bacaterus web banner retina

7 Pemeran Utama Film Gravity, Bercerita tentang Misi Luar Angkasa

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bayangkan dirimu berada di luar angkasa sendirian. Itulah yang terjadi pada Dr. Ryan Stone dalam film Gravity. Film thriller fiksi ilmiah ini diproduksi tahun 2013 dan disutradarai oleh Alfonso Cuarón. Dia tak hanya menyutradarai tapi juga ikut menulis, mengedit serta memproduseri film ini. Para pemain yang membintangi film ini merupakan aktris dan aktor Hollywood yang terkenal.

Untuk tokoh Dr. Ryan dibintangi oleh Sandra Bullock, sementara tokoh Letnan Matt Kowalski dibintangi oleh aktor kawakan yang terkenal dalam perannya di serial TV ER, yaitu George Clooney. Film ini bercerita tentang astronot Amerika yang terdampar di luar angkasa dan berusaha untuk kembali ke bumi. Untuk kamu yang berencana nonton, yuk kenalan dulu dengan para pemain film Gravity.

1. Sandra Bullock - Dr. Ryan Stone

pemain film gravity_Sandra Bullock - Dr. Ryan Stone_

Sandra Bullock sepertinya akan selalu dikaitkan dengan perannya dalam film Speed yang membuatnya menjadi terkenal. Dia bahkan membintangi sekuelnya, Speed 2: Cruise Control yang sayangnya tak seheboh film pertamanya. Besar di Nuremberg, Jerman bersama orang tua dan adik perempuannya, ternyata Sandra Bullock dulu sering tampil di paduan suara anak-anak.

Selain tampil dalam film Speed, Sandra Bullock juga sukses membintangi film-film lainnya yang mengesankan, seperti Demolition Man (1993) dan Wrestling Ernest Hemingway (1993). Dia sempat memenangkan Oscar untuk perannya dalam film The Blind Side (2009).

Baca juga: Film Terbaik Sandra Bullock yang Menarik untuk Ditonton

Dalam film Gravity, Sandra Bullock berperan sebagai Dr. Ryan Stone. Dia merupakan seorang insinyur medis dan mission specialist, yaitu posisi yang dipegang oleh astronot NASA. Dia sedang menjalankan misi luar angkasa pertamanya. Dr. Ryan harus mengalami kesepian di luar angkasa saat teman-teman satu timnya tewas akibat kecelakaan terkena puing-puing dari satelit Rusia yang hancur.

Dr. Ryan Stone merupakan satu-satunya anggota yang selamat dari seluruh anggota timnya. Dalam ketakutannya, dia berusaha untuk kembali ke bumi. Semua upaya dia lakukan dan akhirnya dia bisa kembali lagi ke bumi dengan selamat.

2. George Clooney - Letnan Matt Kowalski

pemain film gravity_George Clooney - Letnan Matt Kowalski_

Bernama lengkap George Timothy Clooney, aktor yang juga merangkap sebagai sutradara film, penulis skenario, produser serta seorang filantropis ini merupakan penerima tiga Golden Globe Awards dan dua Academy Awards. Penghargaan itu dia dapat dari aktingnya di Syriana (2006) dan yang lainnya untuk co-produser dalam film Argo (2012). 

Pada tahun 2018, Clooney mendapatkan penghargaan AFI Lifetime Achievement Award. Debut aktingnya dimulai di layar televisi di tahun 1978. Ketenarannya meroket saat dia bermain sebagai Dr. Doug Ross dalam serial televisi bergenre medis, ER dari tahun 1994 sampai 1999. Berkat serial tersebut ia menerima dua nominasi Primetime Emmy Award.

Letnan Matt Kowalski adalah peran yang dipercayakan pada George Clooney dalam film Gravity. Kowalski merupakan seorang astronot veteran yang berencana pensiun sesudah ekspedisi Explorer. Dia senang berbagi cerita tentang dirinya juga bercanda dengan timnya. Kowalski bertekad untuk melindungi kehidupan para astronot

Di misi sebelumnya, saat dia kembali ke bumi, Kowalski menemukan istrinya berselingkuh dengan seorang pengacara. Kemudian dia pun bercerai dari istrinya. Kowalski menyukai musik country dan mempunyai selera humor yang mengganggu, tetapi dia adalah orang yang benar-benar baik. 

Sayang dia harus kehilangan nyawa ketika berusaha menghindar dari puing-puing satelit Rusia saat bersama Dr. Ryan Stone. Dia melepaskan tambatannya dari Dr. Ryan Stone agar Ryan tak terbawa olehnya. Dia akhirnya melayang-layang di luar angkasa dan meninggal karena kekurangan oksigen akibat kombinasi keracunan karbon dioksida dan kekurangan oksigen.

Baca juga: Film Terbaik dari Aktor Legendaris George Clooney

3. Erdward Harris – Mission Control

pemain film gravity_Erdward Harris – Mission Control_

Aktor yang juga sutradara, produser serta penulis skenario asal Amerika ini pernah tampil dalam beberapa film sebelumnya, seperti Apollo 13 (1995) dan The Truman Show (1998). Dia juga bermain di Pollock (2000) serta The Hours (2002). Semua perannya dalam film tersebut membuat Edward Harris mendapatkan nominasi Academy Award dan pujian dari kritikus.

Tak hanya bermain di layar lebar. Edward Harris juga membintangi beberapa serial televisi, seperti miniseri Empire Falls (2005). Di sana dia berperan sebagai Miles Roby dan dalam serial televisi Game Change (2012) dia berperan sebagai Senator John McCain. Game Change sukses membuatnya mendapatkan Penghargaan Golden Globe sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Seperti halnya misi luar angkasa lain, pasti ada orang-orang di balik mission control. Dalam Gravity diceritakan komandan pesawat ulang-alik veteran Matt Kowalski memanggil ke bumi mengabarkan hal yang tidak menyenangkan. Orang yang menerima info itu di bumi adalah mission control. Meskipun tak pernah nampak di layar, suara di mission control ternyata berasal dari Ed Harris.

4. Aningaaq – Orto Ignatiussen 

pemain film gravity_Aningaaq – Orto Ignatiussen_

Orto Ignatiussen merupakan seorang aktor yang berasal dari Greenland. Selama bertahun-tahun dia sudah pernah berperan sebagai aktor juga sutradara di teater dan iklan. Dia dikenal berkat perannya di film Gravity (2013), Eight Below (2006) serta Aningaaq (2013). Orto meninggal dunia pada 4 Maret 2019 di Tasiilaq, Greenland, Denmark

Saat Dr. Ryan Stone berusaha untuk berkomunikasi dengan Bumi, dia malah terhubung dengan radio amatir milik Aningaaq. Diceritakan Aningaaq merupakan seorang nelayang Greenland yang berada di Kutub Utara. Ketika Dr. Ryan Stone berusaha untuk menyampaikan informasi padanya, dia merasa kebingungan karena dirinya tak mengerti bahasa Inggris sehingga dirinya tak bisa membantu.

Aningaaq juga muncul dalam serial pendek yang ditulis dan disutradarai oleh rekan penulis Gravity Jonás Cuarón, yang menggambarkan percakapan antara dia dan Ryan Stone dari sudut pandangnya.

5. Phaldut Sharma – Shariff Dasari

pemain film gravity_Phaldut Sharma – Shariff Dasari_

Dikenal juga sebagai Paul Sharma, Phaldut Sharma merupakan aktor sekaligus penari yang tinggal di Inggris. Dia muncul dalam beberapa serial televisi di Inggris. Dalam serial TV Casualty, dia muncul sebagai Vinnay Ramdas kemudian di tahun 2011 sebagai Damon Lynch. Dalam drama komedi Roger Roger dia berperan sebagai Rajiv dan dalam Meet the Mangoons dia berperan sebagai Paul.

Selain itu, Phaldut juga berakting dalam episode Life on Mars, Dalziel serta Pascoe juga serial siang hari BBC, Doctors. Dia juga bermain dalam salah satu episode Ultimate Force Series 4 di Episode 3 yang berjudul "the dividing line.” Berperan sebagai Sanj, dia pun sempat hadir dalam episode pertama komedi Inggris berjudul The Office.

Untuk perannya dalam Gravity, Phaldut Sharma tidak pernah terlihat dari dekat. Hanya terdengar suaranya di frekuensi radio saat mengobrol dengan NASA di Houston, serta pada foto keluarga. Dia berperan sebagai Shariff Dasari, seorang insinyur penerbangan di pesawat Explorer. 

Dia memiliki istri dan anak. Di dalam jasnya, dia menyimpan foto keluarganya dan diceritakan Shariff berkuliah di Harvard. Dia terjebak dalam puing-puing yang dihasilkan satelit Rusia yang hancur dengan sendirinya saat hendak kembali ke Explorer Space Shuttle. Shariff pun terbunuh dengan wajah yang rusak karena terkena puing-puing tersebut.

6. Amy Warren – Evans 

pemain film gravity_Amy Warren – Evans_

Amy Warren mungkin paling dikenal karena menjadi pengisi suara untuk Gravity (2013). Dia juga bermain dalam Law & Order (1990) dan Mistress America (2005). Pada 21 Desember 2001 dia menikah dengan Bryn Magnus. 

Kapten Evans adalah peran yang dipercayakan padanya dalam Gravity. Dia adalah komandan wanita Explorer selama misi STS-157 ke Teleskop Luar Angkasa Hubble. Evans tidak ikut bersama dalam perjalanan luar angkasa dalam misi tersebut. Dia tetap berada di kapal Explorer dan terdengar berbicara dengan Komandan Matt Kowalski dan Houston Ground Control.

Diceritakan dia dan Thomas, anggota tim lainnya, tewas saat pesawat ulang aliknya hancur terkena puing-puing dari satelit Rusia. Akibat puing-puing tersebut dia mengalami kondisi ekstrim ruang angkasa yang membuatnya meninggal karena anoksia. Kemudian bersama dengan Thomas, tubuhnya yang sudah tidak bernyawa membeku dan terlihat melayang-layang di sekitar bangkai kapal Explorer. 

7. Basher Savage – Thomas 

pemain film gravity_Basher Savage – Thomas_

Terkenal berkat perannya dalam film Gravity, Basher Savage juga muncul dalam beberapa film lainnya, di antaranya World War Z (2013), Ambridge Extra (2011-2013) juga Marple (2004). Walaupun Basher seorang aktor Inggris, dia terkenal karena kemampuannya memainkan peran sebagai orang Rusia dan hampir selalu mendapatkan peran yang serupa. 

Dalam Gravity, Basher Savage berperan sebagai Thomas. Dia adalah astronot NASA laki-laki dan anggota kru di dalam Explorer selama misi STS-157. Tak banyak informasi yang diketahui mengenai Thomas dan nama depannya. Dia bersama dengan Kapten Evans tetap bersama di atas Explorer dan tidak ikut dalam perjalanan luar angkasa selama STS-157.

Seperti halnya Evans, Thomas juga terbunuh karena puing-puing satelit Rusia yang menghancurkan pesawat ulang-alik mereka, sehingga keduanya terpapar pada suhu ekstrim ruang hampa udara. Akibatnya dia meninggal karena anoksia. Mayatnya dan mayat Evans yang beku kemudian terlihat melayang di dekat bangkai kapal Explorer.

Film Gravity memang lebih fokus pada cerita penyelamatan diri Dr. Ryan Stone saat berusaha untuk kembali ke bumi. Peran-peran lainnya hanya muncul sesaat saja. Mungkin kemunculan tokoh lain yang paling lama adalah tokoh Letnan Matt Kowalski karena dia bersama Dr. Ryan Stone untuk beberapa saat. 

Gravity merupakan film yang menggambarkan ketakutan dan kesepiannya Dr. Ryan Stone yang berada di luar angkasa sendirian. Apa perasaanmu kalau kamu menjadi tokoh Dr. Ryan Stone?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram