Mari Berkenalan dengan 11 Pemeran Film Inglourious Basterds

Ditulis oleh Siti Hasanah

Siapa yang pernah dengar konspirasi Hitler menghembuskan napas terakhirnya di Indonesia? Teori konspirasi ini sempat geger terdengar beberapa tahun silam.

Namun bombastisnya teori konspirasi tersebut mungkin kisahnya tidak semantap imajinasinya Quentin Tarantino, yakni membuat cerita Hitler mengehmbuskan napas terakhirnya di gedung bioskop.

Kisah ini diabadikan Tarantino ke layar lebar pada tahun 2009 dengan judul Inglourious Basterds. Film ini menceritakan satu tim The Basterds – yakni tantara Yahudi-Amerika untuk membunuh pemimpin Partai Nazi dan seorang gadis yang merencanakan pembunuhan masal tentara Nazi di gedung bioskop. Sebelum nonton, intip dulu aktor aktris nya!

1. Brad Pitt – Lt. Aldo “The Apache” Raine 

pemain-inglorius-basterds-1_

Pernah berjumpa dengan Quentin Tarantino sebelumnya di film True Romance, kali ini Brad Pitt membintangi film Tarantino sebagai aktor utama.

Di sini, Pitt berperan sebagai Lt. Aldo Raine yang juga dijuluki sebagai “The Apache” karena konon Raine memiliki keturunan Indian. Sebelum bertugas sebagai tentara, dirinya pernah menjalani pekerjaan lain.

Sebelumnya, dirinya adalah seorang penambang batu bara dan pengangkut rum. Kemudian dia memiliki pengalaman berperang melawan Ku Klux Klan. Karena banyak pengalaman yang dirinya lalui, akhirnya Raine membentuk pasukan The Basterds, yakni sekumpulan tentara Yahudi-Amerika yang memiliki misi khusus untuk maju di era Perang Dunia II.

Raine merekrut beberapa anggota Yahudi-Amerika, termasuk Donny Donowitz, Smithson Utivich, Wilhelm Wicki dan Omar Ulmer untuk memburu tentara Partai Nazi dengan kebijakan yang unik. Siapapun yang tertangkap The Basterds, sandera harus mati dan kepala mayatnya wajib dikuliti lalu dikumpulkan. 

Namun, apabila Sandera dibebaskan, dahi sandera harus diukir gambar swastika, agar sandera tidak bisa menyamar atau menghilangkan identitasnya.

Di sini, selain menjadi otak operasi The Basterds, Lt. Aldo Raine juga menjadi pemimpin para The Basterds. Cerdik dan persuasif, karakter Raine juga mampu mengambil hati Hugo Stiglitz, mantan tentara Jerman. 

2. Christoph Waltz – Col. Hans “The Jew Hunter” Landa 

pemain-inglorius-basterds-2_

The Basterds punya pemimpin yang persuasif dan cerdik, tentunya harus diimbangi dengan karakter antagonis yang tidak kalah menarik dan cerdik. Col. Hans Landa, yang diperankan oleh Christoph Waltz adalah lawan Aldo Raine yang licin bagai belut. 

Tidak jago tempur seperti Raine, namun Landa jago dalam meneliti lawan, bahkan kehadirannya bikin merinding walaupun tidak jago tempur. Disebut-sebut sebagai “The Jew Hunter” karena hampir Yahudi yang menyamar atau bersembunyi di manapun, kehadirannya bisa terendus oleh Landa.

Kecerdikan Landa pun sudah diperlihatkan di adegan pembuka, di mana Landa berbincang dengan Monsieur Perrier LaPadite.

Hans Landa dengan piawai berbincang dengan LaPadite dengan dua bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis. Kemampuannya di bidang linguistik membuat dirinya bukan sosok dianggap remeh, bahkan bagi The Basterds.

Maka saat The Basterds menyamar menjadi orang Italia, hanya dengan mendengar aksen setiap anggota The Basterds dan sedikit percakapan, Hans Landa bisa mengidentifikasi jika mereka adalah orang asing. Bak detektif, cerdas dan cerdik adalah deskripsi yang tepat untuk menggambarkan karakter menyeramkan satu ini.

3. Melanie Laurent – Shosanna Dreyfus/Emmanuelle Mimieux

pemain-inglorius-basterds-3_

“Au Revoir, Shosanna!” Begitu kata Hans Landa, saat keluarga Dreyfus dibunuh oleh tentara Partai Nazi, dan Shosanna berhasil kabur dari rumah Monsieur LaPadite. Beberapa tahun kemudian, Shosanna membuka bisnis bioskop dengan kekasihnya.

Awalnya hanya sekadar bisnis, Shosanna malah terpikir untuk menyusun rencana menjebak para tentara Partai Nazi.

Rencana tersebut dilakukan tidak begitu mulus, apalagi ada salah satu tentara yang sudah dianggap sebagai pahlawan bernama Fredrick Zoller, terobsesi dengan Shosanna sehingga seringkali Shosanna didekati oleh Zoller.

Karena obsesi Zoller ini juga, Shosanna sering mendapatkan momen menegangkan, yakni masuk ke lingkungan pro-Jerman.

Sosok Shosanna ini terbilang santai, berani, dan banyak akal. Dia bisa melakukan hal nekat apapun demi membalaskan dendam keluarganya yang hilang karena pembantaian beberapa tahun silam. 

4. Daniel Brühl – Fredrick Zoller

pemain-inglorius-basterds-4_

Di sini, Brühl memerankan karakter sniper Jerman, Fredrick Zoller yang mengukir prestasi membanggakan hingga dianggap sebagai pahlawan. Kisah inspiratif Zoller tersebut diangkat ke layar lebar dan dijadikan sebagai film propaganda.

Terlepas dari latar belakangnya yang dianggap sebagai pahlawan dan dibanggakan banyak orang, namun dia tetap pemuda biasa.

Zoller sangat tertarik dengan Shosanna, dan Zoller seringkali berpapasan dengan Shosanna hingga perasaan Zoller kepada gadis satu ini menjadi obsesi. Bahkan, nasib hidupnya pun berada di tangan Shosanna.

5. Eli Roth – Donny “The Bear Jew” Donowitz 

pemain-inglorius-basterds-5_

Karakter yang diperankan Eli Roth ini paling sering disebut-sebut walaupun karakter Donny Donowitz ini terbilang minor. Karakter The Bear Jew ini sering disebut-sebut karena setiap kali dirinya mendapat mangsa, yakni tentara Nazi, The Bear Jew akan melumat habis kepala mereka hanya dengan tongkat baseball berukuran besar dan berat. 

Konon Donowitz dulunya adalah seorang tukang cukur. Sebelum perang datang, dirinya membeli sebuah tongkat atau bat baseball.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram