bacaterus web banner retina

8 Pemeran Film Morbius (2022), Superhero Berwujud Vampire

Morbius Menjadi film ketiga dari Sony’s Spider-Man Universe setelah Venom (2018) dan Venom: Let There Be Carnage (2021). Sosok superhero ini sebenarnya adalah seorang anti-hero yang nanti berafiliasi dengan sosok antagonis Marvel lainnya. Di post-credit film ini, Morbius setuju untuk bergabung dengan Vulture yang menjadi sosok antagonis di film Spider-Man: Homecoming (2017).

Meski Spider-Man masih belum dihadirkan juga, setidaknya film ini berusaha untuk membangun sisi kelam semesta Marvel secara perlahan. Morbius tidak bisa menampilkan kesadisannya secara maksimal, karena rating PG-13, yang melabuhkan sedikit kekecewaan bagi penonton.

Mengandalkan kekuatan akting Jared Leto, beberapa pemeran lain pun tampil cukup baik dalam membawakan karakternya masing-masing. Yuk, kita langsung kenalan dengan mereka!

1. Jared Leto (Michael Morbius)

Jared Leto (Michael Morbius)

Peraih Oscar lewat film Dallas Buyers Club (2013) ini memang sering dipercaya untuk membawakan karakter yang bermasalah dengan kejiwaan. Michael Morbius yang diperankan olehnya memiliki beban psikologis yang cukup berat. Morbius terlahir dengan mengidap penyakit aneh yang menggerogoti tubuhnya dan membuat kakinya lumpuh.

Memiliki bakat dan kecerdasan, Morbius tumbuh menjadi seorang dokter ahli biokimia yang melakukan terobosan di bidang kedokteran dengan menciptakan darah buatan. Tapi dia menganggap pencapaiannya ini adalah sebuah kegagalan. Oleh karena itu, dia menolak ketika hendak dianugerahi Nobel.

Dan saat dia berhasil mengubah dirinya menjadi sehat, tetap saja Morbius menganggap eksperimennya ini sebuah kegagalan lainnya. Memang benar, dengan serum itu tubuh seseorang akan memiliki kekuatan maksimal nyaris tanpa batas dengan tingkat kesehatan yang luar biasa. Tapi efek negatifnya adalah harus mengonsumsi darah secara rutin.

Morbius sebenarnya adalah sosok anti-hero yang berada di area abu-abu. Memiliki kekuatan penuh kegelapan, namun dia menggunakannya untuk kebaikan. Salah satunya adalah memusnahkan Milo yang memiliki kekuatan serupa. Namun di akhir film, kita melihat Morbius sepertinya memilih berada di sisi antagonis. Menurut IGN, Morbius berada di peringkat ke-19 dalam daftar musuh besar Spider-Man.

2. Matt Smith (Milo Morbius)

Matt Smith (Milo Morbius)

Pemeran The Doctor di serial Doctor Who dan Prince Phillip di serial The Crown ini mampu menampilkan performa akting yang mengagumkan di film Morbius. Milo diceritakan adalah orang kaya yang sudah bersahabat dengan Morbius sejak mereka sama-sama dirawat di sebuah fasilitas kesehatan. Morbius berjanji akan menemukan obat bagi penyakit mereka.

Dia membiayai semua penelitian Morbius, bahkan menyediakan kapal yang berlayar di perairan internasional untuk melakukan eksperimen terakhir. Melihat efek yang terjadi pada Morbius, sebenarnya Milo takut. Tapi keinginannya untuk bisa memiliki tubuh yang sehat membuatnya mencuri dan menyuntikkan serum itu ke tubuhnya.

Haus akan darah, Milo melakukan banyak aksi pembunuhan yang oleh pihak kepolisian dituduhkan kepada Morbius. Bahkan Milo tega membunuh ayah angkatnya sendiri, Nicholas. Tidak senang melihat Morbius yang ingin membuat serum penawar, Milo selalu memburu Morbius dan menantangnya berkelahi.

Memancing api amarah Morbius dengan melukai Martine, pada akhirnya Milo bukanlah tandingan Morbius yang berhasil mengendalikan kekuatannya secara maksimal.

3. Adria Arjona (Martine Bancroft)

Adria Arjona (Martine Bancroft)

Aktris cantik asal Puerto Riko ini pernah tampil apik di film Pacific Rim: Uprising (2018). Di film Morbius, Adria Arjona berperan sebagai rekan Morbius sesama dokter yang membantunya untuk menciptakan serum obat dari penyakit yang diderita Morbius. Bahkan saat melakukan eksperimen berbahaya pun, Martine tetap berada di sisi Morbius.

Saat Milo menebar bahaya di kota, Morbius meminta bantuan Martine, sekaligus terlibat hubungan asmara dengannya. Layaknya skema musuh superhero lainnya, Martine menjadi sandera untuk memancing kehadiran Morbius. Milo melukainya hingga sekarat. Sebelum meninggal dunia, Morbius menggigit dan meminum darahnya. Di adegan akhir, kita lihat Martine membuka matanya.

4. Jared Harris (Emil Nicholas)

Jared Harris (Emil Nicholas)

Sudah pernah menonton miniseri Chernobyl yang tayang di HBO? Kalian pasti sangat terkesan dengan akting aktor senior ini. Dan di dalam film Morbius ini, karakter Emil Nicholas memegang peranan penting bagi perkembangan psikologis Morbius dan Milo. Dia adalah dokter yang merawat dua anak dengan penyakit unik ini hingga dewasa.

Dia juga berperan penting dalam kesuksesan pendidikan yang diemban Morbius hingga mendapatkan gelar doktor juga Nobel yang ditolak oleh Morbius. Sayang, hidupnya harus berakhir di tangan Milo dan tidak bisa diselamatkan oleh Morbius.

5. Tyrese Gibson (Simon Stroud)

Tyrese Gibson (Simon Stroud)

Pemeran Roman di franchise Fast & Furious ini kabarnya dikontrak untuk tiga film semesta Spider-Man. Jadi, perannya sebagai agen FBI Simon Stroud ini hanyalah sebuah awal yang kelak akan dikembangkan lebih jauh di film-film selanjutnya.

Karakternya memang tidak berbuat banyak untuk masuk ke dalam jalinan cerita. Agen Simon hanya datang ke beberapa TKP dan berusaha menganalisa kasus ini lebih dalam. Tapi penyelidikan yang dilakukannya tidak begitu terlihat, hanya satu kali bertanya kepada Martine, dan itu pun hanya berupa asumsi mentah saja.

Menurut Tyrese Gibson, karakternya nanti digambarkan memiliki persenjataan yang canggih dan termasuk salah satu superhero. Mungkin hal ini akan terjadi di dua film lanjutannya. Baiknya kita tunggu saja.

6. Al Madrigal (Alberto “Al” Rodriguez)

Al Madrigal (Alberto “Al” Rodriguez)

Komedian ini berperan sebagai rekan Simon dalam menyelidiki kasus pembunuhan aneh. Semua jasad yang ditemukan tidak memiliki darah lagi dalam tubuhnya. Dan beberapa diantaranya tewas dalam kondisi mengenaskan. Al sangat teliti dalam membeberkan bukti yang ada, tapi masih juga belum menemukan petunjuk pasti bagaimana cara pelaku melakukan aksinya.

FBI menduga bahwa Morbius adalah pelakunya hingga ditemukan bukti lain dari kamera CCTV bahwa Milo adalah pembunuh sebenarnya. Mereka terlambat datang ke lokasi pertarungan Morbius dan Milo. Hanya Morbius yang terbang bersama ribuan kelelawar yang mereka lihat.

7. Michael Keaton (Adrian Toomes / Vulture)

Michael Keaton (Adrian Toomes / Vulture)

Melanjutkan perannya sebagai musuh Spider-Man di film Spider-Man: Homecoming (2017), Adrian Toomes berpindah ke semesta yang ditempati oleh Morbius karena kegoncangan multiverse yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home (2021). Tapi dia hanya muncul di dua adegan post-credit yang singkat sebagai kilasan cerita untuk film selanjutnya.

Terdapat perbedaan adegan antara di trailer dengan filmnya. Jika dilihat di trailer, Adrian berpapasan dengan Morbius saat dia dibawa ke penjara. Sedangkan di dalam film, Adrian tiba-tiba muncul di dalam sebuah ruang tahanan yang kosong. Dan di adegan setelahnya, dengan mengenakan kostum Vulture, dia mengajak Morbius untuk bergabung bersamanya.

8. Corey Johnson (Mr. Fox)

Corey Johnson (Mr. Fox)

Aktor spesialis pemeran pendukung ini hanya kebagian satu adegan saja. Sebagai pimpinan tentara bayaran yang mengawal eksperimen Morbius di kapal, dia turun ke laboratorium. Awalnya dia mengancam Martine, namun dia terkejut ketika diserang oleh Morbius yang telah berubah menjadi vampire. Memberi komando kepada rekan-rekannya tetap tidak bisa menyelamatkan nyawanya.

Itulah 8 aktor dan aktris yang bermain di film Morbius. Tidak memiliki jumlah pemeran yang banyak, film ini memang cenderung minimalis agar fokus cerita hanya mengarah kepada Morbius saja. Meski masih terasa kurang geregetnya, kita tentu setuju franchise ini harus dilanjutkan. Apalagi Spider-Man belum terlihat sama sekali. Langsung tonton saja filmnya sekarang, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram