bacaterus web banner retina

Inilah 7 Pemeran Penting dalam Film Gangubai Kathiawadi

Sosok Gangubai Kathiawadi memang patut untuk dikagumi, karena keberanian dan konsistensinya untuk masyarakat Kamathipura. Bahkan hal yang dituntutnya hanyalah keadilan bagi 4000 wanita dan anak-anak yang kerap dianggap sebagai hama atau sampah.

Sosok ini berhasil dilakoni dengan sangat baik oleh Alia Bhatt, dari awal hingga akhir. Penampilannya sebagai Gangubai benar-benar sangat memukau, bahkan Alia sampai mengubah gaya bicara dan suaranya.

Tapi yang membuat merinding, sorot mata dan berbagai dialog savage yang keluar dari mulutnya. Selain Alia Bhatt, saya juga terpesona dengan penampilan yang simpel tapi epik dari Ajay Devgan sebagai Rahim Lala si bos mafia setempat.

Berbicara soal film Gangubai Kathiawadi (2022), rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas soal pemeran dan karakternya.

Hal inilah yang akan Bacaterus bahas kali ini, mau tahu ada siapa saja yang berperan dalam film ini? Kamu bisa mendapatkan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Daftar Film India Terbaik Sepanjang Masa

1. Gangubai Kathiawadi (Alia Bhatt)

Gangubai Kathiawadi (Alia Bhatt)

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Alia Bhatt benar-benar menampilkan sosok Gangubai Kathiawadi dengan sangat baik. Ia berusaha untuk menunjukkan karakter Gangubai yang pemberani dan lantang, hal ini terlihat dari cara bicaranya.

Pandangan yang diberikan Alia sebagai Gangubai juga terlihat berapi-api, namun ada kasih sayang ketika ia berhadapan dengan anak sepertinya.

Jika telaah, sosok Gangubai ini adalah wanita yang cerdas karena pada dasarnya ia berasal dari keluarga yang berpendidikan.

Ia terlahir dari keluarga pengacara ternama di Kathiawad, sehingga tidak aneh jika Gangubai cukup cerdas dan terlihat berprinsip. Sayangnya gadis ini termakan buaian cinta, yang membuatnya harus berakhir di rumah bordil Sheela Maasi.

Tidak mudah baginya untuk berdamai dengan keadaan, namun Gangu akhirnya memutuskan untuk membuang masa lalunya. Gadis ini bahkan menetapkan ambisinya, untuk membeli rumah bordil Sheela Maasi dalam lima tahun dan mengubah hidup kawan-kawannya.

Gangubai memahami hal yang paling penting dalam hidupnya meski ia sudah menjadi seorang pelaku prostitusi. Ia menginginkan kebebasan dan hidup dengan layak, karena ia tahu wanita sepertinya masuk ke dunia prostitusi karena paksaan.

Ia tidak ingin menjadikan anak-anak Kamathipura bernasib sama dengannya, makanya ia berusaha memberikan pendidikan kepada mereka.

Tapi masyarakat yang tidak tahu tentang hidup mereka, selalu menghakimi dan mendiskriminasi. Gangubai hanya ingin 4000 wanita dan anak-anak di Kamathipura diberikan kesempatan hidup yang sama seperti masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Inilah 10 Film Terbaik Alia Bhatt yang Tidak Boleh Terlewatkan

2. Afsaan (Shantanu Maheshwari)

Afsaan (Shantanu Maheshwari)

Afsaan diceritakan sebagai sosok pria yang membuat Gangubai merasakan kembali cinta yang sudah lama padam dalam hatinya.

Sebenarnya tidak ada hal yang spesial dari Afsaan, pria ini bekerja di sebuah rumah jahit dan berasal dari keluarga biasa saja. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa Afsaan memang terlihat sangat tampan dan begitu manis.

Pria ini sangat polos, hal inilah yang membuat Gangubai sangat tertarik dengan sosok Afsaan yang sangat simpel.

Hal paling penting, Afsaan tidak pernah memandang atau memperlakukan Gangubai seperti wanita lampu merah pada umumnya.

Ia sangat menghormati Gangubai dan selalu bersikap sopan, bahkan Afsaan bermimpi untuk bisa menikahi Gangubai.

Namun dalam masyarakat, memang mustahil ada seorang pria yang menikahi wanita dari Kamathipura. Satu-satunya pria yang bisa melakukan hal tersebut hanyalah Afsaan, namun pria ini tidak menikah dengan Gangubai.

Afsaan justru dinikahkan dengan putri dari salah satu wanita dari rumah bordil Gangubai, meski dengan perasaan terpaksa.

3. Raziabai (Vijay Raaz)

Raziabai (Vijay Raaz)

Seperti yang dikatakannya kepada Gangubai, Raziabai bukanlah pria atau wanita tetapi ia adalah pemimpin di Kamathipura. Selama bertahun-tahun Raziabai memegang kendali atas Kamathipura dan menggunakan kekuasaannya untuk keuntungannya sendiri.

Raziabai bisa melakukan apapun, bahkan ia bisa menyuruh polisi melakukan penggeledahan ke setiap sudut kamathipura. Sosok ini diperankan dengan sangat baik oleh Vijay Raaz, dengan tatapannya yang terlihat bengis dan sombong.

Ia memerankan sosok transgender yang emosional dan haus akan kekuasaan, kesombongannya benar-benar membuat jengkel para penonton. Tapi di scene terakhir, Vijay Raaz menunjukkan emosi lain ketika Raziabai memberikan hormat kepada Gangubai.

4. Kamli (Indira Tiwari)

Kamli (Indira Tiwari)

Memerankan karakter Kamli, Indira Tiwari menjadi sosok sahabat yang selalu menjaga dan menemani Gangubai. Kamli memiliki nasib yang sama buruknya dengan Gangubai, ia dijual seharga Rs 1000 dan harus melacurkan dirinya setiap malam.

Namun bersama dengan Gangubai, Kamli bisa merasakan kebebasan yang tidak pernah didapatkannya semasa hidup. Kamli selalu tahu apa yang diinginkan oleh Gangubai. Ketika Gangubai dilanda gundah dan kesal, ia juga selalu bisa menenangkannya.

Kamli menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam hidup Gangubai, karena ia selalu bisa membuatnya kuat. Sayangnya Kamli wafat beberapa hari pasca melahirkan putra pertamanya. Kepergiannya itu dilihat oleh semua orang yang disayanginya.

5. Sheela Maasi (Seema Pahwa)

Sheela Maasi (Seema Pahwa)

Sheela Maasi adalah pemilik rumah bordil yang membuat Ganga terpaksa hidup dengan identitas barunya sebagai Gangu. Wanita ini bisa dikatakan sangat kejam. Baginya semua gadis yang datang hanya berharga Rs 1000 saja.

Ia tidak segan untuk menyiksa dan membunuh setiap anak yang menolak bekerja sebagai pelacur di rumah bordilnya. Bagi Sheela Maasi, tidak ada hal yang lebih penting dari uang dan kekuasaan yang dimilikinya sekarang.

Ia senang karena Gangu menjadi primadona dengan harga yang sangat mahal, tapi ia kesal karena Gangu berani melawannya. Makanya ketika ia melihat sosok klien yang akan menyusahkan Gangu, wanita ini membiarkannya begitu saja.

Ia bersandiwara seolah merasa sedih, karena primadona di rumahnya terluka dan mengalami trauma. Kenyataannya, Sheela Maasi merasa hal ini sebagai pembalasan dendamnya kepada Gangu, karena jelas-jelas ia tidak bisa menyentuh Gangu dengan tangannya.

Sheela Maasi meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya, tapi wanita ini meninggal di dekat uang dan perhiasan yang dimilikinya.

6. Amin Faizi (Jim Sarbh)

Amin Faizi (Jim Sarbh)

Amin Faizi atau Mr. Fezi adalah seorang jurnalis yang awalnya melakukan reportase mengenai penggusuran Kamathipura.

Pertemuannya dengan Gangubai terjadi, ketika Mr. Fezi sedang mewawancarai seorang suster dan pendeta yang memimpin penolakan Kamathipura.

Dari sini, Mr. Fezi terpesona dengan pemikiran Gangubai mengenai kesetaraan hidup dalam masyarakat. Bermodal rasa penasaran dan keingintahuan yang besar, Mr. Fezi mendatangi rumah Gangubai dan mendapatkan kisah yang luar biasa.

Ia ingin membantu Gangubai dan anak-anak di sana untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Bahkan Mr. Fezi membantu Gangubai untuk bertemu dengan orang penting, salah satunya dengan Menteri India.

7. Rahim Lala (Ajay Devgn)

Rahim Lala (Ajay Devgn)

Memerankan sosok mafia berdarah muslim, Ajay Devgan tampil dengan pesona seorang pria taat beragama dan dingin.

Pembawaan karakternya benar-benar membuat siapapun merasa terintimidasi, tetapi saat ia berbicara terlihat ada kasih sayang di matanya.

Rahim Lala adalah sosok pria yang adil. Ia bergerak di bisnis kotor tapi tidak pernah ingin menjerumuskan orang menjadi buruk.

Rahim Lala adalah orang yang telah mengubah hidup Gangubai, yang kini sukses menjadi seorang politikus dan aktivis wanita.

Ia menganggap Gangubai sebagai saudarinya sendiri, ia memberikan nasihat dan dukungan materi untuk adiknya. Rahim Lala adalah pria yang sangat berprinsip, ia hanya akan membela orang yang jujur dan terdzolimi.

Inilah beberapa karakter penting yang wajib banget kamu ketahui sebelum menonton film Gangubai Kathiawadi (2022).

Setiap karakter aktor yang ada dalam film ini, memberikan kualitas akting yang sangat baik dan penuh penjiwaan. Meski begitu, karakter-karakter yang ada di film ini bisa dikatakan forgettable terkecuali Gangubai dan Rahim Lala.

Cukup membuat penasaran, kan? Nah, jika kamu ingin mengetahui pembahasan lebih detail, bisa kunjungi artikel Sinopsis & Review Gangubai Kathiawadi, Kisah Wanita Tuna Susila ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram