bacaterus web banner retina

7 Pemeran & Tokoh Penting di Film Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Bagaimana jika kamu bisa mengetahui kematian seseorang? Tema inilah yang diangkat dalam film horor Aku Tahu Kapan Kamu Mati, karya sutradara Hadrah Daeng Ratu yang dirilis pada tahun 2020.

Diproduksi oleh Unlimited Production dan Maxima Pictures, film ini diadaptasi dari novel horor berjudul sama karangan Arumi E. yang populer di platform Wattpad.

Film ini berfokus pada tokoh Siena, gadis SMA yang mendadak bisa melihat makhluk halus setelah mati suri. Yang lebih mengerikan, makhluk halus itu ternyata menjadi pertanda kematian seseorang.

Siena pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan orang-orang yang akan meninggal tersebut, termasuk sahabat baiknya serta kakak kelas yang ia cintai.

Film horor dengan sedikit bumbu komedi ini menggaet bintang-bintang muda terkenal yang sudah sering muncul di layar kaca. Penasaran siapa saja aktor dan aktrisnya? Yuk, intip dulu daftar pemeran film Aku Tahu Kapan Kamu Mati di bawah ini.

1. Siena (Natasha Wilona)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-1_

Natasha Wilona dipercaya untuk memerankan tokoh utama bernama Siena. Dia adalah gadis SMA yang sempat koma di rumah sakit dan dinyatakan meninggal.

Namun saat hendak dibawa ke ruang jenazah, Siena mendadak hidup kembali. Ia ternyata mengalami mati suri dan sejak saat itulah ia bisa melihat hal-hal yang tak bisa dilihat oleh orang lain.

Siena tinggal di asrama dan memiliki tiga sahabat, yaitu Flo, Neni, dan Vina. Siena juga menyukai seorang kakak kelas bernama Brama yang ternyata punya perasaan sama terhadap Siena. Akan tetapi, hubungannya dengan Brama tidak terlalu mulus karena Siena selalu diganggu oleh mantan kekasih Brama yang bernama Denisa.

Kehidupan Siena awalnya terlihat normal dan menyenangkan, tapi semuanya berubah setelah Siena sadar kalau ia bisa mengetahui kapan seseorang akan mati. Ia dapat melihat hantu di dekat orang tersebut dan hantu itu bisa jadi adalah kerabat yang akan menjemput kematiannya. 

Gara-gara hal ini Siena pun jadi ketakutan setiap melihat hantu. Ketakutannya semakin memuncak saat ia melihat hantu di dekat Brama dan salah satu sahabatnya. Siena berusaha melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan mereka, tapi bagaimanapun juga tidak ada yang bisa menghindar dari kematian.

2. Flo (Ria Ricis)

Ria Ricis

Tokoh Flo diperankan oleh Ria Ricis yang dikenal sebagai influencer ternama di tanah air. Flo adalah salah satu sahabat baik Siena yang sering bertingkah konyol, pecicilan, dan cukup penakut bila berhadapan dengan hal-hal gaib.

Flo sendiri skeptis dengan kemampuan Siena dan sama sekali tidak percaya kalau sahabatnya itu bisa melihat tanda kematian pada orang lain.

Salah satu hal yang membuat Flo tidak percaya adalah ketika Siena mengaku melihat hantu anak kecil di sekolah, Flo mengatakan bahwa saat itu tidak ada yang meninggal. Akan tetapi, ada dugaan kalau hantu itu mungkin masih mencari kerabatnya sehingga saat itu tidak ada yang langsung meninggal.

Tak lama setelah itu Flo teringat bahwa ia memiliki kerabat berusia 10 tahun yang sudah meninggal. Flo pun langsung curiga bahwa hantu anak kecil itu adalah arwah saudaranya yang akan menjemput ajalnya.

Flo yang ketakutan akhirnya menceritakan semua itu pada Siena dan yang lainnya. Sejak saat itu Flo benar-benar dijaga oleh ketiga sahabatnya agar ia bisa terhindar dari kematian.

3. Brama (Al Ghazali Kohler)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-3_

Al Ghazali Kohler atau yang biasa dipanggil Al ini adalah musisi sekaligus aktor yang memerankan tokoh Brama. Karakter Brama merupakan murid SMA yang juga menjadi kakak kelas Siena. Ia termasuk anak laki-laki yang cukup populer di sekolahnya.

Di luar sekolah, Brama punya hobi naik motor dan kadang mengikuti balapan dengan teman-teman satu gengnya.

Brama sendiri menyukai Siena dan tak segan-segan mendekatinya. Ia bahkan sempat mengajak Siena nonton bioskop, tapi Siena menolak karena tak ingin berurusan dengan Denisa yang merupakan mantan Brama. Brama pun tidak mau menyerah begitu saja dan mengajak Siena pergi ke pesta ulang tahun salah satu teman mereka.

Sesampainya di acara pesta, Brama memberikan sebuah kado untuk Siena. Malam itu juga Brama sebenarnya sudah diikuti oleh sesosok arwah perempuan berwajah seram. Siena sempat memberitahu Brama tentang arwah tersebut, tapi Brama tidak percaya dan mengira Siena sedang bercanda.

Sayangnya, tepat seperti dugaan Siena, Brama akhirnya tewas secara mengenaskan. Belakangan diketahui bahwa kado yang diberikan Brama kepada Siena adalah sebuah boneka mungil. Boneka itu sebenarnya adalah pernyataan cinta Brama pada Siena karena dapat mengeluarkan suara ‘i love you’.

4. Vina (Ryma Gembala)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-4_

Ryma Gembala berperan sebagai sahabat Siena yang bernama Vina. Hampir sama seperti Flo, Vina adalah tipe orang yang suka bercanda dan kadang menggoda Siena saat didekati oleh Brama. Sama seperti Flo, Vina awalnya juga tidak percaya dengan kemampuan Siena yang bisa melihat kematian seseorang.

Meski demikian, Vina adalah tipe orang yang sangat peduli dengan sahabatnya. Saat ia dan yang lainnya hendak pergi ke pesta, Vina sengaja memesan ojek untuk dirinya, Neni, dan Flo.

Ia tidak memesan ojek untuk Siena agar sahabatnya itu bisa berboncengan dengan Brama. Saat harus menyelamatkan Flo dari kematian pun Vina rela bolos sekolah meski mendapat kesulitan. 

Saat Denisa berbuat onar di asrama dengan menyerang Siena dan menghancurkan barang yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa Flo, Vina tampak tak bisa menahan emosinya. Hal itu menunjukkan bahwa Vina sangat menyayangi sahabat-sahabatnya dan tak sudi bila mereka mendapat kesulitan.

5. Neni (Fitria Rasyidi)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-5_

Neni adalah salah satu sahabat Siena yang diperankan oleh Fitria Rasyidi. Gadis berambut sebahu dan berkacamata ini sering membawa ponsel. Setiap punya pertanyaan atau ada sesuatu yang ingin ia ketahui, ia pasti langsung mengeluarkan ponsel dan mencarinya di internet.

Dibandingkan Flo dan Vina, Neni dari awal justru serius menanggapi cerita Siena yang mengaku bisa melihat hantu dan dapat memprediksi kematian.

Meski demikian, Neni masih agak ragu kalau hantu yang dilihat Siena pastilah arwah yang akan menjemput ajal seseorang. Namun setelah melihat kematian Brama, Neni baru bisa percaya sepenuhnya pada Siena.

6. Denisa (Sonia Alexa)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-6_

Aktris Sonia Alexa memerankan Denisa, mantan kekasih Brama yang belum move on dan berharap bisa kembali berpacaran dengan Brama. Denisa sangat membenci Siena, alasannya tentu saja karena Brama tertarik pada gadis itu. Denisa pun berkali-kali mengingatkan Siena agar tidak mendekati Brama.

Setelah Brama meninggal, Denisa semakin membenci Siena dan menyalahkannya atas kematian Brama. Denisa bahkan sampai melapor ke pihak sekolah dan mengatakan kalau Siena menyebar hoax dengan mengaku-ngaku bisa tahu kematian seseorang.

Tak hanya itu, Denisa juga membuat kekacauan di asrama dan menyerang Siena sampai terluka. Seolah belum puas menyakiti Siena, Denisa beralih mengganggu Flo yang saat itu sedang mengambil kotak obat untuk Siena. Denisa terus meluapkan kemarahannya dan menghalang-halangi Flo sampai gadis berhijab itu jatuh dari tangga.

7. Suri (Muthia Datau)

pemeran-aku-tahu-kapan-kamu-mati-7_

Muthia Datau berperan sebagai Suri, wanita yang nasibnya mirip seperti Siena. Ia pernah mati suri dan bisa melihat arwah yang akan menjemput ajal seseorang. Tak kuat dengan kemampuannya tersebut, Suri memilih membutakan matanya sehingga ia tidak bisa lagi melihat atau memprediksi kematian orang-orang di sekitarnya.

Siena yang sangat ingin menyelamatkan nyawa Flo sempat menemui Suri untuk meminta bantuan. Bukannya tidak mau menolong, Suri sendiri menegaskan bahwa tidak ada orang yang bisa mengelak dari kematian, jadi ia pun tidak bisa melakukan apa-apa untuk menolong Siena dan sahabatnya.

Tokoh Suri sendiri memang hanya muncul sebentar di dalam film, tapi dia menjadi tokoh penting yang bisa membuat Siena menerima kelebihannya. Suri sempat memberi nasihat agar Siena selalu menemani sahabatnya menjelang kematiannya. Berkat Suri pula, Siena bisa lebih pasrah dan menggunakan kemampuannya untuk membantu orang lain.

Itu dia ketujuh pemeran film Aku Tahu Kapan Kamu Mati dengan karakternya masing-masing. Tema cerita dalam film ini memang bukan sesuatu yang baru, namun film ini tetap layak ditonton dan cukup menghibur. Kalau bicara tentang para pemerannya, adakah aktor/aktris favoritmu dalam film ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram