bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review 18 Again, Kembali Muda untuk Mengubah Hidup

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 11 Juni 2021

Sepertinya drama korea memang berhasil jadi teman hiburan selama di rumah. Mulai dari cerita hingga para pemeran drama yang tentunya menarik untuk penonton setia. Seperti drama yang akan Bacaterus bahas kali ini ’18 Again’. Drama ini popular pada saat penayangannya dibuktikan dengan rating drama yang cukup tinggi.

Seri televisi Korea ini sebenarnya diangkat dari film Amerika dengan judul ’17 Again’. Tayang di JTBC dari 21 September sampai 10 November, rupanya drama ini memiliki berbagai pelajaran hidup untuk kamu simak. Apa yang akan kamu lakukan jika berkesempatan kembali ke masa lalu?

Sinopsis

Sinopsis & Review 18 Again, Kembali Muda untuk Mengubah Hidup 1
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, Fantasi
  • Produksi: JTBC Studios
  • Sutradara: Ha Byung-hoon
  • Pemeran: Kim Ha-neul, Yoon Sang-hyun, Lee Do-hyun

Sepasang suami istri yang telah menikah Jung Da-jung (Kim Ha-neul) dan Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun) dikaruniai sepasang anak kembar bernama Hong Shi-ah dan Hong Shi-woo. Keduanya berada pada titik jenuh, menikah di usia 18 tahun memang terbilang sangat muda. Membuat mereka harus mengorbankan banyak impian masa muda.

Merasa kehidupan rumah tangganya sudah tak harmonis dengan pikiran yang sudah tak sejalan, Da-jung mengajukan gugatan cerai. Namun hal tak diguga terjadi, tak lama setelah mereka memutuskan pisah rumah Dae-young yang berusia 37 tahun berubah menjadi dirinya di usia 18 tahun (diperankan oleh Lee Do-hyun).

Menghubungi sahabat semasa SMA-nya Go Deok-jin untuk meminta bantuan, Dae-young menjalani hidup baru dengan identitas barunya sebagai siswa SMA. Dae-young pun bertekad bahwa ia akan merubah dirinya di masa lalu dan mengejar mimpinya yang belum sempat ia raih. Seperti saat dirinya berusia 18 tahun dahulu yang populer dan merupakan seorang pemain bola basket terbaik.

Ia mengubah namanya menjadi Go Woo-young dengan identitas sebagai putra Go Deok-jin. Diawali menjadi siswa pindahan di sekolah yang sama dengan kedua anaknya, ia mencoba untuk berteman dengan keduanya. Tak disangka, banyak sekali hal yang kedua anaknya sembunyikan darinya.

Seperti di hari pertama ia menjadi remaja kembali, ia mendapati putrinya bekerja paruh waktu di sebuah minimarket. Sebagai Woo-young ia akhirnya tahu bahwa putrinya itu tak berniat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Shi-ah tertarik untuk menjadi make-up artist dan bekerja untuk mencari biaya kursusnya sendiri.

Saat di sekolah pun ia mengetahui bahwa putranya adalah korban perundungan. Dae-young pun tahu bahwa ternyata Shi-woo itu sangat menyukai basket, berbanding terbalik dengan perkataannya pada Dae-young sebagai ayah. Sebagai Woo-young jugalah, Dae-young bisa melihat istrinya Da-jung dari sisi yang berbeda melalui persahabatannya dengan kedua anak kembarnya.

Setelah bercerai, Da-jung kembali mengejar mimpinya menjadi seorang penyiar TV, dimana ia terpilih sebagai karyawan kontrak dengan masa percobaan. Usia yang tak lagi muda dengan status single parent untuk kedua anaknya, dirinya banyak mendapat cibiran dari perusahaan dan penonton. Tak patah arah dan berkecil hati, Da-jung berhasil membuktikan diri dengan kemampuannya.

Dae-young yang tersadar bahwa ia masih sangat mencintai Da-jung berusaha ingin memperbaiki rumah tangganya. Ia menyadari bahwa banyak sekali kesalah pahaman antara mereka berdua yang menumpuk dan tak terselesaikan.

Melalui tubuh Go Woo-young, ia mengawasi dan melindungi keluarga kecilnya dengan caranya. Sembari mencari cara agar dirinya bisa kembali ke tubuh lamanya. Dae-young ingin mengubah sikapnya kepada keluarganya agar menjadi suami dan ayah yang bisa diandalkan.

Adaptasi Film Hollywood 17 Again

Sinopsis & Review 18 Again, Kembali Muda untuk Mengubah Hidup 3

Beberapa orang memang akan merasa tak asing dengan drama ini, bahkan ketikamelihat judulnya. Nyatanya drama korea ’18 Again’ ini adalah remake dari film Hollywood ’17 Again’ yang dirilis tahun 2009. Dibintangi oleh Zac Efron, film ’17 Again’ memang populer pada masanya. Melihat scene episode awal yang serupa, mebuat penonton penasaran apakah ceritanya akan berjalan sama?

’17 Again berkisah tentang Mike O’Donnel yang menjalani kehidupan barunya sebagai pria berusia 37 tahun yang terjebak dalam tubuh remaja 17 tahun. Di versi Hollywood ini, putri dari Mike dibuat jatuh cinta dengan versi muda sang ayah. Inilah yang menjadikan konflik utama, apalagi saat anaknya mengetahui bahwa Mike remaja malah mencintai ibunya.

Penuh kejutan, di versi dramanya ini alih-alih membuat putrinya jatuh cinta pada versi muda ayahnya, Ha Byung-hoon malah membuat putrinya teringat akan sosok ayahnya dari perhatian yang diberikan Woo-young. Sang sutradara dan para penulis berhasil menyajikan nuansa berbeda dari film aslinya. ’18 Again’ menampilkan sisi kehidupan keluarga yang tak tersentuh di ’17 Again’.

Tokoh dan Pemeran Jempolan

Sinopsis & Review 18 Again, Kembali Muda untuk Mengubah Hidup 5

Tak bisa dipungkiri bahwa dibalik kesuksesan sebuah drama ada tokoh dan pemeran yang akan menjadi pusatnya. Penciptaan sosok tokoh atau karakter yang sempurna dalam drama pun belum tentu terlihat sempurna di mata penonton. Penonton hanya akan melihat penggambaran tokoh itu melalui akting para aktor dan aktris.

Akting dari para pemain cukup bagus dan apik. Mereka bisa menggambarkan tokoh dan membuatnya hidup. Aura yang ditampilkan tokoh terbilang kuat, bahkan untuk pemeran pendukung pelengkap cerita. Tidak ada tokoh yang tampil sia-sia, penonton akan mudah memberikan perhatiannya pada tiap-tiap tokoh.

Chemistry yang terbangun antar pemain juga bagus, menjadikan akting mereka lebih natural. Terutama tokoh Hong Dae-young sebagai fokus utama drama. Yoon Sang-hyun dan Lee Do-hyun memainkan satu tokoh yang sama pada porsinya masing-masing dengan sangat baik, membuatnya terlihat seperti diperankan oleh orang yang sama.

OST yang Siap Masuk Playlist

Tak lengkap rasanya jika mereview sebuah drama tanpa OST yang menjadi ciri dan daya tarik sendiri bagi dramanya. Yup, OST atau original soundtrack mengiringi jalannya drama dengan pesan yang ikut menguatkan jalan cerita. Terdapat sembilan soundtrack yang dirilis untuk drama ini. Sama seperti dramanya OST-nya pun sulit untuk dilupakan.

Lagu yang paling berkesan untuk penggemar drama ini adalah lagu berjudul ‘Hello’ yang dinyanyikan oleh Sohyang. Lirik yang puitis dan meodi yang indah membuat pendengarnya ikut mengenang kenangan saat bersama kekasih. Kemudian lagu dari Soyou dengan judul ‘The Only One’, mewakilkan perasaan seseorang yang membutuhkan cinta pertamanya.

Selain itu ada juga lagu dari Solji ‘One Person’, ‘If You’ oleh Choi Nakta, ‘How To Love’ dari Sondia, ‘Moments Make Memories’ yang dinyanyikan oleh Jukjae, lagu ‘Somebody’ dari Clara, ‘If We Love Again’ yang dibawakan pemeran utama Yoon Sang-hyun, dan ‘Every Single Day’ dari First Time dengan melodi ringan penuh kebahagiaan.

Kamu Harus Tahu

Sinopsis & Review 18 Again, Kembali Muda untuk Mengubah Hidup 7

’18 Again’ adalah sebuah drama bagus yang ditulis dengan naskah yang baik. Dimana setiap episodenya dipenuhi dengan berbagai emosi yang membuat penontonnya tersenyum, tertawa, dan menangis. Memiliki banyak adegan humoris dan menggemaskan tak membuat drama ini lantas kehilangan maknanya.

Terdapat beberapa inspirasi dalam hidup dan kata penyemangat yang membuat penontonnya merasa ikut didukung. Tentang bagaimana bertanggung jawab atas konsekuensi atas jalan yang dipilih, kehidupan pernikahan yang indah namun juga rentan. Mengajarkan soal parenting, drama ini seolah memberi tahu bahwa tidak mudah menjadi orang tua dan pentingnya komunikasi dalam keluarga.

Namun yang utama, drama ini adalah tentang hubungan manusia, mimpi dan perjuangannya, rasa sakit, cinta, dan kebahagiaan. Rasanya penonton akan menemukan jati dirinya dalam drama ini. Drama ini memiliki cara sendiri untuk mengajarkan pemirsanya beberapa pelajaran dalam hidup,   sebagaimana setiap orang memiliki skenario hidup masing-masing.

18 Again
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram