bacaterus web banner retina

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 5 Perbedaan Sadako dan Kayako

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 23 Juli 2021

Kamu penggemar film bergenre horor, khususnya film horor yang berasal dari negara Jepang? Tentu kamu tidak asing lagi dengan dua hantu yang cukup menyeramkan ini bukan? Sampai-sampai dua hantu yang menyeramkan ini dijadikan sebuah film khusus untuk mengadu kekuatan mereka.

Film Sadako VS Kayako ini ditayangkan pada tahun 18 Juni 2016 yang disutradarai oleh Koji Shiraishi. Film ini merupakan gabungan dari serial film Ju-On dan juga Ring. Meskipun katanya dulu film ini dijadikan sebuah lelucon pada April Mop, tapi ternyata film ini benar-benar dijadikan produksi film.

Karakter Sadako dan juga Kayako merupakan hasil dari sebuah karya fiksi novel yang terinspirasi dari urban legend yang ada di Jepang. Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa perbedaan dari dua hantu yang menyeramkan antara Sadako dan Kayako yang perlu kamu ketahui.

Sadako VS Kayako

Sebelum membahas mengenai perbedaan dari Sadako dan Kayako, tentunya mereka memiliki beberapa kesamaan. Baik Sadako dan Kayako, mereka adalah sama-sama hantu yang jahat dan suka meneror. Selain itu mereka sama-sama memiliki rambut panjang yang terurai dan kusut, sama-sama memakai baju putih, kemunculannya sama-sama membuat tegang dan yang pasti sama-sama bikin merinding.

Namun, meskipun sama-sama memiliki beberapa kesamaan yang sudah disebutkan diatas, tentunya Sadako dan juga Kayako mempunyai perbedaan. Berikut beberapa perbedaan antara Sadako dan Kayako.

1. Kemunculan dalam Film

Kemunculan dalam Film

* sumber: aminoapps.com

Seperti telah disebutkan diatas, baik Sadako maupun Kayako, mereka merupakan hasil dari sebuah karya fiksi novel yang terinspirasi dari kisah urban legend yang ada di Jepang. Sadako adalah sosok hantu perempuan jahat yang muncul dalam serial film Ring. Serial film pertamanya ditayangkan pada tahun 1998, kemudian Ring 2 (1999) dan terakhir Ring 0: Birthday (2000). Film ini juga sempat dibuat remake kedalam versi Amerika pada tahun 2002.

Sedangkan Kayako merupakan sosok hantu perempuan jahat bersama anaknya Toshio yang muncul dalam serial film Ju-On pertama yang tayang pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2020 ini dengan total ada 9 serial film Ju-On.

2. Cara Meneror

Cara Meneror

* sumber: movie-lander.blogspot.com

Tentunya Sadako dan juga Kayako memiliki caranya masing-masing untuk meneror para korbannya. Sadako meneror para korbannya dengan cara menyebarkan sebuah rekaman video terkutuk. Sebelum membunuh korbannya, orang yang menonton video rekaman tersebut akan menerima sebuah panggilan telepon yang hanya terdengar dengungan suara dengan frekuensi yang tinggi.

Tujuh hari setelah menerima panggilan telepon misterius tersebut, Sadako akan muncul untuk membunuh korbannya dengan keluar muncul dari sebuah televisi dan berjalan menuju kepada sang korban.

Sedangkan Kayako, ia merupakan hantu yang tidak begitu suka dengan kebersihan karena ia suka diam di sebuah rumah kosong dan juga berdebu. Ia akan meneror orang-orang yang masuk ke rumah tersebut dan jika tinggal di rumah tersebut sudah pasti orang tersebut akan mati.

Sebelum Kayako muncul, akan ada kemunculan sosok anaknya Toshio terlebih dahulu yang mengeluarkan suara kucing untuk menakut-nakuti para calon korban. Dan setelah kemunculan Toshio tersebut, Kayako akan dengan mudah berjalan untuk membunuh korbannya tersebut.

Baca juga: Film Horor Jepang Terseram dan Paling Menakutkan

3. Cara Berjalan

Cara Berjalan

* sumber: aminoapps.com

Dari cara jalan kedua hantu ini cukup memiliki perbedaan yang signifikan. Sadako meskipun memiliki rambut yang panjang menjuntai dan bahkan menutupi seluruh wajahnya itu ia tetap bisa berjalan dan melihat korbannya.

Sedangkan Kayako, karena tulang-tulangnya patah makai a tidak bisa berjalan secara normal. Melainkan ia berjalan dengan cara merayap merangkak di bawah tapi ia bisa bergerak dengan sangat cepat untuk membunuh para korbannya.

4. Pertanda Kemunculan

Pertanda Kemunculan

* sumber: cutewallpaper.org

Pertanda dari kemunculan kedua hantu menyeramkan ini pun memiliki perbedaan. Sadako yang sebelumnya meneror dengan sebuah video rekaman terkutuk seperti telah disebutkan diatas, orang yang sudah melihat rekaman video terkutuk tersebut akan menerima sebuah panggilan misterius.

Kemudian dua hari setelahnya Sadako akan muncul dengan cara keluar dari televisi. Dan jika tiba-tiba ditemukan segenggam rambut, maka itu pertanda lainnya bahwa Sadako telah muncul untuk membunuh korbannya.

Sedangkan Kayako, ia akan muncul setelah sebelumnya muncul sosok anaknya Toshio yang memberi sebuah tanda dengan mengeluarkan suara kucing. Kemudian jika terdengar suara “aa…aa..aa..”, maka itu merupakan pertanda lainnya kemunculan sosok Kayako yang akan menyerang korbannya.

5. Penyebab Meninggal

Penyebab Meninggal

Tentunya para hantu menyeramkan ini dulunya merupakan seorang manusia dan memiliki kisah kematian yang tragis dan yang pasti cara meninggalnya pun berbeda. Konon sebelum menjadi hantu, Sadako memiliki saudara kembar, dengan karakteristik yang berbeda. Yang satu memiliki sifat yang baik dan sedangkan yang satunya lagi menjadi orang yang jahat yang akhirnya menjadi hantu yang pendendam.

Dulu, Sadako disiksa dan dikurung dalam sebuah ruangan, sampai akhirnya dibuang ke dalam sumur yang berada di belakang rumah si penyiksa tersebut. Sadako tidak mati begitu saja, namun ia bertahan dalam beberapa tahun sampai akhirnya ia membuat sebuah kutukan dalam video rekaman terkutuk dengan menggunakan kekuatan yang disebut dengan nensha.

Nensha merupakan sebuah senjata dan kekuatan yang khas untuk membuat sebuah rekaman video menjadi terkutuk yang nantinya akan membunuh siapapun orang yang menontonnya, kecuali rekaman video tersebut dibuat salinannya dan diberikan kepada orang lain.

Sedangkan Kayako sebelum menjadi sosok hantu jahat, dulunya digambarkan sebagai sosok anak yang merasa tertekan dan juga kesepian. Sebagian besar waktunya ia habiskan dengan kucing kesayangannya bernama Kuro hingga menjadi sosok yang anti-sosial.

Suatu hari ia bertemu dengan sosok lelaki yang dianggapnya mengerti dan juga peduli kepada Kayako. Dan akhirnya mereka pun menikah dan dikaruniai anak laki-laki bernama Toshio. Namun karena suatu peristiwa suami Kayako dilanda cemburu buta. Dalam keadaan cemburu buta tersebut, suaminya menyiksa Kayako sampai tulang-tulangnya patah dan akhirnya meninggal dan mayatnya disimpan di atas loteng rumah.

Sedangkan Toshio yang menyaksikan penyiksaan ibunya itu akhirnya pun dibunuh dengan cara ditenggelamkan bersama kucing hitam peliharaan di dalam bak mandi dan disembunyikan dalam lemari. Sejak saat itulah, hantu Kayako dan Toshio akan membunuh siapapun yang masuk ke dalam rumah mereka dan atau kemana pun dimana kutukan itu ditularkan.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara Sadako dan Kayako, meskipun mereka serupa dan sama-sama menjadi sosok hantu perempuan yang jahat dan juga menyeramkan namun ternyata Sadako dan Kayako itu berbeda lho.

Kira-kira kamu lebih takut pada sosok hantu Sadako atau Kayako? Tuliskan di kolom komentar yang ada di bawah ya. Untuk kamu yang menyukai cerita mistis dari negeri Jepang dan lainnya, mulai dari film horor atau cerita mistis lainnya kamu bisa membaca ulasan tentang dunia mistis yang ada di bacaterus ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram