bacaterus web banner retina

Inilah 10 Pemeran dalam Charlie and the Chocolate Factory

Film Charlie and the Chocolate Factory diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Roald Dahl, seorang penulis kenamaan asal Wales. Film musikal bertema fantasi ini disutradarai oleh Tim Burton.

Charlie and the Chocolate Factory menceritakan seorang anak bernama Charlie Bucket yang memenangkan golden ticket yang membuatnya bisa tur di pabrik coklat milik Willy Wonka.

Pada tahun 2005 , film ini sukses menjadi film dengan penghasilan tertinggi ke-8 di seluruh dunia. Alih-alih menggunakan efek komputer, Tim Burton memilih membuat set dengan efek praktis seperti di film King Kong.

Meski ada pilihan aktor lain untuk memerankan Wonka, Tim Burton lebih memilih Johnny Depp. Lalu siapa lagi pemain Charlie and the Chocolate Factory lainnya? Cek daftarnya di sini.

Baca juga: Sinopsis dan Review Charlie and The Chocolate Factory

1. Johnny Depp – Willy Wonka

1. Johnny Depp – Willy Wonka

Aktor Amerika kelahiran tahun 1969 ini sudah malang-melintang di dunia akting. Debut pertamanya di dunia perfilman adalah ketika dia muncul di film horor berjudul A Nightmare on Elm Street di tahun 1984. Sebelum seterkenal sekarang, dulu dia mantan idola remaja saat membintangi serial televisi berjudul 21 Jump Street.

Dalam film garapan sutradara Tim Burton, Johnny Depp didapuk untuk berperan menjadi Willy Wonka. Karakter Willy Wonka versi Depp terkesan eksentrik dan ada juga yang menyebutkan terlalu berlebihan.

Dalam film ini diceritakan kalau Willy Wonka memiliki sebuah pabrik cokelat terkenal. Dia sempat menutup pabriknya selama bertahun-tahun dan memecat semua pegawainya.

Salah satu pegawai tersebut adalah kakek Charlie, Grandpa Joe. Kemudian Willy Wonka mengumumkan sebuah kontes yang menyebutkan kalau dia menyembunyikan golden ticket dalam bungkus Wonka Bars di seluruh dunia.

Pemenangnya akan diajak tur keliling pabriknya dan mendapatkan hadiah khusus di akhir. Meski terkesan eksentrik, Wonka merupakan penilai karakter yang baik sekali.

Dia juga mahir menganalisis perilaku tamunya. Itulah kenapa dia berhasil memilih Charlie sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

2. Freddie Highmore – Charlie Bucket

2. Freddie Highmore – Charlie Bucket

Aktor Inggris kelahiran 1992 ini memulai karir aktingnya sebagai aktor cilik. Sebelum bermain di Charlie and the Chocolate Factory, Freddie Highmore juga pernah bermain dalam beberapa judul lainnya, seperti Finding Neverland.

Dia juga sukses membintangi film terkenal lainnya seperti August Rush. Setelah dewasa dia terkenal akan perannya sebagai Shaun Murphy dalam serial The Good Doctor.

Tokoh yang diperankan Freddie Highmore di Charlie and the Chocolate Factory adalah Charlie Bucket. Dia seorang anak dari keluarga miskin yang baik hati. Dia hidup bersama kedua orang tuanya juga kakek dan neneknya yang terbaring di tempat tidur.

Ketika Willy Wonka mengumumkan kontes tur ke perusahaan cokelatnya bagi pemegang golden ticket, Charlie berusaha untuk mendapatkannya. Setelah dua kali gagal, akhirnya di cokelat ketiganya Charlie menemukan golden ticket tersebut.

Awalnya dia ingin menukarkan tiket itu dengan uang untuk membantu keluarganya, tapi Grandpa Joe, kakeknya, melarangnya dan akhirnya menyimpannya.

Charlie pun membawa kakeknya tur pabrik yang dulu menjadi tempat kerjanya tersebut. Di sana Charlie bertemu dengan pemegang tiket lainnya.

Setelah Wonka mengeliminasi 4 pemegang tiket lainnya, Charlie terpilih sebagai pemenang. Tidak hanya itu, dia pun akhirnya bisa pindah ke pabrik tersebut bersama keluarganya.

3. Christopher Lee - Dr Wilbur Wonka

3. Christopher Lee - Dr Wilbur Wonka

Aktor sekaligus penyanyi dan penulis, Christopher Lee, terkenal akan peran antagonisnya seperti dalam film The Curse of Frankenstein dan Dracula.

Sebelum berkarir di dunia akting, dia pernah bertugas di Royal Air Force sebagai perwira intelijen. Dr. Wilbur Wonka merupakan karakter yang dia perankan dalam film Charlie and the Chocolate Factory.

Karakternya hanya muncul dalam film versi tahun 2005 yang disutradarai oleh Tim Burton. Tujuannya agar memberikan banyak latar belakang cerita untuk karakter Willy Wonka sehingga bisa menjelaskan bagaimana Willy Wonka bisa menjadi orang seperti itu.

Tokoh ini digambarkan sebagai seorang yang dingin dan pemarah, tapi sangat cerdas. Christoper Lee bisa dengan baik memperlihatkan kecerdasan karakter tersebut.

Mungkin karakter Wilbur Wonka bukan karakter yang disukai, tapi sukses membuktikan kalau dirinya sangat cerdas. Bukti dari kemampuannya juga diperlihatkan dari pekerjaannya sebagai dokter gigi kenamaan.

4. David Kelly – Joe Bucket

David Kelly – Joe Bucket

Semenjak tahun 1950an aktor asal Irlandia tersebut sering tampil di layar lebar dan layar kaca. Di Irlandia dia dikenal untuk perannya dalam serial televisi berjudul Strumpet City.

Dia meninggal di tahun 2012 karena penyakit. Dalam Charlie and the Chocolate Factory garapan Tim Burton, dia berperan sebagai kakek Charlie bernama Joe Bucket.

Karakter Joe Bucket digambarkan sebagai orang yang hangat dan baik. Selain itu, dia juga salah satu yang paling cerdas. Hal itu ditunjukkannya dengan memberikan banyak nasihat yang bagus, khususnya untuk Charlie. Sepertinya dia selalu tahu persis apa yang harus dikatakan dan kapan.

Dalam film Charlie and the Chocolate Factory versi 2005, Joe diceritakan bekerja pada Willy Wonka selama lima tahun. Dia mulai bekerja pada Wonka saat atasannya itu membuka toko permen untuk pertama kali sampai saat semua orang dipecat dari pabrik tersebut karena adanya mata-mata dari perusahaan rivalnya.

Ketika Joe berkesempatan kembali ke pabrik tersebut bersama Charlie yang memenangkan golden ticket, Wonka bertanya padanya apakah dulu dia seorang mata-mata yang bekerja untuk perusahaan saingannya. Joe meyakinkan Wonka kalau itu tidak benar.

5. Jordan Fry – Mike Teavee

Jordan Fry – Mike Teavee

Jordan Fry merupakan aktor asal Amerika yang lahir tahun 1993. Setelah membintangi film Charlie and the Chocolate Factory, dia terlibat dalam beberapa film, diantaranya Meet The Robinson.

Di tahun 2022 dia membintangi film berjudul Big Life. Dalam film Charlie and the Chocolate Factory, Jordan berperan sebagai Mike Teavee.

Karakter Mike Teavee dalam film ini adalah seorang anak laki-laki yang berusia 9 tahun. Sehari-harinya dia tak melakukan apapun hanya menonton televisi saja. Internet dan video game membuat dia menjadi destruktif.

Tokoh Mike Teavee adalah salah satu dari empat tokoh antagonis utama dalam film garapan Tim Burton tersebut. Karakter tokoh ini digambarkan sebagai anak yang pemarah, malas, dan tidak sopan tapi cerdas.

Ini terbukti dari semua perkataannya saat tur di pabrik Wonka. Dia dieliminasi bersama dengan tiga pemegang tiket lainnya oleh Wonka karena perbuatannya tersebut.

6. Julia Winter – Veruca Salt

6. Julia Winter – Veruca Salt

Julia Winter merupakan aktris Inggris kelahiran Swedia. Setelah bermain di Charlie and the Chocolate Factory, dia sempat bermain di film Dick and Dom in da Bungalow pada tahun 2006.

Julia telah berhenti dari dunia akting dan belajar jadi perawat. Di film yang disutradarai oleh Tim Burton, Julia berperan sebagai Veruca Salt.

Karakter Veruca Salt digambarkan sebagai seorang anak yang rakus, manja dan banyak maunya. Dia banyak meminta ini itu dari orang tuanya termasuk golden ticket.

Ternyata dia mendapatkan tiket itu bukan atas usahanya tersendiri melainkan usaha dari pegawai ayahnya. Mereka dikerahkan untuk menemukan tiket tersebut.

Ketika Veruca menginginkan tupai di Nut Room, permintaannya ditolak oleh Willy Wonka. Dia bukan anak yang bisa menerima penolakan, maka dia pun nekat masuk ke ruangan tersebut untuk mengambil satu tupai.

Nasibnya mengenaskan karena dia malah dipiting oleh tupai-tupai ke lantai dan membuangnya ke saluran sampah karena dianggap sebagai kacang yang jelek.

7. AnnaSophia Robb – Violet Beauregarde

7. AnnaSophia Robb – Violet Beauregarde

AnnaSophia Robb merupakan seorang aktris, model, dan penyanyi asal Amerika kelahiran 1993. Karir aktingnya dimulai ketika dia masih anak-anak dengan menjadi aktris cilik di televisi.

Sebelum bermain di Charlie and the Chocolate Factory, dia main dalam film berjudul Samantha: An American Girl Holiday pada tahun 2004.

Dalam film Charlie and the Chocolate Factory, AnnaSophia dipercaya untuk memerankan tokoh Violet Beauregarde, seorang gadis yang egois, kasar, tapi terampil dan sangat terobsesi dengan permen karet. Dia menyombongkan diri kalau dirinya pernah mengunyah sebuah permen yang sama sampai tiga bulan.

Violet Beauregarde merupakan pemenang golden ticket dari Amerika lainnya. Karakternya digambarkan sebagai orang yang kompetitif. Ini terbukti dari deretan medali yang dia dapatkan.

Untuk penampilannya, di versi tahun 2005 berbeda dari versi sebelumnya. Di versi 2005, rambutnya berwarna pirang bukan cokelat.

Mungkin Violet Beauregarde kadang-kadang terlihat sangat menjengkelkan dan arogan, tapi terkadang dia bisa cerdas sekali. Dia terlihat mempunyai jawaban untuk semuanya pertanyaan. Violet tereliminasi seperti tiga temannya yang lain.

8. Philip Wiegratz – Augustus Gloop

8. Philip Wiegratz – Augustus Gloop

Philip Wiegratz yang seorang insinyur pengembangan perangkat lunak asal Jerman lahir di Magdeburg pada tahun 1993. Film Charlie and the Chocolate Factory merupakan film pertamanya dan filmnya yang paling sukses. Sesudah main di film tersebut dia juga membintangi beberapa film Jerman.

Peran Philip Wiegratz di Charlie and the Chocolate Factory adalah sebagai Augustus Gloop. Dia digambarkan sebagai anak laki-laki dengan tubuh gemuk yang gemar makan dan serakah. Orang tua August sangat memanjakan anaknya karena tak ingin mendengarkan rengekannya.

Ketika berjalan-jalan di pabrik milik wonka, dia menderita karena menghisap cokelat dari sungai cokelat. Perbuatan ini membuatnya jatuh dan tersedot oleh salah satu pipa super. Ketika keluar, tubuhnya berubah jadi kurus dan tipis.

9. Deep Roy - Oompa-Loompa

9. Deep Roy - Oompa-Loompa

Lahir dengan nama Mohinder Purba pada tahun 1957, Gurdeep Roy lebih dikenal dengan nama Deep Roy. Dia memiliki tubuh yang pendek, yaitu sekitar 132 cm sehingga dia sering di-casting untuk memainkan tokoh bertubuh pendek.

Dalam Charlie and the Chocolate Factory, dia dipercaya untuk memerankan Oompa-Loompa. Karena hanya karakter pendukung, maka tak banyak cerita untuk mendeskripsikan karakter ini.

Oompa-Loompa digambarkan sebagai karakter yang cerdas sekali dan membuat bahasa sendiri untuk berkomunikasi di antara mereka. Mereka juga selalu bekerja sama yang merupakan kemampuan lain dari Oompa-Loompa yang mengesankan.

10. Noah Tayler – Mr. Bucket

10. Noah Tayler – Mr. Bucket

Aktor Australia kelahiran tahun 1969 ini terkenal untuk beberapa perannya dalam film juga serial TV. Karakter yang pernah diperankannya antara lain David Helfgott remaja di dalam film Shine, Locke dalam serial HBO berjudul Game of Thrones, dan tokoh Darby Sabini dalam serial BBC berjudul One Peaky Blinders.

Mr Bucket merupakan ayah dari Charlie Bucket. Dalam versi tahun 2005, dia diceritakan bekerja di pabrik pasta gigi lokal. Tugasnya adalah memasang tutup ke tabung sebelum digantikan oleh mesin yang membuatnya dikeluarkan dari tempat kerjanya.

Di film ini juga diceritakan dia kembali mendapatkan pekerjaan untuk memperbaiki mesin. Jika di buku, Mr. Bucket diceritakan sebagai anak dari Joe Bucket dan Josephine.

Sementara itu versi film, orang tua Mr. Bucket adalah George dan Georgina. Dia hidup bersama keluarga besarnya di sebuah gubuk. Keluarganya termasuk yang berkekurangan tapi mereka selalu dapat hidup bahagia.

Itulah 10 pemain Charlie and the Chocolate Factory yang pemeran anak-anaknya sudah tumbuh jadi dewasa, salah satunya Freddie Highmore. Sebagian mereka ada yang sudah meninggalkan dunia akting dan sibuk bersekolah.

Johnny Deep sebagai salah satu pemain dalam film Charlie and the Chocolate Factory mendapat reaksi beragam dari penonton. Menurut sebagian orang aktingnya terlalu berlebihan. Namun ada juga yang mengatakan aktingnya bagus. Apakah kamu pernah menonton film ini? Siapa pemain idolamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram