10 Pemeran Utama Film Avatar yang Sukses Meraih Box Office

Ditulis oleh Siti Hasanah

Di sutradarai oleh James Cameron, Avatar merupakan sebuah film fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2009. Film ini menjadi hyped karena sinematografinya yang dianggap luar biasa. Film ini sukses dan banyak ditonton, sehingga menjadi blockbuster dengan karya CGI yang luar biasa serta grafis 3D yang inovatif.  

Seharusnya pembuatan film Avatar dilakukan setelah selesainya film Titanic (1997) dan direncanakan untuk dirilis tahun 1999. Akan tetapi menurut James Cameron, saat itu belum tersedia teknologi yang dibutuhkan untuk pembuatan film tersebut. Kalau kamu belum pernah nonton film ini, mari kenalan dulu dengan para pemain Avatar berikut ini.

1. Samuel Worthington – Jake Sully

pemain film avatar_Samuel Worthington – Jake Sully_

Aktor sekaligus penulis naskah berdarah Inggris-Australia, Samuel Worthington, menjadi terkenal setelah memerankan tokoh Jake Sully di film Avatar. Dia juga berakting sebagai Marcus Wright di Terminator Salvation dan Perseus dalam film Clash of the Titans serta sekuelnya yaitu Wrath of the Titans. Samuel kemudian mencoba beralih dari genre science fiction ke peran yang lebih dramatis.

Dia kemudian berakting dalam beberapa film seperti The Debt (2010), Everest (2015) juga Fractured (2019). Untuk perannya dalam Somersault, sebuah film drama romantis yang dirilis tahun 2004, Samuel mendapatkan penghargaan tertinggi dari dunia perfilman Australia di tahun yang sama.

Di film Avatar, Samuel didapuk menjadi tokoh Jake Sully, seorang mantan marinir yang lumpuh. Dia mendaftarkan diri untuk terlibat dalam program Avatar setelah saudara kembarnya terbunuh. Alasan pemilihan dirinya adalah karena dia memiliki latar belakang militer yang bisa membantunya mengembangkan kedekatan dengan budaya prajurit Na'vi. 

Jake adalah pria rendah hati, tapi dia mempunyai pendirian yang kuat. Ketika tahu bahwa RDA berencana untuk mengeksploitasi Na'vi dan membiarkan suku ini dalam kesulitan sesudah diambil unobtainium-nya, dia beralih menjadi mendukung penduduk asli. Jake memutuskan untuk melindungi suku Na’vi dan membantu melestarikan cara hidup suku ini dari RDA.

2. Kolonel Miles Quaritch

pemain film avatar_Kolonel Miles Quaritch_

Stephen Lang merupakan aktor layar lebar dan panggung asal Amerika Serikat yang sekaligus menjadi penulis naskah. Publik mengenalnya lewat perannya dalam film-film seperti Manhunter (1986), Gods and Generals (2003), Public Enemies (2009) serta Don't Breathe (2016). Selain muncul di layar lebar, dia mempunyai karir yang cemerlang di Broadway. 

Kesuksesan di dunia Broadway membuatnya menerima nominasi Tony Award untuk perannya dalam produksi The Speed ​​of Darkness tahun 1992. Selain itu, dia juga memenangkan Penghargaan Saturnus sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk aktingnya dalam film Avatar karya James Cameron. 

Dalam Avatar Stephen Lang berperan sebagai kepala pasukan keamanan operasi penambangan RDA, Kolonel Miles Quaritch. Dia adalah seorang pria militer, blak-blakan juga brutal saat berurusan dengan manusia dan penduduk asli. Selain itu, dia juga sangat setia pada kode etik militernya. 

Secara terang-terangan dia memanfaatkan penduduk Pandora melalui keputusan yang dia buat. Pada saat Perang Pandora, dia bertugas jadi komandan senior RDA yang mengarahkan penghancuran Hometree Klan Omaticaya. Dia juga memimpin pasukan SecOps ketika melakukan serangan di Pohon Jiwa, yang membuatnya terbunuh dalam aksi tersebut.

3. Zoe Yadira Saldaña Nazario – Neytiri 

pemain film avatar_Zoe Yadira Saldaña Nazario – Neytiri_

Zoe Yadira Saldaña Nazario merupakan seorang aktris Amerika yang pernah bergabung dalam grup Teater Faces. Dia kemudian berakting dalam serial televisi Law & Order (1999). Setahun kemudian dia memulai debutnya karirnya di dunia layar lebar dengan bermain dalam film Center Stage (2000) sebagai seorang penari balet.

Zoe kemudian main dalam film-film bergenre fiksi ilmiah yang dimulai pada tahun 2009. Dia bermain sebagai Nyota Uhura dalam film Star Trek dan penampilan pertamanya sebagai Neytiri dalam serial film Avatar. Dia juga mulai berperan lagi dalam Marvel Cinematic Universe sebagai Gamora, dimulai dengan film Guardians of the Galaxy (2014)

Zoe berakting di tiga dari lima film terlaris sepanjang masa, yaitu Avatar, Avengers: Infinity War serta Avengers: Endgame. Hal ini belum pernah dilakukan oleh aktris maupun aktor lainnya.

Neytiri te Tskaha Mo'at'ite merupakan peran yang dipercayakan pada Zoe dalam Avatar. Dia merupakan tokoh pahlawan utama dalam Avatar, seorang putri Na'vi dari klan Omaticaya. Neytiri merupakan putri kedua dari Eytukan dan Mo'at. Dia bertemu Jake Sully saat berada di hutan Pandora, yang membantunya saat diserang oleh sekelompok viperwolves. 

Neytiri kemudian menjadi guru Jake dan membantunya menyelesaikan beberapa misinya. Keduanya akhirnya jatuh cinta dan menikah di bawah Tree of Voices.

4. Sigourney Weaver – Dr. Grace Agustine

pemain film avatar_Sigourney Weaver – Dr. Grace Agustine_

Sigourney Weaver pernah mendapat nominasi Golden Globe Award sebanyak tujuh kali. Pada tahun 1988, dia berhasil menjadi Aktris Terbaik dalam kategori drama dan Aktris Pendukung Terbaik untuk aktingnya dalam film Gorillas in the Mist serta Working Girl. Dia menjadi aktris pertama yang menyabet dua Golden Globe pada tahun yang sama. 

Untuk perannya di Storm (1997), dia memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik BAFTA Award. Untuk karyanya di Broadway yang berjudul Hurlyburly (1984), Sigourney berhasil menerima nominasi Tony Award.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram