bacaterus web banner retina

10 Pemeran The Day After Tomorrow yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah

Film fiksi ilmiah The Day After Tomorrow menceritakan tentang bencana yang melanda belahan dunia bagian utara termasuk Amerika Serikat. Sutradara film ini adalah Roland Emmerich yang juga merangkap sebagai produser dan penulis naskah.

Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang berjudul The Coming Global Superstorm. Buku ini ditulis oleh Art Bell serta Whitley Strieber.

Di film ini digambarkan secara gamblang efek dari perubahan iklim di Samudra Atlantik. Sederet cuaca ekstrem mengakibatkan pendinginan global dan menyebabkan sebagian wilayah bumi kembali ke zaman es.

Dunia bagian utara pun tertutup salju tebal dan hanya selatan yang selamat. Sebelum nonton filmnya, yuk kenalan dulu dengan para pemeran The Day After Tomorrow.

1. Denis Quaid – Jack Hall

pemeran-the-day-after-tomorrow-1_

Denis Quaid memerankan tokoh Jack Hall. Dalam film The Day After Tomorrow, Jack Hall adalah seorang paleoklimatologi, yaitu seseorang yang mempelajari tentang iklim. Dia bekerja di Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional atau National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Jack memiliki seorang anak bernama Samuel Hall yang biasa dipanggil Sam. Istrinya bernama Lucy Hall. Lucy adalah seorang dokter.

Jack bersama rekan sejawatnya, Frank Haris serta Jason Evans, mengumpulkan sampel es di kutub Antartika. Di sana dia dan kedua rekannya tersebut menemukan masalah iklim yang sangat mengkhawatirkan.

Pada Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim yang diselenggarakan New Delhi, Jack membeberkan penemuannya di hadapan perwakilan dari berbagai negara.

Sayangnya kekhawatirannya itu malah disepelekan oleh wakil presiden dari negaranya sendiri, Raymond Becker, yang lebih memikirkan persoalan ekonomi dibandingkan iklim global yang mulai memanas.

Ternyata kekhawatiran Jack terbukti. Pemanasan global tersebut mulai berdampak tidak dalam kurun waktu 100an atau 1000an seperti perkiraan Jack, justru dalam hitungan minggu. Saat Eropa dan Amerika Utara terkena dampak dari pemanasan global tersebut, anaknya, Sam, sedang berada di New York untuk mengikuti perlombaan.

Jack tentunya sangat mengkhawatirkan sang putra. Dia pun nekat pergi menembus badai es yang mematikan ditemani oleh dua rekannya, Jason dan Frank. Setelah kehilangan Frank dalam perjalanan, Jack akhirnya berhasil menemui anaknya dan teman-temannya. Mereka semua diboyong ke daerah selatan, tepatnya ke Meksiko.

2. Jake Gyllenhaal – Samuel “Sam” Hall

pemeran-the-day-after-tomorrow-2_

Sam Hall merupakan putra dari pasangan Jack Hall dan Lucy Hall. Siswa SMA di Woodmont High School, Virginia ini termasuk anak yang berotak encer. Suatu hari dia mendapatkan nilai F dari gurunya karena dia tidak mau menuliskan cara penyelesaian jawabannya. Dia disangka menyontek karena itu diberi nilai F.

Bersama dengan dua teman sekelasnya Laura Chapman dan Brian Parks, dia berpartisipasi sebagai peserta dalam perlombaan Scholastic Decathlon di New York.

Sam sebenarnya suka dengan Laura, tapi selama mengikuti perlombaan, dia tidak mengungkapkannya karena dia melihat Laura dekat dengan J.D, salah satu peserta perlombaan tersebut yang berasal dari sekolah lain.

Sam berencana pulang setelah lomba tapi semua penerbangan dihentikan karena badai yang sedang mengamuk. Dia dan teman-temannya akhirnya menginap di rumah J.D. Teman barunya itu juga menawarkan untuk mengantar mereka ke stasiun kereta api karena dirinya akan menjemput sang adik yang berada di Philadelphia.

Sayangnya, badai itu semakin menggila dan menerjang kota New York. Kota ini disapu air yang berasal dari laut dan perlahan membuat kota tenggelam. Sam dan teman-temannya menyelamatkan diri ke gedung perpustakaan.

Di dalam gedung perpustakaan itu, Sam menginstruksikan orang yang selamat untuk membakar apapun agar mereka bisa selamat dari cuaca dingin yang ekstrim.

Badai salju semakin parah dan membuat bangunan menjadi beku termasuk gedung perpustakaan tempat Sam dan teman-temannya menyelamatkan diri. Untungnya Jack, ayahnya segera datang, sehingga mereka tak membeku di dalam ruang perpustakaan dan diselamatkan oleh tim penyelamat.

3. Sela Ward – Lucy Hall

pemeran-the-day-after-tomorrow-3_

Lucy Hall merupakan seorang dokter. Dialah yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama Sam karena kesibukan Jack yang sering bepergian. Saat anaknya akan ikut berlomba, dia meminta suaminya, Jack, untuk mengantarkan Sam ke bandara.

Di saat terjadi badai besar yang melanda Amerika, Lucy sedang bertugas di rumah sakit. Mengetahui anaknya juga terjebak dalam bencana air bah di New York, Lucy khawatir, tapi dia hanya bisa mengandalkan suaminya untuk menolong anak mereka.

Ketika semua penduduk dievakuasi ke daerah Selatan, yaitu Meksiko, Lucy bersikukuh untuk tetap tinggal di rumah sakit karena tidak ada ambulans yang bisa membawa Peter, pasiennya.

Dia pun menginap di rumah sakit bersama Peter sampai akhirnya petugas datang membawa ambulans untuk Peter. Dia berhasil dibawa menyeberang ke Meksiko dan aman di sana.

4. Emmy Rossum – Laura Chapman

pemeran-the-day-after-tomorrow-4_

Laura adalah teman Sam. Dia bersama Sam dan Brian pergi ke New York untuk mengikuti perlombaan Scholastic Decathlon. Seusai lomba, Laura didekati oleh J.D, peserta dari sekolah lain. Dia pun diajak berkeliling sekolah J.D kemudian dibawa jalan-jalan ke museum bersama dua temannya.

Badai membuat pesawat tak bisa terbang sehingga Lucy dan teman-temannya tertahan di kota New York. Laura kemudian diberikan tawaran oleh J.D untuk menunggu di rumahnya. Saat hendak pulang naik kereta beserta Sam dan Brian, ternyata kota New York dilanda banjir bandang.

Laura dan teman-temannya terjebak di jalan sebelum bisa sampai di stasiun. Dirinya menyelamatkan diri ke gedung perpustakaan bersama Sam, Brian dan J.D.

Ketika itulah kakinya terluka karena tergores plat mobil. Saat menunggu di gedung perpustakaan, Laura akhirnya semakin dekat dengan Sam. Keduanya saling mengungkapkan perasaannya masing-masing.

Luka goresan akibat saat menyelamatkan diri membuat Laura mengalami keracunan darah. Dia berhasil diselamatkan berkat bantuan Sam, Brian dan J.D yang nekat keluar melawan dingin untuk mengambil obat-obatan di kapal yang terdampar di depan gedung perpustakaan.

Di saat badai salju menerjang, Laura dan para survivor yang lain berlindung di sebuah ruangan di perpustakaan. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya datang ayah Sam serta tim penyelamat lainnya. Dia dan semua survivor berhasil dievakuasi ke selatan.

5. Ian Holm – Terry Rapson

pemeran-the-day-after-tomorrow-5_

Terry Rapson berperan sebagai Ian Holm, seorang ahli kelautan di Pusat Penelitian Iklim Hedland yang berada di Skotlandia. Dia bertemu dengan berteman dengan Jack di Konferensi PBB tentang Pemanasan Global yang diadakan di India. Dia adalah orang yang setuju dengan teori Jack.

Sepulang dari India, Rapson menemukan keanehan pada pelampung yang berada di Samudra Atlantik karena menunjukkan perubahan suhu laut yang drastis. Rapson pun menyimpulkan kalau teori yang diungkapkan oleh Jack terbukti benar.

Rapson pun segera menghubungi Jack untuk mengabari kabar buruk tersebut. Bersama dengan Janet Tokada, ahli dari NASA, Rapson dan tim Jack mencoba membangun model perkiraan berdasarkan penelitian Jack. Dari situ terbukti kalau mereka sudah tidak punya waktu lagi dan harus segera mengevakuasi warga ke daerah Selatan.

6. Arjay Smith – Brian Parks

pemeran-the-day-after-tomorrow-6_

Tokoh Brian diperankan oleh Arjay Smith. Brian adalah teman Sam dan Laura. Mereka satu tim dalam perlombaan Scholastic Decathlon. Bersama dengan kedua temannya, Brian terjebak di New York dan tidak bisa kembali karena ada badai besar.

Brian yang mengetahui kalau Sam menyukai Laura, sempat mengatakan pada Sam kalau dia memiliki saingan yang berat saat J.D. mulai mendekati Laura. Brian juga membantu Laura saat Laura mengalami keracunan darah.

Dia membantu Sam membawa obat dari kapal yang terdampar. Bersama Sam dan survivor yang lain, Brian berhasil diselamatkan dan dibawa ke Selatan.

7. Kenneth Welsh – Raymond Becker

pemeran-the-day-after-tomorrow-7_

Becker adalah orang yang tidak sependapat dengan Jack dalam urusan penanganan pemanasan global. Dia merasa teori Jack itu akan menyebabkan masalah ekonomi dunia yang sudah rapuh.

Saat rapat ketika sudah terjadi badai dan banjir di mana-mana, Becker tetap menolak ide evakuasi dari Jack. Namun akhirnya dia tak bisa berkutik karena presiden memerintahkan untuk mengikuti ide Jack.

Saat diberi tahu kalau presiden tidak berhasil keluar dari Washington hingga meninggal, Becker pun akhirnya harus memegang tampuk pimpinan dan menjadi presiden. Dia memulai pemerintahannya dari Meksiko.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden dari kedutaan AS di Meksiko, Becker berterima kasih kepada negara ketiga karena mereka mau menerima negara-negara maju. Dia juga mengakui kesalahannya tentang konsumsi sumber daya alam yang tak bijaksana.

8. Tamlyn Tomita – Janet Tokada

pemeran-the-day-after-tomorrow-8_

Tokoh Janet Tokada diperankan oleh Tamlyn Tomita. Dia adalah seorang ahli meteorologi dari NASA. Tokada bertemu dengan Jack di pertemuan para ahli cuaca yang sedang membahas situasi terbaru saat itu.

Tokada tertarik dengan teori Jack. Menurutnya teori Jack sudah terbukti karena dia mengamati topan paling dahsyat, tornado dan badai yang terjadi. Dia pun bergabung dengan tim Jack untuk menangani masalah perubahan iklim yang mendadak terjadi ini.

9. Jay O. Sanders – Franklin "Frank" Harris

pemeran-the-day-after-tomorrow-9_

Franklin biasa dipanggil Frank adalah teman satu tim Jack. Bersama dengan Jack dan Jason, mereka melakukan penelitian di Antartika. Frank menyaksikan bagaimana lapisan es membelah karena itu dia setuju dengan teori Jack.

Dia selalu mendukung Jack dan itu dibuktikannya ketika dia menemani Jack pergi ke New York untuk menyelamatkan Sam, anak Jack. Namun sayang, di perjalanan dia jatuh karena menginjak kaca bangunan sebuah supermarket.

Dia pun memotong tali pengikat dirinya agar Jason dan Jack tidak ikut terbawa olehnya dan terjun ke bawah hingga tak bisa ditolong lagi.

10. Dash Mihok – Jason Evans

pemeran-the-day-after-tomorrow-10_

Bersama dengan Franklin dan Jack, Jason melakukan penelitian cuaca di antartika. Dia hampir terjatuh karena lapisan es yang tiba-tiba hancur. Untuk dirinya bisa diselamatkan oleh kedua temannya tersebut.

Di pertemuan antar para ahli, Jason bertemu dengan Janet Tokada, ahli dari NASA. Dirinya terlihat mencoba mendekati Tokada sehingga membuat Frank kesal.

Saat Jack akan menemui anaknya yang berada di New York, Jason memutuskan untuk ikut bersama Jack dan Frank. Ketika Frank terjatuh, dia mencoba menolongnya tapi karena berada di atas kaca, kaca itu tak bisa menahan bebannya.

Frank memutuskan memotong talinya sehingga dirinya dan Jack bisa selamat. Dalam perjalanan menuju New York, Jason sempat tersungkur karena kedinginan, tapi diselamatkan oleh Jack sehingga sampai di New York dan ikut diselamatkan oleh tim yang dikirim presiden.

Itulah 10 pemeran The Day After Tomorrow yang mengisahkan bencana alam yang diakibatkan oleh perubahan iklim yang ekstrim. Film fiksi ilmiah ini asyik untuk ditonton sekaligus memberikan kita pelajaran mengenai bencana semacam yang mungkin terjadi jika kita menguras habis sumber daya alam kita.

Film ini menggunakan banyak visual efek sehingga gambar yang tersaji terlihat begitu meyakinkan. Apakah kamu penyuka film-film bergenre sci-fi? Mungkin film ini bisa jadi pilihanmu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram