilakukan Carrie ternyata mendapat respon dari John yang Carrie percayai dikirim John secara anumerta.

Hal ini lantas membuat Carrie urung untuk melakukan kencan lagi. Ia memberitahukan hal tersebut pada Miranda dan Charlotte yang sedang persaipan untuk Bat Mitzvah

Namun Rock tetap pada pendiriannya. Rock menolak untuk berpartisipasi, mengklaim untuk tidak mengidentifikasi dengan kelompok tertentu, agama, jenis kelamin, non-gender, atau apa pun itu. Akhirnya Charlotte lah yang maju menggantikan anaknya untuk Bat Mitzvah, mengingat dia belum pernah menerima Bat Mitzvah semenjak ia berpindah keyakinan menjadi Yahudi.

Miranda akhirnya memutuskan untuk pergi ke Los Angeles bersama dengan Che karena Che mendapat tawaran untuk mengisi satu acara televisi, meski sebelumnya sempat ribut dengan Carrie yang akan pergi ke Paris untuk menabur abu John.

Saat peringatan satu tahun semakin dekat, Carrie akhirnya menebarkan abu John di Sungai Seine, lalu mengirim pesan pada Samantha untuk bertemu selagi Carrie ada di Paris. Kembali di New York, podcast Sex and the City pertama Carrie sukses dan Carrie kini berhubungan dengan produsernya sendiri, Franklyn.

Hidup Baru Carrie

And Just Like That_New Life (Copy)

Dalam series nya kali ini, kehidupan Carrie Bradshaw benar-benar di reset oleh sang sutradara. Semuanya dipaksa mulai dari nol. Dimana ia ditinggalkan oleh suaminya sendiri karena meninggal, Samantha yang punya masalah dengannya hingga ia pergi dari New York ke London untuk tinggal disana, sampai bagaimana Carrie harus berjuang untuk menulis kembali.

Sebenarnya sayang sekali sih, karisma yang sudah dibangun oleh John dan Carrie belasan tahun lamanya harus kandas begitu saja. Karakter John yang diperankan oleh Chris Noth akhirnya harus tamat-setamat-tamatnya dalam series ini. Sehingga tidak ada lagi John yang biasanya mengisi kehidupan Carrie.

Tanpa Samantha

And Just Like That_Samantha (Copy)

Sebelas-dua-belas dengan keadaan John, karakter Samantha yang diperankan oleh Kim Cattrall pun lenyap. Dalam sebuah wawancara pada acara talkshow Friday Night With Jonathan Ross di tahun 2004, Cattrall mengisyaratkan bahwa perbedaan gaji di Sex and the City antara dirinya dan Sarah Jessica Parker adalah bagian dari alasan dia memutuskan untuk "move on" dari pertunjukan tersebut.

Namun di beberapa isu yang beredar, Sarah Jessica Parker disebut tidak benar-benar ‘baik’ pada Kim seperti yang kita lihat di dalam film. Itu kenapa Kim minggat dan membuat Michael Patrick King putar otak bagaimana supaya karakter Samantha tetap ada meski Kim sudah tidak lagi bekerja sama dengan mereka. 

Season ke-2 yang Ditunggu

And Just Like That_Season 2 (Copy)

And Just Like That dinilai sukses besar! Para pecinta SATC benar-benar puas dengan hadirnya series reboot ini kembali di layar TV. Meski yaa… Pasti ada beberapa episode dengan cerita yang sangat disayangkan bisa terjadi. Series ini menjadi debut pertama channel HBO Max dan langsung menjadi original series paling sukses hingga saat ini.

Tidak heran bukan kalau para pecinta SATC masih dan akan terus menunggu season 2 dari series ini? Kita juga dibuat tidak sabar dengan drama baru apalagi yang akan terjadi pada kehidupan Carrie dan tiga sahabatnya yang lain, Charlotte, Miranda dan (i wish) Samantha. Bacaterus memberi skor 4/5 untuk drama series ini.

And Just Like That
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram