16 Pemeran Film The Lord of the Rings: The Return of the King

Ditulis oleh Erika Erilia

The Return of the King adalah judul terakhir dari film trilogi The Lord of the Rings yang digarap oleh sutradara Peter Jackson. Dirilis pada tahun 2003 silam, film ini menjadi penutup kisah petualangan Frodo menuju Mordor untuk menghancurkan The One Ring.

Sesuai dengan judulnya, film ini juga berfokus pada kembalinya Raja Gondor yang tak lain adalah Aragorn. Namun sebelum itu, Gondor harus menghadapi serangan besar-besaran dari Sauron yang mengerahkan seluruh pasukannya ke Minas Tirith. 

The Return of the King memiliki cerita yang cukup kompleks sehingga film ini juga memiliki banyak tokoh penting di dalamnya. Berikut adalah 16 pemeran film The Lord of the Rings: The Return of the King beserta karakter yang mereka mainkan.

1. Elijah Wood (Frodo Baggins)

pemeran-the-lord-of-the-ring-3-1_

Aktor Elijah Wood mendapatkan peran sebagai Frodo Baggins, Hobbit dari Shire yang harus membawa The One Ring ke Mordor dan menghancurkannya di api Mount Doom. Frodo dipercaya membawa The One Ring karena sebelumnya sempat membawa cincin itu dari Shire ke Rivendell tanpa masalah berarti.

Dalam The Return of the King, Frodo dan sahabat baiknya, Sam, harus melewati jalan pintas berbahaya untuk sampai ke Mount Doom. Di sisi lain, pengaruh The One Ring semakin kuat dan mulai meracuni pikiran Frodo. Bahkan saat Gollum memfitnah Sam dan menuduhnya ingin merebut cincin, Frodo langsung mengusir Sam.

Frodo sendiri tak sadar bahwa ia sudah masuk jebakan Gollum yang ingin mengumpankannya pada laba-laba raksasa bernama Shelob. Pengaruh The One Ring juga makin kuat saat Frodo telah sampai di Mount Doom.

Pertahanan Frodo pun runtuh dan ia benar-benar terpengaruh oleh cincin tersebut. Frodo bahkan menolak menjatuhkan The One Ring ke api Mount Doom dan ingin memilikinya.

2. Sean Astin (Samwise Gamgee)

pemeran-the-lord-of-the-ring-3-2_

Sean Astin merupakan aktor asal Amerika yang didapuk memerankan Samwise Gamgee atau Sam. Sam adalah tukang kebun sekaligus teman baik Frodo. Ia termasuk Hobbit yang baik dan selalu berusaha melindungi Frodo.

Walau begitu, Sam berbeda pendapat dengan Frodo soal Gollum. Sam tidak pernah menyukai makhluk tersebut dan yakin kalau Gollum sedang merencanakan niat jahat. 

Benar saja, Sam kemudian difitnah oleh Gollum. Sam dituding ingin merebut cincin dari Frodo dan dituduh menghabiskan makanan bekal yang tersisa.

Hal ini membuat hubungan Sam dan Frodo sempat retak, tapi Sam yang baik hati tidak pernah meninggalkan Frodo sama sekali. Ia selalu memastikan Frodo menuntaskan misinya dan terus menjaganya sampai akhir.

3. Andy Serkis (Gollum)

pemeran-the-lord-of-the-ring-3-3_

Aktor Andy Serkis berperan sebagai Gollum dengan bantuan teknologi motion capture. Gollum sebenarnya adalah Hobbit bernama Smeagol yang pikirannya sudah teracuni oleh The One Ring. Karena pengaruh cincin itu pula, Smeagol mengalami perubahan drastis, baik secara fisik maupun psikisnya.

Dalam The Return of the King, Gollum memandu Frodo dan Sam menuju Mount Doom dengan melewati tangga berbahaya di dekat Minas Morgul.

Gollum kemudian mengadu domba Frodo dan Sam. Ia memfitnah Sam dan membuat hubungannya dengan Frodo pecah. Saat itulah Gollum menjalankan rencana liciknya dan membawa Frodo memasuki sarang Shelob.

Menjelang akhir film, Gollum kembali muncul dan berusaha merebut cincin dari Frodo saat Hobbit tersebut sudah mencapai Mount Doom. Gollum berhasil mendapatkan The One Ring, namun takdirnya hanya sampai di situ karena ia akhirnya jatuh ke api Mount Doom bersama dengan cincin tersebut.

4. Billy Boyd (Peregrin Took/ Pippin)

pemeran-the-lord-of-the-ring-3-4_

Di antara 4 pemeran Hobbit pembawa cincin, Billy Boyd adalah aktor yang paling tua. Namun ia memerankan Pippin yang merupakan Hobbit termuda di antara 4 Hobbit lainnya.

Pippin adalah Hobbit yang baik dan jujur, tapi ia penuh rasa ingin tahu dan kadang berbuat sesuatu tanpa pikir panjang. misalnya saat ia penasaran dengan bola palantír milik Saruman dan memegangnya.

Akibatnya, Sauron langsung melihat Pippin dan bisa melacak keberadaannya. Meski ceroboh, Pippin tetap punya jasa besar. Ketika ada di Minas Tirith dan Gandalf mengandalkan Pippin untuk menyalakan suar api (yang digunakan sebagai pesan untuk meminta bantuan pada Rohan), Pippin melakukannya dengan baik meski sempat kesulitan.

Pippin juga sempat menunjukkan ketakutannya ketika perang pecah di Minas Tirith hingga Gandalf berusaha untuk menenangkannya. Namun menjelang akhir film, Pippin tak gentar untuk maju berperang di Gerbang Hitam Mordor demi kedua sahabatnya, Frodo dan Sam, yang juga berjuang menuju Mount Doom.

5. Dominic Monaghan (Meriadoc Brandybuck/ Merry)

pemeran-the-lord-of-the-ring-3-5_

Hobbit terakhir dari 9 pembawa cincin adalah Merry yang diperankan oleh Dominic Monaghan. Merry adalah sepupu Pippin dan ia masih punya hubungan kekerabatan dengan Frodo.

Merry sering menghabiskan waktu bersama Pippin dan melakukan berbagai kekonyolan. Di balik sifatnya yang suka iseng dan jahil, Merry adalah sosok Hobbit yang pemberani.

Di film terakhir trilogi The Lord of the Rings, Merry ingin sekali ikut berperang. Menurutnya, ia harus berbuat sesuatu karena ia akan merasa malu bila tidak ikut berperang sementara kawan-kawannya yang lain ikut dalam pertempuran. Sayangnya Raja Théoden tidak mengizinkannya.

Merry akhirnya tetap bisa terjun ke medan perang berkat Éowyn (keponakan Théodhen) yang diam-diam menyamar menjadi laki-laki dan membaur dengan pasukan Rohan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram