bacaterus web banner retina

7 Pemeran The Prison (2017), Aksi Balas Dendam Seorang Polisi

Ditulis oleh Siti Hasanah

The Prison merupakan debut Na Hyun sebagai sutradara. Sebelumnya dirinya dikenal sebagai penulis naskah. Karya-karyanya yang pernah digarapnya antara lain Spin Kick (2004), Forever Library (2008), dan Inseparably Bros (2019).

Pada tahun 2017, Na Hyun mencoba menjajal kemampuannya directing-nya dengan menukangi film The Prison. Nama-nama tenar digaetnya untuk bergabung dalam filmnya.

The Prison berkisah tentang sindikat di dalam penjara yang beraksi melakukan berbagai tindakan kriminal. Sindikat tersebut diketuai oleh satu orang yang disebut raja.

Kisah film ini semakin menarik dengan hadirnya seseorang yang menuntut balas pada Sang Raja. Nah, siapa saja pemeran yang hadir dalam film The Prison? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 8 Film Korea Terbaik Berlatar Penjara yang Wajib Ditonton

1. Jung Ik Ho (Han Suk Kyu)

Jung Ik Ho (Han Suk Kyu)

Han Suk Kyu adalah salah satu pemeran utama dalam film ini. Aktor kawakan satu ini memerankan karakter Jung Ik Ho. Dia Raja di penjara yang mengkoordinasikan berbagai aksi kriminal.

Jung Ik Ho dikenal sebagai orang yang lebih kejam daripada mafia. Meskipun tidak pernah terlihat sibuk, tapi sepak terjangnya begitu mengerikan.

Kekuasaan Ik Ho tidak terbatas di lingkungan penjara saja. Di luar pun dia masih punya kuasa. Penjara bagi Ik Ho adalah sebuah kerajaan dan dia tidak akan mengampuni siapapun yang mengganggu ketenteraman di “kerajaan” miliknya.

Ik Ho malah secara sukarela tinggal di penjara. Saat kepala sipir memintanya untuk keluar dari penjara, dia malah membunuh sipir tersebut.

Suatu hari Ik Ho mendengar tentang adanya napi baru yang perangainya sangat buruk dan seorang pemberontak.

Ik Ho yang tertarik pada napi itu, kemudian turun tangan langsung untuk menaklukkan si napi yang susah diatur itu. Dengan satu gertakan yang membuat siapa pun gemetaran, Ik Ho berhasil menaklukan si napi itu.

Yang lebih mengejutkan, napi tersebut adalah seorang loyalis. Dalam waktu singkat, Ik Ho sudah menaruh kepercayaan kepadanya sebab napi itu lebih bisa diandalkan ketimbang anak buahnya yang lain.

Tapi itu tidak berlangsung lama sebab Ik ho mengetahui bahwa ia datang bukan untuk mengabdi kepadanya, melainkan untuk membalas dendam.

2. Song Yoo Geon (Kim Rae Won)

Song Yoo Geon (Kim Rae Won)

Kim Rae Won memang seorang aktor multitalenta. Dia dapat memainkan banyak peran berbeda dengan baik. Salah satu yang cocok dengan Rae Won adalah karakter pemberontak seperti Song Yoo Geon ini. Yoo Geon sejatinya adalah seorang polisi.

Namun, reputasinya tidaklah baik. Orang-orang di sekitar Yoo Geon mengenalnya sebagai polisi yang galak dan bengis.

Kendati demikian, dia adalah polisi yang cakap. Misi-misi yang diembankan kepadanya hampir bisa dipastikan selalu sukses. Yoo Geon kemudian ketahuan melakukan tindakan kriminal sehingga dia dijebloskan ke dalam penjara.

Rupanya tindakan kriminal itu adalah siasat agar dia mendekat kepada Jung Ik Ho. Yoo Geon mengejarnya sebab dia adalah dalang di balik kematian kakaknya.

Yoo Geon tahu bahwa Ik Ho itu kebal hukum. Oleh sebab itu, masuk ke penjara dan menjadi kaki tangan Ik Ho adalah jalan terbaik untuknya.

Dalam waktu singkat Yoo Geon sudah berhasil masuk ke dalam lingkaran Ik Ho. Dia bahkan dipercaya untuk terlibat dalam misi-misi besar bersama anak buah kepercayaan Ik Ho.

Saat situasi hampir mulai terkendali, Yoo Geon ketahuan oleh Ik Ho. Sang Raja akhirnya mengetahui tentang misi terselubungnya selama ini.

Ik Ho tahu bahwa Yoo Geon adalah adik dari reporter yang dibunuhnya dulu. Dan dengan cepat ia memahami bahwa target Yoo Geon adalah dirinya.

3. Kepala Penjara Kang (Jung Woong In)

Kepala Penjara Kang (Jung Woong In)

Jung Woong In adalah salah satu langganan antagonis terbaik di Korea. Karakter villain sudah melekat dengan sosok aktor satu ini. Perannya sebagai Min Joon Gook dalam I Can Hear Your Voice adalah salah satu peran villain terbaiknya.

Dalam film ini pun perannya masih termasuk antagonis. Dia berperan sebagai Kepala Penjara korup yang hanya berorientasi kepada diri sendiri.

Selain itu, dia juga dikenal sebagai sosok penjilat yang tidak ragu merendahkan dirinya demi mendapat promosi jabatan. Tidak heran jika dia tunduk di bawah kaki Ik Ho.

Meskipun Kang berstatus kepala penjara, namun Kang takut pada napi berjuluk raja di penjara itu. Dia tahu perbuatan Ik Ho dan antek-anteknya.

Namun, karena Kang mendapat banyak hadiah dan uang, dia membiarkan Ik Ho melakukan apapun yang diinginkannya.

Kepala Penjara Kang hanya tunduk pada uang dan kekuasaan. Maka dari itu, saat atasannya mengetahui perbuatan busuk Ik Ho dipenjara, dia ditekan. Atasannya mengancam akan memecatnya apabila ia membiarkan Ik Ho.

Kepala Kang lalu bermaksud bernegosiasi dengan Ik Ho agar mau keluar dari penjara. Namun, bukannya menurut, Kepala Kang malah ditembak dan posisinya digantikan oleh Wakil Kepala Penjara.

4. Dr. Kim (Kim Sung Kyun)

Dr. Kim (Kim Sung Kyun)

Di awal film, kita diperlihatkan adegan pembunuhan terhadap pejabat korup yang dilakukan oleh beberapa orang. Nah, salah satu dalang dari pembunuhan itu adalah Dr. Kim. Karakter yang diperankan oleh Kim Sung Kyun ini adalah antek Ik Ho di luar penjara.

Dr. Kim diperintahkan Ik Ho untuk mengurus kasus kematian pejabat yang dibunuh Ik Ho di awal film. Dia bertemu dengan Kepala Kang dan menyuruhnya untuk tutup mulut. Sebagai imbalannya, Kepala Kang diberi uang banyak oleh Dr. Kim.

Dari sini kita tahu bahwa Dr. Kim adalah orang kepercayaan Ik Ho. Di samping itu, Dr. Kim dan Ik Ho juga bekerja sama menyelundupkan narkoba ke penjara, sehingga tidak ketahuan pihak berwenang lainnya.

5. Chang Gil (Shin Sung Rok)

Chang Gil (Shin Sung Rok)

Nah, aktor satu ini hadir pula dalam The Prison. Sung Rok berperan sebagai Chang Gil, salah satu anak buah Ik Ho. Berposisi sebagai orang kepercayaan penguasa penjara, Chang Gil yang kerap disebut hyung oleh napi lain ini bersikap sombong.

Ketika Yoo Geon masuk penjara, Chang Gil kegirangan sebab dia dapat membalaskan dendamnya. Usut punya usut, ternyata dia adalah penjahat yang dijebloskan ke penjara oleh Yoo Geon.

Itulah sebabnya, keduanya tidak pernah akur. Terlebih lagi, Chang Gil merasa posisi sebagai orang kepercayaan Ik Ho terancam sejak Yoo Geon ada di penjara.

Chang Gil pun melihat bahwa Ik Ho tidak lagi berpihak kepadanya. Maka dimulailah siasat untuk memberontak. Sayangnya siasatnya gagal sebab Yoo Geon menyelamatkan Ik Ho.

Berkat kejadian tersebut, Ik Ho malah semakin mempercayai Yoo Geon dibandingkan dengan Chang Gil. Sebagai dampak dari perbuatannya itu, Chang Gil dibunuh di luar penjara dengan tragis.

6. Hong Pyo (Jo Jae Yoon)

Hong Pyo (Jo Jae Yoon)

Hong Pyo dalam film ini pun bukanlah karakter yang baik. Dia adalah salah satu napi yang juga anak buah Ik Ho. Berkat nama besar sang raja, Hong Pyo dihormati oleh napi-napi lainnya.

Akan tetapi, masa-masa tenang berada di bawah naungan nama besar Ik Ho tidak berlangsung lama. Dia terdesak oleh kedatangan Yoo Geon.

Melihat itu, Hong Pyo menaruh dendam pada Yoo Geon dan ingin melenyapkan pria itu. Hong Pyo dan Chang Gil kemudian menyusun rencana untuk memberontak pada Ik Ho. Dia merasa bahwa Ik Ho lebih memperhatikan napi baru itu ketimbang dirinya.

Nahas bagi Hong Pyo. Siasatnya gagal dan dia malah menerima perlakuan yang sangat menyakitkan dari Ik Ho. Matanya dicungkil dengan sendok oleh Ik Ho.

7. Jong Dae (Han Joo Wan)

Jong Dae (Han Joo Wan)

Jong Dae bukanlah napi biasa. Dia juga orang kepercayaan Ik Ho dan anak buah terbaiknya. Jong Dae dan yang lainnya selalu berhasil menjalankan perintah dengan baik. Selain itu, loyalitasnya pada Ik Ho tidak perlu diragukan lagi.

Lalu, siapakah Jong Dae sebenarnya? Dalam sebuah scene digambarkan Yoo Geon dan napi lainnya bertugas membersihkan peralatan dapur.

Dari obrolan mereka, kita tahu bahwa napi-napi di penjara itu bukanlah orang biasa. Jong Dae adalah salah satu napi yang punya latar belakang baik.

Sebelum dia berakhir di penjara, Jong Dae adalah seorang dokter. Namun, dia terlibat malpraktek dan dituntut hukuman penjara. Di penjara itu, Jong Dae bertugas sebagai algojo yang membunuh musuh-musuh.

Masih ingat dengan pejabat korup yang dibunuh di awal film? Itu adalah ulah Jong Dae dan yang lainnya. Dia menyuntikkan kokain dosis tinggi pada tubuh pejabat itu sampai akhirnya pejabat tersebut meregang nyawa karena keracunan.

Nah, itulah 7 pemeran yang hadir dalam film The Prison. Untuk kamu yang menyukai film laga, the Prison patut untuk ditonton langsung. Film ini menghadirkan kehidupan lain di balik penjara yang tidak pernah kita duga.

Selain itu alur cerita yang menarik, akting para pemainnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Paling tidak nama-nama besar seperti Han Suk Kyu, Kim Rae Won, Shin Sung Rok dan Jo Jae Yoon membuat penasaran. Seperti apa keseluruhan ceritanya? Silakan tonton film ini di layanan streaming favoritmu.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram