bacaterus web banner retina

10 Pemeran Through The Darkness, Kisah Profiler Pertama Korea

Through The Darkness (2022) mendapat sambutan baik dari penonton Korean Drama di Indonesia. Meski tidak se-booming drama-drama yang tayang di Netflix, ia berhasil mencuri perhatian.

Bercerita tentang perjalanan profiler pertama di Korea Selatan, drama berjumlah 12 episode ini menyajikan scene-scene yang dapat memicu trauma.

Pasalnya, Ha Young sebagai penyidik dari Tim Analisis Perilaku menggali kepribadian dan isi kepala para pembunuh berantai yang bagai kegelapan.

Kim Nam Gil sangat memuaskan karena dapat membawakan peran Ha Young dengan sempurna, begitu pun dengan pemeran lainnya. Siapa saja mereka?

1. Song Ha Young – Kim Nam Gil

1. Song Ha Young – Kim Nam Gil

Song Ha Young yang diperankan oleh Kim Nam Gil memiliki trauma masa kecil yang membentuknya jadi orang dewasa dengan kepekaan tinggi dan berbeda dari kebanyakan orang.

Kemampuannya merasakan emosi menjadi alasan mengapa Kapten Kook Young Soo yakin mengajaknya bergabung dalam Tim Analisis Perilaku.

Saat masih menjadi penyidik, Ha Young terkenal sangat jeli. Dia bisa melihat dan menghubungkan titik-titik petunjuk hingga menjadi satu gambaran yang lebih jelas. Ketika bergabung dengan Tim Analisis Perilaku, Ha Young mempertahankan pembawaannya yang tenang.

Ketenangan dan tidak mudah terintimidasi adalah senjata terbesar Ha Young dalam menghadapi dan menganalisis perilaku penjahat-penjahat kejam.

Tugasnya sehari-hari sebagai Tim Analisis Perilaku sangat melelahkan mental karena sepanjang hari Ha Young harus mendengar para kriminal membicarakan isi hati dan kepalanya yang rata-rata tanpa belas kasih dan rasa bersalah.

Ha Young mendapat tambahan tenaga dari permen dan coklat yang jadi cemilan favoritnya. Lelaki yang dikenal bermental kuat pada akhirnya sempat drop dan menyerah. Kekhawatiran terbesar Ha Young adalah menjadi sama seperti penjahat itu jika terus-menerus terpapar oleh pengakuan mereka.

Namun, kekuatan hati Ha Young untuk membantu para korban dan keluarganya, mengalahkan kekhawatiran tersebut.

2. Kook Young Soo – Jin Seon Kyu

Kook Young Soo – Jin Seon Kyu

Kapten Kook Young Soo menjadi pemeran Through The Darkness (2022) paling berjasa karena berkat pikiran yang visioner, Korea Selatan memiliki profiler pertama dalam sejarah.

Idenya untuk membentuk Tim Analisis Perilaku bermula ketika dia menyadari akan ada semakin banyak pelaku kejahatan yang bertindak kriminal tanpa memiliki motif jelas.

Dia menjadi batu pertama untuk Tim Analisis Perilaku. Sosoknya teguh dan pantang menyerah. Young Soo sudah kebal menghadapi banyak pandangan menyepelekan tentang tim baru yang sedang dia rintis. Sebelum berjuang bersama Ha Young, Young Soo adalah kepala tim forensic.

Pada akhirnya dia menjadi Kepala Tim Penyelidikan Ilmiah, termasuk di dalamnya Tim Analisis Perilaku dan Forensik. Young Soo sangat percaya bahwa Ha Young adalah orang di kepolisian yang paling tepat untuk misi tim barunya.

Sebagai kepala atau atasan, Young Soo menjadi kontrol ketika Ha Young sudah mulai hilang kendali. Dia bukan tipikal atasan yang memaksakan kehendak, melainkan menunggu dan memberikan waktu.

3. Yoon Tae Goo – Kim So Jin

Yoon Tae Goo – Kim So Jin

Pemeran Through The Darkness (2022) selanjutnya yaitu aktris senior Kim So Jin, yang baru lagi ‘turun gunung’ setelah terakhir membintangi drama pada 2016 lalu dalam Marriage Contract (2016). Kim So Jin yang lebih banyak disibukkan dengan projek film ini berperan sebagai Kapten Yoon Tae Goo.

Yoon Tae Goo adalah kepala tim Mobile Investigation Unit yang tegas dan berani. Dia punya hubungan masa lalu yang lumayan emosional dan cukup baik dengan Ha Young.

Ketika itu Yoon Tae Goo yang sedang mengejar penjahat hampir tewas jika Ha Young tidak membantunya. Dengan bantuan Ha Young, Yoon Tae Goo berhasil menangani kasus dan mendapat kenaikan pangkat.

Sayangnya hal ini jadi membuat Tae Goo merasa rendah diri dan tidak pantas mendapatkannya. Sikap Tae Goo pada Ha Young berubah dan terbawa ketika mereka bertemu kembali.

Saat dipindahkan ke kantor polisi dan kembali bertemu Ha Young, keduanya tak bisa langsung akrab. Kapten Yoon Tae Goo termasuk di antara orang-orang kepolisian yang awalnya menyepelekan Tim Analisis Perilaku.

Namun, setelah mulai bekerja sama dalam beberapa kasus, Yoon akhirnya merasa terbantu dan mulai setuju kalau Tim Analisi Perilaku bagian yang penting dalam kepolisian Korea Selatan.

4. Ryeo Un – Jung Woo Joo

Ryeo Un – Jung Woo Joo

Ryeon Un, salah satu aktor pendatang baru di Korea Selatan menjadi bagian penting dalam drama ini. Pengalamannya syuting untuk drama Homemade Love Story (2020), 18 Again (2020) dan 365: Repeat the Year (2020) membuatnya luwes beradu akting dengan aktor-aktor yang lebih senior.

Pada Through the Darkness (2022), Ryeon Un berperan sebagai Jung Woo Ju. Dia adalah anggota Tim Analisis Perilaku termuda sekaligus anggota pertama yang berinisiatif mendaftar ke Tim Analisis Perilaku lebih dulu.

Woo Ju tidak banyak turun dan dilibatkan di lapangan, tetapi dia jagonya mengelola informasi dan data-data kejahatan dari berbagai peristiwa.

Ketika Young Soo membutuhkan data penting untuk mendukung penyelidikannya di lapangan, Woo Ju selalu sigap dan gerak cepat menemukannya.

Sebagai anggota termuda, Woo Ju selalu menunjukkan sikap yang penuh sopan santun pada para seniornya, termasuk setiap Young Soo menggodanya.

5. Nam Il Young – Jung Soon Won

Nam Il Young – Jung Soon Won

Wajah Jung Soon Won pasti tidak begitu asing bagi penikmat drama Korea. Terbaru dia sukses bermain dalam drama Korea original Netflix, The Silent Sea (2021) bersama Gong Yoo dan beberapa pemain lain. Dia kerap melakoni peran-peran jahat yang culas, tapi di drama ini, Jung Soon Won tampil beda.

Jung berperan sebagai Detektif Nam Il Young yang merupakan anggota termuda dari Mobile Investigation Unit pimpinan Kapten Yoon Tae Goo.

Nam sangat bekerja keras mengusut kasus-kasus yang terjadi. Dia juga loyal dan berani serta selalu mengikuti perintah-perintah Yoon dengan baik.

6. Heo Gil Pyo – Kim Won Hee

Heo Gil Pyo – Kim Won Hee

Aktor senior Kim Won Hee berperan sebagai Kapten Heo Gil Pyo, yaitu kepala Mobile Investigasi Unit  di Seoul Metropolitan Police Agency. Sosoknya menjadi orang yang paling Young Soo andalkan agar Tim Analisis Perilaku dapat terus bertahan.

Dengan jabatannya yang lumayan tinggi, Gil Pyo kerap menjadi tameng atau pelindung ketika Tim Analisis Perilaku diragukan banyak orang, termasuk orang-orang di kepolisian.

Gil Pyo selalu merasa direpotkan oleh permintaan Young Soo, tapi di satu sisi dia sangat percaya pada dan bangga pada juniornya itu.

Gil Pyo bahkan menyebut Young Soo sebagai polisi terbaik di Korea. Momen perpisahan sementara antara dirinya dan Young Soo terjadi kalau dia dipindahkan ke provinsi lain.

7. Choi Yoon Ji – Kong Seong Ha

Choi Yoon Ji – Kong Seong Ha

Tugas seorang jurnalis adalah berusaha menghimpun data untuk kemudian diolah menjadi sebuah berita menarik. Choi Yoon Ji dari Harian Fakta Hari Ini berusaha melakukan tugas itu dengan baik.

Tak heran dia sering terlihat berada di sekitar kantor kepolisian Seoul, tapi kerap mendapat kesulitan karena tak pernah diizinkan masuk lebih dalam.

Choi Yoon Ji adalah teman Woo Ju yang kerap kali merepotkan. Namun, dia adalah reporter yang bekerja tidak hanya menggunakan logika dan berorientasi pada isu-isu terpanas, melainkan seorang jurnalis yang bekerja dengan hati.

Ketika Nam Ki Tae tertangkap dan banyak berita lain fokus memberitakan tentangnya, Yoon Ji justru mengangkat kesedihan para korban yang ditinggalkan melalui tulisannya.

Dia juga orang yang berjasa terhadap Tim Analisis Perilaku karena memberikan apresiasi pada tim tersebut melalui berita yang ditulis. Berkat tulisannya tentang kehebatan Tim Analisis Perilaku, Kepolisian Korea Selatan mulai membenahi sistem penyelidikan secara keseluruhan.

8. Gu Young Chun – Han Joon Woo

Gu Young Chun – Han Joon Woo

Penampilan Han Jun Woo dalam Through The Darkness (2022) akan membuatmu marah. Pasalnya aktor yang sebelumnya ikut bermain dalam Happiness (2021) ini berperan sebagai seorang psikopat, pembunuh berantai bernama Gu Young Chun.

Gu Young Chun meresahkan masyarakat dan membuat anggota kepolisian termasuk Ha Young bingung karena cukup sulit ditangkap.

Dia didakwa atas tuduhan pembunuhan belasan wanita yang terdiri atas wanita-wanita paruh baya yang kaya dan wanita penghibur.

Young Chun bukan hanya membunuh mereka tetapi memutilasinya. Kepribadian Young Chun sangat tenang, bahkan ketika dia menjelaskan bagaimana pemotongan tubuh manusia dilakukan.

Young Chun punya obsesi menjadi ‘Tuhan’ yang dapat menghukum orang-orang yang menurutnya bersalah. Dia tidak merasa bersalah atas perbuatannya. Kasus Young Chun terinspirasi dari pembunuhan berantai Raincoat Killer yang menggemparkan Korea tahun 2003-2004 lalu.

9. Nam Ki Tae – Kim Joong Hee

Nam Ki Tae – Kim Joong Hee

Pemeran selanjutnya dalam drama Through The Darkness (2022) yang akan membuatmu mual dan pusing karena penampilan memukaunya adalah Kim Jong Hee.

Di sini dia membawakan karakter seorang pembunuh berantai yang membunuh banyak wanita hanya untuk bersenang-senang.

Pembunuh berantai bernama Nam Ki Tae ini memiliki trauma masa lalu yang sangat buruk. Dia tidak pernah diperlakukan baik sejak kecil, bahkan pernah mengalami tindakan pelecehan seksual beberapa kali oleh pria yang lebih tua.

Nam Ki Tae selalu dikucilkan dan tidak pernah punya teman bicara. Oleh karena itu dia sangat senang bercerita semua hal pada Ha Young.

Dia membunuh hanya untuk membuktikan bahwa ada sesuatu yang akhirnya bisa dia lakukan dan membuatnya senang. Sosok pembunuh berantai ini menjadi pemicu dari terganggunya mental Ha Young sampai-sampai membuat penyidik tersebut kecelakaan.

10. Woo Ho Sung – Na Chul

Woo Ho Sung – Na Chul

Na Chul yang sekilas wajahnya mirip Kim Seon-ho ini sempat menjadi idola sesaat dalam drama Happiness (2021) karena karakternya.

Di sini, Na Chul hadir dengan karakter yang akan membuatmu marah dan geram. Dia salah satu pembunuh berantai yang cukup sulit dihadapi karena punya kontrol diri sangat baik.

Berperan sebagai Woo Ho Sung, dia adalah pembunuh berantai yang narsistik dan tidak mudah terpancing. Ho Sung hanya lemah ketika Ha Young menyebut soal putranya.

Ho Sung menggunakan wajahnya yang lembut serta foto anjing yang disimpan di bagian dashboard untuk memancing para korbannya. Korban-korban Ho Sung rata-rata adalah perempuan yang pulang larut malam sendirian.

Dia menjalankan modus dengan pura-pura bertanya alamat lalu berujung pada mengajak korban masuk ke mobilnya dengan alasan akan diantar sampai tujuan. Ho Sung diketahui juga membunuh istri dan ibu mertuanya untuk mendapatkan premi asuransi.

Para pemeran Through The Darkness (2021) yang diwakili oleh sepuluh aktor dan aktris di atas, menyuguhkan penampilan yang gak akan mengecewakan. Gesture, mikro ekspresi dan hal-hal detail tidak luput diperlihatkan dalam setiap scene per scene-nya.

Dengan semua elemen yang dimiliki, Through The Darkness (2022) akan jadi salah satu drama thriller terbaik tahun ini. Siapa yang sudah ter-Ha Young-Ha Young setelah menontonnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram