12 Pemeran Film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

Ditulis oleh Erika Erilia

Film pertama dari trilogi The Lord of the Rings resmi dirilis pada tahun 2001 silam. Diadaptasi dari novel karya J.R.R. Tolkien, film The Lord of the Rings menceritakan perjalanan Frodo untuk menghancurkan cincin Sauron yang disebut The One Ring.

Sementara instalasi pertamanya masih berfokus pada terbentuknya kelompok pembawa cincin yang akan melakukan perjalanan ke Mordor.

Film The Lord of the Rings pertama ini mendapat rating yang cukup tinggi di berbagai situs film. Di IMDb misalnya, film garapan sutradara Peter Jackson tersebut memperoleh rating 8,9/10 berdasarkan 1,8 juta review dari para penonton.

Film ini sendiri menggandeng sejumlah aktor papan atas yang sukses memerankan karakter mereka masing-masing dengan sangat baik. Agar lebih memahami ceritanya, yuk kenalan dulu dengan para tokoh sekaligus pemain dari film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring.

Baca juga: 10 Fakta The Lord of The Rings, Film Tersukses Sepanjang Masa

1. Elijah Wood (Frodo Baggins)

Elijah Wood (Frodo Baggins)

Frodo merupakan salah satu tokoh utama yang berasal dari bangsa Hobbit dan tinggal di sebuah kawasan bernama Shire. Ia masih muda, penuh rasa ingin tahu, suka berpetualang, dan memiliki kepribadian yang sangat lembut.

Frodo mewarisi cincin The One Ring yang selama ini disimpan oleh pamannya yang bernama Bilbo Baggins. Cincin tersebut sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi pemiliknya dan hanya bisa dihancurkan di api Mount Doom.

Dalam pertemuan yang digelar oleh Elrond (pemimpin bangsa Elf di Rivendell), Frodo dengan sukarela menawarkan diri untuk membawa cincin tersebut ke Mount Doom. Dari sinilah kemudian terbentuk kelompok 9 pembawa cincin.

Meski sempat terpengaruh oleh kekuatan The One Ring, Frodo dianggap lebih resisten terhadap cincin tersebut dibanding yang lain. Hal ini karena Frodo nyaris tidak memiliki sifat negatif.

Ia punya karakter yang innocent, tidak serakah, dan tidak memiliki keinginan untuk berkuasa atau menjadi yang paling kuat. Itulah kenapa semuanya mempercayakan The One Ring kepada Frodo.

Sosok Frodo Baggins diperankan sangat apik oleh Elijah Wood. Aktor kelahiran 28 Januari 1981 tersebut memutuskan mengikuti audisi sebagai Frodo karena ia sendiri adalah penggemar J.R.R. Tolkien.

Selain The Lord of the Rings, Elijah Wood juga bermain di beberapa film seperti The Good Son (1993), Flipper (1996), Deep Impact (1998), Maniac (2012), dan The Last Witch Hunter (2015).

2. Sean Astin (Samwise Gamgee)

Sean Astin (Samwise Gamgee)

Samwise Gamgee atau yang akrab dipanggil Sam adalah tukang kebun sekaligus sahabat Frodo. Sam memiliki kepribadian yang baik, cenderung polos dan pemalu, tapi ia punya keberanian, tekad kuat, dan sangat setia kawan. Ia juga memiliki fisik yang kuat dan tangguh dibandingkan Frodo atau teman-teman Hobbitnya yang lain.

Sam terlibat dalam konflik The One Ring setelah ia menguping pembicaraan Frodo dan Gandalf the Grey. Saat Frodo harus pergi meninggalkan Shire sambil membawa cincin, Sam berjanji bahwa ia akan selalu menemani dan menjaganya.

Sam pun menepati janjinya dan tak pernah sekalipun meninggalkan sahabatnya tersebut. Bahkan saat persahabatannya nyaris kandas gara-gara taktik adu domba Gollum (di film ketiga), Sam tetap mengikuti Frodo dan berusaha melindunginya.

Tokoh Samwise Gamgee diperankan oleh Sean Astin, aktor asal Amerika kelahiran 25 Februari 1971. Sean Astin debut sebagai aktor saat usianya masih sekitar 10 tahun.

Di sepanjang kariernya, ia telah membintangi banyak film selain trilogi The Lord of the Rings, beberapa di antaranya adalah The Goonies (1985), Toy Soldiers (1991), 50 First Dates (2004), Click (2006), dan Gloria Bell (2018).

3. Billy Boyd (Peregrin Took/ Pippin)

 Billy Boyd (Peregrin Took/ Pippin)

Pippin termasuk salah satu anggota dari 9 pembawa cincin. Ia berteman baik dengan Frodo dan merupakan saudara sepupu dari Merry. Dalam film, Pippin dan Merry digambarkan sering menghabiskan waktu bersama.

Keduanya ikut dalam petualangan Frodo setelah tak sengaja bertemu dengan Frodo dan Sam yang hendak pergi dari Shire. Pippin adalah Hobbit yang ceria, tapi kadang ia berbuat sesuatu tanpa pikir panjang hingga akhirnya menciptakan masalah.

Misalnya saat ia dan yang lainnya berada di Moria, Pippin menjatuhkan sesuatu ke dalam sumur yang diduga menjadi pemicu serangan Orc.

Meski terkesan ceroboh dan sering membuat ulah, Pippin tetaplah sosok Hobbit yang baik dan setia kawan. Karakternya pun berkembang menjadi lebih dewasa, berani, dan bertanggung jawab di sepanjang trilogi The Lord of the Rings.

Tokoh Pippin sendiri dimainkan oleh aktor sekaligus musisi asal Skotlandia, Billy Boyd. Tak hanya berakting, aktor kelahiran 28 Agustus 1968 ini menciptakan melodi untuk lagu The Edge of Night yang dinyanyikan Pippin di film ketiga The Lord of the Rings.

Billy Boyd juga diketahui membintangi banyak film seperti Seed of Chucky (2004), On a Clear Day (2005), dan The Forger (2012).

4. Dominic Monaghan (Meriadoc Brandybuck)

Dominic Monaghan (Meriadoc Brandybuck)

Hobbit terakhir yang menjadi anggota pembawa cincin adalah Meriadoc Brandybuck atau Merry. Ia adalah sepupu sekaligus sahabat dekat Pippin, tapi ia juga salah satu teman terbaik Frodo dan sebenarnya masih memiliki ikatan kekerabatan dengannya.

Digambarkan sebagai partner in crime Pippin, Merry termasuk Hobbit yang ceria dan terkesan jahil. Meski demikian, Merry punya karakter yang cerdas, cepat tanggap, terorganisir, dan selalu punya persiapan saat hendak melakukan sesuatu.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram