bacaterus web banner retina

8 Pemeran Kingmaker, Film Politik Libatkan Para Aktor Kawakan

Film Korea Selatan bertema politik berjudul Kingmaker (2022) memotret fenomena kampanye gelap pada setiap proses pemilihan yang memperebutkan kekuasaan.

Seo Chang Dae, seorang apoteker yang ahli di bidang strategi kampanye menawarkan cara-cara yang terkesan kotor pada Kim Woon Bum, politikus ‘putih’ yang lurus.

Walau awalnya ditolak, sang politikus akhirnya bersedia menerima bantuan. Chang Dae tidak keberatan sekalipun dia hanya diposisikan sebagai bayangan.

Strategi kotornya terbukti berhasil dan karir Woon Bum semakin meroket. Hingga akhirnya mereka terlibat konflik serius yang berakibat pada hilangnya kepercayaan.

Para pemeran Kingmaker (2022) adalah para aktor Korea berkualitas A. Dari segi akting, tak perlu diragukan lagi. Siapa saja mereka?

Baca juga: 17 Film Korea Terbaik di Tahun 2022

1. Kim Woon Bum (Sol Kyung Gu)

Kim Woon Bum (Sol Kyung Gu)

Aktor senior dengan jam terbang tinggi di industri perfilman Korea Selatan, Sol Kyung Gu, menjadi salah satu pemeran Kingmakers (2022).

Penampilannya sebagai tokoh utama bernama Kim Woon Bum memberikan kesan tersendiri. Dia adalah seorang politikus yang punya tujuan membangun negara demokratis.

Kim Woon Bum tidak ingin rakyat dibungkam dan takut menyampaikan pendapatnya. Dia juga tak mau bila rakyat ikut sulit atau bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan pemerintah. Memiliki tujuan mulia seperti itu, Woon Bum tidak sudi mencapainya dengan cara-cara kotor.

Sayang, cara yang dia yakini bersih nyatanya tidak membuahkan hasil. Dia kalah dalam pemilihan sebanyak empat kali selama tujuh tahun.

Strategi yang dia pakai sudah tidak relevant. Melihat lawannya menggunakan strategi licik untuk mendapat dukungan dari masyarakat, Woon Bum mulai tertarik.

Di sisi lain dia tetap ingin melindungi reputasinya, sehingga bersikap egois pada ahli strategi yang sudah membantunya. Menurut Woon Bum orang-orang dengan pola pikir licik tidak seharusnya ada di dunia politik.

Woon Bum kesulitan membedakan antara licik dan cerdas. Niatnya untuk menjalankan politik putih malah mengesankan bahwa dia sosok yang naif dan tidak tahu terima kasih.

2. Seo Chang Dae (Lee Sun Kyun)

Seo Chang Dae (Lee Sun Kyun)

Ini dia sosok Kingmaker sekaligus plot dalam film Kingmaker (2022) itu sendiri. Seo Chang Dae yang diperankan oleh Lee Sun Kyun memegang peranan sangat penting.

Chang Dae berasal dari Korea Utara dan mengalami trauma atas kematian ayahnya. Sang ayah dibunuh karena terdengar berlogat seperti komunis.

Sejak itu dia berusaha keras menghilangkan logat Utaranya dan ingin mengubah sistem pemerintahan yang selama ini dipakai.

Chang Dae adalah seorang apoteker yang punya nyali untuk menawarkan diri sebagai ahli strategi kampanye. Nyali yang dia miliki berasal dari kekecewaannya dan rasa muak atas sistem pemerintahan yang kacau.

Chang Dae sangat cerdas membaca situasi sehingga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Dia memakai taktik dan strategi yang ‘kotor’ untuk mengalahkan lawan. Idenya sempat ditolak oleh Woon Bum dan tim, tapi dia bisa membuktikan kalau metodenya berhasil.

Dengan kemampuannya, Woon Bum menang dua kali berturut-turut sebagai anggota majelis. Chang Dae merasa puas sekalipun hanya diperlakukan seperti bayangan.


Identitasnya tak pernah diungkap dan dia tidak diberi jabatan oleh Woon Bum. Sayang, niatnya meruntuhkan sistem pemerintah yang tiran mulai ditumpangi ambisi.

3. Kim Young Ho (Yoo Jae Myung)

Kim Young Ho (Yoo Jae Myung)

Pemeran Kingmaker (2022) selanjutnya adalah Yoo Jae Myung. Aktor senior yang dikenal banyak melakoni karakter pendukung ini berperan sebagai Kim Young Ho.

Dia merupakan anggota majelis termuda sekaligus ketua fraksi termuda. Saat ini Kim Young Ho menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat Baru; partai yang menaungi Kim Woon Bum.

Di dunia politik namanya sangat besar, tapi dia tidak terlalu diperhitungkan sebagai lawan yang berat. Meski begitu Kim Young Ho tetap dianggap sebagai politikus kelas kakap.

Kim Young Ho dan Woon Bum berebut kesempatan untuk maju sebagai presiden selanjutnya dari Partai Demokrat Baru.  

4. Sekretaris Lee (Jo Woo Jin)

Sekretaris Lee (Jo Woo Jin)

Jo Woo Jin yang mendapat perhatian besar berkat penampilannya di drama Happiness (2021), turut membintangi film ini. Dia berperan sebagai Sekretaris Lee, yakni sekretaris Presiden Park yang tengah menjabat.

Lee adalah anggota Partai Republik yang cukup ahli menganalisa peristiwa tertentu. Dia kerap disepelekan oleh rekan sesama partai, tetapi mampu membalasnya dengan cara cerdas.

Sekretaris Lee sama ‘liciknya’ dengan Chang Dae, dia bersedia menggunakan berbagai cara guna mengalahkan lawannya. Lee adalah satu dari sedikit orang yang mengagumi kemampuan Chang Dae lalu memanfaatkannya.

5. Sekretaris Park (Kim Sung Oh)

Sekretaris Park (Kim Sung Oh)

Pemeran Kingmaker (2022) selanjutnya adalah aktor yang lekat dengan peran antagonis; Kim Sung Oh. Kali ini, Kim juga memerankan karakter yang cukup menyebalkan sebagai Sekretaris Park. Dia adalah salah satu orang kepercayaan Woon Bum yang sama kaku dan naifnya.

Sekretaris Park menjadi orang yang paling vokal dan sering tidak setuju dengan ide-ide Chang Dae. Dia tidak segan memperlihatkan ketidaksukaannya pada ide-ide yang Chang Dae kemukakan.

Sekretaris Park baru menerimanya setelah Woon Bum menyetujui. Sudah begitu pun sikapnya tetap kurang ramah dan tidak menghargai Chang Dae.

6. Soo Yeon (Seo Eun Soo)

Soo Yeon (Seo Eun Soo)

Seo Eun Soo ikut meramaikan jalan cerita film Kingmaker (2022) dengan perannya yang tak kalah penting. Dia adalah gadis dari Busan yang bekerja pada Woon Bum sebagai penulis naskah untuk pidato-pidatonya.

Di dalam tim Soo Yeon anak baru, tapi wawasannya cukup luas, terutama mengenai sosok-sosok penting di pemerintahan. Soo Yeon mengagumi Chang Dae dan kemampuanya yang hebat.

Dia tidak keberatan dengan usul-usul atau strategi yang Chang Dae berikan agar Woon Bum memenangkan pemilihan. Soo Yeon sigap membantu, bahkan sampai terjun langsung ke lapangan. Dia gadis pekerja keras.

7. Direktur Kim (Yoon Kyung Ho)

Direktur Kim (Yoon Kyung Ho)

Pemeran Kingmaker (2022) selanjutnya lagi-lagi aktor yang cukup familiar karena sering tampil di berbagai drama atau film. Dia adalah Yoon Kyung Ho yang dipercaya berperan sebagai Direktur Kim.

Kim menjadi tim sukses Presiden Park yang paling banyak bicara. Dia selalu menggebu-gebu saat menyampaikan pendapat.

Dia menonjolkan kemampuannya dalam berbicara dan menjelekkan lawan untuk menutupi kebodohannya. Direktur Kim sosok yang tidak terlalu cerdas.

Dengan kondisi yang seperti itu Kim mudah dijatuhkan dari posisinya. Kesetiaan Direktur Kim pada Presiden Park tidak berarti apa-apa.

8. Kang In San (Park In Hwan)

Kang In San (Park In Hwan)

Selanjutnya, pemeran Kingmaker (2022) yang lain adalah Park In Hwan. Aktor senior dengan segudang pengalaman tersebut berakting sebagai Kang In San.

Dia adalah ketua Partai Demokrat Baru yang berarti atasan dari Kim Woon Bum dan Kim Young Ho. Di usianya yang sudah lanjut, Kang In San punya keinginan untuk menyalonkan diri menjadi presiden.

Namun, keinginan itu tidak terlalu kuat. Baginya yang terpenting adalah tetap menjadi ketua partai. Kang In Hwan sosok yang mudah dibujuk oleh janji-janji bawahannya.

Dia tipikal pemimpin yang tidak percaya diri dan tak punya kharisma. Sebagian besar pemeran Kingmaker (2022) adalah aktor-aktor kawakan yang berkualitas. Penampilan mereka terjamin mutunya.

Walau porsi tampil mereka tidak terlalu panjang, para aktor tersebut bisa menghidupkan karakter-karakter yang jadi tanggung jawabnya. Ingin tahu bagaimana mereka beradu akting? Saksikan film Kingmaker (2022) di Iqiyi atau Viu segera!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram