bacaterus web banner retina

12 Pemeran Film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

Film pertama dari trilogi The Lord of the Rings resmi dirilis pada tahun 2001 silam. Diadaptasi dari novel karya J.R.R. Tolkien, film The Lord of the Rings menceritakan perjalanan Frodo untuk menghancurkan cincin Sauron yang disebut The One Ring.

Sementara instalasi pertamanya masih berfokus pada terbentuknya kelompok pembawa cincin yang akan melakukan perjalanan ke Mordor.

Film The Lord of the Rings pertama ini mendapat rating yang cukup tinggi di berbagai situs film. Di IMDb misalnya, film garapan sutradara Peter Jackson tersebut memperoleh rating 8,9/10 berdasarkan 1,8 juta review dari para penonton.

Film ini sendiri menggandeng sejumlah aktor papan atas yang sukses memerankan karakter mereka masing-masing dengan sangat baik. Agar lebih memahami ceritanya, yuk kenalan dulu dengan para tokoh sekaligus pemain dari film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring.

Baca juga: 10 Fakta The Lord of The Rings, Film Tersukses Sepanjang Masa

1. Elijah Wood (Frodo Baggins)

Elijah Wood (Frodo Baggins)

Frodo merupakan salah satu tokoh utama yang berasal dari bangsa Hobbit dan tinggal di sebuah kawasan bernama Shire. Ia masih muda, penuh rasa ingin tahu, suka berpetualang, dan memiliki kepribadian yang sangat lembut.

Frodo mewarisi cincin The One Ring yang selama ini disimpan oleh pamannya yang bernama Bilbo Baggins. Cincin tersebut sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi pemiliknya dan hanya bisa dihancurkan di api Mount Doom.

Dalam pertemuan yang digelar oleh Elrond (pemimpin bangsa Elf di Rivendell), Frodo dengan sukarela menawarkan diri untuk membawa cincin tersebut ke Mount Doom. Dari sinilah kemudian terbentuk kelompok 9 pembawa cincin.

Meski sempat terpengaruh oleh kekuatan The One Ring, Frodo dianggap lebih resisten terhadap cincin tersebut dibanding yang lain. Hal ini karena Frodo nyaris tidak memiliki sifat negatif.

Ia punya karakter yang innocent, tidak serakah, dan tidak memiliki keinginan untuk berkuasa atau menjadi yang paling kuat. Itulah kenapa semuanya mempercayakan The One Ring kepada Frodo.

Sosok Frodo Baggins diperankan sangat apik oleh Elijah Wood. Aktor kelahiran 28 Januari 1981 tersebut memutuskan mengikuti audisi sebagai Frodo karena ia sendiri adalah penggemar J.R.R. Tolkien.

Selain The Lord of the Rings, Elijah Wood juga bermain di beberapa film seperti The Good Son (1993), Flipper (1996), Deep Impact (1998), Maniac (2012), dan The Last Witch Hunter (2015).

2. Sean Astin (Samwise Gamgee)

Sean Astin (Samwise Gamgee)

Samwise Gamgee atau yang akrab dipanggil Sam adalah tukang kebun sekaligus sahabat Frodo. Sam memiliki kepribadian yang baik, cenderung polos dan pemalu, tapi ia punya keberanian, tekad kuat, dan sangat setia kawan. Ia juga memiliki fisik yang kuat dan tangguh dibandingkan Frodo atau teman-teman Hobbitnya yang lain.

Sam terlibat dalam konflik The One Ring setelah ia menguping pembicaraan Frodo dan Gandalf the Grey. Saat Frodo harus pergi meninggalkan Shire sambil membawa cincin, Sam berjanji bahwa ia akan selalu menemani dan menjaganya.

Sam pun menepati janjinya dan tak pernah sekalipun meninggalkan sahabatnya tersebut. Bahkan saat persahabatannya nyaris kandas gara-gara taktik adu domba Gollum (di film ketiga), Sam tetap mengikuti Frodo dan berusaha melindunginya.

Tokoh Samwise Gamgee diperankan oleh Sean Astin, aktor asal Amerika kelahiran 25 Februari 1971. Sean Astin debut sebagai aktor saat usianya masih sekitar 10 tahun.

Di sepanjang kariernya, ia telah membintangi banyak film selain trilogi The Lord of the Rings, beberapa di antaranya adalah The Goonies (1985), Toy Soldiers (1991), 50 First Dates (2004), Click (2006), dan Gloria Bell (2018).

3. Billy Boyd (Peregrin Took/ Pippin)

 Billy Boyd (Peregrin Took/ Pippin)

Pippin termasuk salah satu anggota dari 9 pembawa cincin. Ia berteman baik dengan Frodo dan merupakan saudara sepupu dari Merry. Dalam film, Pippin dan Merry digambarkan sering menghabiskan waktu bersama.

Keduanya ikut dalam petualangan Frodo setelah tak sengaja bertemu dengan Frodo dan Sam yang hendak pergi dari Shire. Pippin adalah Hobbit yang ceria, tapi kadang ia berbuat sesuatu tanpa pikir panjang hingga akhirnya menciptakan masalah.

Misalnya saat ia dan yang lainnya berada di Moria, Pippin menjatuhkan sesuatu ke dalam sumur yang diduga menjadi pemicu serangan Orc.

Meski terkesan ceroboh dan sering membuat ulah, Pippin tetaplah sosok Hobbit yang baik dan setia kawan. Karakternya pun berkembang menjadi lebih dewasa, berani, dan bertanggung jawab di sepanjang trilogi The Lord of the Rings.

Tokoh Pippin sendiri dimainkan oleh aktor sekaligus musisi asal Skotlandia, Billy Boyd. Tak hanya berakting, aktor kelahiran 28 Agustus 1968 ini menciptakan melodi untuk lagu The Edge of Night yang dinyanyikan Pippin di film ketiga The Lord of the Rings.

Billy Boyd juga diketahui membintangi banyak film seperti Seed of Chucky (2004), On a Clear Day (2005), dan The Forger (2012).

4. Dominic Monaghan (Meriadoc Brandybuck)

Dominic Monaghan (Meriadoc Brandybuck)

Hobbit terakhir yang menjadi anggota pembawa cincin adalah Meriadoc Brandybuck atau Merry. Ia adalah sepupu sekaligus sahabat dekat Pippin, tapi ia juga salah satu teman terbaik Frodo dan sebenarnya masih memiliki ikatan kekerabatan dengannya.

Digambarkan sebagai partner in crime Pippin, Merry termasuk Hobbit yang ceria dan terkesan jahil. Meski demikian, Merry punya karakter yang cerdas, cepat tanggap, terorganisir, dan selalu punya persiapan saat hendak melakukan sesuatu.

Ia juga memiliki tekad kuat dan keberanian luar biasa. Hal ini ia tunjukkan ketika memutuskan untuk ikut berperang sekaligus mendampingi Eowyn (putri dari Raja Theoden) di film ketiga The Lord of the Rings.

Karakter Merry diperankan oleh Dominic Monaghan, aktor asal Inggris kelahiran 8 Desember 1976. Dominic awalnya mengikuti audisi untuk peran Frodo, namun ternyata ia lebih dipercaya untuk memainkan karakter Merry.

Selain The Lord of the Rings, Dominic juga pernah membintangi X-Men Origins: Wolverine (2009), Star Wars: The Rise of Skywalker (2019), dan Edge of the World (2021).

5. Ian McKellen (Gandalf the Grey)

Ian McKellen (Gandalf the Grey)

Gandalf the Grey merupakan sosok penyihir yang juga menjadi anggota dari 9 pembawa cincin. Ia diceritakan berteman baik dengan Bilbo Baggins yang tak lain adalah paman Frodo.

Gandalf juga yang pertama kali menyadari bahwa Bilbo menyimpan The One Ring dan menyuruhnya untuk lepas dari cincin tersebut.

Gandalf kerap dijadikan panutan oleh semua anggota pembawa cincin. Bukan hanya karena sangat kuat, tapi Gandalf juga dianggap sebagai sosok yang paling bijaksana dan memiliki pengetahuan yang sangat luas. Di film pertama, Gandalf diceritakan tewas setelah bertarung dengan Balrog di Moria.

Namun Gandalf sebenarnya adalah Maiar (roh/jiwa yang immortal) yang menjelma dalam bentuk fisik sebagai penyihir. Karena itu, meski tubuhnya dapat terbunuh, Gandalf tetap bisa dibangkitkan kembali sebagai Gandalf the White di dua film berikutnya.

Ian McKellen dipercaya untuk memerankan karakter Gandalf setelah beberapa aktor menolak memainkannya.

Ian McKellen merupakan aktor asal Inggris kelahiran 25 Mei 1939 dan telah membintangi banyak film populer. Beberapa filmnya yang lain adalah X-Men (2000) dan sekuelnya, The Da Vinci Code (2006), Mr. Holmes (2015), serta Beauty and the Beast (2017).

6. Viggo Mortensen (Aragorn II Elessar/ Strider)

Viggo Mortensen (Aragorn II Elessar/ Strider)

Aragorn berasal dari ras manusia yang sejak kecil diasuh oleh bangsa Elf di Rivendell. Aragorn merupakan keturunan dari Isildur. Isildur sendiri adalah Raja Gondor yang memotong jari Sauron dan punya kesempatan untuk memusnahkan The One Ring di Mount Doom.

Namun karena pengaruh dari cincin tersebut, Isildur menolak menghancurkan The One Ring dan malah menyimpannya.

Aragorn sendiri diasuh oleh bangsa Elf setelah ayahnya, Arathorn, meninggal. Dan atas permintaan dari sang ibu, garis keturunannya dirahasiakan demi keselamatan nyawanya.

Aragorn  yang sudah dewasa lalu pergi meninggalkan Rivendell dan menjadi Ranger. Atas saran Gandalf, Aragorn terus berjaga di perbatasan Shire dan ia pun dikenal dengan nama Strider.

Aragorn sendiri digambarkan sebagai sosok yang tenang, tangguh, dan cukup bijaksana. Meski demikian, ia memiliki sedikit ketakutan untuk menjadi seorang raja karena tak ingin seperti Isildur. Aragorn diketahui menjalin hubungan cinta dengan Arwen dari bangsa Elf sekaligus putri Elrond.

Tokoh Aragorn diperankan oleh Viggo Mortensen, aktor asal Amerika kelahiran 20 Oktober 1958. Peraih nominasi Oscar tersebut sudah membintangi puluhan film di sepanjang kariernya.

Beberapa filmnya yang terkenal selain The Lord of the Rings adalah A Perfect Murder (1998), A Walk on a Moon (1999), Eastern Promises (2007), A Dangerous Method (2011), dan Captain Fantastic (2016).

7. Orlando Bloom (Legolas Greenleaf)

Orlando Bloom (Legolas Greenleaf)_

Legolas adalah Elf sekaligus pangeran dari Mirkwood. Legolas digambarkan sebagai sosok yang tenang dan tak banyak bicara. Ia terkenal memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.

Legolas juga ahli memanah dan dapat bertarung dengan sangat baik. Legolas dapat bergerak cepat dan lincah dibanding anggota pembawa cincin lainnya.

Misalnya saat harus melewati Caradhras, saat semua anggota pembawa cincin tampak kesulitan melewati tebing bersalju, Legolas tetap berjalan biasa.

Ia bahkan nyaris tidak meninggalkan jejak di atas salju yang tebal. Legolas sendiri berteman baik dengan Aragorn. Ia juga akhirnya bersahabat dengan Gimli meski awalnya sering berdebat dengannya

Karakter ini diperankan oleh Orlando Bloom, aktor asal Inggris kelahiran 13 Januari 1977. Meski sebelumnya pernah bermain film, The Lord of the Rings merupakan film yang membuat nama Orlando Bloom melambung di Hollywood.

Ia juga membintangi beberapa film lain seperti Pirates of the Caribbean (2003-2007), Troy (2004), Kingdom of Heaven (2005), dan Unlocked (2017).

8. John Rhys-Davies (Gimli)

8. John Rhys-Davies (Gimli)

Gimli adalah Dwarf atau kurcaci yang juga menjadi salah satu dari 9 pembawa cincin. Mengingat bangsa Dwarf dan Elf yang sulit untuk akur, Gimli pun kerap berdebat dengan Legolas.

Namun seiring berjalannya waktu, keduanya justru bersahabat baik dan terus bersama hingga masa perang melawan Sauron usai.

Gimli termasuk sosok petarung yang hebat. Dengan senjata kapak, ia bisa melawan berbagai musuh dengan gerakan yang cukup lincah. Ia juga memiliki stamina dan fisik yang kuat hingga bisa memakai armor yang berat.

Saat bersama Aragorn dan Legolas, ia bahkan dapat berlari hingga sejauh lebih dari 200km dalam waktu kurang dari 4 hari hanya dengan istirahat tidur beberapa jam saja.

Tokoh Gimli diperankan oleh John Rhys-Davies, aktor asal Wales kelahiran 5 Mei 1944. Ia sudah terjun ke dunia seni peran sejak tahun 1970-an dan sudah membintangi puluhan film.

Film yang dibintanginya adalah Indiana Jones and the Last Crusade (1989), The Medallion (2003), dan The Princess Diaries 2 (2004). John Rhys-Davis juga diketahui menjadi pengisi suara Treebeard dalam film The Lord of The Rings.

9. Sean Bean (Boromir)

Sean Bean (Boromir)

Anggota terakhir dari 9 pembawa cincin adalah Boromir dari ras manusia. Boromir adalah anak sulung Denethor yang tak lain adalah penguasa Gondor kala itu.

Dalam pertemuan di Rivendell untuk membahas The One Ring, Boromir berpendapat bahwa cincin tersebut bisa digunakan untuk melawan Sauron dan sebaiknya diserahkan ke Gondor, tapi tentu saja ide ini ditolak.

Boromir sendiri beberapa kali tampak terpengaruh oleh cincin tersebut. Di akhir film, ia memaksa Frodo untuk memberikan cincin itu padanya.

Saat Frodo menolak, Boromir berusaha merebutnya sehingga Frodo kabur darinya. Boromir kemudian tewas terbunuh saat berusaha menyelamatkan Pippin dan Merry dari serangan Orc.

Karakter ini diperankan oleh Sean Bean, aktor asal Inggris kelahiran 17 April 1959. Sejak debut di awal tahun 1980-an, Sean Bean telah bermain di banyak film populer.

Selain The Lord of the Rings, ia juga membintangi GoldenEye (1995), Equilibrium (2002), National Treasure (2004), Flightplan (2005), Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief (2010), dan The Martian (2015).

10. Ian Holm (Bilbo Baggins)

 Ian Holm (Bilbo Baggins)

Bilbo Baggins adalah salah satu Hobbit yang tinggal di Shire, paman dari Frodo, dan merupakan teman baik Gandalf. Bilbo bisa dibilang merupakan Hobbit pertama yang berpetualang di dunia luas hingga namanya dikenal oleh ras lain.

Dari petualangannya tersebut, ia memperoleh The One Ring yang awalnya disimpan oleh Gollum. Bilbo menyimpan cincin itu hingga sekitar 6 dekade. Namun di ulang tahunnya yang ke-111, Bilbo memutuskan untuk kembali berpetualang dan meninggalkan Shire.

Atas saran Gandalf, Bilbo juga meninggalkan The One Ring untuk diberikan kepada Frodo. Bilbo kemudian menetap di Rivendell untuk sementara waktu sebelum akhirnya pergi ke Undying Lands bersama Frodo (di film ketiga).

Dalam film The Lord of the Rings, Bilbo Baggins diperankan oleh aktor asal Inggris, Ian Holm. Ia digaet oleh Peter Jackson untuk peran Bilbo gara-gara dirinya pernah memerankan Frodo di The Lord of the Rings versi adaptasi radio.

Di sepanjang kariernya, Ian Holm juga pernah membintangi film Alien (1979), Hamlet (1990), The Day After Tomorrow (2004), dan The Aviator (2004).

11. Christoper Lee (Saruman the White)

Christoper Lee (Saruman the White)

Saruman adalah Istari (Maiar yang diutus ke Middle Earth dalam wujud penyihir di masa Third Age untuk melawan Sauron) sekaligus pemimpin para penyihir. Meski demikian, Saruman memiliki rasa iri terhadap Gandalf yang dianggap penyihir paling hebat dan bijak oleh bangsa Elf.

Apalagi saat tahu kalau Cirdan (Elf pemilik Narya/cincin api) memberikan cincinnya kepada Gandalf. Saruman yang dulunya menentang Sauron akhirnya mulai mendukung Raja Kegelapan tersebut.

Tujuan utamanya tentu saja bukan menjadi pelayan Raja Kegelapan tersebut, tapi ia sebenarnya menginginkan kekuatan dan berniat menguasai The One Ring.

Bila Sauron bangkit, maka The One Ring yang selama ini tak diketahui keberadaannya akan muncul dengan sendirinya. Untuk melancarkan misinya, Saruman kemudian menetap di Isengard dan mengumpulkan pasukan di sana, termasuk Orc dan Uruk-hai.

Saruman diperankan oleh aktor asal Inggris, Christoper Lee, yang sudah berkarier hampir 7 dekade. Selain peran Saruman, ia juga dikenal lewat perannya sebagai Count Dracula di film Dracula (1958) dan Count Dooku di seri film Star Wars.

Beberapa filmnya yang lain adalah Sleepy Hollow (1999), Charlie and the Chocolate Factory (2005), The Golden Compass (207), dan Hugo (2011).

12. Hugo Weaving (Elrond)

Hugo Weaving (Elrond)

Elrond adalah salah satu Elf terkuat di Middle Earth yang hidup dari zaman First Age hingga awal-awal masa Fourth Age. Elrond merupakan penguasa Rivendell, pemimpin bangsa Elf yang tinggal di sana dan memiliki karakter tegas serta bijaksana.

Elrond yang dapat melihat masa depan ini juga merupakan ayah dari Arwen, kekasih Aragorn. Pada masa Second Age, Elrond ikut bertempur melawan Sauron bersama ras lainnya.

Saat Sauron kalah dan Isildur (Raja Gondor) mengambil The One Ring, Elrond juga yang menyuruh Isildur untuk membuang cincin itu ke dalam api Mount Doom, tapi Isildur menolak.

Setelah cincin itu diwariskan ke Frodo dan tiba di Rivendell, Elrond menggelar pertemuan hingga terbentuklah kelompok 9 pembawa cincin.

Elrond terus berkontribusi dan memastikan bahwa Sauron tidak bisa bangkit lagi. Ia juga yang kemudian memberikan pedang Anduril (yang ditempa di Rivendell dari serpihan pedang Narsil milik Isildur) kepada Aragorn untuk melawan musuh.

Karakter Elrond diperankan oleh Hugo Weaving, aktor asal Inggris kelahiran 4 April 1960. Hugo Weaving juga dikenal lewat perannya sebagai Agent Smith di seri film The Matrix (1999-2003), sebagai V di film V for Vendetta (2006), pengisi suara Megatron di seri Transformers (2007-2011), dan sebagai Red Skull di Captain America: The First Avenger (2011).

Itulah 12 tokoh penting dalam film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring beserta para pemainnya. Semua aktor yang terlibat sukses menggambarkan karakter mereka dengan baik hingga para penonton ikut hanyut dalam ceritanya. Dari deretan tokoh di atas, mana yang jadi favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram