bacaterus web banner retina

10 Pemeran Reply 1997, Dramanya Fans Kpop Generasi Pertama

Ini adalah drama pertama dari trilogi Reply. Drama ini bercerita tentang seorang gadis murid SMA yang bernama Sung Shi Won dan lima temannya yang tinggal di Busan. Shi Won adalah penggemar berat HOT, khususnya Tony Ahn.

Setting drama ini di tahun 1990an, masa generasi Kpop pertama. Boy band yang terkenal di era itu adalah H.O.T, Shinwa, GOD, Sechs Kies, dan Seo Taiji and Boys.

Setelah 10 tahun berlalu Shi Won dan teman-temannya kembali bertemu dalam sebuah reuni sambil mengenang masa lalu. Pada pertemuan tersebut ternyata ada salah satu dari mereka yang akan mengumumkan pernikahannya. Penasaran dengan ceritanya? Yuk, kenalan dulu dengan para pemeran Reply 1997 ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat

1. Jung Eun Ji

Jung Eun Ji

Jung Eun Ji sebelum menceburkan diri dalam dunia akting, dia adalah seorang penyanyi. Eun Ji yang berasal dari Busan ini tergabung dalam sebuah girl band yang bernama Apink. Girl band ini debut di tahun 2011. Drama Reply 1997 merupakan debut pertama Eun Ji di dunia akting.

Berkat Reply 1997, Eun Ji sukses mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya Best New TV Actress pada 49th Baeksang Arts Award. Setelahnya dia kerap muncul di layar televisi dalam berbagai judul drama, seperti That Winter the Wind Blows, Trot Lovers, Sassy Go Go ataupun Untouchable.

Dalam drama Reply 1997, Eun Ji berperan sebagai Sung Shi Won. Dia adalah gadis yang berani, bersemangat dan seorang die-hard fans dari H.O.T.

Anggota boy band bernama Tony Ahn adalah member yang dicintainya sampai-sampai dia mengaku sebagai “istri Tony”. Meskipun dia selalu ranking paling bawah di kelasnya tapi dia tidak mempedulikannya.

Hal ini membuat ayahnya sangat kesal dan tiap kali ditanya mau jadi apa dia nantinya, dengan sangat “pe-de” dia jawab menjadi istrinya Tony Ahn. Karena terlalu sibuk dengan Tony Ahn, dia sampai tidak merespon perasaan Yoon Je (Seo In-gook). Namun ketika dia sudah mulai dewasa, akhirnya dia menjawab perasaan Yoon Je.

2. Seo In Guk

 Seo In Guk

Sebelum berkecimpung di dunia akting, Seo In Guk sudah dikenal sebagai penyanyi. Di tahun 2009 dia keluar sebagai pemenang dalam sebuah TV show, yaitu Superstar K. Reply 1997 adalah debutnya sebagai aktor utama setelah sebelumnya dia muncul sebagai pemeran pembantu dalam drama berjudul Love Rain.

Tumbuh dari keluarga yang tidak berkecukupan, Seo In Guk yang lahir di Ulsan tersebut bercita-cita untuk menjadi penyanyi saat dia berumur 10 tahun. Setelah sukses dengan Reply 1997, dia kembali muncul dalam beberapa drama, seperti Rascal Son, The Master’s Sun dan yang terbaru adalah Doom at Your Service.

Dalam Reply 1997 dia didapuk untuk memerankan tokoh Yoon Yoon Je. Yoon Je adalah tipe pria ideal karena dia sukses meraih peringkat pertama saat lulus SMA dan masuk Sekolah Hukum di universitas nomor satu di Korea, Seoul National University. Hanya orang-orang pintar saja yang bisa masuk universitas ini.

Sukses mendapatkan nilai ujian tertinggi dalam ujian untuk jadi pengacara, kemudian dia menjadi hakim di sebuah Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Meski terlihat seperti pria yang dingin, Yoon Je adalah orang yang perhatian.

Sempat diacuhkan oleh Shi Won, dia memutuskan untuk berjuang mendapatkan cintanya. Ternyata dia juga harus bersaing dengan kakaknya untuk mendapatkan Shi Won.

3. Shin So Yool

Shin So Yool

Aktris Korea ini mulai debut aktingnya di tahun 2006. Dia mendapatkan kesempatan jadi aktris peran pembantu dalam beberapa drama, seperti Hello My Love, Penny Pinchers, dan Jungle Fish 2. Breakthrough-nya sebagai artis dia dapatkan dari bermain dalam Reply 1997. Di tahun 2013 dia dinominasikan dalam Baeksang Arts Awards dan the Grand Bell Awards.

Tokoh yang diperankan dalam Reply 1997 bernama Mo Yoo Jeong. Yoo Jeong adalah BBF-nya Shi Won kapan dan di manapun. Kepribadiannya periang, setia, penuh kasih, dan bersemangat. Walaupun Yoo Jeong melanggar aturan dalam “Kode Fandom H.O.T” karena berbalik arah jadi fans Sechs Kies tapi Shi Won dan dirinya tetap berteman baik.

Karakter lain yang menjadi ciri khas Yoo Jeong adalah dia mudah jatuh cinta. Selalu ada orang baru yang dia sukai, entah pria sungguhan atau idol. Dia bisa dengan mudah jatuh cinta pada seseorang. Hidupnya dipenuhi dengan drama naksir seseorang kemudian ditolak.

Ternyata dia naksir dengan Yoon Je dan bertanya pada Shi Won apakah dia boleh menyatakan perasaannya pada teman Shi won tersebut.

4. Hoya

Hoya

Pria bernama asli Lee Ho Won ini adalah mantan anggota boy band Infinite. Di grupnya tersebut Hoya memegang posisi sebagai main vocalist, dancer dan rapper. Di tahun 2017 dia meninggalkan Woolim Entertainment dan grup. Hoya yang kelahiran Busan ini drop out dari SMA karena ingin mengejar mimpinya menjadi penyanyi.

Dalam drama ini Hoya berperan sebagai Gang Jun Hee, seorang pria yang tampan, sopan dan cerdas. Dia disukai baik oleh yang muda maupun yang tua. Bagi Yoon Je dia sudah seperti saudara. Namun ternyata Jun Hee memendam rahasia gelap. Selama ini ternyata dia memiliki perasaan yang mendalam untuk Yoon Je.

5. Lee Si Eon

Lee Si Eon

Aktor kelahiran Busan yang memulai debutnya pada tahun 2009 lewat drama Friend Our Legend ini sempat mengenyam pendidikan di Seoul Institute of the Arts.

Di sana dia mengambil jurusan Broadcasting and Entertainment. Selain main di Reply 1997, Si Eon juga tampil dalam drama Ho Goo’s Love, Live, Hotel del Luna, dan yang terbaru Cheat on Me, If you can.

Lee Si Eon berperan sebagai Bang Sung Jae dalam drama ini. Karakternya digambarkan paling tidak dewasa, sangat cerewet, menimbulkan masalah, melakukan hal tanpa berpikir terlebih dulu, tapi di balik itu semua dia adalah orang yang selalu ada untuk teman-temannya. Di kemudian hari, Sung Jae berhasil menjadi tukang memperbaiki apapun.

Ada adegan saat Sung Jae membantu menggantikan lampu untuk seorang nenek. Adegan ini memperlihatkan siapa Sung Jae sebenarnya, pria yang penuh kasih sayang, andal dan lincah.

6. Eun Ji Won

Eun Ji Won

Eun Ji Won adalah anggota boy band Sechs Kies, bagian dari generasi pertama Kpop. Dia mulai bersolo karier di tahun 2001. Eun Ji juga merupakan anggota dari variety show Happy Sunday: 1 Night 2 Days.

Dia dan boy band-nya berada dalam naungan YG entertainment. Untuk karier aktingnya, dia lebih banyak mendapatkan guest role dibandingkan main role. Hanya di Reply 1997 dia jadi peran utama.

Dalam Reply 1997 dia berperan sebagai Do Hak Chan, yang asalnya dari keluarga militer yang cukup kaya dan punya kemiripan kuat dengan anggota Sechs Kies, Eun Ji won. Do Hak Chan merupakan anak pindahan baru dari Seoul.

Di sekolah barunya dia mendadak jadi terkenal karena dia pandai olahraga dan punya koleksi film dewasa yang jumlahnya mengalahkan toko penjual video film dewasa.

Kelemahan dia hanya perempuan. Dia bisa berubah dari yang karismatik dan keren menjadi “bodoh” serta mengoceh tak jelas saat menyukai perempuan. Dia akhirnya berhasil mendapatkan gadis impiannya tapi hubungan mereka harus diuji karena Hak Chan harus pergi belajar ke luar negeri.

7. Song Jong Ho

 Song Jong Ho

Song Jong Ho memulai debutnya sebagai seorang model catwalk dalam pagelaran koleksi Park Byung-chul di tahun 1995. Kariernya sebagai model hanya sampai tahun 1999. Sesudahnya dia terjun ke dunia akting.

Dia berhasil membintangi beberapa drama, di antaranya Will It Snow for Christmas?, The Princess' Man, Reply 1997, dan yang terbaru adalah Was it Love?.

Di Reply 1997 dia berperan sebagai Yoon Tae Woong yang seorang guru juga kakak dari Yoon Yoon Je. Seperti juga adiknya, Tae Woong merupakan lulusan SNU dan guru yang dicintai murid-muridnya.

Kelemahannya adalah dia tidak bisa membedakan mana barang yang palsu dan asli, seperti yang terjadi dengan T-shirt Guest yang diberikan pada Yoon Je. Hubungan kakak adik ini diuji saat mereka menyukai perempuan yang sama.

8. Lee Il Hwa

Lee Il Hwa

Lee Il Hwa merupakan aktris Korea yang memulai debut aktingnya di tahun 1991. Dia sudah tampil dalam deretan drama Korea, di antara yang terkenal adalah My Love from The Star, She was Pretty, Her Private Life and tentunya trilogi Reply.

Dalam Reply 1997, 1994 dan 1988, dia selalu berperan sebagai ibu dari tokoh utamanya. Di Reply 1997 dia berperan sebagai ibunya Sung Shi Won. Mengetahui anaknya tergila-gila dengan Tony Ahn, bukannya memarahinya dia malah mendukung Shi Won.

Itu karena dia juga seorang fans dari karakter sebuah drama yang dia sukai. Ibu Shi Won juga suka memberi uang saku ekstra pada Shi won.

9. Sung Dong Il

 Sung Dong Il

Aktor kawakan Korea ini mulai aktingnya sebagai pemeran pembantu dalam banyak drama Korea. Salah satunya adalah 200 Pounds Beauty yang melambungkan namanya.

Kesempatan menjadi peran utama muncul dalam drama Miss Hammurabi, Trap, dan The Cursed. Dia juga membintangi banyak film, di antaranya Emperor's Holidays, The Accidental Detective, dan yang terbaru Pawn.

Seperti Lee Il Hwa, Sung Dong Il juga berperan sebagai ayah dalam trilogi Reply. Di Reply 1997, dia berperan sebagai ayah Shi Won yang sangat sayang dengan anak perempuannya. Dia menyatakan perang dengan Tony Ahn ketika Shi Won jatuh cinta dengan member H.O.T tersebut. Pekerjaannya adalah sebagai pelatih tim “Busan Seagull”.

10. Jung Kyung Mi

Jung Kyung Mi

Jung Kyung Mi merupakan seorang komedian kelahiran Busan. Setelah lulus dari Universitas Kookmin jurusan Departemen Teater dan Film, dia mulai debutnya sebagai komedian dalam Gag Concert di tahun 2005. Selain itu, Kyung Mi juga pernah mengeluarkan single digital di tahun 2007.

Dalam Reply 1997 dia menjadi pemain pendukung yang beperan sebagai Kyung Mi/Eun Dokki, fans Sechs Kies. Dia seorang yang suka mem-bully dan sebagai fans Sechs Kies dia percaya sudah dipilih oleh Eun Ji Won. Kyung Mi juga jatuh cinta pada Yoon Je dan Joon Hee. Musuh utamanya adalah Shi won.

Itulah kesepuluh pemeran Reply 1997 yang menjadi awal dari kemunculan trilogi Reply yang terkenal tersebut. Drama Reply 1997 sendiri sukses mendapatkan pujian dari para kritikus dan penonton karena drama ini penuh humor, original, fresh, dan risetnya cukup baik.

Apakah kamu penggemar trilogi Reply? Dari ketiga Reply, manakah serial Reply yang paling kamu sukai? Apakah menurutmu Reply 1997 lebih bagus dibandingkan Reply 1988 yang populer itu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram